Dapur Minimalis : Kriteria, Bentuk, Desain dan Harga

desain dan model dapur minimalis
source : pixsbsy

Salam sobat omahinfo,
Berbicara tentang dapur minimalis, bisa dikatakan bahwa dapur adalah 'Jantungnya' rumah Anda, karena keberadaannya digunakan sebagai ruang untuk menyediakan berbagai makanan yang akan di suguhkan kepada keluarga Anda. Dapur sendiri pernah dipandang sebelah mata dan bagaikan 'anak tiri' bagian rumah. Namun kini dapur minimalis menjadi primadona khususnya kalangan muda, baru menikah dan kaum milenial yang memiliki sebuah rumah yang memiliki luas yang tidak begitu luas, dapur pun di renovasi menjadi se-minimalis mungkin tapi tidak mengindahkan fungsi dan kesan estetika sebagai bagian dari sebuah rumah. Seperti apakah dapur minimalis itu, termasuk kriteria, bentuk dan desain yang sesuai dengan desain rumah Anda. 

Bagi Anda yang memiliki rumah dengan luas terbatas, dapurpun harus menjadi lebih fungsional untuk mengakomodasi segala kebutuhan baik itu ruang memasak maupun untuk ruang makan. Dapur minimalis pun menjadi impian banyak orang, terkadang mereka rela untuk merogoh kocek yang cukup dalam pembuatannya.

Dapur Minimalis

Rumah termasuk kebutuhan primer manusia, karena selain sebagai tempat berteduh, rumah juga digunakan sebagai tempat tinggal bersama keluarga sehingga hati Anda menjadi tentram ketika keluarga Anda terlindungi. Rumah sendiri terbagi menjadi beberapa ruangan dengan masing-masing fungsinya. seperti ruang tamu kamar tidur, dapur dan lainnya. Dapur sendiri bisa dikatakan sebagai ruangan yang memiliki fungsi cukup vital untuk sebuah rumah. Secara harfiah, dapur adalah suatu tempat ataupun ruangan dimana seseorang dapat melakukan kegiatan memasak. Dapur minimalis adalah sebuah ruangan untuk kegiatan memasak dengan luas terbatas tanpa mengindahkan fungsi utama. Kegiatan memasak akan lebih menyenangkan jika dapur Anda mampu lebih fungsional dan menarik. Masa sekarang, selain terbatasnya lahan untuk dijadikan rumah, model dan desain rumah minimalis sedang menjadi tren atau gaya hidup. 

Dari model atau desain rumah minimalis pun, luas lahan yang digunakan untuk ruangan dapur pun terbatas. Akhirnya memunculkan banyak permintaan pasar kepada para kontraktor atau khususnya para arsitek untuk untuk membuat dapur minimalis, tanpa mengubah fungsi dan menambah estetika keindahan rumah. Selain menghemat luas ruangan rumah, bentuk dapur yang minimalis, sederhana, elegan, modern, dan terbuka akan membuat aktivitas atau kegiatan memasak menjadi semakin menyenangkan.

Kriteria Dapur Ideal

Berbicara tentang kriteria dapur biasa maupaun dapur minimalis secara umum, ada beberapa faktor penting yang harus Anda perhatikan selain enak dipandang mata, ruangan yang digunakan dapur harus memiliki kriteria dapur sehat secara umum sebagai berikut :
  1. Lantai Dapur, Anda harus memilih lantai yang kuat,kokoh, tidak licin, mudah dibersihkan, tidak mudah pecah, dan tidak mudah menyerap air sehingga tidak menimbulkan bau. Kelembapan dan timbunan air kotor bisa menyebabkan bakteri berkembang biak dengan baik. Untuk pembuatannya lantai disarankan untuk dibuat rata, datar, dan tidak banyak lekukan, sehingga memudahkan dalam pembersihan.
  2. Dinding dapur, untuk kriterianya hampir sama dengan lantai dapur. Yang paling penting dan menjadi penhatian adalah kontruksi dinding harus dirancang dengan baik sehingga tetap berfungsi sebagai penyangga bangunan. Pertemuan antara dinding dengan tembok, dan lantai, usahakan tidak runcing agar mudah dibersikan.
  3. Langit-langit dapur, langit dapur sebaiknya rata, datar dan tidak banyak ornamen sehingga dapat meminimalisir debu, sarang laba-laba dan kotoran lainnya.
  4. Ventilasi Udara, ventilasi udara berfunsi untuk melancarkan sirkulasi udara. Ventilasi udara berkaca atau bahan yang mampu ditembus sinar matahari. Ventilasi udara dibuat berlapis kawat untuk menghalangi lalat atau serangga lain masuk ke dapur. 
  5. Lampu penerangan, lampu yang digunakan haruslah terang dan mampu menjangkau berbagai sudut, sehingga memudahkan dalam proses pengolahan makananan dan proses pembersihan. 
  6. Tempat Pembuangan Sampah Sementara, sebisa mungkin usahakan untuk menyediakan dua tempah sampah sementara yaitu untuk sampah basah maupun sampah kering. Ingat setiap hari tempat sampah harus dibersihkan.
  7. Sistem Air yang baik dan rapi, maksudnya disini adalah tempat mencuci tangan dan saluran air limbah. Untuk tempat mencuci tangan harus menyediakan sabun pencuci tangan sehingga ketika mengolah makanan terbebas dari bakteri, dan sediakan juga handuk atau tisu. Saliran Air limbah harus menjadi perhatian karena limbah dapur itu terdiri dari air kotor yang mengandung lemak. Jika limbah lemak dan minyak menempel pada saluran pembuangan akan mempersempit bahakan menyumbat saluran limbah. Pipa-pipa saluran pembuangan air limbah harus diusahakan mudah dibersihkan serta kemiringannya harus mampu membuat air cepat mengalir.

Kriteria Dapur Minimalis

Dalam membangun sebuah dapur minimalis, konsepnya sendiri harus memudahkan Anda untuk memelihara dapur itu bersih dan rapi, selain itu juga dapur minimalis haruslah memberikan kemudahan dalam segi fungsionalitas. Sedikit saran untuk yang ingin desain indah mungkin bisa diperhitungkan kembali untuk menciptakan dapur yang bisa dipakai secara cepat dan praktis. Berikut beberapa kriteria dapur minimalis yang modern, kecil, sedehahana dan mengedepankan perawatan yang minimal serta memudahkan pengoperasian dalam kegiatan memasak, diantaranya :

1. Form Follow Function

Ketika Anda ingin membuat sebuah dapur minimalis yang menjadi prinsip paling utama adalah menerapkan prinsip " Form Follow Function", dimana bentuk dapur harus mengukuti fungsi utama. Sejatinya dapur minimalis  tidak mengutamakan bentuk dengan beragam ornamen atau sesuatu yang aneh maupun futuristik, yang terpenting adalah seminimal mungkin dengan memaksimalkan fungsi dapur secara sederhana.

2. Peralatan Dapur Multifungsi

Ketika Anda hendak membuat sebuah dapur minimalis, Anda harus memilih peralatan yang mampu merangkap dua fungsi maupun lebih. Selain untuk meminimalisir ruangan dapur sehingga tidak terlihat penuh dan berantakan, Anda juga bisa menghemat uang yang bisa digunakan untuk keperluan lain. Sebagai contohnya Anda mungkin tidak perlu membeli toaster, dimana anda tingga memaksimalkan penggunaan oven untuk memanggang roti sekaligus memasak makananan lainnya.

3. Bahan-Bahan Material Dapur yang mudah dibersihkan

Bahan-bahan material dapur minimalis yang Anda bisa gunakan adalah marmer atau keramik, selain kedua bahan itu tahan terhadapt api, juga mudah untuk dibersihkan. Untuk meja dapur, Anda juga bisa menggunakan kedua bahan diatas karena tahan terhadap goresan, tapi jika ingin tidak monoton, Anda bisa menggunakan kaca sehingga terkesan modern, selain mudah dibersihkan juga tahan terhadap air.

4. Memanfaatkan Kabin atau Tempat penyimpanan Multifungsi

Anda harus memaksimalkan Kabin atau Tempat penyimpanan multifungsi untuk dapur minimalis agar terlihat rapi dan lebih luas. Tempat penyimpanan multifungsi untuk dapur minimalis bisa berupa kabin untuk menyimpan gelas, iring beserta alat masak lain dari pada datu lemari untuk satu fungsi. Tempatkan perralatan yang sering digunakan pada satu kabin atau tempat penyimpanan, sehingga akan memmpermudah dan memperlancar Anda dalam kegiatan memasak.

5. Hindari mengoleksi terlalu banyak peralatan

Terkait dengan dapur minimalis sebenaranya menerapkan sebuah priinsip yang sama dengan dsair interior minimalis laiinya yaitu " semakin sederhana sebuah runagan minimalis, berarti semakin baik. Ketika Anda membeli peralatan dapur, Adan harus memastikan peralatan itu fungsional dan yang esensial.

6. Perpaduan Warna yang Tepat

Warna merupakan sebuah elemen yang esensial dalam menciptakan dapur minimalis yang sederhana dan modern. Jika ruangan dapur minimalis Anda memiliki ruangan terbatas, Anda bisa memnggunakan perpaduan cat rumah yang cerah untuk menciptakan ruangan tampak lebih luas. Ingat, Jangan memnggunakan walpaper pada bagian dinding yang dekat dengan kopor maupun tempat mencuci piring, karena walpapaer tidak tahan panas dan air.

Tipe Dapur

Ada beberapa tipe dapur yang mungkin bisa menjadi inspirasi Anda dalam membuat dapur minimalis, diantaranya :

1. Tipe Single Line

Dapur dengan tipe ini menempatkan area measak dan tempat cuci piring dalam satu baris, sehingga Anda mampu menempatkan kabin atau tempat penyimpanan secara memanjang. Tipe ini biasanya digunakan dengan dapur yang hanya memiliki area yang sempit.

2. Tipe Double Line

Dapur dengan tipe ini menempatkan kabin atau tenmpat penyimpatan yang diatasnya bisa digunakan untuk tempat saji dan kompor secara berhadapan, yang harus diperhatikan adalah posisi kompor dan tempat cuci piring harus sejajar untuk memperlanjar sirkulasi.

3. Tipe U dan L

Dapur tipe ini bisa dibuat dengan catatan ruangan dapur anda harus luas dan menempatkan kompor dan tempat cuci piring di kabin yang berbeda serta harus memperhatikan sirkulasi.

4. Tipe Island

Dapur tipe ini hampir sama dengan dapur tipe U dan L. Pda dapur tipe ini meja ditaruh ditengah seperti island atau pulau. 

Desain dan Model Dapur Minimalis

Berikut adalah beberapa desain dan model dapur minimalis hasil karya teman saya sendiri :

Dapur Minimalis
source : dari pemilik akun ig @moribombyx
Dapur Minimalis
source : dari pemilik akun ig @moribombyx
Dapur Minimalis
source : dari pemilik akun ig @moribombyx
Dapur Minimalis
source : dari pemilik akun ig @moribombyx
Dapur Minimalis
source : dari pemilik akun ig @moribombyx
Dapur Minimalis
source : dari pemilik akun ig @moribombyx
Dapur Minimalis
source : dari pemilik akun ig @moribombyx
Dapur Minimalis
source : dari pemilik akun ig @moribombyx

Untuk infomasi lebih lanjut mengenai model dan desain dapur minimalis diatas, saya sertakan akun instagram pemilik gambar ini, didalam akun instagramnya juga terdapat berbagai model ruangan minimalis yang dia kerjakan sendiri baik dalam hal mendesain dan pengerjaan pembuatan fisiknya @moribombyx

Harga Desain Dapur Minimalis

Terkait harga dapur minimalis, hal itu sangat terpengaruhi oleh bahan apa yang akan Anda gunakan atau inginkan ketika membuat dapur minimalis. Jika Anda menngunkan kayu solid seperti kayu jati, meranti, multiplek, blackboard, untuk proses finishingnya bisa menggunakan pelitur, melemik atau duco. Jika Anda menggunakan kayu olahan menggunakan finishing kayu solid atau HPL. Untuk meja atsnya Anda bisa memilih seperti keramik, granite, marmes ataupun stainless steel yang penting tahan panas dan air. Selain faktor bahan, ada elemen pendukung yang harus Anda perhatikan bentuk ruangan dapur atau dapur minimalis seperti apa yang Anda inginkan termasuk didalamnya ada warna, langit-langit, pencahayaan, dan lantai.

Kesimpulan :

Dengan luad lahan rumah Anda yang terbatas, dapur minimalis menjadi pilihan terbaik Anda untuk mendesain interior rumah Anda. Jangan karena ingin kekinian, Anda terlalu memaksakan desain sesuai keinginan Anda, yang penting adalah Anda bisa memasak dengan aman dan nyaman.
dedi
dedi Saya adalah seorang pemuda yang ingin menjadi seorang yang cerdas

Post a Comment for "Dapur Minimalis : Kriteria, Bentuk, Desain dan Harga"