Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Materi Matematika SMA Kelas 10, 11 dan 12

Ini adalah Daftar Materi Matematika SMA yang akan Anda pelajari di Kelas 10, 11 dan 12


Rangkuman Materi Matematika SMA Kelas 10, 11 dan 12 Lengkap serta mudah dipahami
Daftar Materi Matematika SMA Kelas 10, 11 dan 12, source: omahinfo.com


Salam sobat omahinfo,
Belajar matematika bisa dikatakan penting untuk kehidupan. Hal ini dikarenakan ternyata sejak kecil manusia telah diperkenalkan dengan operasi matematika saat bergaul dalam kehidupan sehari-hari seperti menghitung kembalian uang, jumlah buah jambu di pekarangan, jumlah ayam yang dimiliki dll. Setelah Anda belajar matematika di SMP, Anda juga akan belajar lagi matematika di SMA.

Materi Pelajaran matematika di SMA tidak beda jauh dari materi di SMP, hanya saja yang membedakan adalah materi matematika SMA merupakan materi yang lebih komplek atau spesifik dari materi matematika SMP. Berikut ini adalah daftar materi matematika SMA yang akan Anda pelajari baik di kelas 10, 11 dan 12. Sebelum kita melihat materi matematika apa saja yang akan Anda pelajari di SMA, kita pahami dulu apa itu matematika.

Pengertian Matematika

Matematika adalah sebuah kajian ilmu yang mempelajari tentang bilangan, tapi kenyataannya cakupan matematika itu sangat luas seperti ruang, bidang dan metodologi untuk menarik sebuah kesimpulan.

Matematika atau ilmu hisab adalah ilmu yang mempelajari besaran, struktur, ruang, dan perubahan. source: wikipedia

Matematika adalah sebuah bahasa simbolis yang fungsi praktisnya untuk mengekpresika hubungan-hubungan kuantitatid dan keruangan, sedangkan fungsi teoritisnya adalah untuk memudahkan berfikir. source: Menurut Jonhson dan Myklebust (Mulyono, Abdurrahman, 2003:252)

Matematika adalah bahasa simbolis dan ciri utamanya adalah penggunaan cara bernalar dedukatif, tetapi juga tidak melupakan cara bernalar indukatif. source: Menurut Kline (Mulyono, Abdurrahman, 2003:252)

Jika disimpulkan ilmu dan kaidah matematika begitu mempengaruhi dalam hampir semua sendi kehidupan manusia sebagai upaya untuk memajukan kehidupan manusia itu sendiri. Bisa dikatakan bahwa matematika merupakan ilmu yang berguna, makanya tidak ada salahnya jika Anda mempelajari matematika sejak kecil hinga dewasa maupun hingga sekarang ini. Dibawah ini, ketika Anda meginjak bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), akan ada beberapa pokok bahasan atau materi matematika yang harus Anda pelajari. Untuk lebih lengkapnya simak. penjelasan dibawah ini.

Daftar Materi Matematika SMA

Sebenarnya materi matematika SMA yang Akan di ajarkan oleh pendidik atau guru dan yang dipelajari peserta didik atau murid itu tidaklah begitu banyak. Tapi kadang dengan adanya perubahan kurikulum itulah yang mempengaruhi banyak atau sedikit materi matematika yang harus dipelajari.

Dalam daftar materi matematika SMA dibawah ini, Anda juga bisa menemukan rangkuman materi matematika yang disertai dengan contoh soal dan pembahasannnya dengan mengklik pada judul materi matematika SMA yang ingin ANda pelajari. Berikut ini daftar materi matematika SMA yang Akan Anda pelajari selam 3 tahun di sekolah, diantaranya:

  1. Persamaan
  2. Fungsi Kuadrat
  3. Fungsi Invers dan Komposisi Fungsi
  4. Pertidaksamaan
  5. Persamaan Garis Lurus
  6. Matriks
  7. Logika Matematika
  8. Lingkaran (Persamaan Garis Lingkaran)
  9. Eksponen dan Logaritma
  10. Statistika
  11. Peluang
  12. Limit (Coming Soon)
  13. Diferensial (Coming Soon)
  14. Integral (Coming Soon)
  15. Barisan dan Deret (Coming Soon)
  16. Bilangan Desimal (Coming Soon)
  17. Trigonometri (Coming Soon)
  18. Dimensi Tiga (Coming Soon)
  19. Vektor (Coming Soon)


Materi matematika ini masih dalam penyusunan, jika dibelakang judul materi matematika masih ada tulisan "coming soon" itu berarti materi matematika masih dalam perumusan dan pengerjaan. Jika Anda menemukan link error dari salah satu rangkuman materi matematika SMA, silahkan laporkan via kolom komentar dibawah. 

Baca Juga: Rangkuman Materi Matematika SMP

Kesimpulan

Itulah daftar materi matematika SMA yang akan Anda pelajari selama 3 tahun disekolah. Jika Anda ingin belajar sebuah materi, Anda tinggal klik judul materi matematika SMA. Semoga apa yang dituliskan diartikel tentang dafta materi matematika SMA ini bisa bermanfaat untuk Pendidikan Bangsa Indonesia khususnya untuk materi matematika dan terima kasih.

dedi_i
dedi_i Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Daftar Materi Matematika SMA Kelas 10, 11 dan 12"