Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dolar : Sejarah, Krisis Moneter dan Cara Memperkuat Rupiah

Dolar terhadap Rupiah Turun
source : pixabay








Hai sobat omahinfo,
Kali ini kita akan membahas sedikit tentang perkembangan keuangan di Indonesia secara khusus tentang perkembangan kurs dolar terhadap rupiah. Berbicara tentang mata uang apalagi Dolar dan mata uang Rupiah, pasti terkait tentang kurs dolar naik atau turun terhadapa nilai tukar Rupiah. Tapi kali ini akan mempelajari bagaimana Almarhum BJ Habibie mampu menurunkan kurs dolar terhadap mata uang Indonesia Rupiah. Ketika dollar menguat sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menahan pergerakan kurs dolar. Bagaimana dolar bisa menjadi mata uang internasional, nilai tukar Rupiah ke Dolar melemah dan cara untuk memperkuat rupiah.

US Dollar

Tak hanya Amerika yang menggunakan mata uang yang bernama dolar, namun hanya dolar Amerika yang menjadi mata uang internasional, bukan dolar singapura ataupun dolar yang lain. US Dollar adalah mata uang resmi negara Amerika Serikat yang dikontrol oleh Federal Reverse dengan lamabang "$" atau biasa ditulis USD.

Dolar Menjadi Mata Uang Dunia Internasional

Pada zaman dahulu mencetak uang tidak bisa dilakukan sembarangan, dan harus memperhatikan ada atau tidak cadangan emas. Maksudnya disini adalah uang pada saat itu adalah berupa "surat bukti atas kepemilikan emas", dimana emas jika emas di jadikan sebagai alat transaksi akan sangat merepotkan, kalian bisa membayangkan sendiri betapa merepotkannya dan berbahya jika harus membawanya.

Setelah perang dunia ke-2, negara- negara di Eropa dan hampir seluruh dunia mengalami kehancuran di sektor ekonomi. Kehancuran di bidang ekonomi membuat masyarakat dunia jatuh miskin sehingga tidak ada kekuatan untuk membangun negara mereka kembali. Amerika Serikat yang tidak terpengaruh, mencoba menawarkan bantuan ke negara-negara tersebut dengan memeberikan hutang atau pinjaman dalam bentuk mata uang dolar dengan jaminanannya adalah negara-negara tersebut menyerahkan emas kepada Amerika Serikat. Secara otomatis Amerika Serikat menguasai seluruh emas di dunia dan menjadikan dolar Amerika dipercaya menjadi mata uang.

Dalam perjalanannya US Dollar pernah mengalami Fiat Money dimana uang yang dicetak tidak sama sekali tak dijamin apapun, namun seiring perekonomian Amerika Serika meningkat, dolar pun menguat. Meskipun negara-negara yang meminjam sudah bisa membangun dan memulihkan negaranya sendiri seta mampu menceta mata uangnya sendiri, tapi tetap saja mereka menyimpan cadangan devisa paling banyak dalam bentuk dolar. Mulai saat itu dolar menjadi mata uang Internasional yang digunakan di seluruh penjuru dunia.

Krisis Moneter 1998 Nilai Tukar Rupiah

Permasalahan ini bermula ketika terjadinya krisis finansila Asia yang hampir menerpa seluruh Asia Timur pada Juli 1997 yang secara langsung menimbulkan kepanikan yang begitu luar biasa. Perkembangan perekonomian Indonesia pada tahun 1990 sampai 1996 begitu gemilang. Tapi ketika Agustus 1997, mata uang Rupiah mulai bergerak diluar perkiraan yang mengakibatkan beberapa perusahaan yang meminjam uang dalam bentuk dolar harus merasakan efek karena harus membayar biaya yang lebih tinggi.

Rupiah semakin tak bertenaga dan nilai tukar yang semakin gila, dimana Januari 1998 menyentuh untuk 1 USD setara RP 11.000 dan semakin merosot pada Juli 1998 dengan menyentuh angka Rp 14.150. Bahkan pernah menyentuh Rp 16.800 per 1 USD. Semakin melemahnya Rupiah membuat para investor asing meninggalkan Indonesia membuah Rupiah semakin bertambah terpuruk.

Banyak perusahan yang harus gulung tikar, banyak kredit macet dan masyarakat beramai-ramai menarik uang di bank. Dolar yang semakin meninggi membuat harga bahan kebutuhan pokok melunjak diiringi pengangguran yang terlihat dimana-mana membuat angak kemiskinan meroket. Akhirnya pun terjadi kerusuhan yang tidak terlupakan oleh Bangsa Indonesia yang dikenal dengan sebutan krisis moneter 1998. Kerusuhan terjadi dimana-mana dan berbagai organisasi baik mahasiswa dan masyarakat kala itu meminta Presiden Soeharto (Presiden yang menjabat kala itu adalah Bapak Soeharto) untuk mundur karena dinilai telah gagal.

Peran B.J. Habibie dalam Upaya Rupiah Menguat

Pada dasarnya, jatuh atau melemahnya mata uang rupiah secara signifikan terjadi sangat cepat. Oleh karenanya menaikan kembali mata uang bisa dengan cepat juga selama langkah yang diambil cepat dan tepat.

Apa langkahnya ? Sebuah langkah ekstrim yang diambil beliau, B.J. Habibie adalah merubah Indonesia menjadi demokrasi. Dengan begitu kepercayaan global terhadap Indonesia bisa muncul kembali dan membuat para investor merasa aman untuk menanamkan modalnya kembali di Indonesia. Caranya bagaimana?

Beliau, B.J. Habibie membentuk lembaga pemantau dan penyelesaian masalah utang luar negeri, dan mengimplementasikan reformasi ekonomi yang disyaratkan IMF, namun beliau, B.J. Habibie menolak keputusan IMF dengan mempertahankan subsidi bahan bakar. Hal ini mendapat kritikan dari IMF tapi beliau merasa rakyat yang sedang dalam keadaan kacau membutuhkan harga murah supaya tetap stabil. Melakukan restrukturisasi dan rekapitulasi perbankan dengan membentuk BPPN dan unit Pengelola Aset Negara, kemudian dilanjutkan dengan melikuidasi beberapa bank bermasalah. Tujuannya biar bank kembali sehat. Mengesahkan UU No. 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan yang Tidak Sehat dan UU No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
Baca Juga : Tips Keuangan Jitu
Memisahkan BI dari pemerintah menjadi independen dan memberikan wewenang pada BI (saat itu BI belum memiliki wewenang) untuk mengatur stabilisasi rupiah seperti yang tercantum pada UU no. 23 tahun 1999. Lalu kalo soal tidak ada satupun presiden yang mampu melakukannya, saya rasa itu karena dibutuhkan langkah ekstrim untuk menghasilkan perubahan ekstrim. Namun begitu, sesuatu yang ekstrim bisa sangat tak terduga. Oleh karenanya selama Indonesia tidak berada di kondisi yang gawat, langkah ekstrim tidak akan dilakukan oleh presiden. Dan sekarang yang menjadi pertanyaan buat kita para penerus bangsa adalah "apakah dan  kapan kurs dolar akan turun", adalah tugas kita kawanku, jika bukan kita siapa lagi.

Cara Memperkuat Rupiah terhadap Dolar

Untuk mengatasi nilai tukar Rupiah terhadap Dolar yang semakin mengerikan, Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat nilai tukar Rupiah terhadap dollar, diantaranya

  1. Menghargai dan Membeli berbagai produk dalam Negeri serta menahan diri untuk tidak membeli dulu produk luar negeri. Hal ini bisa dibuktikan masih banyak produk lokas yang tidak kalah dalam hal kualitas dan bahkan banyak juga yang telah menembus pasar Internasional
  2. Menggalakan Cinta Rupiah. Hal ini mungkin sepele tapi jika di lakukan banyak orang dengan menngunakan rupiah dalam setiap pembelian maupun pembayaran akan membuat Rupiah semakin menguat.
  3. Investasi dalam Negi diperbanyak dan Memperkuat nilai Eksposr. Jika hal ini dilakukan akan akan menyelesaikan sebagian besar permasalahan dan merupkan sebuah strategi yang tepat sasaran.
  4. Berwisata Dalam Negeri. Jika hal ini dilakukan akan mendorong perkembangan sektor pariwisata di Indonesia, dimana wisata-wisata yang ada di Indonesia juga banyak yang sudah masuk kelas Internasional.

Nilai Tukar Dolar ke Rupiah Hari Ini

Jika kalian ingin mengetahui nilai tukar dolar hari ini terhadap rupiah,silahkan klik "Dolar ke Rupiah Hari Ini". Di link itu Kalian bisa mengetahui dengan pasti berapa nilai tukar dolar hari ini terhadap dolar amerika atau uang mata negara lainnya. Semoga itu akan membantu kalian dalam melihat berapa kenaikan atau penurusan nilai tukar rupiah terbaru. Dan tentunya semoga itu bisa memacu semangat kalian untuk cinta Rupiah.

Kesimpulan :

Ini adalah usaha pertama kalinya yang sukses penyelamatan nilai tukar Kurs rupiah terhadap dollar. Yang diwujudkan secara cepat dan tepat. Cintailah Rupiah karena kalian adalah orang-orang Indonesia.
dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Dolar : Sejarah, Krisis Moneter dan Cara Memperkuat Rupiah"