9 Teknologi Jadul Yang Miliki Kenangan dan Incaran Kolektor

Table of Contents
Perkembangan Teknologi Membuat Sebagian Perangkat Teknologi Jadul Ditinggalkan Penggunanya
 
Perangkat Teknologi Jadul yang miliki kenangan dan incaran para kolektor
Teknologi Jadul dengan sejuta kenanangan, Source: omahinfo.com


Hai sobat omahinfo,
Perkembangan teknologi dari waktu ke waktu sudah sangat terasa perbedaannya, jika dilihat pada saat ini, manfaat serta fungsi dari teknologi yang diciptakan benar-benar membuat manusia semakin cepat dan mudah dalam menyelesaikan semua aktivitasnya agar lebih cepat untuk mendengar lagu populer.Perangkat teknologi lama atau kuno yang ditinggalkan atau yang biasa dikenal sebagai teknologi jadul mempunyai kesan tersendiri untuk Anda dan orang lain, bahkan teknologi jadul ini menjadi incaran para kolektor barang antik dan klasik. Berikut ini 9 teknologi jadul yang mempunyai dan mewarnai kenangan masyarakat serta sering menjadi incaran para kolektor barang antik.
 
Memang sebenarnya pada beberapa waktu yang lalu sudah banyak berbagai macam perangkat teknologi yang telah diciptakan, juga telah banyak digunakan oleh manusia hingga beberapa waktu belakangan ini. Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat beberapa alat atau perangkat teknologi jadul yang tidak mengikuti perkembangan ditinggalkan, berikut ini 9 teknologi jadul yang mulai ditinggalkan tapi memiliki kenangan yang berarti di hati masyarakat.

Teknologi Jadul Tahun 70an Hingga 90an

Perkembangan teknologi yang semakin maju tak pelak meninggalkan beberapa alat maupun perangkat teknologi jadul atau lawas yang tidak bisa mengkuti perkembangan. Meskipun disayangkan, alat atau perangkat teknologi jadul ini menjadi salah satu bukti sejarah perkembangan teknologi. Berikut ini adalah 9 teknologi jadul yang mulai ditinggalkan oleh para penggunanya bahkan mungkin bisa jadi salah satu yang telah meninggalkan alat ini karena sudah ketinggalan jaman atau sudah rusak, tapi memiliki kenangan, kadang juga menjadi incaran para kolektor diantaranya :

1. Disket

Berbicara tentang disket, pasti Anda termasuk kalangan orang yang merasakan era kejayaan tahun 1990an. Disket dikenal sebelum era mmc, hardisk, dan flashdisk. Jika Anda dulu pengguna disket pasti merasakan, kegelisahan ketika presentasi yang tersimpan didisket error ketika akan presentasi didepan teman dan dosen, selalu scan komputer yang akan dimasukan disket terlebih dahulu dll.

Kapsitas disket 1,2 megabyte data bisa dikatakan sudah menjadi wadah penyimpanan dewa kala itu, hal ini berbanding terbalik dengan era sekarang yang mampu menyimpan ber terabyte yang mana hampir jutaaan kali jumlah informasi pada disket. Bisa dikatakan anak jaman sekarang mungkin kurang tahu tentang disket, meskipun ada yang tahu itu pun berasal dari icon "simpan" pada komputer atau leptop Anda. 

2. Mesin Ketik

Mesin ketik merupakan sebuah perangkat jadul yang sangat banyak digunakan oleh manusia untuk membuat sebuah tulisan seperti surat, karya tulis, hingga sebuah transkrip-transkrip penting di pemerintahan pada suatu negara. Dan mesin ketik banyak digunakan oleh manusia sebelum memasuki tahun 2000an, namun seiring berjalannya waktu, perangkat berupa mesin ketik baik manual dan elektrik atau elektronik tersebut sudah sangat jarang sekali bahkan sudah mulai ditinggalkan penggunanya dan beralih ke perangkat yang jauh lebih canggih yaitu komputer. 

3. Pager 

Jika Anda bukan kelahiran tahun 1990an, pasti kalian tidak pernah menggunakan pager karena sekitar tahun tersebut pager banyak digemari para remaja. Pager adalah sebuah perangkat yang dapat menerima dan menampilkan pesan numerik atau alfanumerik berupa huruf, tanda baca, simbol matematika, angka dan suara dengan memanfaatkan jaringan radio.

Penggunaannya bisa dikatakan tidak hilang total karena ada sebagian bidang layanan sosial seperti rumah sakit dan pemadam kebakaran. Intansi-intansi ini masih menggunakannya dengan alasan lebih efisiensi dari pada perangkat seluler ketika keadaaan darurat.

4. Vinyl/Piringan Hitam

Piringan hitam adalah sebuah teknologi mutakhir terkait penyimpan suara sebelum era CD dan kaset pita sekitar kurang lebih seratus tahun lalu di Eropa. Di Indonesia begitu populer hingga tahun 1970an, ditandai dengan berdirinya Irama Records di Jakarta pada tahun 1954.

Beberapa tahun belakangan vinyl yang dianggap legenda ini kembali diburu. Sepertinya kepopulerannya meningkat, dan ini bisa menjadi ladang usaha bisnis bagi Anda.

5. Kaset Tape/ Kaset Pita

Apakah Anda orang pecinta kaset tape yang dulu sering merekam lagu yang sedang hits di radio atau kumpulan orang yang membaca lirik di lembaran kaset atau kelompok orang yang saling tukar kaset karena belum punya kaset band yang sedang naik daun?

Itulah kenangan indah yang kadang membuat Anda tersenyum dan itu juga berarti Anda mengenal perangkat ini. Perubahan musik secara digital lambat laun mengikis penggunaan kaset pita. Jika Anda ingin bernostalgia dengan penimatan musik menggunakan kaset pita, Anda masih bisa mencari kaset tape ini di pameran atau kolektor di Indonesia. Selain itu, jika Anda ke Jogja, Anda akan dengan mudah menemukan lagu-lagu lama nostalgia yang masih berbentuk kaset dijajakan dipinggir jalan.

6. Over Head Projector/OHP 

Jika Anda mendengar kata OHP, Anda langsung bereaksi, berarti dulu sekolah atau kantor Anda pernah menggunakan perangkat ini. Selain itu Anda akan terbiasa dengan lembaran asetat, pena penyeka kering dan yang pasti tulisan khas masing-masing guru atau dosen Anda.

Over Head Projector/OHP pernah menjadi "Raja" di sekolah dan kampus di Indonesia. Over Head Projector/OHP adalah sebuah alat bantu persentasi digital untuk menyajikan data dan gambar menggunakan gulungan plastik berukuran 9 inchi.

Perangkat ini biasa digunakan di kantor-kantor, dan terlebih di bidang pendidikan. Over Head Projector/OHP bisa dikatakan sebagai bentuk awal dari proyektor yang sekarang dipakai berbagai kalangan yang doikenal dengan infokus.

7. Kaset video VHS

Sebelum Netflix, Youtube, dkk menyerang, Kaset video VHS bisa dikatakan menjadi idaman bagi para penikmat perfilman. Selain itu, persaingan antar format rekaman video yaitu Sony Betamax dan VHS JVC. Tapi VHS JVC menjadi pemenang karena selain harganya lebih murah, VHS mampu merekam video lebih lama. Tahun 2016 Sony memutuskan untuk tidak lagi diproduksi.

8. Telepon Kabel

Telepon kabel adalah sebuah perangkat komunikasi yang menjadi cikal bakal terciptanya sebuah perangkat telepon genggam, namun tampaknya pada saat ini sebuah telepon kabel benar-benar sudah tergantikan oleh perangkat handphone bahkan smartphone yang sudah sangat canggih dan hanya sebuah koorperasi yang masih menggunakan perangkat tersebut.

 

9. Kalkulator

Mesin penghitung ini sebenarnya masih banyak yang menggunakannya, namun berhubung jaman sudah mulai berkembang dan banyaknya penggunaan smartphone pada saat ini yang memiliki fitur penghitung yang lebih lengkap, tampaknya tren penggunaan kalkulator tersebut sudah mulai banyak ditinggalkan oleh penggunanya dan mulai beralih menggunakan smartphone untuk menghitung berbagai hal.

Kesimpulan :

Itulah beberapa perangkat teknologi jadul yang dulunya sangat canggih tak terpakai lagi, akibat perkembangan teknologi. Teknologi selalu berkembang, membuat beberapa perangkat jadul yang dulunya canggih tapi tidak mampu mengikuti perkembangan mulai ditinggalkan para pengguna, tapi teknologi jadul itu mempunyai ruang kenangan di hati setiap manusia mungkin termasuk Anda yang sedang membaca artikel ini. Selain memiliki kenangan, juga beberapa sudah menjadi barang incaran para kolektor barang antik. Mungkin masih ada banyak lagi beberapa peralatan jadul atau lawas yang ditinggalkan. Tapi tetap saja perangkat-perangkat itu mempunyai nilai yang tak tergantikan dan mungkin saja beberapa dari kita masih ada yang menggunakan. Jika kalian tahu perangkat-perangkat teknologi jadul lainnya lainnya, silahkan tuliskan info kalian di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
dedi_i
dedi_i Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment