10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Table of Contents
Artikel SEO Friendly Itu Memiliki Ciri Dan Manfaat Serta Cara Menulisnya
menulis artikel SEO
Cara menulis artikel SEO Friendly


Salam sobat omahinfo,
Sebuah artikel yang bagus baik dalam blog atau website harus memperhatikan SEO Friendly, tapi juga jangan mengesampingkan kenyamanan pembaca. Jika boleh boleh jujur saya adalah orang yang tidak suka memperhatikan SEO Friendly di artikel-artikel saya. Jangan pernah ditiru hal ini ya. Tapi memang artikel SEO Friendly, sekarang menjadi salah satu kunci untuk meraih halaman pertama google. Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya tentang ciri, manfaat dan tips atau cara menulis artikel seo friendly berkualitas.

Awal-awal saya memang tidak pernah memperhatikan tentang menulis artikel seo friendly, dan hanya mengalir seperti ide yang terus mengalir ketika mengetik sebuah artikel atau konten. Tapi belakangan ini, pemikiran menulis artikel seo friendly menjadi PR, ketika saya ingin mendapatkan pengunjung yang lumayan banyak.

Berawal dari keinginan konten saya yang bisa dinikmati orang banyak, maka dari itu ketika saya menulis, saya berusaha menulis seo friendly yang berkualitas. Sebelum anda membaca 10 tips dari saya untuk menulis seo friendly, mari kita pahami ciri dan manfaat seo friendly berkualitas.

Ciri Artikel SEO Friendly

Untuk melihat konten Anda aatau orang lain itu termasuk kategori artikel seo friendly itu mudah tapi juga sulit. Susah untuk diungkap dengan kata-kata. jika hanya mengandalkan diri kecuali Anda seorang master SEO, mungkin akan terasa sesdikit sulit. Tapi tenag, berikut ini beberapa ciri sebuah artikel itu seo friendly, diantaranya:

1. Memuat Jumlah Kata Yang Cukup

Ketika pertama membuat konten, mungkin Anda membuat konten itu mudah hanya dengan menulis sedikit kemudian dikasih gambar untuk menarik pengunjung. Jika Anda ingin artikel Anda SEO Friendly, Anda harus memperhatikan jumlah kata setiap artikel Anda. 

Agar artikel Anda SEO Friendly, usahakan setiap artikel minimal 300-600 kata sehingga konten Anda memenuhi kaidah search engine. Selain itu, jumlah kata dalam artikel juga tergantung seberapa lengkap dan mendalam Anda ingin membahas sebuah keyword Anda.

2. Pemilihan Keyword Yang Tepat

Setelah Anda mengetahui berapa jumlah kata minimal untuk artikel Anda, sekarang giliran ciri kedua artikel seo friendly adalah pemilihan keyword yang tepat. Pemilihan keyword sebenarnya harus relevan dan banyak dicari orang sehingga secara tidak langsung membawa banyak pengunjung dan menaikan peringkat website Anda.

Ada beberapa tools yang bisa Anda manfaatkan untuk memilih keyword yaitu Google Keywords Planner, Google Trends, dan lain sebagainya. 

3. Ada Media Tambah Yang Relevan

Media disini yang dimaksud terkait artikel SEO friendly adalah gambar atau video yang relevan untuk membantu pengunjung memahami isi konten Anda, apalagi jika artikel Anda panjang. Anda harus mahir menempatkan gambar atau video sehingga pembaca tidak merasa jenuh.

4. Pemilihan Alamat URL Sesuai

Sebelum Anda memposting artikel Anda, Anda harus memastikan alamat Url artikel Anda memuat keyword dan usahakan jangan terlalu panjang antara 2-5 kata saja, sudah cukup. Sebelum posting, pastikan Anda mengatur Url sesuai dengan keyword. 

Setelah Anda mengetahui ciri-cirinya, pasti Anda juga ingin tahu manfaat menulis artikel seo friendly. Untuk tau manfaat apa saja yang akan Anda dapat, mari baca lebih mendalam lagi artikel ini. 

Manfaat Artikel SEO Friendly

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika anda belajar dan menulis artikel SEO friendly, diantaranya:
  1. Mempunyai kesempatan untuk blog stsu website berada di peringkat teratas mesin pencari
  2. Sebagai brand awareness Anda maupun tempat kerja Anda
  3. Lebih mudah ditemukan oleh mesin telusur
  4. Blog atau website Anda lebih mudah ditemukan oleh user
  5. Meningkatkan traffic blog setiap hari dan juga untuk jangka panjang.
  6. Pembaca betah berlama-lama di blog Anda, sehingga memperkecil nilai Bounce Rate.
Itulah beberapa manfaat yang Anda dapat, jika Anda menerapkan menulis artikel dengan menggunakan kaidah SEO Friendly. Lalu bagaimana car menulis Artikel SEO Friendly, baca dan pahami penjelasan dibawah ini.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly 

Sebenarnya ada begitu banyak sekali ilmu tentang artikel SEO Friendly, mungkin Saya sendiri belum begitu mengerti dan menguasainya, tapi saya akan berusaha menjabarkan sedikit penglaman saya tentang bagaimana cara menulis artikel SEO Friendly sehingga memberikan Anda sedikit gambaran bagaimana membuat artikel yang berkualitas. Ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan, untuk menyusun artikel SEO Friendly yang berkualitas, diantaranya :

1. Judul

Judul yang Anda buat harus menarik, tanpa melupakan keyword utama dan materi yang Anda bahas. Dilain sisi, Google sekarang semakin kesini semakin canggih karena sudah paham tentang sinonim atau permasaan kata. 

Untuk panjang judul yang bagus dan berkualitas sendiri itu tidak bisa menjadi patokan, kalo menurut saya judul yang SEO Friendly itu lebih dari 3 kata intinya lebih dari 67 karakter dan maksimal 580 pixels.

Jika Anda ragu, Anda bisa mengecek di ubbersuggest dan beberapa web yang hampir sama fungsinya akan memberikan jawaban tentang ukuran panjang judul artikel Anda terlalu panjang atau malah kependekan. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menginstal ekstension SEO Meta di goggle chrome.

2. Deskripsi Penelusuran 

Selain itu, ada deskripsi penelusuran yang akan memberikan dampak besar untuk mendukung judul, yang penting tidak perlu memaksakan penggunaan sinonim yang ditulis secara menyeluruh. 

Bisa dikatakan pada deskripsi penelusuran yang terbaik adalah kita mampu menjelaskan secara singkat, padat dan jelas tentang apa yang menjadi pembahasan Anda di artikel itu. Terkait soal judul dan meta deskripsi ternyata tak hanya tentang panjang karakarkter saja tapi juga tentang skala pixels. 

Deskripsi penelusuran biasanya panjang maksimal 120 karakter atau 680 pixels untuk mobile, sedangkan desktop pangjang maksimal 150 karakter atau 920 pixels. Kalian mau pilih yang mana itu terserah pada kalian, hanya saya mending kita main aman, menggunakan 120 karakter dalam deskripsi penelusuran.

3. URL 

Mungkin trik ini sudah banyak yang tau, yaitu menggunakan URL yang pendek saja, jangan menggunakan yang panjang yaitu sekitar 3-5 kata di URL. Kok hanya 3-5, emang kenapa? Karena Google memberikan lebih perhatian kepada URL yang tidak terlalu panjang, seperti pacar Anda yang begitu perhatian ke Anda, hehehehehe.

4. Artikel 

Soal penempatan keyword diawal paragraf, memang tidak ada yang salah, tapi Anda bisa melihat pasti rasanya aneh kan, seperti di beberapa artikel saya, saya menempatan keyword di awal karena kadang suka capek dan malas memikirkannya. Tapi jangan di tiru. 

Penempatan keyword lebih baik diawal paragraph tak peduli di awal tengah ataupun akhir paragraf. Berdasarkan Web binar yang terbaru kemarin penerapan keyword tidak ada patokan khusus. 

Penempatan satu keyword itu sudah cukup, kalau kalian takut kalian bisa menggunakan sinonimnya untuk menutupi keraguan kalian. Selain itu artikel itu dikatakan bagus dan berkualitas selain menarik untuk di baca juga harus sesuai dengan apa yang diinginkan oleh para pencari informasi.


5. Artikel Fresh

Artikel atau konten yang fresh maksudnya bukan konten yang baru di buat oleh seseorang tapi lebih ke sebuah konten yang belum pernah di buat oleh siapapun yang tidak memiliki persamaan dengan beberapa konten sebelumnya.

6. Panjang Artikel 

Panjang artikel minimal yang baik menurut saya adalah 300-600 kata. Sebenarnya semakin panjang lebih bagus yang penting gak muter-muter yang akhirnya bikin bingung pembaca. Ingat orang Indonesia itu tingkat membacanya kurang tinggi dan kebanyakan mereka membaca cepat untuk menemukan yang mereka cari.

7. Heading 

Penggunaan Heading sangatlah memberikan dampak yang besar pada sebuah artikel, karena selain untuk memberikan penegasan poin pembahasan, juga bisa untuk dimasuki oleh keyword. Tapi tunggu sebentar, keyword pada heading tidak usah terlalu banyak satu saja sudah cukup, jangan terlalu banyak yang kemudian menjadikan heading itu menjadi aneh dan tidak tepat.

8. Internal Link 

Soal internal link, kalau dulu pernah ditulis bebas, tpai sekarang Anda wajib apalagi internal link itu bagus untuk blog Anda, meskipun ada Widget Artikel Terbaru dan Related Post yang telah disedikan otomatis oleh template premium Anda. Internal link yang baik menurut saya itu, seperti Anda bisa mengarahkan secara alami menggunakan kalimat yang sesuai dengan tema artikel, jika tidak kalian juga bisa menggunakan kata Baca Juga.

9. ALT Image 

Hal ini sangat membantu untuk konten yang banyak gambar, mereka menggunakan ALT Iamge untuk menggaet visitor dengan atau wajib mengandung keyword Anda.

Branding  

Faktor yang ini tidak kalah penting, bisa di katakan mungkin sangat penting juga bisa juga dikatakan sebagai salah satu bagian dari Offpage SEO. Jika Anda sukses dalam tahap ini, Anda tak perlu melakukan ikut andil perang backlink susah payah dengan pasukan siap mati, tapi seperti raja. 

Kalau dimisalkan sebagai seorang pemilik restoran yang sudah terkenal kelezatannya, dan ketika dia menyajikan menu baru, pasti akan banyak penikmat makanan yang datang untuk mencoba. Jika Anda mencoba branding, lakukanlah dengan membagikan tulisan Anda melalui social media masing-masing, tak perlu menuliskan pajang lebar, yang penting kalimatnya menarik membacanya.

Kesimpulan : 

Itulah ciri, manfaat dan cara menulis artikel SEO friendly yang sehingga onten Anda lebih berkualitas dan mampu muncul dihlaman pertama google. Jika ada kata-kata yang keliru dalam artikel ini, atau ada yang ingin menambahkan silahkan tulis saja di kolom komentar dibawah. Demikian beberepa cara yang berasal dari pengalaman dan membaca dari beberapa artikel orang lain, jangan mudah menyerah untuk membuat artikel yang SEO Friendly dan Terima kasih.
dedi_i
dedi_i Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment