Tips Mengamankan Ponsel Anda dari Hacker

Table of Contents

Mengamankan Ponsel Dari Hacker Untuk Ketenangan Hidup (Belum Edit)


beberapa cara Mengamankan Ponsel Anda dari Hacker
Tips Mengamankan Ponsel Anda dari Hacker, omahinfo


Salam sobat omahinfo,
Hampir semua orang, smartphone adalah jalur kehidupan kita. Kita menggunakannya untuk tujuan pribadi dan profesional: bergabung via Zoom, menelusuri media sosial, mengelola uang, dan berkomunikasi dengan teman dan keluarga.

Mudah sekali untuk melupakan bahwa perangkat ini menyimpan atau terhubung ke banyak informasi pribadi yang sensitif dan dapat dengan mudah diretas jika kita tidak hati-hati.

Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengamankan ponsel cerdas Anda dari peretas atau hacker serta kebiasaan yang dapat Anda hindari yang akan membahayakan data Anda.

Berikut Ini Beberapa Tips Mengamankan Ponsel Anda dari Hacker

Pilih Aplikasi Anda dengan Hati-Hati dan Pantau Terus Menerus

Charles Edge, pakar keamanan dan pengembang perangkat lunak, menyarankan agar hanya menjalankan aplikasi yang tersedia dari Google Play Store atau Apple App Store atau sumber terpercaya lainnya.

Setelah Anda mengunduh aplikasi, batasi aksesnya ke informasi lain di perangkat Anda, termasuk lokasi, kontak, dan foto Anda. Aplikasi dapat meminta akses terbatas atau permanen ke layanan lain beberapa kali - dan akses ini dapat melanggar privasi Anda jika aplikasi itu sendiri pernah disusupi.

Jika Anda sudah lama tidak mengaudit aplikasi Anda, luangkan waktu untuk membersihkan perangkat Anda. Hapus aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan dan cabut izin aplikasi yang tidak lagi diperlukan.

Perkuat Setelan Keamanan Anda

Selalu lindungi ponsel Anda dari aplikasi apa pun yang mengakses informasi pribadi yang sensitif dengan kode sandi, kata sandi yang kuat, atau menggunakan mekanisme otentikasi biometrik seperti Touch ID atau Face ID.

Anda juga harus mengaktifkan Autentikasi dua faktor (2FA) pada layanan yang membuatnya tersedia dan faktor kedua dikirimkan ke perangkat yang berbeda. Dengan cara ini, ponsel Anda memiliki lapisan keamanan tambahan jika hilang atau dicuri.

Ingatlah untuk mematikan AirDrop dan Bluetooth saat Anda berada di tempat umum, setidaknya saat Anda tidak aktif menggunakannya. Bluetooth membuat perangkat Anda rentan terhadap sejumlah serangan berbahaya, bahkan dari jarak yang cukup jauh. Bahkan jika ponsel Anda tidak diretas melalui Bluetooth, itu membuat Anda terbuka terhadap baku tembak AirDrop.

Aktifkan Pembaruan Otomatis

Salah satu langkah paling sederhana yang dapat Anda lakukan untuk melindungi ponsel Anda dari peretas atau hacker adalah dengan mengaktifkan pembaruan otomatis untuk aplikasi dan sistem operasi Anda. Pembaruan adalah bagaimana kelemahan keamanan ditambal dan memungkinkan ini terjadi secara otomatis memastikan Anda tidak akan membiarkan perangkat Anda tidak terlindungi untuk waktu yang lama.

Jika OS seluler Anda lemah, tidak masalah apa pun yang Anda gunakan untuk mengamankan ponsel, semuanya rentan terhadap serangan.

Tambahkan Lapisan Keamanan Ekstra

Jaringan publik virtual (VPN) dapat menambahkan lapisan privasi lain untuk data Anda, terutama jika Anda sering menggunakan jaringan Wi-Fi publik. VPN terbaik mengenkripsi informasi Anda untuk memastikan lokasi dan riwayat penjelajahan Anda tetap terenkripsi. Pada dasarnya, VPN akan membuat data Anda tidak dapat dibaca oleh siapa pun yang mencegatnya di jaringan Wi-Fi terbuka.

Opsi lainnya adalah mengunduh aplikasi keamanan seluler atau antivirus. Aplikasi ini mendeteksi malware, mencegah pencurian, dan bahkan menawarkan backup data, pelacakan perangkat, atau VPN mereka sendiri.

Perangkat Android hadir dengan Google Play Protect, pemindai malware bawaan untuk aplikasi Anda, meskipun aplikasi antivirus Android pihak ketiga lebih baik. Anda dapat mengelola opsi keamanan di aplikasi Pengaturan perangkat Anda di bawah Keamanan.


Apa yang Tidak Boleh Dilakukan

Meskipun tindakan pencegahan itu penting, ada juga beberapa kebiasaan buruk digital-hygiene yang membahayakan ponsel Anda.

Jangan Berikan Nomor Telepon Anda kepada Orang Lain

Pertama, berhenti membagikan nomor telepon Anda kecuali jika benar-benar diperlukan. Nomor telepon mungkin tampak tidak berbahaya, tetapi sering digunakan sebagai bentuk ID, dan biasanya kode 2FA sementara dikirim ke sana.

Peretas atau hacker yang mengetahui nomor ponsel Anda dapat menggunakan SMS untuk mengirimi Anda malware atau tautan phishing yang meminta Anda untuk membahayakan data pribadi Anda, dan juga dapat mencoba mencuri nomor tersebut dari Anda dengan mentransfernya ke ponsel lain.

Jangan Unduh File atau Aplikasi Acak

Jangan mengunduh apa pun yang dikirim ke ponsel Anda melalui SMS atau email tanpa terlebih dahulu memeriksa sumbernya dengan cermat, meskipun pesan tersebut tampaknya datang dari seseorang yang Anda kenal. Dan jika kontak tidak dikenal atau jika pesan menuntut Anda untuk segera mengambil tindakan, jangan menjawab atau mengklik link apa pun.

Jangan Lakukan Jailbreak atau Me-Root Ponsel Anda

Anda juga harus menghindari jailbreaking atau rooting perangkat Anda, yang dapat membahayakan keamanan apa pun yang ada di dalam OS atau aplikasi Anda.

"Setelah di-jailbreak, semua roda pengaman akan lepas," Ungkap Edge. "Perlindungan dasar yang diasumsikan Apple saat membuat titik akhir API sudah tidak ada dan aplikasi dapat melakukan apa saja yang mereka inginkan."

Jangan Gunakan Wi-Fi Publik

Terakhir, cobalah untuk menghindari penggunaan jaringan Wi-Fi publik, yang merupakan tempat utama bagi peretas atau hacker untuk mendapatkan akses ke perangkat seluler Anda. Gunakan paket data seluler Anda sebagai gantinya. Jika Anda harus masuk ke jaringan yang tidak aman, seperti saat bepergian ke luar negeri, pastikan VPN Anda diaktifkan.

Indikasi bahwa ponsel Anda telah disusupi termasuk panas berlebih dan masa pakai baterai berkurang. Untuk melihat apakah ada aplikasi yang menggunakan jumlah daya yang tidak biasa pada perangkat Android Anda, buka Pengaturan> Baterai> Lainnya> Penggunaan Baterai. Di iOS, buka Pengaturan> Baterai.


Kesimpulan

Itulah langkah sederhana untuk mengamankan ponsel Anda dari para hacker atau peretas yang bertebaran dimana-mana tanpa Anda ketahui berbagai matodenya. Semoga informasi ini membantu dan terima kasih.

dedi_i
dedi_i Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment