Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips-Tips Cerdas Berbelanja di Harbolnas


belanja di Harbolnas
source : pixabay





Hai sobat omahinfo,
Salah satu rangkaian besar acara digital paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia adalah Harbolnas 10.10, 11.11 dan 12.12 (Hari Belanja Online Nasional). Sebelum kita bahas lebih lanjut, Apa sih Harbolnas itu? Harbolnas singkatan dari Hari belanja nasional bisa dikatakan sebagai hari yang meriah bagi seluruh penyedia barang (brand) dan parang pembeli barang online karena akan adanya diskon besar-besaran yang mana akan meningkatkan jumlah pembelian yang secara tak langsung akan meningkatkan pendapatan brand meskipun harga itu sudah mengalami diskon. 
 
Bisa juga dikatakan sebagai hari dimana ada pesta belanja, Kenapa? karena pada hari itu, banyak brand yang membanting harga di saluran e-commerce seperti shoope, lazada, tokopedia, dan masih banyak lainnya, hingga membuat para konsumen termasuk saya tergiur mendapatkan berbagai produk yang mereka idam-idamkan selama ini yang sebelumnya terganjal dengan masalah tingginya harga. 
 
Bahkan tidak jarang pula beberapa orang yang sampai menyiapkan dana khusus yang ditabungnya dari jauh-jauh hari demi bisa berbelanja di ajang Harbolnas yang biasanya diadakan hampir tiap bulan yang biasanya lebih dikenal dengal penulisan 1.1, 2.2, 3.3,...10.10, 11.11 dan 12.12.

Jumlah Traksaksi Harbolnas

Dari tahun ke tahun jumlah atau totoal transaksi pada Halbolnas meningkat, hal int mungkin disebabkan oleh antusiasme masyarakat. Hal itu menjadi pendorong bagi semua brand yang kemudian menjadi sebuah tantangan untuk menentukan kegiatan marketing, konten, dan strategi media yang tepat untuk memaksimalkan momen ini, dan dengan harapan mampu menjual produk sebanyak-banyaknya. Apakah Kalian termasuk salah satu orang yang menantikan Halbolnas ini? Memburu diskon memang mengasyikkan, tapi bagaimana dengan kondisi kantong Kalian?

Untuk menghadapi diskon besar-seran pada Harbolnas 1.1, 2.2, 3.3,...10.10, 11.11 dan 12.12, Kalian membutuhkan persiapan sebelum berbelanja. Berikut adalah beberapa cara dan tips cerdas yang dapat Kalian terapkan untuk menghadapi diskon besar-besaran yang tiap bulan datang menghampiri Anda dari beberapa marketplace.

Persiapan Berbelanja di Harbolnas

Untuk menghadapi promo dan diskon Harbolnas 1.1, 2.2, 3.3,...10.10, 11.11 dan 12.12, Kalian sudah harus melakukan persiapan sebelum berbelanja. Mengapa harus melakuakan tindakan in? Karena sering kali ketika Kalian berbelanja khususnya di Harbolnas, Kalian sudah lupa diri dan tidak ingat untuk mengontrol diri seperti masuk dunia milik sendiri, ingat pengalaman berbelanja ketika Harbolnas di tahun sebelumnya. Hal yang perlu dilakukan sebelum berbelanja adalah menyusun anggaran belanja, mencatat daftar belanja produk atau barang yang Kalian butuhkan.

1. Membuat Anggaran

Sebelum berbelanja, hal pertama yang harus Kalian lakukan adalah membuat anggaran yang mana harus dibentuk berdasarkan kemampuan dan kebutuhan Kalian. Anggaran ini adalah jumlah uang yang dapat Kalian belanjakan setelah Kalian menghitung pemasukan serta pengeluaran.

Yang harus dingat adalah Anggaran ini tidak boleh melebihi pemasukan Kalian setelah seluruh kebutuhan Kalian dan keluarga terpenuhi. Bukan berarti anggaran hanya dapat disusun sebelum berbelanja.

2. Mencatat Daftar Belanja

Ini adalah tindakan kedua yang harus Kalian sebelum berbelanja, Jika saat acara Harbolnas 1.1, 2.2, 3.3,...10.10, 11.11 dan 12.12 semacam ini, Alangkah baiknya, Kalian membuat daftar belanja dimana yang akan Kalian beli adalah barang-barang yang Kalian butuhkan dan sembari ada memperhatikan adanya diskon yang ditawarkan. 
 
Jangan pernah lupa untuk mengecek kembali barang yang telah Kalian miliki dan barang apa yang jarang Kalian butuhkan.Tips kedua ini akan membantu Kalian memilah apakah barang tersebut perlu dibeli atau tidak.

3. Berkonsultasi Pada Orang Lain

Jika Kalian tahu bahwa Kalian adalah seseorang yang berbelanja secara impulsif dan tidak dapat menahan diri, maka sebaiknya Kalian mengajak konsultasi pada orang lain khusunya orang terdekat kalian seperti istri, orang tua dan bahkan teman sejawat kalian. Secara tidak langsung mereka akan mengingatkan Kalian untuk tidak lewat batas. Setelah Kalian melakukan berbagai persiapan, maka Kalian harus berkomitmen melakukannya. Namun sebagai manusia, pasti memiliki momen ‘khilaf’.
 

Tips Berbelanja Ketika Harbolnas

Setelah melakukan persiapan berbelaja seperti diatas, maka Anda harus benar-benar mematuhi apa yang telah Anda persiapkan. Meskipun sifat khilaf mendera jangan sampa Anda melenceng terlalu jauh, Jika tidak maka uang atau tabungan Anda menjadi tahunannya. Berikut beberapa Tips bebelanja yang bisa Anda lakukan ketika tiba saatnya Harbolnas diantaranya :

1. Cermat Melakukan Perbandingan Harga

Pada saat diskon, hal yang sering dilakukan para konsumen adalah membeli dengan buru-buru karena takut barang atau produk yang diinginkan habis terjual. Padahal cara ini akan merugikan Kalian karena barang yang dibeli belum tentu sesuai. 
 
Selain kualitas dan kegunaan barang, Kalian juga harus memastikan bahwa Kalian telah mendapatkan barang dengan kualitas dan harga terbaik. Label diskon pada suatu produk tidak berarti barang atau produk tersebut akan lebih murah dari harga normal.
Baca Juga : Tips Keuangan Milenial
Kalian pun harus tetap membandingkan harga sale dengan harga normal di platform lainnya. Mungkin saja Kalian mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah, tanpa ada embel-embel diskon. 
 
Untuk itu, gunakan waktu Kalian dengan bijak ketika berbelanja. Jangan terburu-buru membeli barang. Jangan terlalu mudah tergiur dengan penawaran harga diskon. Jika memang barang yang ingin Kalian beli telah habis terjual, mungkin saja memang nasib Kalian berkata lain.

2. Evaluasi Setelah Berbelanja

Momen setelah berbelanja di Harbolnas 1.1, 2.2, 3.3,...10.10, 11.11 dan 12.12 adalah momen yang menyenangkan dan juga menegangkan bahkan menyeramkan. Momen tersebut akan menyenangkan apabila Kalian dapat mencoba barang yang kalian dapat saat Harbolnas dengan perasaan nyaman tanpa dihantui perasaan takut. Tetapi momen menyenangkan tersebut dapat menjadi menegangkan bahkan menyeramkan, ketika memburu diskon Kalian tidak bertanggung jawab dengan keuangan diri Kalian.

Salah satu hal yang dapat Kalian lakukan setelah berbelanja yang dapat membantu pengaturan keuangan adalah dengan evaluasi yang berupa mencatat pengeluaran sehingga membantu Kalian menghitung anggaran untuk bulan berikutnya dan dapat dijadikan bagian dari evaluasi diri.

Apabila Kalian terlanjur berbelanja melebihi anggaran, maka Kalian akan tahu berapa jumlah kelebihannya dan barang apa saja yang telah Kalian beli. Kalian akan lebih sadar diri dan mengontrol sifat belanja impulsif tersebut lain kali.

Kesimpulan

Nikmati diskon Harbolnas 1.1, 2.2, 3.3,...10.10, 11.11 dan 12.12 dengan nyaman tapi ingat jangan berlebihan. Selamat Hari Raya Harbolnas 1.1, 2.2, 3.3,...10.10, 11.11 dan 12.12 tatep santuy dalam berbelanja. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.
dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Tips-Tips Cerdas Berbelanja di Harbolnas"

Berlangganan via Email