Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips-Tips Keuangan Sehat


tips belajar keuangan
source: pixabay





Hai sobat omahinfo,
Kali ini adalah giliran saya membahas tentang keuangan sehat yang mungkin bisa berlaku untuk milenial, pribadi maupun keluarga. Hadeh, ini bahan yang sangat dekat sekali dengan rutinitas Kita karena uang tak akan lepas dari segala rutinitas yang kita lakukan, ketika berhubungan dengan apa yang harus dibayar dengan uang. Dari beberapa kasus, banyak orang akan menghabiskan uang yang dihasilkan secara berlebihan pada masa awal bulan, dan mulai berhemat di saat tengah dan yang pasti akhir bulan. Dari Tengah bulan sampai akhir bulan, pengeluaran kalian akan berusaha sangat di hemat karena uang gaji yang anda diterima mungkin sudah habis saat berada di masa akhir bulan.

Apakah Anda adalah salah satu yang pernah atau sering mengalami hal yang demikian? Jika ya, tentunya hal itu sangat tidak akan membuat anda merasa nyaman-kan? Anda harus menunggu sampai awal bulan kembali, jika ingin melakukan sesuatu, dengan alasan karena Anda tidak memiliki uang lagi.

tips keuangan keluarga
source :pixabay

Tips Keuangan Sehat

Pasti dalam benak pikiran dan hati anda, Anda tentu tidak ingin terus-menerus merasakan hal yang sama seperti ini. Berikut ada beberapa tips-tips keuangan sehat yang bisa Anda terapkan sehingga akan membuat Anda merasa lebih tenang:

1. Jadilah Minimalis

Habiskan lebih sedikit uang untuk membeli barang namun lebih banyak untuk pengalaman dan hubungan. Anda tidak akan menyesalinya.
Baca Juga: Tips jitu Belanja


2. Pergunakan Kartu Kredit seperti Kartu Debit

Pergunakan kartu kredit Anda untuk reward dan bayarlah dengan penuh. Jangan membuat kartu kredit menjadi HUTANG.

3. Investasi pada Diri Anda Sendiri

10% dari yang Anda hasilkan harus kepada buku, kursus dan latihan untuk meningkatkan keahlian Anda sehingga Anda menjadi lebih bernilai di pasar.

4. Jangan Tergesa - Gesa melakukan Pembelian Bernilai Besar

Seringkali Anda dapat menghemat ribuan dollar pada pembelian yang bernilai besar (seperti mobil, asuransi, apartemen, dll) dengan cara melihat - lihat tempat lain. Jangan tergesa - gesa.

5. Buat Peti Perang 

10 - 15% dari penghasilan Anda harus disimpan di peti perang ini. Ini adalah akun tabungan yang akan Anda gunakan untuk investasi dan bisnis Anda. Lupakan reksadana. Anda tidak akan pernah menjadi kaya dengan pengembalian 7%. Simpan dengan jumlah yang besar. Dan gunakan untuk peluang yang memberikan imbal hasil yang tinggi.

6. Perjanjian Pra- Nikah

Jika Anda menikah, buatlah perjanjian pra-nikah. Saya tahu Anda mencintai pasangan Anda, namun Anda perlu menjadi orang yang cerdas.

7.Terus Belajar

Jika Anda ingin menguasai finance, maka Anda harus mengedukasi diri Anda sendiri. Belajar sebanyak yang Anda bisa. Baca artikel, buku, kursus, dan lakukan apapun untuk meningkatkan pengetahuan keuangan Anda lebih cepat.

8. Tunda Kemewahan Hingga Berumur 30an

Setiap orang menyukai barang - barang bagus. Selamat! Namun jika Anda ingin sukses secara finansial, maka Anda harus menunda kemewahan hingga berumur 30 tahun. Investasikan semua sisa penghasilan Anda kepada diri Anda atau bisnis Anda dan Anda akan hidup seperti raja 10 tahun kemudian dari sekarang.

9. Membuat Anggaran

Habiskan uang Anda pada hal - hal yang Anda sukai. Jangan menghabiskannya untuk hal yang tidak Anda sukai. Anggaran itu sederhana. Jika Anda membayar tagihan Anda tepat waktu, investasi pada diri Anda sendiri dan memutuskan untuk berlibur, silahkan. Sejauh Anda tidak terjerat hutang, tidak ada yang salah dengan uang Anda. Itulah beberapa tips-tips keuangan sehat yang berakibat anda tidak menjadi boros.
Baca Juga : Bisnis Dengan Keuntungan Besar

Kesimpulan

Berbicara keuangan memanglah sulit, tapi ketika Kalian berhadapan dengan Kenyataan kehidupan kalian haruslah realistis. Bekerja lalu mendapatkan uang dan membelanjakannya untuk kebutuhan dan kepuasan hidup adalah hal lumrah, tapi apakah pengeluaran kalian seimbang dan memiliki persiapan tabungan untuk masa depan. Menikmati hidup boleh tapi jangan lupa untuk menabung.
dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Tips-Tips Keuangan Sehat"