Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Intel Core i3-10100F, Pesaing AMD Ryzen dari Intel

 Comet Lake untuk menaklukkan ujung anggaran pasar CPU?

ilustrasi intel core i3 10100f, source; pixabay


Salam sobat omahinfo,
Intel Core i3-10100F adalah sebuah produk terbaru pada prosesor Comet Lake yang baru saja diluncurkan pada 30 April tahun ini, dan akan segera membuat opsi yang menggoda untuk PC gaming murah.

CPU ini baru saja terdaftar di database produk Ark Intel dengan tanggal peluncuran Q4, tetapi raksasa chip tersebut belum mengumumkan apapun yang resmi tentang prosesor atau kapan itu mungkin akan diluncurkan.

Seperti beberapa informasi ynag beredar luas di intenet, Intel Core i3-10100F ini adalah prosesor quad-core (8-thread) dengan clock dasar 3,6GHz dan dengan kecepatan boost hingga 4,3GHz.

Intel Core i3-10100F ini akan dijual antara $79 (Rp 1,1 jutaan) hingga $97 (Rp 1,4 Jutaan), menawarkan proposisi nilai yang sangat baik dalam hal harga maupun kinerja untuk PC game yang terjangkau. Dengan TDP 65W, juga mudah untuk menjaga CPU tetap dingin.

Saat ini, pendahulunya Core i3-9100F dijual dengan harga tidak lebih dari $70 (Rp 1 Jutaan). Memang untuk mendapatkan prosesor ini, Anda harus merogoh kocek sedikit lebih dalam, tapi hal ini setara kualitas yang ditawarkan dibawah arsitektur Comet Lake.

Ingat bahwa akhiran 'F' berarti ini adalah versi Core i3-10100 yang ada tanpa grafik terintegrasi, dan itulah alasan mengapa harganya sangat murah.

Namun, siapa pun yang membangun PC game akan menginginkan kartu grafis diskrit dari beberapa jenis, dan CPU ini akan berjalan dengan baik dengan anggaran GPU yang bagus.

Rival Ryzen

Semua mata mungkin tertuju pada prosesor AMD Ryzen 5000 saat ini, chip Zen 3 generasi berikutnya yang akan diluncurkan pada 5 November. Tetapi Intel secara diam-diam mengukir jumlah penjualan yang mengesankan di kelas bawah (di mana berbasis Zen 3 CPU awalnya tidak akan membawa apa pun ke meja) dengan 10100F.

Intel Core i3-10100F menawarkan spesifikasi yang mirip dengan Ryzen 3 3300X (TDP 65W, tidak ada grafik terintegrasi).

Meskipun dengan base clock yang sedikit lebih lambat (dengan 200MHz, tetapi kecepatan boost sama) dan lebih sedikit cache on-board, tetapi harga turun sangat drastis.

Baca Juga : Spesifikasi AMD Ryzen 5000 Series

Chip Ryzen dijual dengan harga $120 (dan terlebih lagi, umumnya sangat tipis dari segi stok).

Intel mungkin akan melakukan peluncuran yang sangat sederhana untuk Core i3-10100F, tetapi Anda tidak boleh meremehkan dampak yang mungkin ditimbulkan oleh CPU ini pada pasar PC game yang berkutat pada anggaran.

Kesimpulan

Itulah sedikit penjelasan tentang Intel Core i3-10100F yang bisa dikatakan sebagai CPU yang sempurna untuk para gamer dengan anggaran terbatas dan bisa menjadi saingan AMD Ryzen. Jika Anda masih ragu, mungkin bisa mencari berbagai sumber untuk menentukan mana yang terbaik. Smeoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Intel Core i3-10100F, Pesaing AMD Ryzen dari Intel"

Berlangganan via Email