Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tes GeNose Kereta Api Jarak Jauh Untuk Pertahanan Bersama

 Tes GeNose Jadi Syarat Utama Untuk Melakukan Perjalanan Kereta Jarak Jauh.

Pulang Kampung atau Mudik Dengan KAI
Gerbong Kereta Jarak Jauh Dharmawangsa Pagi Yang Kami Gunakan, omahinfo

Salam sobat omahinfo,

Tak terasa sudah 2 tahun lebih covid19 telah menginvasi hampir seluruh tempat didunia ini, termasuk juga di daerah tempat tinggalku. Hari Raya Idul Fitri yang menjadi hari dimana yang paling diimpikan para perantau termasuk saya untuk berkumpul di kampung halaman. Keinginan itu harus saya pendam didalam benak dan pikiran saya, semenjak pemerintah melarang kegiatan mudik atau pulang kampung. Otomatis dengan adanya pengumuman dari pemerintah itu membuat PT. KAI sebagai salah satu BUMN memperketat perjalanan kereta jarak jauh yaitu tidak untuk mudik. Artinya orang-oarang bisa mempergunakan kereta untuk keperluan pekerjaan dan tentunya menyerahkan bukti tes GeNose dan antigen sebagai syarat mutlak untuk melakukan perjalanan kereta jarak jauh.

Setelah masa pengetatan mudik dan perjalanan kereta jarak jauh berakhir, PT. KAI pun memperboehkan perjalanan kereta jarak jauh untuk umum tapi tetap penerapan protokol kesehatan. Akhirnya saya pun mengajukan sedikit kelonggaran untuk pulang kekampung halaman tapi tetap harus bekerja. Hati yang begitu senang dan gembira mendengar berita diperbolehkan oleh atasan, langsung membuat saya menanyakan ke admin KAI via twitter bagaimana syarat terbaru perjalanan kereta jarak jauh. Salah satu disyarat tersebut adalah menunjukan surat bebas covid-19 baik via tes GeNose di stasiun maupun tes antigen.

Sebelum Anda membacara cerita mudik atau pulang kampung kali ini, lebih baik Anda mengetahui apa itu tes GeNose atau tes antigen yang menjadi syarat mutlak perjalanan kereta jarak jauh. Simak penjelasannya dibawah ini.


Pengertian GeNose

GeNose 19 atau lebih dikenal masyarakat umum dengan "GeNose" adalah sebuah alat khusus yang dikembangkan oleh para ilmuwan dan ahli dari UGM untuk mendeteksi infeksi virus Corona/Covid-19 melalui hembusan nafas . 

Setelah mengantongi izin edar dan pakai dari Kementrian Kesehatan, kemudian pada tanggal 26 Maret 2021 dalam surat edaran Satgas Penangan Covid-19, hasil negatif tes GeNose menjadi salah satu syarat perjalanan dalam negeri termasuk untuk para pengguna kereta jarak jauh.

Tes GeNose menjadi alternatif tes covid-19 selain rapit tes antigen maupun swab PCR. Selain hasilnya cepat diketahui yang mana hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 menit, proses lebih nyaman hanya dengan hembusan nafas. 

Terus bagaimana cara pemesanan GeNose C19  untuk perjalanan kereta jarak jauh. PT. KAI tidak menerima hasil tes GeNose dari luar stasiun yang menyediakan layanan tes GeNose. Sehingga Anda harus memesan tes GeNose, berbarengan dengan pemesanan tiket kereta. Untuk lebih lengkap cara pemesanan  GeNose C19, simak penjelasannya dibawah ini.


Cara Pemesanan Tes GeNose C19 via aplikasi KAI Access

PT. KAI memberikan kemudahan bagi para calon penumpang untuk mempermudah pemesanan menggunakan aplikasi yang bernama KAI Access. Selain untuk memesan tiket Antar Kota dan lokal, KAI Access menyediakan kemudahan pemesanan tes GeNose C19 berbarengan ketika memesan tiket Anda. Berikut ini tata cara memesan tes GeNose via aplikasi KAI Access:

  1. Calon Penumpang wajib pemesanan tiket kereta dan mengisi data penumpang yang dibutuhkan.
  2. Pada halaman rincian pemesanan, pilih menu GeNose C19 untuk melakukan pemesanan tes GeNose C19.
  3. Setelah memilih menu GeNose C19, pilih penumpang yang akan melakukan tes GeNose di stasiun.
  4. Selesai memilih, akan muncul tampilan rincian harga tes GeNose C19, Kemudian Klik Pesan, akan muncul total uang yang harus Anda bayarkan.
  5. Melakukan pembayaran tiket kereta dan GeNose C19.
  6. Setelah melakukan pembayaran, akan muncul hasil pemesanan GeNose pada menu Tes Covid 19 dan menunjukannya untuk melakukan pendaftaran tes GeNose di stasiun pemberangkatan.
  7. Menunjukan detail pemesanan tes GeNose C19 pada halaman tes Covid 19, kode pemesanan atau scan barcode pada halaman detail tiket untuk melakukan pendaftaran GeNose C19.
  8. Setelah melakukan tes GeNose C19 di stasiun pemberangkatan, hasil dari tes tersebut akan muncul pada halaman Test Covid-19 dan juga akan dicetak pada lembaran kertas.
  9. Detail pemesanan GeNose C19 beserta hasil tesnya akan muncul pada halaman Test Covid-19


Pelayanan pemeriksaan Tes GeNose C19 mulai jam 07.00 - 19.00 WIB, tapi kadang menyesuaikan kondisi masing-masing stasiun. 

Masa berlaku hasil Tes GeNose C19 hanya berlaku 1x24 Jam, dihitung dari keluarnya print out. Jadi perhatikan kapan Anda akan berangkat dan kapan Anda melakukan tes GeNose. Sebelum Anda memeriksa atau melakukan tes GeNose di Stasiun ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi, untuk lebih lengkapnya simak penjelasan dibawah ini.

Syarat Pemeriksaan Tes GeNose C19 di Stasiun

Ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi calon penumpang kereta api jarak jauh saat melakukan tes GeNose C19, yaitu:
  1. Anda harus dalam kondisi sehat
  2. Anda memiliki tiket kereta api antarkota atau jarak jauh
  3. 30 menit sebelum pengambilan sampel napas, Anda dilarang merokok,  makan, dan minum (kecuali minum air mineral).
Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan pemeriksaan tes GeNose di stasiun. Bagaimana prosedur pemeriksaannya?

Prosedur Pemeriksaan Tes GeNose C19

Prosedur pemeriksaan Tes GeNose C19 dilakukan sebanyak 1 kali tanpa pengulangan, sebagai berikut:
  1. Ambilah napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut sebanyak 3 kali.
  2. Langkahnya tersebut terdiri dari 2 kali di awal, ambil napas dan buang di dalam masker.
  3. Saat pengambilan napas ke-3, langsung hembuskan ke dalam kantong hingga penuh.
  4. Kunci kantong agar udara di dalamnya tidak keluar.
  5. Serahkan kantong kepada petugas untuk dianalisis menggunakan alat GeNose C19.
  6. Hasil pemeriksaan GeNose C19 ini akan keluar dalam waktu sekitar 3 menit.

Bagaimana Jika Periksa Tes GeNose C19 Bukan Di Stasiun Pemberangkatan di Tiket KAI?

Hasil Tes GeNose Yang Jadi Salah Satu Syarat Perjalanan Kereta Jarah Jauh, source: omahinfo

Jadi ini adalah pengalaman kemarin ketika pulang kampung. Ketika dekat hari keberangkatan, saya mencari informasi via twitter ke KAI untuk mendapatkan Informasi stasiun mana saja yang bisa melakukan pemeriksaan tes GeNose. Seharusnya saya melakukan pemeriksaan tes GeNose C19 di stasiun Pasar Senen, tapi ternyata Stasiun Bekasi juga membuka pelayanan pemeriksaan tes GeNose C19.

Akhirnya pagi, sekitar jam 08.00 WIB tanggal 26 Mei 2021, saya beserta istri meluncur ke Stasiun dengan sepeda motor andalan yang super hemat. Sesampainya di stasiun kami pun menuju pos pelayanan pemeriksaan tes GeNose. Kami pun bertanya untuk memastikan bagaimana prosesnya, agar tidak ada yang lupa.

Setelah mengambil nomor antrian, kami pun duduk di bangku tunggu panggilan antrian. Setelah dipanggil, kami berdua menuju bagian pendaftaran. Saya membuka aplikasi KAI Access, untuk memberitahukan kode pemesanan tiket dan tes GeNose C19 kepada admin

Saya pun menanyakan kembali ke petugas mengenai tes GeNose C19, karena hampir semua menyerahkan sejumlah uang Rp 30.000/orang.  Saya sudah membayar via KAI Access untuk Tes GeNose, jadi kami tidak perlu mengeluarkan uang lagi kan?

Sang petugas pun menjelaskan "Seharusnya Bapak dan Ibu melakukan tes GeNose di stasiun keberangkatan yaitu Stasiun Pasar Senen, dan disarankan untuk ke Stasiun Senen. Jika Bapak dan Ibu melakukan pemeriksaaan tes GeNose C19 disini, maka harus membayar kembali Rp 30.000/orang. Serta biaya tes GeNose C19 yang dipesan bersamaan dengan tiket tidak bisa direfund". Akhirnya kami memilih mengeluarkan uang kembali untuk tes GeNose di Stasiun Bekasi.

Harapan saya "Semoga semua penumpang yang telah memesan dan membayar tes GeNose C19 via KAI Access, bisa melakukan pemeriksaaan dimanapun stasiun yang telah menyediakan pelayanan".

Bagaimana Jika Stasiun Pemberangkatan Tidak Menyediakan Tes GeNose C19?

Ketika hendak pulang kembali ke Jakarta, ternyata stasiun keberangkatan saya belum menyediakan pelayanan pemeriksaan tes GeNose. Akhirnya saya menghubungi Kai via twitter dan mendapatkan penjelasan.

Hanya hasil tes GeNose C19 di stasiun yang dapat digunakan sebagai syarat perjalanan dengan KA jarak jauh. Sebagai Alternatif, penumpang dapat melakukan Rapid Test Antigen/PCR di Rumah Sakit, Puskemas atau Klinik. 

Selain Itu, Anda juga bisa ke stasiun terdekat yang menyediakan pelayanan tes GeNose C19. Harapan Saya "Semoga semua staisun yang menyediakan pelayanan perjalanan Kereta Api Jarak Jauh menyediakan pelayanan Tes GeNose C19/Antigen".

Kenapa Tidak di Puskesmas Terdekat, Jika Stasiun Belum Menyediakan?

Hasil Tes Antigen Kami yang jadi syarat perjalanan pulang, source: omahinfo

Sebelum saya saya tes antigen di klinik, tepatnya ketika Minggu, 6 Juni 2021 saya dihubungi salah satu teman saya dan menyarankan untuk tes antigen di puskesmas terekat. Selain lebih dekat dengan rumah, harganya katanya lebih murah. Setelah itu saya hubungi pihak puskemas, tapi belum ada jawaban.

Akhirnya senin siang, saya mencoba menghubungi pihak puskesmas, akhirnya bisa tehubung. saya pun langsung ke inti permasalahannya yang intinya "Apakah Puskesmas bisa melayani pemeriksaan tes Antigen untuk umum?'.

Pihak puskesmas pun memberikan jawaban 'Untuk pelayanan tes Antigen di Puskesmas hanya berlaku untuk warga yang mengalami keluhan indikasi Covid-19, dan menyarankan untuk datang ke klinik yang pertama kali ingin saya tuju, jika tujuannya untuk perjalanan".

Naik Kereta Jarak Jauh Saat PPKM Darurat?

Setelah pemerintah mengeluarkan isi mengenai peraturan yang harus dipatuhi untuk berpergian termasuk menggunakan kereta jarak jauh. Anda tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa menggunakan moda kereta jarak jauh untuk Anda bepergian, akan tetapi ada beberapa sayarat yang harus Anda penuhi dengan protokol kesehatan diperketat.

Apa saja yang menjadi syarat naik kereta api jarak jauh di masa PPKM Darurat seperti ini. Berikut ini persyaratan penumpang kereta api jarak jauh yang berlaku di Jawa dan Sumatera:
  1. Tes Genose tidak akan dilayani (tidak berlaku)
  2. Surat hasil Negatif tes Antigen (berlaku hanya 1x24 jam) atau hasil Negatif tes PCR (berlaku 2x24jam)
  3. Menunjukan sertifikat vaksin minimas dosis pertama baik itu fisik maupun digital, hanya berlaku di Jawa
  4. Penumpang dengan memiliki kebutuhan khusus dengan alasan medis sehingga tidak/belum divaksin bisa membawa surat keterangan dokter spesialis dengan menyertakan hasil tes PCR atau Antigen.
  5. Penumpang dibawah umur 5 tahun tidak diwajibkan tes PCR atau antigen
  6. Penumpang dibawah umur 18 tahun tidak diwajibkan menunjukan sertifikat vaksin
Itulah beberapa syarat naik kereta jarak jauh di masa PPKM darurat seperti ini. Itu diatas kalo tes genose tidak bisa dipakai, harus menggunakan antigen, tetapi di menu KAI Access tidak ada pemesanan tes antigen? untuk menjawab permasalah ini, silahkan baca penjelasan dibawah ini.

Tes GeNose Tidak Bisa, KAI Access Tidak Ada Menu Untuk Pemesanan Tes Antigen?

Kemarin saya berenca untuk pulang karena orang tua saya sedang sakit. Ketika ingin memesan tiket kereta api jarak jauh, masuk kebagian menu pemesanan tes genose atau antigen, tidak ada menu untuk pemesanan antigen yang ada hanyalah tes genose. Akhirnya saya membatalkan pemesanan tiket kereta api jarak jauh, dan konsultasi ke salah satu sosial media dari KAI.

Berikut ini penjelasan KAI mengenai cara pemesanan tes Antigen kereta jarak jauh:
"Mengenai pemesanan atau daftar pemeriksaan rapid test antigen (tes antigen) di stasiun,hanya bisa dilakukan secara langsung di stasiun keberangkatan. Syaratnya Anda wajib memiliki tiket kereta api jarak jauh berstatus lunas/paid."

Selain itu, Anda juga bisa tes di klinik atau rumah sakit yang menyediakan rapid test antigen (tes antigen) yang menurut pengamatan saya harganya lumayan mahal, tetapi keuntungannya Anda tidak perlu ke stasiun jika jaraknya terlalu jauh dari rumah Anda. Ingat tes Antigen hanya berlaku 1x24 jam dimasa PPKM Darurat ini, pastikan tes antigen Anda tidak hangus karena salah memperkirakan waktunya. Sebagai contoh, semisal kereta Anda berangkat besok pukul 08.30 WIB, saya sarankan Anda tes hari ini diatas pukul 08.30 WIB.

Kesimpulan

Itulah sekelumit cerita pulang kampung kami ke kampung halaman dengan menggunakan kereta api, yang mana tes GeNose C19 dengan hasil negatif menjadi salah satu syarat utama selain tiket. Selalu patuhi protokol kesehatan baik dari awal hingga akhir, sehingga Anda, penumpang lain dan sanak saudara di kampung halaman tetap dalam keadaan sehat. Semoga Artikel ini bermanfaat.

dedi_i
dedi_i Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

2 comments for "Tes GeNose Kereta Api Jarak Jauh Untuk Pertahanan Bersama"

  1. Wah Info yg bermanfaat Gan, kebetulan saya juga mau melakukan perjalanan jarak jauh pakai kereta api, bisa menjadi referensi ini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berkunjung dan membaca gan. Tetap jaga kesehatan untuk perjalanan yang membahagiakan.

      Delete