Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Isi Pajak Adsense Youtuber dan Blogger

Berikut ini Cara ini Pajak Adsense Youtube dan Blogger Amerika Serikat 2021 Pakai NPWP dan Non NPWP, Bayarlah Pajak Dengan Kesadaran Diri

Cara Isi Pajak Adsense Youtuber dan Blogger Amerika Serikat
Cara Isi Pajak Adsense Youtuber dan Blogger, source: omahinfo.com

Salam sobat omahinfo,
Apakah Anda termasuk orang yang mendapatkan surat cinta dari Adsense terkait peraturan pajak Google Adsense. Berarti Anda harus mengisi pajak Google Adsense yang ditarik pihak Amerika Serikat untuk penghasilan para kreator di luar AS. Tak perlu bingung, berikut ini cara mengisi pajak adsense Amerika Serikat.

Bisa dibilang saya sendiri kaget karena menurut rumor yang beredar hanyalah seorang youtuber yang mendapatkan kirimian surat ini, tapi saya sendiri adalah seorang blogger. Tapi memang sebelumnya akun adsense saya tekoneksi dengan akun youtube saya yang lalu dan belum temonetisasi, tapi tetap saja di dashboard saya ada tulisan harus mengisi tax (pajak) adsense.

Jika Anda tidak memberikan informasi pajak hingga 31 Mei 2021, maka penghasilan Adsense Anda akan di potong 24% dari total penghasilan Anda. Bukankah angak itu ancaman bagi Anda. Makanya ayo kita isi pajak Adsense, tak perlu bingung karena diartikel ini akan saya beri tahu cara isi pajak Adsense dilengkapi dengan gambar. Tapi sebelum itumari kita sedikit mengulas balik tentang apa itu Adsense.

Pengertian Adsense

Google Adsense adalah sebuah program pengiklanan dari google yang menawarkan semua calon publisher untuk mendapatkan uang dengan syarat: website, blog atau channel Anda harus memenuhi kriteria dari google.

AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. source: Wikipedia

Jika pemilik situs web atau blog maupun chanel yang telah disetujui makan Anda bisa memasang unit iklan Google dihalaman website,blog dan channel Anda. Anda Akan mendapatkan pundi-pundi uang dengan pembagian keuntungan dari google untuk setiap iklan yang tanyang atauun diklik yang biasa di kenal CPC dan CPM. Untuk lebih lengkap, silahkan klik Google Adsense.

Baca Juga: Kreasikan Website Dirimu Dengan Website Builder  

Cara Isi Pajak Adsense

Pajak Adsense Amerika Serikat Ini kemungkinan akan berlaku jika konten Anda dinikmati oleh Warga AS, dan sepenalaran saya jika konten Anda hanya ditoton oleh WNI akan bebas potongan pajak adsense, asalkan Anda juga mengisi informasi pajak Adsense ini.

Sebelum Anda mengisi pajak Adsense Anda, Anda harus terlebih dahulu masuk ke akun google Adsense Anda, Jika Anda lupa, mari kita simak cara isi pajak Adsense Youtube dan Blog Amerika Serikat:

1. Log in ke Akun Google Adsense

Silahkan Anda log in ke akun google Adsense, setelah itu masukan alamat email dan Password Anda.

2. Klik Kelola Info Pajak atau Tax Adsense

Kelola Info Pajak atau Tax Adsense
Kelola Info Pajak atau Tax Adsense, source: omahinfo.com

Ketika Anda masuk ke halaman adsense, dibawah header atau menu bar adsense akan ada notifikasi apa yang harus Anda lakukan dan salah satunya itu Kelola Info Pajak atau Tax Adsense. Jika Anda tidak menemukan masuk ke menu "Pembayaran", klik "setelan (settings)" kemudian pilih "kelola info pajak". Kemudian klik "Tambahkan Info Pajak".

3. Log in ke Akun Adsense

Log in ke Akun Adsense
Log in ke Akun Adsense, source: omahinfo.com

Kemudian akan muncul pop-up halaman dimana Anda harus memasukan kembali keyword atau sandi Anda, untuk memastika bahwa akun Adsense ini mili Anda.

4. Info Pajak Adsense Amerika Serikat

Info Pajak Adsense Amerika Serikat
Info Pajak Adsense Amerika Serikat, source: omahinfo.com

Pada Bagian pertama akan ada tiga poin yang harus Anda isi, yaitu

Poin Pertama

  • Jika akun Anda ini milik pribadi maka Anda isi maka pilih "Perorangan".
  • Jika milik perusahaan atau bukan pribadi silahkan pilih "Non-Individe atau Entitas".

Poin Kedua

Pastikan Kewarganegaraan Anda, Jika Anda seorang WN Amerika Serikat Silahkan pilih "Ya", Jika seorang WNI, silahkan pilih "Tidak".

Poin Ketiga

Berdasarkan Poin Kedua, Jika Anda seorang WNI maka pilih formulis pajak "W-8BEN", jika bukan seorang WNI, silahkan pilih "W-8ECI".
Kemudian Klik Berikutnya


5. Identitas Pajak W-8BEN

Identitas Pajak W-8BEN
Identitas Pajak W-8BEN, source: omahinfo.com

Isilah identitas pajak Anda sesuai data sebenarnya yaitu sesuai KTP dengan memasukan dengan benar. Disini yang harus Anda isi adalah

  • Nama Individu: Nama Asli sesuai KTP Anda, Jika ini Adsense pakai nama saudara atau orang lain tetap gunakan nama Asli Anda.
  • Negara Pengguna: Isi dengan Negara Tempat Tinggal Anda. Jika ANda seorang WNI, maka pilih Indonesia.
  • Nomor Identitas Pajak: Isilah TIN Asing saja dengan nomor NPWP Anda, jika belum punya buatlah terlebih dahulu.

Jika data sudah Anda pastikan benar, silahkan Klik Berikutnya.

6. Alamat Anda

Isi Alamat Anda Sesuai KTP
Isi Alamat Sesuai KTP, source: omahinfo.com

Isilah bagian alamat ini sesuai dengan data yang ada di Kartu Tanda Penduduk Anda. Jika Anda sudah pastikan benar baik, centang kotak kecil dibawahnya yang bertuliskan "ALamat surat sama dengan alamat tempat tinggal". Kemudian klik berikutnya.

7. Perjanjian Pajak

Perjanjian Pajak, source: omahinfo.com

Pada bagian ini Anda akan ditanya setuju atau tidak tarif pemotongan atau pemungutan pajak yang lebih rendah. Pilih  "Ya", kemudian centang dibawahnya dan isi negara Anda berasal.
Setelah itu isilah Tarif dan Ketentuan Khusus seperti berikut:

Layanan Adsense, Film dan Tv
Layanan Adsense, Film dan Tv, source: omahinfo.com

Layanan Adsense:

  • Pasal dan Ayat:  Pasal 8 ayat 1
  • Tarif Pemotongan: 0% (Pengurangan Tarif)
  • Centang seperti digambar untuk menyatakan persetujuan


Film dan Tv (Youtube, Google Play)

  • Pasal dan Ayat:  Pasal 13 ayat 2
  • Tarif Pemotongan: 10% (Pengurangan Tarif)
  • Centang seperti digambar untuk menyatakan persetujuan

Hak Cipta Lainnya (Youtube, Google Play)
Hak Cipta Lainnya (Youtube, Google Play), source: omahinfo.com

Hak Cipta Lainnya (Youtube, Google Play)

  • Pasal dan Ayat:  Pasal 13 ayat 2
  • Tarif Pemotongan: 10% (Pengurangan Tarif)
  • Centang seperti digambar untuk menyatakan persetujuan

Cek kembali, jika pasti dan yakin benar klik berikutnya.

8. Pratinjau Dokumen

Pratinjau Dokumen Pajak Adsense
Pratinjau Dokumen Pajak Adsense, source: omahinfo.com

Disini Anda Akan di berikan print preview data yang telah Anda isi sebelumnya. Jika sudah pasti dan yakin klik centang disamping dokumen, klik berikutnya.

9. Sertifikasi

Sertifikasi Pajak Adsense Anda, source: omahinfo.com

Bagian persetujuan Anda, silahkan isi kolom "Tanda tangan Anda" dengan nama lengkap Anda dan pilih "Ya", kemudian klik berikutnya.


10. Aktivitas dan Layanan yang Dijalankan di As dan Affidavit

Aktivitas dan Layanan yang Dijalankan di As dan Affidavit, source: omahinfo

Pada bagian ini Anda diminta untuk menjawab pertanyaan itu. Kemudian jawablah seperti berikut:

  • Aktivitas dan Layanan di AS: Tidak, Kemudian Centang.
  • Pertanyaan Tertulis Perubahan Status: Saya memberikan info pak untuk profil pembayaran baru atau yang sudah ada yang belum menerima pembayaran.

Kemudian Klik Kirim.

11. Persetujuan

Persetujuan Info Pajak Adsense Amerika Serikat, source: omahinfo.com


Anda akan kembali ke menu pembayaran dan melihat akun pajak Anda telah disetujui selain itu juga Anda akan menerima email berupa pemberitahuan Informasi Pajak Anda telah disetujui.

Jika Anda telah menerima email dari pihak google payment adsense berarti Anda telah mengamankan pendapatan Anda dari potongan pajak 24%. 

 

Pajak Adsense Youtube dan Blog Non NPWP

Dalam pengisian pajak adsense Youtube dan Blog yang baru-baru ini diterakan oleh Amerika Serikat terdapat permintaan untuk mengisi kolom TIN Asing dengan nomor NPWP Anda. Bagaimana jika Anda belum atau tidak memiliki NPWP, bisakah Anda menyelesaikan proses pengisian pajak Adsense Youtube dan Blog Amerika Serikat?

Ternyata Anda bisa menyelesaikan proses pengisian pajak Adsense Youtube dan Blog Amerika Serikat, tapi Anda akan menanggung resikonya. Jika Anda tanpa NPWP, penghasilan Anda dari pengunjung atau viewer Amerika Serikat yang semula 10% akan berubah menjadi 30%. Dan ingat sekali lagi, hanya pengunjung atau viewer dari Amerika Serikat, sedangkan negara lain dan Indonesia belum atau tidak ada potongan. Selama viewer konten Anda dari negara selain Amerika berarti tidak akan atau belum ada pemotongan.
 
Terus bagaimana cara pengisian pajak Adsense Youtube dan Blog Amerika tanpa (non) NPWP, tenang caranya hampir sama tapi hal ini hanya berbeda di poin ke-5 dari tutorial diatas, yaitu

  1. Isi Sesuai Langkah Ke-1 Sampai Ke-4 seperti diatas.
  2. Pada Poing Ke-5: Kosongkan Bagian TIN Asing (Nomor Identitas Pajak) yang seharusnya Anda isi dengan nomor NPWP Anda. Kemudian Klik Berikutnya. Kemudian, Ikuti langkah ke-6 hingga selesai sama seperti diatas. Pada poin Ke-11, potongan pajak yang tadinya 10% akan berubah 30%, karena Anda tidak menyertakan NPWP.


Kesimpulan

Itulah cara untuk mengisi pajak adsense youtube dan blog Amerika Serikat sehingga Anda tidak akan ada halangan lagi ketika waktu pembayaran tiba. Jika Ada yang keliru atau kurang lengkap dalam menyampaikan pajak adsense, silahkan sampaiakan di kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

dedi_i
dedi_i Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

7 comments for "Cara Isi Pajak Adsense Youtuber dan Blogger"

  1. Wah, cepet bener batas waktunya sampai 31 Mei 2021 😅 Gede yach 24% pemotongan AdSense. Secara ga seberapa juga yg diperoleh meskipun lumayaan 100 USD hehehe... Ceki2 ah...ngeri kelewat nih. Makasih sharingnya ya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung, iya bu lumayan buat beli bahan masak keluarga, hehehe

      Delete
  2. Wah saya blogger bukan youtuber dan sepertinya blum ada email yg suruh mengisi.

    Apakah blogger juga wajib mengisi Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ada notifikasi untuk kelola info pajak, lebih baik diisi mas. Katanya ini hanya untuk youtuber, tapi saya buka youtuber. Tapi memang akun ini terhubung dengan akun youtube yang nantinya akan saya isi dengan video pembahasan soal dan belum termonetisasi.

      Coba nanti ditunggu aja mas, kalo belum ada ya gak usah isi, siapkan saja NPWP juga. Terima kasih telah berkunjung.

      Delete
  3. Baca ini aku jd inget blm lapor SPT hahahaha.

    Duuuh kangen juga baca istilah W8ben , w9 utk istilah2 pajak Amerika :D. dulu pas msh kerja di bank, aku ngurusin segala macam FATCA ato nasabah2 WN Amerika ato non Amerika tp punya penghasilan di Amerika :). Ribet jgn tanya... Tapi memang udh keharusan dari Amerika juga sih utk hal2 perpajakan begitu. Mau ga mau ya harus ikutin aturannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngomongin soal SPT, sama juga heheheh, wah sudah ekspert ini untuk bagain perpajakan seperti ini. Terimakasih telah berkunjung ke blog saya.

      Delete