Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Materi Matematika SMP Kelas 7, 8 dan 9

Materi Matematika SMP Kelas 7, 8 dan 9 Yang Akan Anda Pelajari
Kumpulan Rangkuman Materi Matematika SMP Kelas 7, 8 dan 9
Daftar Materi Matematika SMP Kelas 7, 8 dan 9, source: omahinfo.com

 
Salam sobat omahinfo,
Matematika merupakan salah satu pelajaran yang akan Anda pelajari di Sekolah Menengah Pertama (SMP), meskipun di Sekolah Dasar (SD) Anda telah mempelajarinya. Meskipun Anda telah akrab dengan matematika sewaktu Sekolah Dasar (SD), tapi Ilmu Matematika tidak berhenti di situ saja. Makanya di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Anda akan mempelajari materi matematika yang sama dan baru.

Materi Matematika tingkat SMP bisa dikatakan sebagai materi matematika lanjutan dari SD yang mana ada lanjutan materi SD dan ada juga materi matematika baru yang akan Anda dapat. Karena bertambahnya materi matematika di tingkat SMP, maka akan berefek langsung dengan jam belajar matematika yang lebih lama dibanding ketika Anda di SD.

Tak perlu panjang lebar lagi, Berikut ini adalah daftar materi matematika SMP yang akan Anda pelajari baik di kelas 7, 8 dan 9 sesuai kurikulum terbaru. Sebelum Anda membaca materi matematika apa saja yang akan Anda pelajari ketika duduk di bangku SMP, alangkah lebih baik kita mengulas sedikit apa itu matematika.

Pengertian Matematika

Matematika adalah kajian ilmu yang mempelajari tentang bilangan, tapi dalam kenyataannya cakupan matematika itu sangat luas seperti ruang, bidang dan metodologi untuk menarik sebuah kesimpulan.

Matematika atau ilmu hisab adalah ilmu yang mempelajari besaran, struktur, ruang, dan perubahan. source: wikipedia

Matematika adalah sebuah bahasa simbolis yang fungsi praktisnya untuk mengekpresika hubungan-hubungan kuantitatid dan keruangan, sedangkan fungsi teoritisnya adalah untuk memudahkan berfikir. source: Menurut Jonhson dan Myklebust (Mulyono, Abdurrahman, 2003:252)

Matemtika adalah bahasa simbolis dan ciri utamanya adalah penggunaan cara bernalar dedukatif, tetapi juga tidak melupakan cara bernalar indukatif. source: Menurut Kline (Mulyono, Abdurrahman, 2003:252)

Jika disimpulkan ilmu dan kaidah matematika begitu mempengaruhi manusia dalam hampir semua sendi kehidupannya sebagai upaya untuk memajukan kehidupan manusia itu sendiri.

Materi Matematika SMP

Sebenarnya materi matematika SMP yang akan Anda pelajari tidak berbeda dari tahun ke tahun. Hanya saja, perubahan kurikulumlah yang kadang menambah kurangkan materi matematika yang harus Anda pelajari. Sebaiknya jika Anda mempunyai buku matematika SMP milik kakak Anda atau saudara Anda jangan dibuang, siapa tahu akan berguna untuk mempelajari materi matematika SMP.

Dalam daftar materi matematika SMP dibawah ini, Anda juga bisa menemukan rangkuman materi matematika yang disertai contoh soal dan pembahasannya dengan mengklik pada judul materi matematika SMP yang ingin Anda pelajari. Berikut ini daftar materi matematika SMP yang Akan Anda pelajari selama 3 tahun di sekolah, diantaranya:

  1. Perbandingan Matematika
  2. Phythagoras (Coming Soon)
  3. Lingkaran (Coming Soon)
  4. Kesebangunan (Coming Soon)
  5. Persamaan Garis (Coming Soon)
  6. Geometri (Coming Soon)
  7. Aritmatika Sosial (Coming Soon)
  8. Statistika (Coming Soon)
  9. Bangun Ruang (Coming Soon)
  10. Himpunan (Coming Soon)

Materi matematika ini masih dalam tahap persiapan. Selain itu juga, materi matematika SMP akan mulai saya upload atau kerjakan setelah daftar materi matematika SMA sudah selesai saya buat semuanya.
Baca Juga: Daftar Materi Matematika SMA

Nantinya, Jika dibelakang materi masih ada tulisan "coming soon" itu berarti materi matematika masih dalam pengerjaan. Selain itu, jika Anda menemukan link ke rangkuman materi matematika SMP error silahkan laporkan via kolom komentar.

Kesimpulan

Itulah daftar materi matematika SMP yang akan Anda pelajari selama 3 tahun disekolah baik dari kelas 7,8 dan 9. Jika Anda ingin belajar materi-materi tersebut, Anda tinggal klik judul materi matematika SMP mana yang ingin Anda pelajari. Semoga apa yang dituliskan diartikel ini bisa bermanfaat untuk Pendidikan Bangsa Indonesia khususnya untuk materi matematika dan terima kasih.
dedi_i
dedi_i Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Daftar Materi Matematika SMP Kelas 7, 8 dan 9"