Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ponsel Cepat Panas? Ini Cara Menjaga Ponsel Anda Tetap Dingin


ilustrasi cara menjaga ponsel tetap dingin, source : pixabay

Salam sobat omahinfo,
Ponsel kepanasan adalah masalah yang dialami banyak orang pada hari-hari musim panas (atau hari-hari panas di musim apa pun, bisa juga karena pemanasan global) dan ini bisa menjadi salah satu hambatan atau ganguan jika Anda ingin mengambil gambar, memeriksa arah, atau menelepon orang lain maupun keluarga Anda saat Anda sedang keluar.

Anda tidak perlu menyeringai, karena ada cara untuk menjaga ponsel tetap dingin atau menghambatnya menjadi cepat panas tanpa perlu mematikannya. Selain itu, jangan pernah ada pemikiran untuk mencelupkannya ke dalam air, itu mungkin akan menjadi ide yang buruk.

Jadi untuk membantu Anda bertahan di musim panas tanpa kehilangan ponsel kesayangan Anda, berikut beberapa saran tentang cara menghentikan ponsel Anda cepat panas dan menjaganya tetap dingin dalam cuaca buruk.

1. Jauhkan Dari Panas

Pada hari yang panas Anda pasti ingin bersembunyi di tempat teduh untuk menghindari panas, begitu pula untuk ponsel Anda menginginkan hal yang sama persis.

Usahakan untuk tidak meninggalkannya di bawah sinar matahari langsung, karena sinar matahari dapat membuatnya menjadi hangat dengan sangat cepat.

Jadi jika Anda di rumah, jangan meletakkannya di dekat jendela. Begitu pula jika Anda sedang piknik, selipkan saja di bawah selimut agar tidak terkena cahaya.

Selain itu, jangan tinggalkan smartphone Anda di dalam mobil, atau rumah kaca, atau konservatori, atau di mana pun yang secara alami akan membuatnya cepat panas pada hari yang cerah.

Dengan melakukan ini, Anda akan menghentikan perangkat ponsel agar tidak memanas dengan cepat.

2. Lepaskan Casing

Jika Anda memiliki casing di ponsel, itu akan membuat ponsel Anda tetap hangat dan nyaman di musim dingin, tapi juga terpanggang di bulan-bulan yang panas. Lepaskan casing itu segera!

Casing dapat bertindak sebagai isolasi, jadi jika ponsel Anda menjadi hangat, casing akan menahan panas tersebut, Anda harus melepasnya agar panas dapat menghilang secepat mungkin.

Tidak salah, jika Anda memiliki casing bagus yang berguna selain melindungi ponsel Anda, seperti casing yang memiliki tempat untuk kartu kredit barang penting lainnya, Anda mungkin ingin menyimpannya untuk tujuan tertentu.

Tetapi jika Anda hanya bersantai di rumah, atau berpiknik di taman, tidak ada salahnya untuk melepaskan casing selama beberapa menit.

3. Sesuaikan Pengaturan Ponsel

Masalahnya ada pada detail pengaturannya, jadi jika Anda ingin ponsel Anda tetap dingin, ada beberapa pengaturan berguna yang dapat Anda ubah untuk memastikan ponsel tidak terlalu panas.

Pertama, ubah kecerahan layar Anda serendah mungkin. Ini mungkin membuat tampilan lebih sulit dilihat, tetapi akan menggunakan lebih hemat baterai, menyebabkan perangkat ponsel tidak begitucepat panas.

Jika ponsel Anda memiliki kecerahan adaptif, ini mungkin secara otomatis mengubah kecerahan menjadi maksimal jika Anda berada di luar, jadi pertimbangkan untuk menggunakannya.

Kedua, matikan data jika Anda tidak menggunakannya, dan mungkin menyetel perangkat ponsel Anda ke mode pesawat jika Anda tidak ingin berbicara dengan orang lain.

Seperti halnya kecerahan layar, mematikan fitur ini dapat menghemat baterai, yang sangat terkait dengan suhu ponsel.

Beberapa ponsel, terutama ponsel game, memiliki mode overclock yang meningkatkan kinerja ponsel sekaligus menghabiskan daya lebih cepat.

Secara alami, ini harus pergi juga. Jika Anda tidak tahu apakah ponsel Anda memiliki mode seperti itu atau tidak, karena mode permainan hanya pada perangkat ponsel tertentu.

4. Jangan Memaksakan Ponsel Anda Hingga Batasnya

Terlepas dari apakah cuaca panas atau tidak, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memanaskan ponsel Anda seperti bermain game yang intens, mengedit video atau foto, atau mencolokkannya untuk mengisi daya dengan kecepatan tinggi dapat menghangatkan ponsel Anda.

Jika panasnya hari membuat ponsel Anda tetap panas, sebaiknya hindari melakukan jenis aktivitas yang secara alami menghangatkannya, dua sumber panas sekaligus dapat membuatnya memanas dengan sangat cepat.

Jadi jika Anda bisa, hindari bermain game sebentar, isi daya dengan kecepatan lebih rendah, dan simpan pengeditan gambar Anda sampai Anda berada di area yang bagus dan sejuk. Ponsel Anda akan berterima kasih.

5. Jangan Tempatkan Ponsel di Saku Anda

Kantong Anda bisa menjadi tempat yang cukup panas untuk sebuah ponsel. Kantong sering kali menekan teknologi Anda tepat ke kulit Anda, hampir bisa dikatakan seperti menjilat semua panas tubuh Anda.

Keluarkan ponsel Anda dari saku celana atau kemeja yang ketat,ini adalah tempat yang paling buruk. Sangat disarankan ditempatkan pada saku mantel atau jaket mungkin lebih baik, tetapi pada hari yang panas Anda tidak mungkin memakainya.

Jika Anda sedang bepergian, mungkin yang terbaik adalah membawa ponsel di dalam tas, karena itu setidaknya jauh dari Anda. Dan jika Anda duduk diam di suatu tempat, keluarkan perangkat ponsel dari saku Anda dan letakan di tempat yang dapat Anda lihat.

6. Jangan Mencoba dan Memaksa Pendinginan

Trik untuk membuat ponsel Anda menjadi dingin sebenarnya bisa merusak benda lebih dari sekedar membantunya.

Pertama, tidak dianjurkan untuk merendam ponsel Anda di dalam air atau bahkan di bawah keran atau aliran, bahkan jika handset Anda memiliki resistansi IP68.

Jangan tinggalkan ponsel Anda di lemari es atau freezer, pendinginan yang terlalu cepat pada smartphone dapat menyebabkan kondensasi tersangkut di dalam perangkat, merusaknya dan berpotensi membatalkan garansi Anda.

7. Belilah Pendingin Ponsel

Pendingin telepon adalah sebuah perangkat periferal, terutama dirancang untuk para gamer seluler, dan pada intinya menggunakan teknologi heat sink.

Teknologi heat sink ini dapat membuat handset Anda tetap dingin saat biasanya dalam suhu hangat.

Jadi ini bisa menjadi investasi yang baik jika ponsel yang terlalu panas adalah masalah umum bagi Anda.

8. Tempelkan di Bawah Kipas Angin

Jika menurut Anda pendingin ponsel tidak cocok untuk Anda, mungkin gunakan sedikit lebih sederhana. Cukup nyalakan kipas angin pribadi Anda, dan letakkan ponsel cerdas Anda di lokasi yang akan membuatnya mendapatkan hembusan angin dari kipas itu.

Ini akan mendinginkan ponsel Anda pada kecepatan yang cukup lambat sehingga Anda tidak akan merusaknya, sementara juga mengurangi sebagian panas yang mungkin timbul dari kehangatan pada hari itu.

Ini akan bekerja paling baik jika Anda menggabungkannya dengan beberapa perangkat penujang lainnya sehingga dapat menjaga ponsel Anda agar tidak terlalu panas.

Kesimpulan

Itulah beberapa sara atau cara untuk menjaga ponsel Anda tetap dingin dalam cuaca yang buruk sehingga ponsel Anda tidak mengalami kepanasan yang berlebih atau overheating. Jika Anda memili pengalaman lain untuk menghentikan ponsel yang overheating, bisa Anda tuliskan di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Ponsel Cepat Panas? Ini Cara Menjaga Ponsel Anda Tetap Dingin"

Berlangganan via Email