Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Hal yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Beli Laptop

Salah dan kurang jeli dalam membeli laptop, sama saja seperti membeli kaos oblon untuk kerja kantoran.

 

Tips Membeli laptop
ilustrasi tips beli laptop, source: pixabay

 

Salam sobat omahinfo,
Ada hal-hal tertentu yang dapat Anda perhatikan ketika membeli laptop baru yang dapat memastikan Anda mendapatkan laptop terbaik untuk uang Anda.

Pastikan Anda melihat spesifikasi laptop sebelum membeli. Ini adalah cara yang terbaik untuk melihat dengan cepat seberapa kuat laptop itu, dan apa kemampuannya, dengan catatan selama Anda tahu apa yang Anda cari.

1. Prossesor

Ini pada dasarnya adalah otak laptop, dan laptop biasanya memiliki prosesor (juga dikenal sebagai CPU) yang dibuat oleh Intel atau AMD. Intel sejauh ini merupakan pembuat CPU paling populer untuk laptop, meskipun kami juga melihat peningkatan jumlah laptop yang didukung AMD.

Sebagai pedoman umum, prosesor Intel menawarkan kinerja yang lebih baik, tetapi prosesor AMD juga memiliki nilai yang lebih baik.

Untuk membuat segalanya lebih sederhana, baik Intel dan AMD telah memberi nomor prosesor mereka untuk memberi Anda gambaran kasar tentang tugas seperti apa yang dapat dilakukan laptop dengan prosesor itu.

Jika Anda menginginkan laptop dengan budget murah untuk tugas-tugas sederhana seperti menjelajahi web atau menonton Netflix, maka laptop dengan prosesor Intel Pentium, Intel Core i3 atau AMD Ryzen 3, akan melakukan pekerjaan itu tanpa membuat laptop memiliki harga yang terlalu mahal.

Jika Anda mencari sesuatu dengan sedikit lebih bertenaga, mungkin untuk melakukan tugas yang lebih kompleks seperti mengedit video rumahan atau bermain game, maka minimal pilihlah laptop dengan prosesor Intel Core i5 atau AMD Ryzen 5.

Laptop terbaik untuk media kreasi maupun tugas yang lebih kompleks, hadir dengan prosesor Intel Core i7 atau Core i9, atau prosesor AMD Ryzen 7. Laptop dengan prosesor ini di dalamnya termasuk laptop kelas atas yang akan memberikan kinerja cemerlang disegala aspek yang Anda inginkan, tetapi ingatlah bahwa laptop jenis ini adalah kelompok laptop paling mahal.

Terakhir, perhatikan seberapa baru prosesor tersebut. Intel biasanya memberikan klasifikasi generasi prosesornya, jadi semakin tinggi generasi, semakin baru. Generasi terbaru dari Intel adalah generasi ke-10, meskipun prosesor Intel Core generasi ke-9 juga cukup baru.

Prosesor yang lebih baru bekerja lebih baik dan lebih hemat daya - sehingga masa pakai baterai akan bertahan lebih lama. Namun, harganya lebih mahal.

2. RAM

RAM (Random Access Memory) adalah spesifikasi penting lainnya yang harus dicari di laptop. Anda pasti menginginkan setidaknya 4 GB untuk laptop Windows, meskipun begitu sebenarnya sangat disarankan bagi banyak orang untuk memilih 8 GB. Itu akan memastikan bahwa laptop berjalan dengan baik selama bertahun-tahun yang akan datang.

Dalam hal grafis, Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena prosesor laptop dilengkapi dengan grafis (terintegrasi) di dalamnya. Namun, jika Anda ingin memainkan game PC di laptop, Anda pasti menginginkan laptop game dengan GPU terpisah - baik dari Nvidia atau AMD.

3. Pertimbangan Masa Pakai Baterai

Terakhir, ada masa pakai baterai. Ini mungkin menjadi salah satu pertimbangan terpenting yang Anda miliki saat memilih laptop apa yang akan dibeli. Laptop terbaik harus bisa membiarkan Anda bekerja dan bermain selama berjam-jam tanpa Anda harus mencari adaptor daya. Laptop modern semakin hemat daya, yang membuat masa pakai baterai lebih lama, minimal masa pakai baterai lima jam atau lebih.

Ingatlah bahwa masa pakai baterai yang diklaim pembuat laptop perangkat mereka bisa sangat berbeda dengan apa yang sebenarnya Anda alami. Ini karena banyak pembuat laptop menguji baterai mereka di lingkungan yang sangat terkontrol, dengan laptop digunakan dengan cara yang mungkin belum tentu Anda gunakan.

Jadi, meskipun laptop mungkin diklaim memiliki masa pakai baterai 10 jam, Anda mungkin mendapati bahwa saat menggunakannya untuk tugas tertentu seperti streaming konten definisi tinggi, masa pakai baterai Anda bisa lebih cepat habis.

Jenis Laptop yang Terbaik untuk Anda

Laptop Umum

Anda akan menemukan sebuah laptop murah terbaik, perangkat yang lebih fokus pada kepraktisan daripada gaya, portabilitas, atau daya. Bukan berarti mereka lambat, tetapi Anda biasanya akan menemukan laptop clamshell non-Ultrabook dengan layar HD dan penyimpanan berbasis drive berputar dengan harga kurang dari Rp 8,8 Jutaan.

Ultrabooks

Di mana Anda akan menemukan notebook tipis dan ringan yang mendukung penyimpanan SSD dan resolusi tampilan yang melebihi 1080p. Dipasangkan dengan komponen yang kuat, meskipun mobile-centric dan terutama masa pakai baterai yang lama, Ultrabook terbaik akan berharga cukup mahal berkisar Rp 10,3 Jutaan hingga Rp 29,5 Jutaan.

Laptop 2-in-1

Sebuah notebook yang berfungsi ganda, yaitu juga bisa sebagai tablet. Surface Book 2 mungkin jauh dari harapan, tetapi banyak laptop 2-in-1 terbaik yang tersedia saat ini. Dilengkapi dengan engsel yang dapat dilepas dan berputar 360 derajat, sistem hybrid ini adalah cara paling serbaguna untuk menikmati Windows 10 (atau Chrome OS) di layar sentuh (touchscreen).

Chromebook

Anda akan menemukan Chromebook terbaik yang menjalankan Chrome OS. Ini melakukan banyak hal yang dapat dilakukan Windows dan macOS di browser, berfokus pada penyimpanan cloud daripada lokal, sementara baru-baru ini mendapatkan dukungan aplikasi Android untuk model layar sentuh. Biasanya harganya kurang dari Rp 4,4 Jutaan.

Laptop Gaming

Butuh laptop untuk bermain game (hampir) seperti PC desktop yang mengkilap? Maka Anda pasti menginginkan salah satu laptop gaming terbaik. Mesin ini umumnya berharga mulai dari Rp 11,8 Jutaan hingga Rp 44,3 Jutaan dan kemungkinan besar mereka akan menjadi yang pertama memanfaatkan prosesor Ryzen tingkat laptop AMD.

Laptop-Tablet Hybrid

Dirancang dari konsep tablet-pertama ke hybrid laptop-tablet, paket tablet Windows terbaik di luar layar sentuh HD, terkadang dengan sandaran dalam bingkai atau disediakan melalui penutup keyboard. Ini biasanya bersinar dengan stylus, dan berkisar dari anggaran hingga kisaran harga premium.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda akan membeli sebuah laptop yang sesuai kebutuhan Anda dan sesuai dengan budget atau uang Anda. Selain itu juga ada beberapa refenrensi jenis leptop serta fungsinya secara maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.
dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Hal yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Beli Laptop"

Berlangganan via Email