3 Cara Konten Masuk Halaman Pertama Google

Table of Contents
Halaman Pertama Google Itu Adalah Impian Setiap Konten Yang Dipublikasi Blogger
halaman pertama google
Cara Konten Masuk Halaman Pertama Google

Salam sobat omahinfo,
Mempunyai sebuah blog atau website yang masuk ke halaman pertama google dan bahkan nongkrong dijajaran atas adalah impian semua blogger. Apakah Anda tahu berapa trafik yang diperoleh pada saat masuk jajaran pertama halaman google, mungkin saya bisa menjawab begitu mengesankan dan itu adalah impian semua para blogger.  Disini saya akan membagikan sedikit pengalaman dan belajar saya, agar konten Anda masuk halaman pertama google sehingga website atau blog Anda memperoleh tingkat kepercayaan yang bagus baik dari google maupun para pembaca.
 
Konten Anda masuk halaman pertama google selain mendatangkan lebih banyak trafik juga tentunya memberikan Anda peluang menambah pundi-pundi penghasilan Anda. Apakah itu karena keywordnya sesuai dengan momen pada saat itu? bisa jadi iya, bisa juga tidak. Jika bukan karena bertepatan suatu momentum lalu apa yang mampu membuatnya berada di halaman pertama dan jajaran atas google.

Dibawah ini akan menjelaskan beberapa cara agar konten Anda masuk halaman pertama google. Semoga bermanfaat untuk Anda, mari di pelajari dan pahami dengan baik.

Cara Konten Masuk Halaman Pertama Google

Mungkinkah ada rahasia besar yang mungkin Anda tidak ketahui. Lantas cara atau tips seperti apa yang mungkin bisa Anda pelajari dan terapkan sehingga postingan konten Anda bisa berada pada halaman pertama google. Baiklah, ada beberapa cara yang mungkin Anda bisa terapkan, saat Anda membuat sebuah konten artikel diantaranya :

1. Teknik Growth Hacks

Bisa dikatakan ini adalah sebuah teknik pemasaran bersarkan hasil penelusuran yang mendalam ditambah proses pemikiran yang kreatif yang terfokus pada kenyaman dan pengalaman pembaca. Teknik ini bisa dikatakan adalah cara lain yang bisa kalian terapkan selain membangun backlink. 
 
Teknik ini lebih efektif dengan adanya proses pembaharuan alogaritma google yang rutin dilakukan oleh pihak google, dimana sangat mengedepankan kenyamanan pembaca untuk menikmati konten artikel yang disajikan. Bagaimana Anda mengetahui tingkat kenyamanan pembaca?, Apakah Anda pernah mendengar atau membaca apa yang dinamamakan 'Bounce Rate'? 
 
Jika belum, Bounce Rate itu berkaitan dengan seberapa tinggi (diukur seberapa lama pembaca senang membaca konten Anda, dihitung per detik) tingkat kembali seorang pembaca menuju ke halaman utama google, dan google menggunakan ini sebagai panduan mereka untuk mengetahui seberapa berkualitas konten atau artikel yang Anda buat.


Misalkan ketika Anda mencari suatu informasi, kemudian masuk ke sebuah website urutan pertama, namun hanya hitungan detik anda menekan tombol back dan kembali ke menu google karena artikel yang anda tawarkan tidak sesuai dengan apa yang user inginkan, sehingga akan membuat suatu keyword perlahan tapi pasti turun dan dianggap tidak relevan lagi oleh google. Intinya teknik ini menitik beratkan pada keseimbangan user yang datang ke halaman kita dengan seberapa tinggi bounce rate. Untuk menerapkan teknik Growth Hacks, kita harus :

a. Buat Judul yang menarik

Buatlah judul yang menarik para user untuk membaca atau menikmati konten yang Anda sajikan. Anda bisa menggunakan Clickbait, tapi clickbait yang bait harus diimbangi dengan konten atau artikel yang baik pula. Jika Anda menerapkan judul yang mampu mendapatkan klik, tapi konten Anda tak sesuai judul malah akan menyebabkan bounce rate yang tinggi.

b. Meta Deskripsi yang jelas dan menarik

Ada begitu banyak cara untuk membuat meta deskripsi yang menarik, mulai dari bahasa Anda yang menjual hinga pernak-pernik yang menghiasi seperti yang dilakukan oleh para blogger terkenal dan beberapa toko online yang mereka tawarkan pada deskripsi.

c. Konten atau Artikel

Konten yang dimaksud kali ini bukanlah hanya sekedar artikel, melainkan juga bisa berupa video, gambar, keduanya dan masih banyak laiinya. Penyajian konten yang menarik sangat perlu diperhatikan sehingga para pembaca atau user tidak menekan tombok back yang mengakibatkan bounce rate website atau blog kita melambung tinggi.

d. Featured Snippets

Fitur ini akan muncul jika konten kita dinilai google sangat berkualitas, karena situs Anda akan berada oada urutang 0 (diatas urutan 1). Dimana jika itu terjadi akan secara alami akan menaikkan CTR yang kemudian berimbang pada rangking alami.

2. Keyword Mapping

Keyword Mapping atau pemetaan kata kunci mampu memberikan efek yang signifikan dalam hal SEO terutama menjadi sebuah kunci menghadapi alogaritma google yang terus berubah. Di era sekarang sangat penting menerapkan keyword mapping. 
 
Dengan adanya keyword mapping, alogaritma google akan menentukan satu halaman terbaik dari suatu website atau blog untuk ditampilkan. Keyword mapping juga digunakan para master SEO di toko online. Jika Anda melihat bagaimana penerapan keyword di toko online yang menjadi top 1 mesin pencarian google, itu membuktikan mereka melakukan keyword mapping secara sempurna. 

Halaman yang muncul di halaman pertama google dari setiap toko online maupun situs website merupakan halaman landing page(halaman dari suatu website yang memiliki fungsi  khusus untuk pemasaran suatu produk dan melakukan aksi tertentu), dan tidak langsung menuju ke halaman produk karena ingin memberikan kebebasan kepada para user atau pembaca untuk memilih apa yang mereka inginkan.  
 
Apakah sampai sini ada yang masih kebingungan? Jika masih ada coba pahami pelan-pelan kalimat diatas. Keyword mapping yang tepat dan baik sangat diperlukan, berikut bebarapa tips bagaimana menenntukan alur keyword mapping :

a. Link Building

Mulai sekarang lakukanlah link building ke landing page, bukan malah ke salah satu artikel atau produk yang kalian tawarkan. Hal ini akan memberi tahukan kepada google bahwa halaman tersebut relevan dari beberapa halaman yang memiliki keyword yang sama.

b. Internal Link 

Bangunlah Internal Link yang baik, sebagai contohnya misal ada sebuah konten atau arikel yang mengincar keyword “B”, lalu Kalian tinggal arahkan Internal Link  ke halaman utama dengan tag “B”. Mudah kan?

c. SEO On page

SEO On page bisa dikatakan sebagai cara optimasi meningkatkan kualitas konten agar mudah dibaca dan di pahami sehingga menimbulkan kenyamanan kepada para user atau pembaca. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kalian akan mengoptimasi suatu konten atau arikel yaitu judul, link, meta description, gambar, kecepatan website atau blog, keyword, social media dan isi konten. Lebih lengkapnya kalian bisa mempelajari SEO On page.

3. Internal Link 

Ketika berbicara mengenai artikel yang SEO, Anda seringkali lupa apa peran penting Internal Link itu sendiri. Bahkan banyak sekali yang menggunakan terlalu banyak backlink, hal semacam itu akan sangat menguras waktu dan tenaga. Sebenarnya ada trik tersendiri yang ampuh agar semua artikel di website atau blog kita page one yaitu membuat Internal Link yang mengalir pada artikel. Disini keyword mapping akan menunjukkan perang yang penting. Mudahnya Internal Link yang baik akan memicu klik dari para user atau pembaca tanpa mengindahkan SEO.

Kesimpulan :

Demikian lah beberapa cara atau tips yang bisa kalian gunakan agar konten Anda masuk di halaman pertama google seperti Teknik Growth Hacks, Keyword Mapping dan Internal Link yang baik. Semoga memberikan kalian manfaat bagi Anda semua. Semua ini hasil belajar saya dan pengalaman membaca saya, semoga Andamampu menikmati dan satu lagi jangan lupa untuk berdoa.  Jika terdapat kekeliruan atau tambahan dari Anda silahkan kirim pendapat Anda via kolom komentar dibawah, semoga bermanfaat dan terima kasih.
dedi_i
dedi_i Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment