Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Aplikasi Ramadhan Terbaik



Salam sobat omahinfo,
Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu oleh semua umat muslim tak hanya di Indonesia tapi juga seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Pada Bulan Ramadhan semua umat muslim berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan, karena setiap amalan kebaikan dan kebajikan yang Anda kerjakan selama bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari bulan-bulan laiinya. Berbagai Aplikasi ramadhan terbaik berlomba-lomba menyajikan kebutuhan para umat umslim di bulan ini.

Pada bulan ramadhan, banyak umat muslim lebih giat dalam hal kebajikan seperti membaca Al Qur'an, Sholat tepat waktu, sholat malam, berbagi kepada orang yang lebih membutuhkan dan masih banyak lainnya. Untuk penunjang aktivitas umat muslim dalam beribadah dan berbuat kebaikan, saya sebagai admin omah info menyarankan 10 Aplikasi Ramadhan Terbaik yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan Anda kepada Allah SWT.

Ramadhan

Bulan Ramadhan bisa dikatakan sebagai bulan yang begitu dirindukan setiap umat muslim, tak tanggung-tanggung banyak umat muslim yang mempersiapkan diri untuk menghadapi bulan suci Ramadhan. Selain mereka mulai meninggalkan sesuatu yang buruk, umat islam juga berusaha meningkatkan iman dan taqwa mereka dengan berbagai Aplikasi Ramadhan yang telah banyak tersedia yang bisa Anda unduh di playstore.
 
Ramadhan diartikan sebagai bulan kesembilan dalam penanggalan atau kalender islam, dimana dalam bulan ramahan, setiap umat muslim yang sudah mampu dan dewasa wajib melakukan ibadah berpuasa sekaligus memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad SAW. 
 
Bulan Ramadhan biasanya setiap tahunnya berlangsung selama 29 sampai dengan 30 hari berdasarkan pengamatan hilal. Kata Ramadhan berasal dari akar kata bahasa arab ramida atau ar-ramad yang berarti panas yang mengahunskan atau kekeringan.

Selama berpuasa di bulan suci ramadhan yang mana dari pagi hingga petang, semua yang berpuasa dilarang makan dan minum, serta menghindari segala sesuatu yang mgakibatkan dosa dan memperbanyak amalan-amalan kebaikan atau kebajikan. 
 
Didalam bulan Ramadahan yang penuh keberkahan ini, ramadhan juga memberikan keberkahan ekonomi kepada para pedagang, dan untuk fakir miskin, di bulan ini setiap umat muslim yang mampu diwajibkan mengeluarkan infaq, sedekah dan zakat fitrah untuk mereka. 
 
Dengan adanya perkembangan terknologi ada begitu banyak aplikasi ramadhan yang diperbaharui setiap tahunnya untuk membantu umat muslim meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT tidak hanya pada bulan ramadhan saja, tapi juga bisa di manfaatkan pada bulan-bulan selain bulan Ramadhan.

Aplikasi Ramadhan Terbaik

Perkembangan teknologi juga bisa dimanfaatkan ke arah yang positif yaitu untuk membantu meningkatkan keimananan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Berikut ini beberapa aplikasi Ramadhan yang siap menemani dan membantu Anda meningkatkan kualitas iman dan taqwa, diantaranya :
  1. Alquran Indonesia
  2. Umma
  3. Muslim Pro-Ramadhan 2020
  4. Muslim Ramadhan 2020, Imsak Sahur, Jadwal Sholat
  5. Kalender Ramadhan 2020 : Waktu Sholat & Pencari
  6. Ramdhan 2020
  7. Athan : Ramadhan 2020, Jadwal Sholat, Adzan, Quan
  8. Panduan Sholat Fardhu & Sunnah (Ramadhan Barokah)
  9. Doa Harian-Ramadhan 2020
  10. Waktu Sholat : Ramadhan Azan, Islam & Arah Kliblat
  11. Kiblat-Ramadhan 2020, Waktu Sholat, Al-Quran
  12. Ramadan 2020-Prayer Times, Qibla Compass, Quran
  13. Waktu Sholat Pro :  Arah Kliblat, Ramadhan 2020 
  14. Muslim Pocket - Ramadhan 2020
  15. Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan
  16. Jadwal Sholat dan Imsakiyah
  17. MyQuran Al Qurandan Terjemahan
  18. Waktu Sholat Kalender Ramadhan 2020
Dari 18 aplikasi saya akan merangkum 10 aplikasi terbaik yang memberikan layanan terbaik. Untuk lebih lengkapnya mari kita saksikan penjelasannya dibawah ini

10 Aplikasi Ramadhan Terbaik

Diatas adalah beberapa aplikasi ramadhan yang telah disediakan diplaystore yang bisa Anda manfaatkan. Setelah mengumpulkan data kepuasan pelanggan dan jumlah orang yang mengunduh aplikasi, omahinfo bisa menyimpulkan 10 Aplikasi Ramadhan terbaik sebagai berikut:

Muslim Pocket - Ramadhan 2020
source : screnshot from playstore

10. Muslim Pocket - Ramadhan 2020

Aplikasi Muslim Pocket - Ramadhan 2020 ini mendapatkan nilai 4,7 dari rentang kepuasan 1 sampai dengan 5 dengan jumlah yang mengunduh aplikasi ini sebanyak 1.000.000 pengguna. 
 
Dalam aplikasi ini di sedikan berbagai fitur diantaranya Kiblat, Al Quran online, agoda, toko, waktu sholat, penghitung tasbih, asmaul husna, tempat makan dengan rekomendasi halal, masjid terdekat, walpaper islami, kalender dan doa-doa. Aplikasi ini akan mempermudah Anda untuk melakukaan kegiatan selama bulan Ramadhan tahun ini.

source : screnshot from playstore

9. Waktu Sholat-Kalender Ramadhan 2020

Aplikasi Waktu Sholat-Kalender Ramadhan 2020 ini memunyai nilai kepuasan pelanggan sebesar 4.5 dari rentang kepuasan 1 sampai dengan 5 dengan jumlah yang mengunduh aplikasi ini sebanyak 5.000.000 pengguna. 
 
Di dalam fitur aplikasi ini terdapat berbagai macam fitur diantaranya masjid terdekat dengan posisi anda, waktu sholat, penentu arah kiblat, kalender hijriah, asmaul husna, penghitung dalam bertasbih, dan ayat Al Qur'an yang setiap harinya untuk Anda belajar lebih dekat dengan Allah SWT.

source : screnshot from playstore

8. MyQuran Al Quran dan Terjemahan

Aplikasi MyQuran Al Quran dan Terjemahan ini mendapatkan nilai kepuasan sebesar 4.8 dari rentang kepuasan 1 sampai dengan 5 dengan jumlah yang mengunduh aplikasi ini sebanyak 5.000.000 pengguna. Aplikasi ini menurut informasi yang ditulis didalamnya pernah mendapatkan penghargaan dari Presiden Republik Indonesia. 
 
Aplikasi ini menawarkan Anda membaca Alquran dengan disertai terjemahan dengan berbagai kemudahan seperti tombol terakhir dibaca, tajwid warna sesuai standart Kemenag RI, tampilan seperti al qur'an asli dan masih banyak lainnya.

source : screnshot from playstore

7. Jadwal Sholat dan Imsakiyah

Aplikasi Jadwal Sholat dan Imsakiyah mendapatkan nilai kepuasan pengguna sebesar 4.6 dari rentang kepuasan 1 sampai dengan 5 dengan jumlah yang mengunduh aplikasi ini sebanyak 5,000,000 pengguna yang mengunduhnya. 
 
Dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur yang memanjakan pengguna yaitu jadwal sholat online, kompas arah kiblat, hitungan waktu sholat ke waktu sholat hari berikutnya, menampilkan waktu imsakiyah dan notifikasi dengan suara adzan atau alarm.

source : screnshot from playstore

6. Kiblat-Ramadhan 2020, Waktu Sholat, Al-Quran

Aplikasi Kiblat-Ramadhan 2020, Waktu Sholat, Al-Quran ini mendapatkan nilai kepuasan sebesar 4.4 dari rentang kepuasan 1 sampai dengan 5 dengan jumlah yang mengunduh aplikasi ini sebanyak 5.000.000 pengguna. 
 
Dalam aplikasi ini terdapat fitur yang fiturnjukkan jarak Mekkah dari lokasi Anda, kompas kiblat, jadwal sholat dengan 2 metode dan bahasa yang bisa dipilih, Konveter kalender islam, fitur ramdhan 2020, Alqur'an dan Konter tabih yang memanjakan Anda.

source : screnshot from playstore

5. Athan : Ramadhan 2020, Jadwal Sholat, Adzan, Quran

Aplikasi Athan : Ramadhan 2020, Jadwal Sholat, Adzan, Quran mendapatkan nilai kepuasan sebesar 4.7 dari total orang sebanyak 5,000,000 yang mengunduh. Dmlam aplikasi berisi fitur, Prayerbook, Al Qur'an, Doa, Pencarian lokasi masjid, arah kiblat, kalender untuk memantau even islami, pengingat sholat, Doa harian, selain itu juga banyak informasi ramadan, Idul Fitri, idul adha, Hajj, ashura, muharram, bulan islam, rabi ul awwal dan semua acara islam lainnya.

source : screnshot from playstore

4. Umma

Aplikasi umma mengatakan sebagai aplikasi adzan dan jadwal sholat yang akurat dan telah mencapai lebih dari 5.000.000 pengguna untuk mendukung umat muslim melaksanakan ibadah puasa dibulan ramadhan dengan nilai kepuasan pengguna 4.5. 
 
Didalam aplikasi umma ini terdapat berbagai fitur seperti Al Qur'an online, jadwal sholat, alarm adzan, notifikasi adzan, arah kiblat, konten berkaitan puasa dan selama ramadhan 2020 tahun ini, aplikasi umma akan memberikan ceramah uztaz secara live streaming lebih dari 50 kali setiap harinya.

source : screnshot from playstore

3. Muslim:  Ramadhan 2020, Imsak Sahur, Jadwal Sholat

Aplikasi Muslim:  Ramadhan 2020, Imsak Sahur, Jadwal Sholat ini mendapatkan nilai kepuasan sebesar 4.6 dari total pengguna atau yang telah mengunduh dan telah menggunakan sebanyak 10.000.000 user. 
 
Aplikasi ini terdiri dari beberapa fitur diantaranya, Al qu'an online, penghitung zikir, jadwal atau waktu sholat, cari masjid terdekat, hadits-hadits hari ini, Duha, pesan setiap hari jum'at, Asmaul husna, dan masih banyak lainnya.

source : screnshot from playstore

2. Alquran Indonesia

Aplikasi Alquran Indonesia adalah sebuah aplikasi Al Qur'an digital dengan terjemahan bahasa Indonesia dan adio mp3 murottal full 30 juz yang dapat dibaca secara offline dengan tampilan user friendly dengan mencapai nilai kepuasan sebesar 4.8 dari sebanyak 10,000,000 pengguna. 

Berikut beberapa fitur yang ada dalam aplikasi ini :
Design yang menarik, Membaca Al Quran dengan 2 mode layar lanscape atau portrait, tema terang dan gelap, daftar Surah ataupun Juz dengan tajwid berwarna, Terjemahan Bahasa Indonesia, Salin, share ayat-ayat Al Quran, Bookmark ayat-ayat Al Quran yang terakhir di baca. 
 
Selain itu juga terdapat Penanda bacaan terakhir, Audio mp3 murottal 30 Juz( 8 pilihan qori) dan bisa di unduh. Untuk mempermudah terdapat fitur pencarian ayat-ayat berdasarkan kata kunci di terjemahan. Jadwal sholat dan imsakiyah dilenngkapi dengan alarm adzan, Kalendar jadwal sholat dan imsakiyah selama 1 bulan kedepan, Arah kiblat, Kalender hijriah.

source : screnshot from playstore

1. Muslim Pro-Ramadhan 2020

Aplikasi Muslim Pro-Ramadhan 2020 bisa dikatakan adalah aplikasi yang paling banyak digunakan, karena telah lebih dari 50.000.000 yang telah mengunduh dan menggunakannya, dengan mencapai nilai kepuasan sebesar 4.6.  Dalam aplikasi ini ada beberapa fitur utama diantaranya :

  1. Waktu sholat dipastikan akurat, karena dihitung berdasarkan lokasi Anda saat ini dengan beberapa pengaturan (sudut) yang tersedia
  2. Adzan dengan beberapa suara muadzin yang dapat Anda dipilih
  3. Waktu berpuasa (Imsak dan Iftar) selama bulan Ramadan
  4. Al-Qur'an dengan resitasi audio (mp3), fonetik, dan terjemahan
  5. Tajwid berwarna guna membantu Anda menyempurnakan pelafalan saat membaca Qur'an
  6. Komunitas: Bergabunglah dalam komunitas dan saling mendoakan.
  7. "Tasbih" digital untuk menghitung zikir Anda.
  8. Lokasi rumah makan halal dan masjid di sekitar Anda
  9. Kompas dan peta Kiblat yang mengarah ke Mekkah
  10. Kalender Hijriyah lengkap untuk memperkirakan tanggal hari besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha
  11. 99 nama Allah SWT
  12. Kartu ucapan Islami yang indah (Idul Fitri, Ramadan, dll)
  13. Kumpulan doa dan permohonan
  14. Aplikasi dan Quran sepenuhnya diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, Bahasa Melayu, Deutsch, English, Español, Français, Italiano, Nederlands, Português, Türkçe,dan masih banyak lainnya.

Kesimpulan :

Aplikasi-aplikasi diatas adalah pendapat saya sendiri setelah mengolah informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber sehingga saya bisa menyajikan 10 aplikasi ramadhan terbaik yang akan membantu ibadah Anda baik pada bulan ramadhan maupun bulan selain Ramadhan. Meskipun aplikasi diatas adalah aplikasi terbaik, tapi untuk pelaksanaannya tergantung dari niat Anda sendiri. Selamat datang ramadhan. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.
dedi_i
dedi_i Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "10 Aplikasi Ramadhan Terbaik "