BPJS Kesehatan Untuk Pensiunan PNS dan Non PNS

BPJS Kesehatan Bagi Para Pensiunan

Pensiunan dan BPJS
source : pixabay

Hai sobat omahinfo,
BPJS Kesehatan untuk Pensiunan baik PNS dan Non PNS, sedang digalakkan pemerintah guna memperhatikan kesehatan para pensiuan agar tetap terjaga kesehatannya di masa tua. Pada pemerintahan jaman dulu terdapat program pemerintah yang menangani tentang jaminan pemeliharaan kesehatan yang dikenal dengan nama Asuransi Kesehatan (ASKES) yang dikelola oleh PT. Askes Persero, yang   dikhususkan untuk memberikan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi kalangan pegawai pemerintah. Yang termasuk dengan pegawai yang berhak mendapatkan program ini yaitu  Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pejabat Negara, Penerima Pensiun PNS, Penerima Pensiun TNI/Polri, Penerima Pensiun Pejabat Negara, Veteran dan Perintis Kemerdekaan, sehingga hanya pegawai pemerintahan saja yang bisa mendapatkan manfaat dari program ini.

Keanggotan ASKES di BPJS Kesehatan

Khusus bagi Anda yang sebelumnya telah memiliki kartu ASKES maka secara otomatis telah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu lagi mendaftar ke BPJS Kesehatan dan untuk mendapatkan kartu BPJS Kesehatan/KIS Anda hanya perlu melakukan perubahan kepesertaan dari ASKES menjadi peserta BPJS Kesehatan mandiri. Tahukah Anda bahwa fasilitas pertanggungan hanya meliputi 2 anak saja, namun dalam program transformasinya menjadi BPJS Kesehatan kesehatan, kini pertanggungan anak menjadi 3. Sehingga apabila Anda memiliki 3 anak, maka Anda dapat mendaftarkan anak Anda pada program jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan kesehatan melalui prosedur yang ada.

BPJS Kesehatan untuk Pensiuan

Jika kalian atau salah satu dari keluarga kalian adalah seorang pensiunan PNS atau pensiunan Non PNS yang sebelumnya baru mempunyai kartu Askes kalian tinggal menggantinya ke kartu BPJS Kesehatan, maka anda bisa datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa persyaratan BPJS kesehatan pensiunan sebagai berikut:
  1. Fotokopi dan Asli KTP(Kartu Tanda Penduduk)
  2. Fotokopi dan Asli KK(Kartu Keluarga),
  3. Karip (Kartu identitas pensiun), dan
  4. SK(Surat Keputusan) Pensiun.
Berkas-berkas persyaratan diatas dibutuhkan sebagai bahan referensi untuk memperbarui data peserta secara keseluruhan baik data identitas diri seperti nama, NIK, tempat tanggal lahir, maupun yang berhubungan dengan data instansional seperti golongan terakhir. Untuk kelas yang akan di berikan disesuaikan dengan permintaan anda ketika mencetak kartu BPJS Kesehatan dan Iuran BPJS Kesehatan sama seperti yang berlaku.
Baca Juga : Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan
Tujuannya adalah selain memperbarui data di sistem sekaligus kesesuaian dengan identitas, agar peserta tidak mengalami hambatan ketika ingin mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan.

Tarif BPJS Kesehatan Terbaru 2020

Berikut besar kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang akan disetujui Presiden Jokowi pada pekan ini dan akan mulai aktif per Januari 2020 :

  • BPJS Kesehatan Kelas I : naik dari iurannya sebesar Rp80.000 menjadi Rp160.000.
  • BPJS Kesehatan Kelas II : naik dari iurannya sebesar Rp51.000 menjadi Rp110.000.
  • BPJS Kesehatan Kelas III : naik dari iurannya sebesar Rp25.500 menjadi Rp42.000.
Baca Juga : Cara Mendaftar BPJS PBI dan Non PBI
Bisa dikatakan bahwa tarif ini naik sebesar 100% dari tarif sebelumnya. Peserta akan dibuatkan kartu BPJS Kesehatan sebagai kartu peserta BPJS Kesehatan pengganti kartu ASKES sebelumnya, Kartu fisik yang seperti atm memerlukan waktu 15 hari kerja untuk kita mendapatkannya. Sedangkan ketika hari pendaftaran biasanya kita mendapatkan kartu berupa hasil cetak yang memiliki fungsi yang sama.

Kesimpulan :

Kesehatan adalah impian semua umat manusia di dunia, tidak ada dari kita yang ingin merasakan sakit apalagi menginjak dan menginap dirumah sakit. Menjadi tua bukanlah pilihan tapi sudah kewajiban, tubuh dulunya kuat sekarang lemah. BPJS Kesehatan untuk pensiunan adalah salah satu upaya pemerintah memberikan Jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia yang telah pensiun baik itu PNS dan Non PNS. Tidak ada salahnya jika kita menjadi bagian dari program tersebut. Ini hanyalah upaya mencegah pemerataan memperoleh jaminan kesehatan dan yang lebih penting adalah menjaga kesehatan diri kita dengan berolah raga. 
dedi Saya adalah seorang pemuda yang ingin menjadi seorang yang cerdas

No comments for "BPJS Kesehatan Untuk Pensiunan PNS dan Non PNS"