Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Google Doodle: Apa Itu Dan Tujuan Pembuatan

Google Doodle, Orat Oret dari Google


Ulang Tahun Chrisye ke 70
Screenshot Google


Hai sobat omahinfo,
Pernahkah ketika Anda membuka google muncul tampilan karakter seseorang yang telah meninggal baik itu seorang musisi, sejarahwan, pahlawan, peringaratan acara, prestasi dan masih banyak lainnya. Jika iya, kalian pasti bertanya apa sebenarnya itu. Itu adalah  google doodle. Sebuah fitur lama dari google yang baru ramai diperbincangkan.

Pengertian Google Doodle

Apa sih Google Doodle? Saya bahkan baru hari ini mengetahui apa itu Google Doodle. Google Doodle adalah logo-logo dari Google yang dimodifikasi sedemikian rupa dan kemudian ditampilkan ketika ada suatu peringatan atau event tertentu pada setiap negara yang mendukung dan berkerjasama dengan Google, termasuk Indonesia.

Google Doodle adalah perubahan logo khusus dan sementara di beranda Google yang dimaksudkan untuk memperingati liburan, acara, prestasi, dan tokoh sejarah terkemuka. (source : wikipedia)
Google doodle bisa Anda nikmati di halaman pertama saat Anda mengetik url google.com atau google.co.id. 

Google doodle pertama kalinya bermula untuk memberitahu para user tentang ketidakhadiran mereka (Larry Page dan Sergey Brin), jika server mengalami crash. Karena mereka berdua sedang menghadiri fetival Burning Man di Black Rock City, Nevada.

Pada awlanya google doodle hanyalah gambar dengan teks melayang yang menggambarkan atau mengekspresikan sesuatu yang semakin meningkat frekuensi dan kompleksitas pada awal 2010an.

Tercatat pada tahun 2014, google telah menerbitkan lebih dari 2000 doodle bahkan tahun 2019 lebih dari 4000 doodle baik itu regional maupun internasional seperti artis, musisi, tokoh dll.

Pembuatan Google Doodle

Tim desainer yang berasa dibalik coret-coret yang Anda bisa nikmati dan dibawah kepemimpinan Dennis Hwang, Michael Lopez, Ryan Germick, Susie Sahim dan Jennifer Hom secara rutin mengadakan pertemuan untuk menukar pikiran.

Selain ide berasal dari karyawan ggole, tenyata mereka juga menerima kreasi-kreasi dari user yang bisa Anda kirimkan melalui email ke "doodleproposals@google.com".

Respon permintaan pembuatan doodle yang begitu banyak dari user, mengakibatkan google tidak bisa merespons satu per satu, tapi google akan mengusahakan untuk membaca semuanya.

Kompetisi Google Doodle

Selain dibuat oleh tim doodle sendiri, Google juga menyelenggarakan kompetisi yang menarik untuk semua orang, maksudnya untuk mendorong anak-anak dan siswa untuk menciptakan Doodles Google. Kompetisi ini melahirkan bakat-bakat terpendam dari sleuruh penjuru negeri di dunia. Salah satu pemenangnya bernama Puru Pratap Singh memenangkan Doodle untuk Google 2009 dan ada juga Matteo Lopez sebagai juara nasional. 
 
Saya berharap temanku dari Indonesia mau berpartisipasi dan saya mendoakan agar bisa memenangkan kompetisi ini. Hal ini menjelaskan bahwa keahlian-keahlian harus kalian miliki itu dihargai baik Anda sebagai seorang pemusik, ilmuwan, ASN, dan berbagai profesi lainnya. Jadi kalian harus memiliki keahlian yang unik, sehingga kalian juga memiliki peluang bisa menjadi salah satu dalam Google Doodle

Perayaan di Google Doodle

Selain merayakan banyak acara dar hari libur terkenal seperti Hari Kemerdekaan Indonesia, Gregorian Tahun Baru, Martin Luther King, Jr. Day, Tahun Baru Imlek, Hari Perempuan Internasional, Saint Patrick's Day, Hari Bumi, Hari Ibu, Hari Ayah dan masih banyak hari lainnya, Google Doodles juga merayakan hari ulang tahun seniman dan ilmuwan seperti almarhum Chrisye.

Christian Rahadi atau yang lebih dikenal dengan nama Chrisye lahir di Jakarta pada 16 September 1949 dan meninggal atau menghembutkan nafas terakhir pada 30 Maret 2007 di Jakarta. Beredar kabar Chrisye menjadi mualaf dan memeluk agama islam, setelah saya cek wikipedia di tuliskan beliau beragama Islam. Hari ini bertepatan dengan 70 tahun kelahirannya. 
 
Karya-karyanya masih dinikmati sampai sekarang dan bahkan beberapa musisi Indonesia sering membawakaan lagunya karena lirik yang lagu yang indahnya. Untuk menghormati dan memperingatinya, Google menampilkan wajah Chrisye dengan bentuk karikatur, karikatur yang dipakai untuk tampilan ini sering disebut sebagai Google Doodle. Anda semua pasti penasaran apa itu Google Doodle, mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Kesimpulan :

Google secara khusus sangat menghargai orang-orang yang berkarya di berbagai negara tanpa membedakan Suku, Agama dan Ras. Semangat Anak Indonesia. Semoga informasi ini membantu kawanku.
dedi_i
dedi_i Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Google Doodle: Apa Itu Dan Tujuan Pembuatan"

Berlangganan via Email