Cara Mempercepat Windows 10 Pada PC atau Leptop Anda

Table of Contents
Cara Mempercepat Windows 10 Pada Leptop Anda
ilustrasi percepat windows 10, source : pixabay

Salam sobat omahinfo,
Mengetahui cara mempercepat Windows 10 pasti akan berguna dalam waktu dekat maupun di masa depan. Windows 10 bisa dibilang sistem operasi berkode paling efisien dari Microsoft. Namun, ia juga memiliki sejumlah besar fitur yang membutuhkan sumber daya sistem dalam jumlah besar. Meskipun iterasi atau pembeharuan terbaru hadir dengan fitur yang sangat berguna untuk meningkatkan efisiensi secara keseluruhan, akan tetapi kinerja komputer Anda masih memiliki kemungkinan bisa melambat.

Bloatware, file sementara dan perangkat keras yang kurang kuat menjadi beberapa tersangka yang biasa menyebabkan komputer Anda melambat. Kabar baiknya adalah, meskipun ini cukup umum, Anda pasti dapat melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu cara mempercepat Windows 10, dan Anda dapat mengembalikan kinerja komputer Anda ke kondisi prima.

Kami akan memberitahu Anda cara mempercepat Windows 10 saat Anda mengalami kelambatan atau kecepatan yang menurun menuju ke lamban dalam memproses. Dari mendefrag dan menghapus program yang tidak diinginkan hingga menonaktifkan efek khusus yang berlebihan dan bahkan melakukan peningkatan perangkat keras, berikut adalah sepuluh cara terbaik untuk mempercepat Windows 10 hari ini.


1. Restart PC Anda

Meskipun ini mungkin tampak sebagai langkah yang sepele, tapi memiliki manfaat yang besar. Banyak pengguna yang menjalankan mesin mereka selama berminggu-minggu. Windows 10 secara otomatis akan membuat layar tertidur, tetapi proses apa pun yang sebelumnya telah berjalan akan terus berlanjut. Ini dapat menumpuk seiring waktu dan memperlambat komputer Anda.

Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan mematikan PC Anda setiap hari setelah Anda selesai menggunakannya, dengan mengklik tombol Windows dan memilih tombol 'Power'.

Pastikan untuk menutup semua program yang sedang berjalan dan menyimpan pekerjaan Anda sebelum Anda melakukannya. Jika PC Anda melambat hingga Anda tidak dapat menampilkan menu Windows, tahan tombol Power secara manual hingga komputer benar-benar mati.

2. Update, Update, dan Update

Microsoft terus merilis pembaruan untuk Windows 10 yang dirancang untuk memperbaiki bug umum yang mengurangi kinerja sistem. Beberapa di antaranya cukup kecil sedangkan yang lain membuat perubahan signifikan pada sistem Anda, memaksimalkan efisiensi.

Jika kinerja mesin lambat, buka menu Windows dan ketik 'Perbarui (Update)' di bilah pencarian dan klik 'Periksa Pembaruan (Check for Updates)' untuk mengakses pengaturan Anda.

Jika pembaruan besar tersedia, pastikan untuk menyimpan dan mencadangkan data pribadi Anda sebelum melanjutkan. PC Anda mungkin perlu restart beberapa kali untuk menerapkan semua pembaruan yang tersedia. Jika sudah lama sejak pembaruan terakhir Anda, pastikan untuk mengeklik 'Periksa Pembaruan (Check for Updates)' lagi setelah memulai ulang untuk memastikan tidak ada lagi yang tersedia.

3. Periksa Aplikasi Startup

PC dapat menjadi macet karena banyaknya proses yang berjalan. Ini sering terjadi karena banyak pemilik program yang akan memerintahkan Windows untuk menjalankan program mereka segera setelah Anda masuk, sehingga kemungkinan akan memperlambat kecepatan sistem.

Untuk memeriksa program startup Anda, buka Task Manager (Ctrl + Alt + Del), lalu klik tab 'Startup'. Perhatikan nilai 'Startup Impact' untuk setiap program, mis. 'Tinggi' karena ini adalah cara yang baik untuk melihat aplikasi yang cenderung memperlambat sistem Anda.

Untuk mencegah program diluncurkan saat masuk cukup klik kanan dan pilih 'Nonaktifkan (Disable)'.

4. Jalankan Disk Cleanup

Disk Cleanup adalah utilitas Windows bawaan yang luar biasa. Anda dapat menggunakannya untuk menghapus file sementara yang terkumpul di mesin Anda, seperti thumbnail gambar, file program yang diunduh, dan halaman web offline.

Klik menu Windows dan ketik 'Disk Cleanup' di bilah pencarian untuk memulai. Utilitas ini akan menawarkan Anda pilihan file untuk dihapus. Cukup tandai kotak centang di samping setiap opsi. Klik 'Bersihkan File sistem (Clean up system Files)' untuk memulai. Disk Cleanup akan menghitung jumlah ruang yang akan Anda hemat.

Ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk menghapus semua file di hard drive Anda yang tidak lagi Anda perlukan. Tempat yang mudah untuk memulai adalah folder 'Download' Anda.

5. Hapus Perangkat Lunak (Software) yang Tidak Digunakan

Banyak vendor PC mengirimkan mesin mereka dengan perangkat lunak (software) pihak ketiga yang menjadi satu bagian, kadangkala karena ukurannya yang besar dan sifatnya yang tidak perlu kadang-kadang disebut sebagai 'Bloatware'. Banyak pengguna komputer juga menginstal perangkat lunak (software) untuk tujuan tertentu dan tidak pernah menggunakannya lagi mis. mendesain buletin.

Program yang mubazir ini menghabiskan ruang di hard drive Anda dan dapat mengurangi kinerja. Untuk memeriksa aplikasi yang Anda instal, buka 'Control Panel'> 'Programs'> 'Programs and Features'> 'Uninstall a Program'.

Klik kanan pada program yang tidak Anda perlukan lagi dan pilih 'Uninstall'. Windows 10 akan meminta izin untuk melakukan perubahan pada sistem Anda. Klik 'Ya' untuk melanjutkan.

6. Nonaktifkan Ffek Khusus

Windows 10 agak berat di sisi efek khusus. Secara default, Windows dan fitur lainnya diprogram untuk memudar dan menghilang dari pandangan. Fitur intensif sumber daya lainnya sebenarnya tidak perlu termasuk tembus cahaya dan animasi.

Untuk mengembalikan PC Anda ke dasar, buka menu Windows dan cari 'Sistem', lalu buka tab 'Pengaturan Lanjutan' dan pilih 'Pengaturan Kinerja'.

Di bawah tab 'Visual Effects', klik radio button untuk 'Custom'. Dari sini, Anda dapat menghapus centang pada kotak di samping pengaruh visual yang ingin Anda nonaktifkan. Klik 'Terapkan' untuk mengkonfirmasi perubahan Anda.

7. Nonaktifkan Efek Transparansi

Selain memanfaatkan sistem resources Anda untuk menampilkan fitur-fitur seperti animasi, Windows 10 juga menggunakan efek transparansi untuk fitur-fitur tertentu seperti menu tugas. Efek yang tampak ringan dan sederhana ini sebenarnya cukup rumit untuk digambar, karena sistem perlu menghitung bidang yang sama dua kali.

Untuk menonaktifkan efek transparansi, buka menu Windows dan ketik 'Make Start, taskbar and Action Center transparent'. Ini akan memunculkan Pengaturan 'Warna'. Dari sini Anda dapat memilih untuk menonaktifkan transparansi.

Anda juga dapat mengubah mode aplikasi default di sini antara 'Terang' dan 'Gelap'. Ini tidak akan memengaruhi kecepatan sistem Anda, tetapi dapat membuat Desktop Anda lebih mudah dilihat.

8. Upgrade RAM Anda

Kecepatan keseluruhan PC Anda dapat sangat ditingkatkan dengan meningkatkan jumlah memori virtual (RAM). Windows 10 membutuhkan minimal 4GB untuk berjalan dengan lancar, meskipun ini tidak memperhitungkan aplikasi yang haus sumber daya seperti video game.

Solusi termudah untuk ini adalah memasang lebih banyak RAM. PC Anda memiliki sejumlah 'slot' RAM tempat Anda dapat memasukkan chip. Untuk menentukan jenis memori yang digunakan mesin Anda, buka Task Manager (Ctrl + Alt + Del), lalu klik 'Performance'. Sistem akan menampilkan slot memori apa pun yang digunakan serta jenis penggunaan mis. DDR4.

Memasang chip RAM baru cukup sederhana. Jika Anda melakukannya sendiri, gunakan gelang antistatis untuk mencegah kerusakan komponen yang halus. Sebagai alternatif, banyak toko reparasi PC akan dengan senang hati melakukan peningkatan perangkat keras untuk Anda, dengan sedikit biaya.

9. Gunakan SSD

SSD (Solid State Drive) menggunakan memori Flash, jenis yang sama ditemukan di stik USB. Mereka memungkinkan akses dan waktu penulisan yang jauh lebih cepat daripada hard drive mekanis tradisional yang menggunakan disk bermagnet.

Harga SSD per GB jauh lebih mahal daripada hard drive biasa, tetapi jika Anda bersedia membayar biayanya, Anda akan melihat peningkatan besar dalam waktu booting, waktu akses file, dan respons sistem secara keseluruhan.

Jika Anda ingin membeli SSD untuk dipasang sendiri, pastikan Anda memiliki ukuran yang benar untuk mesin Anda (2,5 "untuk perangkat portabel, 3,5" untuk mesin desktop). Anda dapat menggunakan perangkat lunak gratis yang bisa dimanfaatkan untuk menyalin konten dari hard disk Anda saat ini ke SSD baru Anda.

10. Jalankan Pemeliharaan Sistem

Windows 10 memiliki utilitas bawaan yang melakukan tugas pemeliharaan sistem rutin seperti mendefrag hard drive, memindai pembaruan, dan memeriksa malware.

Tugas-tugas ini biasanya berjalan di latar belakang saat PC Anda tidak aktif tetapi jika Anda memperhatikan masalah dengan kinerja sistem, Anda dapat menjalankan pemeliharaan secara manual jika diinginkan.

Untuk memulai, buka Panel Kontrol, pilih 'Sistem dan Keamanan (System and Security)' lalu pilih 'Keamanan dan Pemeliharaan'. Klik panah untuk memperluas opsi perawatan. Dari sini Anda dapat memilih 'Mulai Pemeliharaan (Start Maintenance)'. Tutup dan simpan semua file yang terbuka sebelum melanjutkan.

Kesimpulan

Itulah tadi 10 tips yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat keinerja Windows 10 pada Pc atau komputer maupun leptop Anda. Sederhana, mudah dan gratis, jadi tunggu apalagi untuk mempercepat kinerja windows !0 anda? Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.
dedi_i
dedi_i Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment