Cek Ketersediaan Kamar Rumah Sakit via Online

Table of Contents
Cek Ketersediaan Kamar Rumah Sakit via Online
 
Cara Cek Ketersediaan Kamar Rumah Sakit
Cek Ketersediaan Kamar Rumah Sakit via Online
Salam Sobat omahinfo,
Upaya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik terus dilakukan oleh Pemerintah melalui lembaga resminya yaitu BPJS Kesehatan, yang ditujukan kepada para peserta BPJS Kesehatan. Polemik yang banyak dirasakan oleh para peserta BPJS Kesehatan adalah ketersediaan kamar rawat inap. Seringkali peserta BPJS Kesehatan ditolak akibat dari kamar yang sesuai tingkat di Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang tertera di kartu peserta BPJS Kesehatan kosong atau telah terisi. Tak perlu bingung atau pusing melihat hal ini, dalam artikel ini akan memberikan Anda kemudahan untuk cek ketersediaan kamar rumah sakit via online di Rumah Sakit terdekat dengan posisi Anda berada.

Hal ini menimbulkan banyak ketidakpercayaan, bahkan menurunkan tingkat kepercayaan para peserta BPJS Kesehatan terhadap penyedia fasilitas kesehatan. Tingkat kepercayaan rendah ini ditambah tidak adanya informasi yang terbuka, seperti contoh ketersediaan kamar rumah sakit tidak ditampilkan dilayar informasi secara update. Hal ini juga diperparah dengan ditemukannya beberapa papan informasi kamar di Rumah Sakit tidak berfungsi atau mati.  Apakah hal itu dibiarkan dan hanya hiasan belaka? 

Melihat beberapa permasalahan ini, BPJS Kesehatan berusaha meningkatkan pelayanan kesehatan dengan memberikan kemudahan dalam pengecekan ketersediaan kamar Rumah Sakit secara online. Hal itu diwujudkan BPJS Kesehatan melalui aplikasi dan website untuk cek ketersediaan kamar rumah sakit. Untuk lebih jelasnya, ayo simak penjelasan dibawah ini.

Aplikasi atau Website BPJS Kesehatan

Mobile JKN adalah sebuah aplikasi mobile BPJS Kesehatan yang bertujuan memberikan kemudahan akses dan pelayanan kesehatan bagi para peserta. Dengan Aplikasi Mobile JKN maupun Website Aplicares Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS Kesehatan, Anda bisa mengakses berbagai informasi Jaminan Kesehatan Nasional termasuk cek ketersediaan kamarrumah sakit terdekat dimanapun dan kapanpun anda ingin mengakses. 

Ada banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan baik dimulai dari mendaftar online, mengubah data, hingga mengecek tagihan Anda. Selain itu, jika Anda belum mengetahui cara untuk cek ketersediaan kamar rumah sakit secara online, mari kita baca penjelasan dibawah ini.

Cek Ketersediaan Kamar Rumah Sakit Via Online

Akhirnya BPJS Kesehatan mengapresiasi segala masukan kepadanya, hal ini bermaksud agar permasalahan semacam ini tidak terjadi lagi dan para peserta mudah mendapatkan pelayanan kesehatan secepatnya. 

Ada dua cara mengecek ketersediaan kamar rumah sakit via online dengan memanfaatkan posisi Anda (via gps) untuk menemukan rumah sakit terdekat dengan posisi Anda mengakses, sebagai berikut:

1. Cek Ketersediaan Kamar Rumah Sakit Via Website

Cara Cek Ketersediaan Kamar di Rumah Sakit Melalui Website
source : screenshot web Aplicares Fasilitas Kesehatan


Para peserta BPJS dapat mengecek ketersediaan kamar rumah sakit melalui website Aplicares Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS Kesehatan. Setelah kalian menuju Aplicares Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS KeSehatan. Kalian akan melihat melihat beberapa menu yaitu :
  • Dasbord, akan menampilkan tampilan awal Aplicares Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS Kesehatan terdapat kolom Fasilitas Kesehatan (Faskes), nama provinsi ,dan tombol cari Fasilitas Kesehatan (Faskes).
  • Pencarian, dimenu ini kalian akan bisa menemukan Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang kalian cari berdasarkan nama klinik, wilayah klinik yang ingin Anda temukan, Jarak terdekat dari tempat tinggal anda dan Kompetensi Rumah Sakit.
  • Rekapitulasi Fasilitas Kesehatan (Faskes), menjelaskan berapa banyak peserta BPJS Kesehatan, Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS Kesehatan dan pembayaran klaim

Untuk cek ketersediaan kamar rumah sakit via atau secara online melalui website Aplicares Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS Kesehatan, Anda bisa melalui menu dashbord dengan memasukkan nama provinsi tempat tinggal Anda dan memasukan tingkat Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang anda ingin tuju kemudian klik cari Fasilitas Kesehatan (Faskes). 

Tapi saya lebih menyarankan Anda masuk ke menu pencarian, karena disana anda tinggal mengisi kolom yang disediakan dan lebih spesifik untuk menemukan Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang anda inginkan.

2. Cara Cek Ketersediaan Kamar Rumah Sakit Melalui Aplikasi Mobile JKN

cek ketersediaan kamar rumah sakit secara online
cek ketersediaan kamar rumah sakit via mobile JKN

Selain Website, Anda bisa menggunakan aplikasi mobile JKN untuk mengecek ketersediaan kamar Rumah Sakit. Tapi sebelum itu, Anda harus mengupdate mobile JKN ke versi terbaru jika aplikasi Anda terlalu tidak di update. Untuk cara cek ketersediaan kamar Rumah Sakit via online dengan mobile JKN dengan cara sebagai berikut:

ketersediaan kamar rumah sakit secara mobile JKN
rumah sakit terdekat dengan posisi Anda via mobile JKN

Buka aplikasi mobile JKN dengan catatan aplikasi anda sudah diperbaharui.
  • Pilih menu Ketersediaan Tempat Tidur
  • Secara otomatis, aplikasi akan memberikan daftar Fasilitas Kesehatan (Faskes) terdekat saat anda berada sekarang. Jadi Aplikasi ini akan menyesuaikan tempat saat anada mengakses aplikasi tersebut. Misal Anda sekarang dirumah maka, aplikasi akan memberikan daftar Fasilitas Kesehatan (Faskes) terdekat dengan rumah Anda, tapi jika anda sedang bekerja, aplikasi langsung akan memberikan daftar Fasilitas Kesehatan (Faskes) terdekat dengan lokasi pekerjaan Anda.
  • Jika anda kesusahan menemukan Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang Anda Ingin temukan, tinggal ketikan Fasilitas Kesehatan (Faskes) dan klik cari.
  • Klik nama Rumah Sakit , untuk melihat jumlah kamar yang tersedia dan belum diterisi. gambar seperti dibawah ini.

ketersediaan kamar di RS
Data ketersediaan kamar di slaah satu rumah sakit terdekat

  • Tapi ada juga rumah sakit yang sudah bekerja sama tapi belum memberikan data secara update akan muncul seperti ini di aplikasi.
Rumah Sakit Yang sudah Bekerja Sama dengan BPJS Kesehatan, tapi belum siap online
source : screnshot aplikasi mobile JKN

Itulah peningkatan pelayanan kesehatan BPJS Kesehatan untuk mengatasi masalah sering ditolaknya pasien atas ketersediaan kamar. 


Kesimpulan :

Itulah cara cek ketersediaan kamar rumah sakit terdekat dengan posisi Anda via online baik itu melalui mobile JKN dan website. Menurut Saya lebih praktis cara cek ketersediaan kamar rumah sakit melalui Mobile JKN. Semoga artikel ini mampu membantu Anda untuk memecahkan masalah kesulitan mencari kamar opname rumah sakit ketika keadaan darurat. Smeoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.
dedi_i
dedi_i Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment