Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Keuangan Sehat Untuk Kehidupan Bahagia dan Sejahtera

Keuangan Anda Sehat, Hidup Terasa Lebih Bahagia
 
ciri dan tanda keuangan sehat pribadi dan keluarga
Tips Keuangan Sehat Untuk Kehidupan Bahagia dan Sejahtera, source: omahinfo.com


Hai sobat omahinfo,
Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk selalu sehat, tidak hanya soal fisik, mental Anda juga pasti ingin sehat kan? Apalagi ditambahah dengan memiliki kekuangan sehat pula, sebuah berkah kehidupan pastinya. Dimasa seperti ini, bnayak sekali orang merasakan kondisi keuangan semakin kurang sehat, mungkin juga termasuk saya dan Anda. Tak hanya kebiasaan keuangan yang buruk masih dilakukan, tapi sudah menjadi kebiasaan. Alhasil, penghasilan Anda habis pada pertengahan bulan. Diperparah dengan utang dan kartu kredit yang membengkak serta perilaku belanja yang konsumtif. Jika hal ini terus dilakukan bagaimana keuangan Anda sehat? Berikut beberapa tips keuangan sehat yang mungkin bisa Anda terapkan untuk masa depan yang lebih baik.

Dari beberapa kasus, banyak orang akan menghabiskan uang yang dihasilkan secara berlebihan pada masa awal bulan, dan mulai berhemat di saat tengah dan yang pasti akhir bulan. Dari Tengah bulan sampai akhir bulan, Anda akan berusaha sangat di hemat karena uang gaji yang Anda diterima mungkin sudah habis saat berada di masa akhir bulan. Perilaku seperti inilah yang memberikan hambatan Anda maupun keluarga untuk memiliki keuangan yang sehat.

Apakah Anda adalah salah satu yang pernah atau sering mengalami masalah terkait keuangan sehat? Jika ya, tentunya hal itu sangat tidak akan membuat anda merasa nyaman-kan? Anda harus menunggu sampai awal bulan kembali, jika ingin melakukan sesuatu, dengan alasan karena Anda tidak memiliki uang lagi. Sebelum Anda belajar lebih dalam mengenai keuangan sehat, mari kita pelajari dulu pengertian dan maksud dari keuangan sehat.

Pengertian Keuangan Sehat

Keuangan Sehat adalah sebuah kondisi dimana Anda mampu mengatur keuangan secara cermat dan tepat untuk hidup lebih terarah dan lancar. Ciri keuangan sehat salah satunya adalah rasio keuangan Anda bernilai positif, dimana pemasukan lebih besar dari pada pengeluaran. Selain itu, ada beberapa ciri keuangan sehat:
  1. Adanya Tujuan Keuangan Anda
  2. Cicilan Utang Anda Tidak Macet
  3. Kebutuhan Rutin Terpenuhi
  4. Tersedianya Dana Darurat
  5. Adanya Asuransi Kesehatan
  6. Jika Memungkinakan bisa beinversati
Jika Anda keuangan Anda sekarang memenuhi ciri-ciri diatas bisa dikatakan bahawa keuangan Anda sehat, jika tidak maka ikutilah beberapa tips keuangan sehat berikut ini.

Tips Keuangan Sehat

Pasti dalam benak pikiran dan hati anda, Anda tentu tidak ingin terus-menerus merasakan kondisi keuangan yang tidak sehat. Berikut ada beberapa tips keuangan sehat yang bisa Anda coba terapkan sehingga akan membuat hidup Anda merasa lebih tenang, terarah dan lancar:
 

1. Cari Sumber Kebocoran Keuangan Anda

Kebiasaan mendokumentasikan pengeluaran dan pemasukan sangatlah penting, sehingga Anda akan dengan mudah mengetahui sumber kebocoran atau pengeluaran berlebih Anda. Meskipun harus membutuhkan waktu, tapi keuntungannya luar biasa untuk kondisi keuangan sehat Anda maupun keluarga Anda. Kadang Anda akan menemukan pengeluaran lumayan untuk jajan receh. Anda bisa menggunakan rumus: 20% dana darurat, 30% dana untuk membayar cicilan KPR atau utang, dan 50% dana untuk kebutuhan.

 

2. Pangkas Pengeluaran

Pangkas kebutuhan yang tidak diperlukan yang mana akan membuat Anda lebih berhemat dan meningkatkan porsi pada bagian lagi misalnya porsi tabungan. Mungkin cara ini bisa Anda gunakan untuk memangkas jajan maupun kebiasaan nongkrong di kafe.


3. Usahakan Lebih Berhemat Lagi

Langkah berhemat ini bukan mengubah Anda menjadi orang yang pelit, tapi lebih bijaksana dan pintar dalam mengelola serta mengeluarkan uang. Kartu Kredit bisa menjadi pilihan pedang bermata dua, hal itu berbeda jika Anda sebagai pemegang kartu kredit bisa mengelola dengan baik. Selain itu, Anda bisa mulai hidup berhemat dengan membawa makanan dan minuman dari rumah untuk bekal di kantor.

4.Mulailah Berinvestasi

Meskipun Anda rutin menabung setiap bulan, alangkah lebih baik Anda belajar untuk memulai investasi. Karena dengan Anda berinvestasi Anda menambah nilai Uang Anda untuk jangka panjang baik itu tabungan berjangka atau saham.

5.Terus Belajar 

Jika Anda ingin mengelola keuangan, maka Anda harus mengedukasi diri Anda sendiri. Belajar berbagai materi tentang keuangan sehat sebanyak yang Anda bisa. Baca artikel, buku, kursus, dan lakukan apapun untuk meningkatkan pengetahuan tentang keuangan Sehat Anda sehingga hidup Anda dan keluarga Anda menjadi bahagia serta sejahtera.

Baca Juga: Anda Berbelanja Impulsif atau Cerdas

Kesimpulan

Berbicara keuangan memanglah sulit, tapi ketika Anda berhadapan dengan kenyataan kehidupan kalian haruslah realistis. Bekerja lalu mendapatkan uang dan membelanjakannya untuk kebutuhan dan kepuasan hidup adalah hal lumrah, tapi apakah pengeluaran kalian seimbang dan memiliki persiapan tabungan untuk masa depan. Belanja barang memang menyenangkan, tapi lebih menyenangkan jika kondisi keuangan Anda berada ditahap keuangan sehat. Menikmati hidup boleh tapi jangan lupa untuk memperhatikan kondisi keuangan Anda. Semoga artikel tentang keungan sehat ini bermanfaat dan terima kasih.
dedi_i
dedi_i Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Tips Keuangan Sehat Untuk Kehidupan Bahagia dan Sejahtera"