Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh

ilustrasi manfaat madu alam dan hutan, source :pixabay



Salam sobat omahinfo,
Madu sangat dipercaya memiliki berbagai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara rutin.

Madu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh karena mengandung antiseptik dan antibakteri, bahkan madu memiliki manfaat untuk penanganan luka kronis dan infeksi.

Madu adalah salah satu bahan alami yang telah lama dikenal sebagai salah satu makanan yang memiliki rasa manis dan digemari oleh banyak orang.

Madu sering digunakan sebagai pemanis, baik untuk teh, serealia, panekuk, dan juga wafel. Selain enak dan cara penglohan madu yang cukup mudah, cairan kental yang dihasilkan lebah dari nektar bunga ini menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Madu

Madu adalah sebuah produk alami dari lebah yang berbentuk seperti larutan gula dan mengandung sekitar 17,1% air. Kandungan madu begitu sangat beragam, itulah kenapa khasiat madu juga bagus untuk kesehatan tubuh.

Kandungan tertinggi dari madu adalah fruktosa, yang mencapai 38,5%. Lalu, diikuti dengan glukosa, sekitar 31% maltosa sekitar 7,1% dan lainnya.

Fruktosa dan glukosa adalah jenis gula alami yang biasa ditemukan pada makanan serta minuman.

Meskipun kandungan gula dari madu itu cukup tinggi, madu juga mengandung beberapa vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan.

Kandungan terpenting dari madu adalah asam askorbat, asam pantotenat, niacin dan riboflavin.

Selain itu, ada juga berbagai macam mineral, seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan zinc. Selain itu, madu juga mengandung berbagai enzim penting untuk kesehatan yang diperlukan oleh tubuh Anda. Ternyata ada begitu manfaat madu untuk kesehatan tubuh Anda, untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan maafaat madu dibawah ini.

Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Percaya gak percaya, dan ini bisa dikatakan sebuah fakta bahwa madu adalah cairan “ajaib” yang sejak dulu digunakan untuk menyembuhkan luka dan mengatasi keluhan saluran cerna.

Ternyata madu juga dapat membawa sederet manfaat penting lain untuk kesehatan tubuh Anda, diantaranya:

1. Menguatkan Sistem Imun Tubuh

Salah satu perguruan tinggi di Inggris melakukan penelitian tentang manfaat yang dimiliki oleh madu, jika madu mampu merangsang tubuh untuk memproduksi sel-sel imunitas.

Terangsangnya produksi sel-sel imun, maka metabolisme tubuh juga akan menjadi lebih kuat, secara tidak langsung stamina pun akan semakin bertambah karena tubuh menjadi lebih fit.

2. Sebagai Sumber Energi Bagi Tubuh

Kesibukan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari memang seringkali membuat tubuh mudah terasa lelah.

Kurangnya melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga juga dapat menjadi sumber utama kenapa tubuh gampang kelelahan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, mengonsumsi madu bisa menjadi solusinya karena kandungan utama yang dimiliki oleh madu adalah karbohidrat alami dimana mampu menjadi sumber energi yang hilang dalam tubuh dengan segera.

Tidak hanya itu, madu juga mengandung kalsium, kalium, dan juga zat besi yang dapat menjaga kekuatan otot dan tulang sehingga tidak mudah letih saat sedang beraktivitas berat sekalipun.

3. Obat Segala Penyakit

Madu juga memiliki manfaat dalam membantu memperkecil risiko terjadinya kanker, penyakit jantung, diabetes, stroke, dan masalah kesehatan kronis lainnya.

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar memastikannya.

Pada beberapa negara, madu palsu dengan bentuk sirup diperjual belikan secara ilegal. Selain itu ada beberapa kajian bahwa madu, dapat meningkatkan kadar gula darah meski tidak sebanyak saat konsumsi gula.

4. Kualitas Antioksidan yang Tinggi

Madu juga memiliki kadar kualitas antioksidan yang tinggi, termasuk asam organik dan senyawa fenolik.

Kandungan antioksidan dapat bermanfaat pada risiko serangan jantung, stroke, meningkatkan kesehatan mata, dan beberapa jenis penyakit kanker.

Proses oksidasi pada molekul di dalam tubuh akan menjadi lebih lambat terjadi karena adanya antioksidan.

Alhasil, sel kanker mempunyai kemungkinan kecil untuk muncul karena reaksi kimia dalam tubuh yang menghasilkan radikal bebas menjadi terhambat.

5. Menjaga Kadar Kolesterol

Sebuah penelitian menunjukkan adanya kaitan antara konsumsi madu dengan kadar kolesterol.

Madu juga diketahui dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) sambil secara signifikan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Madu menyebabkan penurunan LDL 5,8% dan peningkatan kolesterol HDL 3,3%. Selain itu, konsumsi madu juga menyebabkan penurunan berat badan hingga 1,3%.

6. Mengontrol Berat Badan Berlebih

Manfaat madu yang orang banyak tidak ketahui adalah menurunkan berat badan dan perut buncit.

Caranya cukup sedeharana, hanya mencampur madu dengan air hangat dan perasan air jeruk nipis atau lemon.

Campuran madu dan jeruk nipis atau lemon sangat ampuh untuk secara alami memicu pembakaran lemak dan memperlancar sistem pencernaan tubuh Anda.

7. Membantu Penyembuhan Luka dan Luka Bakar

Madu juga bisa digunakan sebagai penyembuh luka sudah diketahui sejak zaman dahulu dengan tingkat keberhasilan madu, yaitu 43,3%, yang digunakan dalam perawatan luka.

Sebuah kajian berbeda menunjukan madu dapat menyembuhkan luka pada penderita diabetes dengan presentasi keberhasilan sebesar 97%.

Para peneliti percaya, khasiat penyembuhan madu berasal dari sifat antibakteri dan anti-inflamasi serta kemampuannya untuk memelihara jaringan di sekitarnya.  

8. Melegakan Tenggorokan

Manfaat madu kali ini terkait dengan sifat antiradang dari madu itu sendiri.

Ini disebabkan oleh kandungan flavonoid dan jenis polifenol lain dengan cara menghambat hormon pemicu peradangan dalam tubuh.

Dalam 2 penelitian yang melibatkan 244 anak menemukan bahwa madu lebih efektif dalam meredakan batuk pada malam hari, dan memperbaiki kualitas tidur dibandingkan dengan obat pereda batuk.

Akan tetapi, madu tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak di bawah usia 1 tahun. Alasannya, anak di usia tersebut belum memiliki saluran cerna yang kuat sehingga belum mampu mencerna kontaminasi tertentu pada madu.

9. Menurunkan Tekanan Darah

Madu juga berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah yang dapat dicegah dengan memanfaatkan kandungan antioksidan dari madu.

Madu sangat kaya akan kandungan senyawa fenolik yang telah terbukti sangat berkontribusi terhadap kesehatan manusia, termasuk menurunkan tekanan darah.


Dan masih banyak lainnya manfaat madu untuk kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Madu Asli

Kenapa manfaatt Madu Asli lebih terasakan dari pada Madu Kemasan?

Hal ini disebakan karena madu asli berasal dari nektar bunga yang diambil oleh lebah dan disimpan sarangnya.

Madu yang diperoleh dari sarang lebah, ada beberapa yang langsung mengemas dan menjualnya ke pasaran.

Baca Juga : Bee Pollen, Produks Yang Tak Kalah Bermanfaat Dari Madu

Permintaan konsumen sangat banyak, tidak jarang ada penjual madu yang mencampurkannya dengan kandungan lainnya atau yang dikenal dnegan madu campuran.

Ada begitu banyak cara untuk menguji keaslian madu, tapi tidak bisa dipukul rata karena ada beragam jenis madu yang memiliki karakteristik berbeda dan jadi patokan mutlak untuk menentukan itu madu asli atau palsu, diantaranya :

  1. Tidak Lengket, Berbeda dengan madu palsu yang agak lengket karena mengandung pemanis dan bahan tambahan.
  2. Sangat Kental, Kalau botol madu digoyangkan, madu akan bergerak dengan sangat lambat karena teksturnya sangat kental.
  3. Mengalir Lancar, Jika madu mengalir tanpa putus dan membentuk gumpalan saat sampai di permukaan dengan lapisan yang menghilang cepat, bisa dipastikan itu madu asli.
  4. Tidak Mudah Larut dalam Air, Madu asli tidak mudah larut dalam air dan akan mengendap di dasar gelas, sementara madu palsu cepat menyatu dengan air.
  5. Rasa dan Warna, soal intensitas rasa, madu memang memiliki rasa dan warna yang berbeda-beda tergantung bunga yang diambil nektarnya oleh si lebah dan madu asli biasanya berwarna gelap memiliki rasa lebih pekat.
  6. Tidak Berbuih Jika Dipanaskan, Madu asli akan berkaramelisasi dengan cepat saat dipanaskan, namun tidak berbuih.
  7. Tes Korek Api, kalau madu tersebut asli, api akan menyala dengan mudah. Jika tidak, kemungkinan madu tersebut palsu karena mengandung air.
  8. Tes Roti, Coba oleskan madu ke selembar roti tawar. Jika madu tersebut asli, roti akan menjadi keras dalam beberapa menit. Namun kalau madu tadi palsu, roti akan menjadi basah.
  9. Tes Daya Serap, Madu asli yang diteteskan ke kertas minyak tidak akan terserap, berbeda dengan madu palsu.
  10. Kejernihan, Madu palsu tampak bersih, sedangkan madu asli bisa tampak keruh karena mengandung pollen dan kadang-kadang bagian tubuh lebah.
  11. Tes Kuning Telur, Masukkan madu ke dalam wadah, tambahkan kuning telur, dan aduk. Kuning telur akan tampak matang jika madu tersebut asli, sedangkan madu palsu tak berefek apa-apa.


Hanya ada satu metode yang dapat mengukur kualitas madu secara pasti adalah tes laboratorium.

Ingin Beli Madu Asli Alam dan Hutan, Tapi Bingung Dimana?

Jika Anda kebingungan untuk membeli produks Madu Asli Alam dan Hutan kami, Kami telah menyediakan Madu Asli Alam dan Hutan yang langsung diambil dari sarang lebah langsung dari hutan. Anda bisa mengunjungi menu 'omahmadu' untuk menemukan produks yang kami tawarkan. Atau klik link berikut ini 'Madu Asli Alam dan Hutan'.

Kesimpulan

Itulah manfaat madu yang penting untuk kesehatan tubuh Anda. Ada juga berbagai cara untuk menguuji keaslian madu untuk mendapatkan manfaat madu yang sebenarnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih. Sumber klikdokter.com. kontan id cermat.com, dan tirto.id.

Berlangganan via Email