Kurs Dolar terhadap Rupiah Turun

Dolar terhadap Rupiah Turun

Hai sobat omahinfo,
Kali ini kita akan membahas seikit tentang perkembangan keuangan di Indonesia secara khusus di kurs dollar hari ini. Berbicara tentang mata uang apalagi Dollar dan mata uang Rupiah, pasti terkait tentang kurs dollar naik atau turun terhadapa nilai tukar Rupiah. Tapi kali ini akan mempelajari bagaimana Almarhum BJ Habibie mampu menurunkan kurs dollar terhadap mata uang Indoensia Rupiah.

Kurs Dollar Era Soeharto

Dalam sejarah Indoensia bisa dikatakan ini merupakan kejadian baru pertama kali terjadi. Baiklah sebelum melangkah lebih lanjut begini gambaran kurs dollar era Soeharto berada di kisaran:

Rp 420 / 1 USD tahun 1971,

Rp 1.664 / 1 USD tahun 1986

Rp 2.650 / 1 USD ditahun 1997

lalu terus melemah menjadi Rp 5.000, Rp 7.000, Rp 11.000 dan terus melemah dalam waktu singkat hingga di titik terlemahnya ditahun 1998 pada Rp 16.800 / 1 USD.

Kurs Rupiah Naik

Pada dasarnya, jatuh atau melemahnya mata uang rupiah secara signifikan terjadi sangat cepat. Oleh karenanya menaikan kembali mata uang bisa dengan cepat juga selama langkah yang diambil cepat dan tepat.

Apa langkahnya ? Sebuah langkah ekstrim yang diambil beliau adalah merubah Indonesia menjadi demokrasi. Dengan begitu kepercayaan global terhadap Indonesia bisa muncul kembali dan membuat para investor merasa aman untuk menanamkan modalnya kembali di Indonesia. Caranya bagaimana?

Beliau membentuk lembaga pemantau dan penyelesaian masalah utang luar negeri, dan mengimplementasikan reformasi ekonomi yang disyaratkan IMF, namun beliau menolak keputusan IMF dengan mempertahankan subsidi bahan bakar. Hal ini mendapat kritikan dari IMF tapi beliau merasa rakyat yang sedang dalam keadaan kacau membutuhkan harga murah supaya tetap stabil.
melakukan restrukturisasi dan rekapitulasi perbankan dengan membentuk BPPN dan unit Pengelola Aset Negara, kemudian dilanjutkan dengan melikuidasi beberapa bank bermasalah. Tujuannya biar bank kembali sehat. Mengesahkan UU No. 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan yang Tidak Sehat dan UU No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
Baca Juga : Tips Keuangan Jitu
Memisahkan BI dari pemerintah menjadi independen dan memberikan wewenang pada BI (saat itu BI belum memiliki wewenang) untuk mengatur stabilisasi rupiah seperti yang tercantum pada UU no. 23 tahun 1999. Lalu kalo soal tidak ada satupun presiden yang mampu melakukannya, saya rasa itu karena dibutuhkan langkah ekstrim untuk menghasilkan perubahan ekstrim. Namun begitu, sesuatu yang ekstrim bisa sangat tak terduga. Oleh karenanya selama Indonesia tidak berada di kondisi yang gawat, langkah ekstrim tidak akan dilakukan oleh presiden. Dan sekarang yang menjadi pertanyaan buat kita para penerus bangsa adalah "apakah dan  kapan kurs dollar akan turun", adalah tugas kita kawanku, jika bukan kita siapa lagi.

Nilai Tukar Dollar Hari Ini

Jika kalian ingin mengetahui nilai tukar dollar hari ini terhadap rupiah,silahkan klik "Nilai Tukar Dollar Hari Ini". Di link itu Kalian bisa mengetahui dengan pasti berapa nilai tukar dollar hari ini terhadap dolar amerika atau uang mata negara lainnya. Semoga itu akan membantu kalian dalam melihat berapa kenaikan atau penurusan nilai tukar rupiah terbaru. Dan tentunya semoga itu bisa memacu semangat kalian untuk cinta Rupiah

Kesimpulan :

Ini adalah usaha pertama kalinya yang sukses penyelamatan nilai tukar Kurs rupiah terhadap dollar. Yang diwujudkan secara cepat dan tepat. Cintailah Rupiah karena kalian adalah orang-orang Indonesia.
dedi Saya adalah seorang pemuda yang ingin menjadi seorang yang cerdas

No comments for "Kurs Dolar terhadap Rupiah Turun"