Dampak Sampah Plastik Bagi Ekosistem Laut

Dampak Sampah Plastik Bagi Ekosistem Laut

Limbah Plastik
source :pixabay






Berbicara tentang sampah plastik, kalian pasti tak asing dan sangat familiar. Sampah Plastik banyak digunakan untuk membungkus makan, minuman dan lain sebagainya. Sampah Plastik digunakan sebagai peralatan rumah tangga menggantikan kayu, logam, kertas,  dan kaca. Tapi apakah kalian pernah ada dalam benak kalian tentang bahaya atau dampak sampah plastik bagi ekosistem laut.

Mungkinkah itu, karena sampah plastik banyak digunakan sebagai insulasi elektrik (bahan yang membuat muatan listrik tidak dapat mengalir dengan bebas) pada sirkuit di ponsel atau komputer kalian. Tanpa sampah plastik, sirkuit terjangkau tidak dapat diproduksi. Tanpa sirkuit tidak ada ponsel atau komputer yang terjangkau. Bahkan mungkin kemajuan teknologi di bidang elektronik tidak akan semaju sekarang.

ekosistem laut tercemar
source :pixabay

Dampak Buruk Sampah Plastik Bagi Ekosistem

Dibalik kenyamanan kita menggunakan plastik, mahkluk hidup lain harus yang susah payah untuk bertahan dari sampah atau limbah plastik di bumi. Ini berkat kesalahan manajemen pembuangan kita. Plastik ini berbahaya untuk lingkungan karena susah terurainya. Plastik membutuhkan waktu yang begitu lama kira-kira sampai 700 tahun untuk benar benar terurai. Sebagian sampah plastik di dunia dibuang di landfill dan baru segelintir saja yang di daur ulang. Plastik ini jadi tidak ramah ketika masuk ke laut. Ia berbahaya bagi hewan laut, mereka mengira plastik sebagai makanan, ada juga yang tersangkut dan jadi cacat. Plastik dalam proses penguraiannya menjadi mikroplastik.

Mikroplastik ini bila dimakan oleh ikan atau hewan laut lainnya akan mengendap dan saat kita makan ikan tersebut, terakumulasi plastik di tubuh kita. Jadi kalau tidak ada plastik mungkin sungai-sungai kita tidak akan tercemar seperti ini. Bahan lain seperti logam, karet, kaca, kayu, dan kertas mungkin yang akan mendominasi. Pulau sampah besar pasifik mungkin tidak akan pernah terbentuk.

kelebihan plastik
source :pixabay

Mari kita ketahui sisi positif dari plastik

Hidup manusia sudah begitu dimanja oleh plastik. Plastik membuat barang dapat dijangkau semua orang baik miskin atau kaya. Standar kehidupan manusia naik berkat adanya plastik. Kebutuhan dasar manusia seperti makan dan minum saja dipermudah dengan plastik.

  • Makanan dan minuman

Tanpa plastik, pengemasan makanan akan mahal dan tidak tahan lama. Jika tidak tahan lama, makanan dan minuman harus di produksi dekat populasi penduduk. Loh, kan bisa diganti dengan bahan lainnya. Masalahnya adalah belum ada bahan di dunia ini yang murah dan bisa untuk hampir apa saja seperti plastik. Pengemasan dengan kertas/kardus tidak lebih tahan lama dari plastik. Untuk kayu lebih berat dan mahal. Untuk logam ada risiko berkarat. Bahkan makanan atau minuman kaleng yang kamu temui itu dilapisi plastik resin dalamnya untuk mengurangi perkaratan. Untuk kaca, lebih berat, mahal dan ada risiko pecah.

Untuk logistik barang kita dikirim dengan plastic crate yang mengurangi beban kargo dan menghemat energi yang diperlukan untuk mengirim barang. Bahan mana yang lebih ringan,murah, dan durable dibanding plastik untuk crate?Belum ada.

  • Pakaian

Tanpa adanya produk turunan plastik seperti polyester dan nylon. Pakaian akan mahal dan langka. Kembali lagi ke zaman dulu untuk membeli pakaian saja susah. Karena bahan yang tersedia adalah wol, kapas, sutra, atau kulit.

Perlu diketahui saja pertanian kapas ini memiliki dampak buruk bagi lingkungan. Pertaniannya yang monokultur membuat penurunan kesuburan tanah. Tanaman kapas memerlukan irigasi air dan pestisida yang besar. Hal ini bisa membuat salinasi tanah (meningkatnya kadar garam pada tanah) dan meningkatnya konsentrasi pestisida pada lingkungan. Ternak hewan penghasil wol juga mahal. Untuk perawatan dibutuhkan makanan berjumlah besar. Limbahnya mengandung methana yang meningkatkan pemanasan global.

Sutra sebenarnya ramah lingkungan. Tapi produksinya yang mahal. Bayangkan saja untuk membuat satu baju butuh 8000 kepompong ulat sutra. Inipun prosesnya lama dan butuh kesabaran. Maka wajar bila harga sutra mahal.

Kulit juga bisa dikatakan merupakan suatu bahan yang mahal juga. Perlu berburu atau ternak. Kalau berburu bisa bisa overhunting.

  • Barang lain

Mainan, alat rumah tangga, body kendaraan, dan lain-lain. Ini semua pakai plastik. Mengapa plastik ini bisa mendominasi? Karena dia fleksibel bisa dicetak sesuai bentuk yang kita suka.

Ada cerita tentang penemuan plastik sintetis pertama di dunia. Sebelum tahun 1869, manusia menggunakan gading gajah untuk bola billiard. Ini menyebabkan overhunting gajah. Hingga John Wesley Hyatt menemukan plastik sintesis pertama yang bisa menggantikan material alami seperti gading untuk membuat bola billiard.

God of Martial Arts Chapter 109.1

Baca update terbaru dari komik God of Martial Chapter 109.1 English hanya di dediin2.com. Disini hanyalah sementara saja.Komik ini hanya akan bertahan 3 hari di blog ini, dan nantinya akan tetap saya upload di blog dediin2. Selamat Menikmati.

Kesimpulan

Artikel diatas membuatku menyadari plastik memang berbahaya bagi lingkungan, bila manajemennya tidak tepat bukan lagi bahaya tapi sebuah bencana yang mungkin tak akan pernah kita bisa bayangkan suatu hari nanti. Sebaliknya bila manajemen bagus, plastik dapat menmbantu lingkungan. Tak selamanya hitam itu jelek, bisa juga hitam itu bagus, seperti malam bagus untuk manusia beristirahat dari penat pekerjaan.
dedi Saya adalah seorang pemuda yang ingin menjadi seorang yang cerdas

No comments for "Dampak Sampah Plastik Bagi Ekosistem Laut"