10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly

10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Tips membuat Artikel SEO Friendly


Hai sobat omahinfo,
Sebuah artikel yang bagus dalam sebuah blog atau website harus memperhatikan SEO Friendly tapi juga jangan mengesampingkan kenyamanan pembaca. Jika boleh boleh jujur saya adalah orang yang tidak suka memperhatikan SEO Friendly di artikel-artikel saya. Kenapa saya bisa mengatakan seperti itu, karena jika saya terlalu memperhatikan SEO Friendly di awal penulisan biasanya ide yang ada dalam pikiran Saya itu ambyar atau buyar sehinga atikel saya kurang begitu bberkualitas. Ketika saya saya selesai menulis artikel, barulah giliran SEO Friendly  saya mainkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Tips Menulis Artikel SEO

Sebenarnya ada begitu banyak sekali ilmu tentang artikel SEO Friendly, mungkin Saya sendiri belum begitu mengerti dan menguasainya, tapi saya akan berusaha menjabarkan sedikit pengetahuan saya tentang bagaimana cara menulis sebuah artikel yang SEO Friendly baik di tahun 2019 hingga masa depan sehingga menjadikan artikel anda lebih berkulitas. Ada beberapa poin yang harus kalian perhatikan, diantaranya :

1. Judul

Judul yang kalian buat harus menarik, tanpa melupakan keyword utama dan materi yang Kalian bahas. Dilain sisi Google sekarang semakin kesini semakin canggih karena sudah paham tentang sinonim atau permasaan kata. Untuk panjang judul yang bagus dan berkualitas sendiri itu tidak bisa menjadi patokan, kalo menurut saya judul yang SEO Friendly itu lebih dari 3 kata intinya lebih dari 67karakter dan maksimal 580 pixels, karena kalau kurang saya pernah mencoba menganalisis lewat blog saya lewat Neipathel dan beberapa web yang hamper sama fungsinya memberikan hasil bahwa judul yang Saya tulis kurang. Untuk lebih jelasnya kalian bisa menginstal ekstension SEO Meta di goggle chrome.

2. Deskripsi Penelusuran

Selain itu ada deskripsi penelusuran yang akan memberikan dampak besar untuk mendukung judul, yang penting tidak perlu memaksakan pengunanan sinonim yang ditulis secara menyeluruh. Bisa dikatakan pada deskripsi penelusuran yang terbaik adalah kita mampu menjelaskan secara singkat, padat dan jelas tentang apa yang menjadi pembahasan Kita di artikel itu. 
Terkait soal judul dan meta deskripsi ternyata tak hanya tentang panjang karakarkter saja tapi juga tentang skala pixels. Deskripsi penelusuran biasanya panjang maksimal 120 karakter atau 680 pixels untuk mobile, sedangkan desktop pangjang maksimal 158 karakter atau 920 pixels. Kalian mau pilih yang mana itu terserah pada kalian, hanya saya mending kita main aman, menggunakan 120 karakter dalam deskripsi penelusuran.

3. URL

Mungkin trik ini sudah banyak yang tau, yaitu menggunakan URL yang pendek saja, jangan menggunakan yang panjang yaitu sekitar 3-5 kata di URL. Kok hanya 3-5, emang kenapa? Karena Google memberikan lebih perhatian kepada URL yang tidak terlalu panjang, seperti pacar Anda yang begitu perhatian ke Anda, hehehehehe.

4. Artikel

Soal penempatan keyword diawal paragraf, memang tidak ada yang salah tapi kalian bisa melihat pasti rasanya aneh kan, seperti di beberapa artikel saya, saya menempatan keyword di awal karena kadang sudang capek dan malas memikirkannya. Tapi jangan di tiru. Penempatan keyword lebih baik diawal paragraph tak peduli di awal tengah ataupun akhir paragraf. Berdasarkan Web binar yang terbaru kemarin penerapan keyword tidak ada patokan khusus. Penempatan satu keyword itu sudah cukup, kalau kalian takut kalian bisa menggunakan sinonimnya untuk menutupi keraguan kalian. Selain itu artikel itu dikatakan bagus dan berkualitas selain menarik untuk di baca juga harus sesuai dengan apa yang diinginkan oleh para pencari informasi.

5. Artikel Fresh

Artikel atau konten yang fresh maksudnya bukan konten yang baru di buat oleh seseorang tapi lebih ke sebuah konten yang belum pernah di buat oleh siapapun yang tidak memiliki persamaan dengan beberapa konten sebelumnya. 

6. Panjang Artikel

Panjang artikel minimal yang baik menurut saya adalah 300-600 kata. Sebenarnya semakin panjang lebih bagus yang penting gak muter-muter yang akhirnya bikin bingung pembaca. Ingat orang Indonesia itu tingkat membacanya kurang tinggi dan kebanyakan mereka membaca cepat untuk menemukan yang mereka cari.

7. Heading

Penggunaan Heading sangatlah memberikan dampak yang besar pada sebuah artikel, karena selain untuk memberikan penegasan poin pembahasan, juga bisa untuk dimasuki oleh keyword. Tapi tunggu sebentar, keyword pada heading tidak usah terlalu banyak satu saja sudah cukup, jangan terlalu banyak yang kemudian menjadikan heading itu menjadi aneh dan tidak tepat.

8. Internal Link

Soal internal link, kalau menerut saya bebas mau memberi atau tidak karena internal link itu ada dalam Widget Artikel Terbaru dan Related Post. Internal link yang baik menurut saya itu, seperti kita bisa mengarahkan secara alami menggunakan kalimat yang sesuai dengan tema artikel, jika tidak kalian juga bisa menggunakan kata Baca Juga.

9. ALT Image

Hal ini sangat membantu untuk konten yang banyak gambar, mereka menggunakan ALT Iamge untuk menggaet visitor dengan atau wajib mengandung keyword kalian.

Branding (Bonus)

Faktor yang ini tidak kalah penting, bisa di katakan mungkin ¬sangat penting juga bisa juga dikatakan sebagai salah satu bagian dari Offpage SEO, karena jika kalian sukses dalam tahap ini kalian tak perlu melakukan ikut andil perang backlink susah payah dengan pasukan siap mati, tapi seperti raja. Kalau dimisalkan sebagai seorang pemilik restoran yang sudah terkenal kelezatannya, dan ketika dia menyajikan menu baru, pasti akan banyak penikmat makanan yang datang untuk mencoba. Jika kalian mencoba branding, lakukanlah dengan membagikan tulisan kalian melalui social media kalian masing-masing, tak perlu menuliskan pajang lebar, yang penting kalimatnya menarik membacanya.

Kesimpulan :

Dari 9 tips dan 1 bonus tips diatas kalian bisa menyimpulkan bahwa konten itu raja dan jangan begitu terlalu fokus pada keyword sehingga membuat tulisan kalian menjadi berbelit. Demikian beberpa tips yang berasal dari pengalaman dan membaca dari beberapa artikel orang lain, jangan mudah meyerah untuk membuat kon artikel yang SEO Friendly.

dedi Saya adalah seorang pemuda yang ingin menjadi seorang yang cerdas

No comments for "10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly"