Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Trik Optimasi Video Youtube Bagian Pertama

membaca video youtube




Salam sobat omahinfo,
Bagaimana caranya optimasi video seo youtube sehingga bisa muncul dijajaran teratas termasuk didalamnya Keyword Judul Video, Deskripsi, dan Tags. Kali ini bagian pertama optimasi SEO optimasi video kalian di youtube. Mendengar kata Youtube mungkin bagi para millenial bukanlah sesuatu yang asing. Youtube sendiri merupakan sebuah website yang menfasilitasi setiap pemilik akun google untuk berbagi video yang mereka miliki maupun menikmati berbagai video yang diunggah oleh orang lain. Yang perlu kalian ketahui adalah bahwa youtube di buat oleh tiga mantang karyawan PayPal di bulan Februari tahun 2015 yang berkantor pusat di San Bruno, California.

Isi Konten Youtube

Ketika anda membuka Youtube, anda akan menemukan berbagai macam video yang diunggah ke situs ini, misalnya video klip musik dari musisi tertentu, film pendek, film televisi, trailer film, video edukasi, video vlog milik para vlogger, video berbagai tutorial, dan masih banyak lagi.

Jika anda baru pertama kali akan membuka youtube yang anda harus wajib punyai adalah akun google, Biasanya anda yang sudah menggunakan smartphone anda tinggal buka aplikasi di youtube, anda tinggal sign in  diarahakan untuk menentukan nama channel kalian, setelah selesai klik ok kalian akan diarahkan menuju akan masuk ke beranda youtube. Jika kalian menggunakan pc atau leptop kalian buka youtube.com dan tinggal masukan akun google dan pasword kalian. Setelah menentukan nama channel kalian juga akan diarahkan ke beranda youtube. Dan Begini tampilan awal yang akan kalian nikmati.



Di beranda Youtube anda akan menemukan menu home untuk kembali ke beranda akun youtube anda, trending untuk mengetahui konten-konten apa yang sedang trend atau banyak di tonton hari ini, subcriptions untuk mengetahui mana chanel-chanel yang kalian ikuti, search untuk mencari apa yang kalian ingin temukan, Library untuk melihat kembali video-video yang kalian simpan, tonton kembali atau watch later untuk melihat video yang anda tandai untuk di tonton lain waktu karena sedang sibuk, dan Like Video untuk melihat video mana yang kalian sukai.
Baca Juga : Beda Penghasilan Blog dan Youtube
Jika kalian memebuka menu trending, kalian akan melihat beberapa video yang trending, tapi apakah kalian pernah mengira bagaimana caranya mereka bisa trending atau popular. Sebelum kalian mengoptimasi vidio youtube yang sudah kalian upload atau belum kalian upload, kalian harus sedikit memahami beberapa poin.

Optimasi SEO Video Youtube

Poin-poin ini tidaklah asing bagi kalian yang suka dengan dunia ngeblog atau blogger. Hanya saja kalian juga harus memperhatikan selain beberapa poin yang akan saya jelaskan, seperti konten kalian harus berbeda dari orang lain bisa dikatakan mempunyai keunikan tersendiri. Hal itu harus kalian perhatikan karena Apa? Kita tahu tiap hari banyak pengguna Youtube yang mengunggah video ke Youtube. Anda bisa bayangkan berapa jumlah video yang ada diibaratkan setengah penduduk dunia mempunyai channel, belum lagi dikali rutinitas mereka mengunggah video tiap harinya. Persaingan yang bisa dikatakan cukup ketat bahkan sangat ketat dan kejam tak mengenal arti kata saudara, makanya kalian harus membuat sebuah konten itu unik dan mencuri perhatian penikmat video di Youtube. Untuk memaksimalkan konten kalian yang unik itu kalian harus memperhatikan beberapa poin-poin berikut sebagai bagian dari optimasi video anda di Youtube, sebagai berikut :

1. Keyword ke Dalam Judul Video

Memasukkan keyword ke dalam judul video merupakan cara yang ampuh untuk bisa mengoptimasikan SEO. Video akan mudah terindex karena video yang diupload sesuai dengan judulnya. Contoh misalnya kalian menggunakan keyword “menanam padi”, jadi judul yang bisa kalian buat adalah “Keseruan Menanam Padi di Sawah Kakek”. Setelah itu, mulailah untuk mengupload.

2. Deskripsi Video YouTube

Tulislah deskripsi tentang isi video yang kalian buat. Penulisan kata-kata dalam tiga bari pertama  sangat berarti bisa dianggap sangat penting, karena kan menentukan peringkat tinggi di mesin pencari google. Deskripsi singkat, padat dan jelas tanpa basi-basi yang mencakup tema video dan apa yang ada dalam video itu sangat dianjurkan. Yang harus kalian diperhatikan adalah gunakan kata kunci video auto complete di mesin pencari ketika kalian mengetikan akan secara lansung muncul, gunakan itu sebagai deskripsi video . Bila kata kunci tepat sesuai pencarian para penikmat youtube dan sesuai  deskripsi awal videomu, maka video kalian akan mendapat peringkat lebih tinggi bahkan urutan pertama.Penulisan deskripsi tepat tanpa basi-basi agar bisa sesuai dengan keyword pencarian yang sedang dicari.

3. Memaksimalkan “Tags”

Dengan mengisi tags yang sesuai dengan video, maka video akan lebih maksimal ketika dicari di pencarian. Kalian bisa mengisi tags pertama sesuai dengan judul video, selanjutnya kalian bisa mengisi tags sesuai dengan keyword. Setelahnya lanjutkan dengan mengisi tags sesuai dengan video yang akan kalian upload. Selain itu, kalian bisa juga meriset dulu tags yang berpotensi tertinggi dan akan kalian tambahkan agar hasilnya lebih mantap lagi.

4. Re-Search Keyword

Sama saja dengan membuat artikel, kalian bisa mencari keyword supaya mempermudah video kalian ditemukan oleh mesin pencari. Keyword memang sangat dibutuhkan. Ibaratnya, keyword adalah orang tua yang bisa menasehati anaknya ketika sedang dalam kesusahan. Ya begitulah, sekarang banyak situs yang bisa membantu kalian untuk re-search keyword seperti, keyword tool, ubersuggest, google adsword, dll. Nantinya, situs tersebut bisa membantu kalian untuk mencari keyword yang tepat untuk video yang kalian miliki.

Membaca Video di Youtube

Untuk membaca video di youtube agar kalian bisa belajar cara optimasi seo, video dan channel youtube. Pertama-tama kalian perlu menginstal sebuah program ekstension di chrome yang bernama "VidiQ", sebenarnya masih ada yang lain tapi aku lebih suka menggunakan program ini. Kalian bisa mencarinya lewat google dengan mengetik "VidiQ ekstension", jika sudah ketemu kalian tinggal klik ad.

Kali ini saya akan mencontohkan cara membaca salah satu video yang menjadi trending topik dari seorang youtuber benama "Nex Carlos". Berikut tampilannya :


Dari Gambar diatas program vidiQ ada bagian Overview. Overview memberikan gambaran kepada kita berapa skor video kita dengan rate antara 0 sampai dengan 100. Ada juga yang memberitahukan rata-rata waktu lama menonton (perjam) video ini, serta total jumlah yang sudah menonton termasuk anda. Ada juga yang memberitahukan rata-rata pengunjung menikmati video anda dalam hitungan jam.

Selanjutnya ada penilainnya dari segi sosial dan SEO video. Dari segi sosial bisa dilihat berapa banyak orang yang menyukai dan tidak menyukai video anda, kemudian rasio yang suka akan di ubah dalam bentuk persen. Persentase ini akan selalu berubah ketika masih ada yang menonton dan klik tombol suka atau tidak suka video tersebut. Dari segi SEO, program ini akan menilai seberapa bagus video anda dengan memberikan nilai SEO seperti gambar diatas. Untuk Skor 50 adalah jumlah konten tersebut dibagikan ke blog atau sosial media orang lain.


Ada juga bagian sharing twitter, untuk mengetahui orang yang membagikan video anda via twitter.




Dua Gambar diatas adalah bagian yang tidak bisa saya jelaskan secara pasti karena harus upgrade dulu dan harus membayar. Tapi kalo menurut saya bagian ini tidak terlalu penting. Tapi jika kalian ingin mengetahui silahkan upgrade sendiri ya. Jika anda mendapat nilai bagus disini anda bisa dengan senang dan berharap konten anda meningkat penontonnya, tapi hal itu tidak terlepas dari Kata kunci dan isi konten anda.
Baca Juga : Trik Keyword 100% Berhasil di Youtube
Di artikel selanjutnya saya akan memberikan kalian trik untuk menentukan kata kunci, agar video kalian menjadi video deretan teratas di youtube sesuai konten apa yang anda buat.

Kesimpulan :

Jika kalian ingin menjadi seorang youtuber, beberapa poin-poin diatas tidak bisa kalian tinggalkan seperti keyword baik dalam judul, diskripsi video serta tags yang tepat sangat menentukan video kalian muncul di beranda teratas Youtube. Tapi itu semua akan percuma, jika isi konten tidak kalian maksimalkan. Konten video kalian juga mempunyai peran penting untuk memberikan timbal balik, ketika video yang kalian upload memuat apa yang ingin dicari orang tanpa melupakan proses editing yang bagus. SEO Video hanyalah pelengkap untuk menjadikan konten kalian semakin terkenal dan banyak menarik perhatian orang.
dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "4 Trik Optimasi Video Youtube Bagian Pertama"