Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Untuk Melindungi Password Online Anda

Selesaikan masalah password Anda untuk selamanya

Cara Untuk Melindungi Password Online Anda
Tips Untuk Melindungi Password Online Anda, source: omahinfo.com


Salam sobat omahinfo,

Anda telah mendengar saran dan kemungkinan itu berulang kali, bahwa Anda harus membuat password yang kuat dan unik untuk semua akun online Anda. Namun sejumlah besar orang masih menggunakan "12345," "password," dan "qwerty" untuk email, login bank dan akun e-commerce mereka.

Ada banyak masalah dengan pendekatan keamanan digital ini, salah satunya adalah risiko data pribadi Anda diakses dalam serangan pengisian kredensial. Pengisian kredensial adalah jenis peretasan brute force di mana penjahat dunia maya mengambil informasi login yang dicuri dalam pelanggaran data masa lalu dan menggunakannya untuk secara sistematis mencoba masuk ke akun lain.

Data menunjukkan bahwa ada 3,6 juta serangan penjejalan kredensial setiap jam di A.S. Meskipun tingkat keberhasilannya sangat rendah, tapi volume upaya penyusupan yang besar berarti banyak informasi pribadi yang disusupi. Tidak seperti serangan brute force yang mengandalkan tebakan acak, pengisian kredensial memanfaatkan fakta bahwa orang menggunakan kembali password yang telah dicuri.

Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk melindungi password Anda?

Lebih dari 80% orang menggunakan satu password di beberapa situs web, tetapi menggunakan kembali password Anda membuat Anda berisiko lebih tinggi untuk menjadi korban penjejalan kredensial. Itu membahayakan data pribadi Anda dan meningkatkan kemungkinan mengalami kerugian finansial dan pencurian identitas.


Berikut ini Beberapa Tips untuk Melindungi Password Online Anda

Buat Password Anda lebih kuat

Saat Anda membuat kredensial unik untuk setiap akun, pastikan password Anda tidak mudah diretas. password paling aman panjang dan rumit, yang membuatnya lebih sulit ditebak. Sebaliknya, password yang mudah diingat sangat lemah - meskipun unik. 

Berikut ini cara membuat password Anda lebih kuat :

    • Buat setiap password setidaknya 15 karakter.
    • Gunakan huruf kecil dan huruf besar serta angka dan tanda baca.
    • Hindari kata-kata nyata dan bagian mana pun dari nama atau alamat email Anda.
    • Jangan gunakan informasi apa pun yang dapat ditemukan di media sosial, seperti tanggal lahir atau nama hewan peliharaan Anda.


Gunakan Pengelola Password

Jika Anda mengandalkan memori Anda sendiri untuk melacak banyak proses masuk yang panjang dan rumit, tentu saja Anda lebih cenderung menggunakan beberapa password yang pendek dan sederhana. Untungnya, ada solusinya.

Pengelola password terbaik dapat menghasilkan password yang kuat dan unik untuk akun baru, mengingat password Anda untuk Anda, dan memberi tahu Anda saat Anda menggunakan kembali kredensial atau jika informasi Anda disusupi dalam pelanggaran data.

Pengelola password juga disinkronkan di beberapa perangkat, seperti PC, Mac, dan ponsel cerdas. Yang harus Anda lakukan adalah mengingat password utama (atau mengaktifkan biometrik seperti ID Wajah).

Ini lebih aman daripada meminta browser Anda mengingat password. Misalnya, di Mac tempat Chrome menggunakan keychain Apple Anda, penjahat dunia maya bisa mendapatkan akses ke semuanya setelah mereka memiliki password Gmail Anda.


Aktifkan Autentikasi Multi-Faktor

Autentikasi multi-faktor (MFA) menambahkan lapisan keamanan dengan meminta Anda memverifikasi identitas Anda dengan sesuatu selain password ketika Anda masuk ke akun di perangkat baru atau dari lokasi baru. Tanpa kunci sekunder ini, peretas tidak akan bisa masuk meskipun mereka memiliki password Anda. Aktifkan MFA atau 2FA setiap kali itu merupakan pilihan.

Faktor kedua yang umum dari Autentikasi melibatkan kode sandi sementara yang dikirim ke ponsel Anda melalui teks atau aplikasi. Meskipun ini mungkin tampak aman - dan mungkin lebih baik daripada tidak sama sekali - tidak sulit bagi penjahat untuk menyadap SMS atau mentransfer nomor telepon Anda ke kartu SIM mereka sendiri.

Opsi yang lebih baik mencakup aplikasi pengautentikasi (Google Authenticator berfungsi dengan sebagian besar layanan utama) atau kunci keamanan fisik seperti YubiKey atau Google Titan.

Perhatian: Jika Anda mendapatkan pemberitahuan untuk mengautentikasi akun yang tidak Anda masuki secara aktif, itu merupakan indikasi yang baik bahwa orang lain mencoba mengakses informasi Anda.


Pantau Pelanggaran Data Publik

Pantau terus berita keamanan sehingga Anda tahu kapan informasi Anda mungkin disusupi. Kemudian masukkan email Anda kesini untuk mengetahui apakah data Anda telah terungkap dalam pelanggaran data publik.


Kesimpulan

Itulah beberapa tips atau cara untuk melindungi dan memperkuat password Anda. Anda mungkin tidak dapat menghindari pelanggaran data dan penjejalan kredensial sepenuhnya, tetapi Anda dapat meminimalkan kemungkinan penjahat dunia maya akan berhasil meretas jalan mereka ke akun Anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

dedi_i
dedi_i Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Tips Untuk Melindungi Password Online Anda"

Berlangganan via Email