Ingin Sukses, Kuasai 17 Keterampilan Ini

source : omahinfo

Salam sobat omahinfo, 
Indonesia saat ini sudah akan memasuki revolusi dunia industri 4.0. Kemajuan teknologi secara tidak langsung telah mempengaruhi semua disiplin ilmu, ekonomi, industri dan pemerintah. Revolusi industri generasi ke-4 ini memiliki skala, ruang lingkup dan kompleksitas yang lebih luas secara tidak langsung memaksa Anda sebagai bagian dari dunia kerja harus memiliki keterampilan yang kompetitif dan berguna dalam waktu jangka panjang dan mencapai kesuksesan. Keterampilan yang begitu banyak dan tidak terlepas dari faktor yang berpengaruh menyebabkan Anda harus jeli dalam memilih keterampilan yang menunjang kesuksesan Anda. 

Kecerdasan buatan menjadi salah satu faktor Anda untuk meningkatkan penguasaan ketrampilan baru dan lebih mendalam. Jika Anda tidak mau, maka itu akan berefek buruk bagi usaha maupun karier kerja Anda. Kecerdasan Buatan sendiri itu bukanlah seorang manusia yang hati dan pikiran. Mereka di buat untuk mempermudah pekerjaan manusia tanpa mengenal waktu dan makan serta penyelesaiaan pekerjaan yang lebih efisien. Jadi siapkah anda untuk belajar keterampilan baru danlebih mendalam untuk kesuksesan Anda.

Sukses

Anda berpikir orang yang sukses adalah orang yang mampu membeli segalanya dengan uang termasuk didalamnya adanya ketenaran, kekayaan dan keunggulan dalam hidupnya. Tingkat kesuksesan seseorang tidak dapat diukur dari berapa banyak uang yang dimiliki atau seberapa terkenal dirinya. Kesuksesan sendiri secara utuh bermakna Anda bisa mendapatkan begitu banyak sesuatu yang bisa dibeli oleh uang dan dalam waktu yang bersamaan dengan itu juga mendapatkan sesuatu yang tidak bisa dibeli dengan uang.

Sebagai contoh orang belum sukses sebenarnya seperti orang memiliki begitu banyak bisnis raksasa yang menghasilkan begitu banyak pundi-pundi uang, tapi mereka tidak mampu membeli waktu yang terbuang untuk dirinya sendiri dan keluarganya. Sukses sendiri mempunyai banyak arti seperti ketika Anda menyelesaikan tugas dengan baik, memiliki iman yang membuat Anda tetap dijalan lurus, membahagiakan orang tua dengan usahamu dan masih banyak lainnya.

Keterampilan

Berbicara tentang keterampilan yang harus dipelajari, kalian sebenarnya harus mengetahui apa itu arti atau makna keterampilan itu sendiri, sehingga akan mempermudah Anda untuk mengetahui apa yang menjadi keterampilan Anda dan keterampilan penunjang apa yang kalian bisa pelajari untuk tahap selanjutnya. keterampilan berasal dari kata terampil yang bisa bermakna mampu, cekatan dan cakap dalam menyelesaikan suatu tugas. Untuk menjadi terampil seseorang membutuhkan sebuah pelatihan baik itu bisa sendiri maupun dengan orang lain dan keinginan dasar yang kuat untuk menghasilkan sesuatu yang lebih bernilai secara efisien

Jadi bisa dikatakan bahwa keterampilan adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk menggunakan pengetahuan, akal, ide dan kreatifitas dalam menghasilkan sesuatu yang lebih bernilai dan bermakna secara efisien. 

Kategori Keterampilan

Keterampilan yang Anda pelajari selama ini sebenarnya dikelompokkan menjadi 4 kategori yaitu diantaranya :

  1. Keterampilan Dasar, sebuah keterampilan yang dimiliki oleh semua orang seperti: membaca, menulis, berhitung mendengar dan masih banyak laiinya.
  2. Keterampilan Teknik, sebuah keterampilan yang didapatkan dengan belajar dalam bidang teknik seperti mengoperasikan mesin bubut, mesin jahit dan masih banyak laiinya.
  3. Keterampilan Interpersonal, sebuah keterampilan yang secara efektif berinteraksi dengan orang lain seperti menjadi pendengar yang baik, menyampaikan pendapat dengan jelas dan masih banyak lainnya.
  4. Keterampilan memecahkan masalah, sebuah keterampilan seseorang untuk menemukan solusi yang tepat untuk suatu permasalahan.


Faktor yang Mempengarungi Keterampilan

Sebenarnya ada begitu banyak faktor yang mempengaruhi keterampilan seseorang, tapi secara spesifik ada 3 faktor yang mempunyai pengaruh begitu besar dalam keterampilan seseorang diantaranya :

  1. Motivasi Diri, merupakan faktor pertama dan utama jika Anda tidak mempunyai motivasi dalam diri Anda untuk melakukan sesuatu, maka Anda akan sulit untuk mempelajari dan mgembangkan suatu keterampilan.
  2. Pengalaman, dengan adanya banyak pengalaman akan menambahkan pengetahuan mana yang harus dan tidak boleh dilakukan kedepannya untuk mengemabangkan sebuah keterampilan.
  3. Keahlian, kemahiran dalam sebuah bidang ilmu akan mempermudah seseorang untuk lebih terampil dan semakin ingin memperbaiki diri dengan mempelajari berbagai keterampilan yang menunjang.

Keterampilan Yang Harus Dikuasai

Ada begitu banyak usaha dan cara untuk mencapai sebuah kesuksesan, salah satunya adalah menguasai keterampilan yang baru atau mempelajari lebih dalam. Berikut terdapat beberapa keterampilan yang bisa Anda pelajari dan kuasai untuk mencapai kesuksesan usaha maupun karier Anda, sebagai berikut.

1. Berpikir kritis, 

Keterampilan ini sangat bagus Anda miliki dengan mengedepankan pemikiran yang logis, kognitif dan membentuk stategi dalam menganalisis kelebihan dan kekurangan untuk menentukan solusi yang tepat.

2. Keterampilan Menyelesaikan Masalah, 

Bagaimana Anda memanfaatkan pengetahuan, pengalaman, sikap kritis dalam setiap evalusi dan menerapkan semua itu dalam usaha menemukan solusi yang tepat. Hal ini bisa Anda mulai dengan melakukan identifikasi, menentukan elemen utama yang menjadi masalah, menyajikan berbagai kemunkinan sebagai solusi, mengambil aksi untuk menyelesaikan masalah dan mempelajari hasil untuk pembelajaran dimasa mendatang.

3. Berani Mengambil Keputusan, 

Anda harus benar-benar memikirkan positif dan negatifnya sebelum mengambil keputusan sehingga keputusan Anda tepat sasaran.

4. Pendengar Aktif, 

Ketika seseorang sedang menyampaiakan opimi, gagasan atau pendapat, jadilah pendengar yang baik dengan memberikan perhatian yang penuh sehingga mampu memahami dan mengerti apa yang disampaikan serta mungkin bisa menambahkan ide atau pendapat yang sesuai.

5. Komputer, 

Kemampuan mengoperasikan program komputer merupakan sebuah keterampilan yang wajib dimiki untuk saat ini minimal microsoft office, dan akan lebih bagus lagi jika Anda juga menguasai program lain seperti, Adobe photoshop, corel draw, mampu mengelola blog atau situs website. Jika Anda kurang mahir, Anda bisa mengambil kelas kursus ketampilan ini dan sekaligus mendapatkan serfikat atas keterampilan ini.

6. Bahasa Inggris, 

Bahasa Inggris menjadi poin yang umum dikuasai tapi jika kemampuan berbahasa Inggris Anda memang benar-benar bagus hal itu dapat menunjang karier Anda. Begitu banyak sumber informasi yang menggunakan bahasa Inggris dan bangga Inggris juga membantu Anda ketika bertemu kolega yang merupakan Warga Asing. Dengan kepribadian yang bagus dan penyampaian bahasa yang bagus, tak hayal kolega dari negara lain akan setuju bekerja sama dengan perusahaan Anda. Jika Anda kurang mumpuni, Anda bisa mengambil kursus keterampilan bahasa Inggirs dan mendapatkan sertifikat kursus keterampilan.

7. Internet, 

Ini adalah keterampilan yang harus dikuasai utuk mendapatkan pekerjaan. keterampilan dalam bidang digital juga mempunyai kontribusi yang tidak bisa diremehkan atau dipandang sebelah mata untuk kemajuan karier karena sekarang ini begitu banyak hal yang bisa dilakukan dengan Internet.

8. Jaringan, 

Keterampilan ini bisa dikatakan faktor penting dalam karier dan perkembangannya seperti ekahlian berkomunikasi dan kejelian memanfaatkan situasi yang terjadi. Tanpa keterampilan ini, karier Anda akan terhambat. Selain itu kita memdapatkan banyak keuntungan seperti belajar menebak apa yang diinginkan orang lain dan menyesuaikan diri dengan lingkungan tanpa menyinggung perasaan orang lain.

9. Terbuka, 

Keterampilan ini sepertinya mudah, tapi seringnya orang membatasi diri mereka pada perubahan dengan perubahan zaman yang begitu cepat. Terbuka untuk menerima dan mudah beradaptasi meupakan hal baru disetiap hari agar tidak tersisih.

10. Kecerdasan Emosional, 

Ketrampilan ini mempunyai fungsi untuk mengenali, memahami dan bagaimana bereaksi yang tepat terhadap didi sendiri dan orang lain sehingga tidak menyebabkan sakit hati pada orang lain dalam hal ini kolega Anda.

11. Kelola Waktu, 

Ketrampilan ini tekait dalam bagaimana Anda mengatur waktu Anda seperti merekam semua tugas, sasaran dan taktik yang ingin Anda lakukan dimasa mendatang.

12. Kolaborasi, 

Ketrampilan berkolaborasi sangatlah penting karena Anda akan mendapatkan ide ataupun gagasan baru untuk menghasilkan sebuah karya atau produks yang tepat guna dan sasaran.

13. Kreatif,

Keterampilan untuk terus berinovasi untuk menemukan sesuatu yang baru dan unik sera bermanfaat bagi usaha dan karier Anda serta linkunngan masyarakat. Bisa juga Anda disini mengembangkan sesuatu hal yang sudah ada menjadi lebih baik dan lebih berharga.

14. Manajemen Orang

Keterampilan ini berguna untuk mengatur, memimpin mengayomi dan memanfaatkan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang tepat sasaran dan efektif.

15. Keinginan melayani

Keinginan untuk melayani dan memberikan bantuan terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka tanpa mengharapkan perhargaan semata.

16. Bernegosiasi

Kemampuan untuk berbicara, bernegosiasi dan menyakinkan orang lain dalam suatu bidang. Tidak semua orang memeiliki ketrampilan ini, tapi dengan banyakanya latihan dan pengalaman, ketrampilan ini mampu Anda kuasai.

17. Pintar Melihat Kesempatan

Kesempatan adalah emas, itu merupakan suatu kebenaran. Kesempatan diibaratkan sebagai emas yang bernilai dan sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Namun peluang yang ada, seringkali Anda abaikan karena Anda sendiri bingung untuk memulainya. Padahal, Kesempatan yang bagus tidak sedikit orang yang akan mengambilnya. Anda harus cepat mengambil langkah jika peluang yang bagus itu tidak ingin diambil oleh orang lain.

Kesimpulan :

Penguasaan ketrampilan yang begitu beragam sangatlah menunjang Anda dalam pencapaiaan puncak karirier atau kesuksesan Anda. Tinggal Anda mau tidak mempelajarinya, jika tidak, janganlah berharap bisa bertahan usaha atau karier Anda akan sukses.
dedi
dedi Saya adalah seorang pemuda yang ingin menjadi seorang yang cerdas

Post a Comment for "Ingin Sukses, Kuasai 17 Keterampilan Ini"