Cara Cek Ketersediaan Kamar di Rumah Sakit via Online


Cek Ketersediaan Kamar di Rumah Sakit via Online
source :pixabay




Upaya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik terus dilakukan oleh Pemerintah melalui lembaga resminya yaitu BPJS Kesehatan, yang ditujukan kepada para peserta BPJS Kesehatan. Polemik yang  banyak dirasakan oleh para peserta BPJS Kesehatan adalah ketersediaan kamar rawat inap. Seringkali peserta BPJS Kesehatan ditolak akibat dari kamar yang sesuai tingkat di fasilitas kesehatan Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang tertera di kartu kosong atau telah terisi. Hal ini menimbulkan banyak ketidak percayaan atau menurunkan tingkat kepercayaan para peserta BPJS Kesehatan terhadap penyedia fasilitas kesehatan, ditambah tidak adanya informasi yang terbuka, seperti contoh ketersediaan kamar tidak ditampilkan dilayar informasi secara update, bahkan beberapa ada menyediakan papan informasi kamar tapi mati atau hanya hiasan belakan. BPJS Kesehatan semakin meningkatkan pelayanan kesehatan dengan memberikan kemudahan dalam pengecekan ketersediaan kamar di Rumah Sakit secara online.

Cek Ketersediaan Kamar di Rumah Sakit

Akhirnya BPJS Kesehatan mengapresiasi segala masukan kepada lemabanya dengan maksud agar permasalahan semacam ini tidak terjadi lagi. Ada dua cara mengakses atau mengecek ketersediaan kamar di rumah sakit yang ingin anda tuju secara online, diantaranya sebagai berikut:

1. Melalui Website

source : ss web Aplicares Fasilitas Kesehatan


Para peserta BPJS dapat mengakses atau mengecek ketersediaan kamar di rumah sakit melalui website Aplicares Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS Kesehatan. Setelah kalian menuju Aplicares Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS KeSehatan. Kalian akan melihat melihat beberapa menu yaitu :
  • Dasbord, akan menampilkan tampilan awal Aplicares Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS KeSehatan terdapat kolom Fasilitas Kesehatan (Faskes), nama provinsi ,dan tombol cari Fasilitas Kesehatan (Faskes).
  • Pencarian, dimenu ini kalian akan bisa menemukan Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang kalian cari berdasarkan nama klinik, wilayah klinik yang ingin Anda temukan, Jarak terdekat dari tempat tinggal anda dan Kompetensi Rumah Sakit.
  • Rekapitulasi Fasilitas Kesehatan (Faskes), menjelaskan berapa banyak peserta BPJS Kesehatan, Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS Kesehatan dan pembayaran klaim

Untuk mengecek kalian bisa melalui menu dashbord dengan memasukkan nama provinsi tempat tinggal Anda dan memasukan tingkat Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang anda ingin tuju kemudian klik cari Fasilitas Kesehatan (Faskes). Tapi saya lebih menyarankan Anda masuk ke menu pencarian karena disana anda tinggal mengisi kolom yang disediakan dan lebih spesifik untuk menemukan Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang anda inginkan.

2. Aplikasi Mobile JKN

source : screnshot aplikasi mobile JKN

Selain Website kalian bisa menggunakan aplikasi mobile JKN untuk mengecek ketersediaan kamar di Rumah Sakit, tapi sebelum itu kalian harus mengupdate mobile JKN Kalian untuk menemukan menu ini. Untuk mengecek ketersediaan kamar di Rumah Sakit dengan mobile JKN yaitu dengan cara sebagai berikut ;

source : screnshot aplikasi mobile JKN
  • Buka aplikasi mobile JKN dengan catatan aplikasi anda sudah diperbaharui.
  • Pilih menu Ketersediaan Tempat Tidur
  • Secara otomatis, aplikasi akan memberikan daftar Fasilitas Kesehatan (Faskes) terdekat saat anda berada sekarang. Jadi Aplikasi ini akan menyesuaikan tempat saat anada mengakses aplikasi tersebut. Misal Anda sekarang dirumah maka, aplikasi akan memberikan daftar Fasilitas Kesehatan (Faskes) terdekat dengan rumah Anda, tapi jika anda sedang bekerja, aplikasi langsung akan memberikan daftar Fasilitas Kesehatan (Faskes) terdekat dengan lokasi pekerjaan Anda.
  • Jika anda kesusahan menemukan Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang Anda Ingin temukan, tinggal ketikan Fasilitas Kesehatan (Faskes) dan klik cari.
  • Klik nama Rumah Sakit , untuk melihat jumlah kamar yang tersedia dan belum diterisi. gambar seperti dibawah ini.
source : screnshot aplikasi mobile JKN

  • Tapi ada juga rumah sakit yang sudah bekerja sama tapi belum memberikan data secara update akan muncul seperti ini di aplikasi.
source : screnshot aplikasi mobile JKN

Itulah peningkatan pelayanan kesehatan BPJS Kesehatan untuk mengatasi masalah sering ditolaknya pasien atas ketersediaan kamar. 

Kesimpulan :

Pemerintah melalui lembaga BPJs Kesehatan berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk para peserta BPJS Kesehatan untuk mengecek ketersediaan kamar di Rumah Sakit. Meskipun Iuran BPJS Kesehatan Naik, tapi jika diikutin dengan pelayanan semakin membaik akan memeberikan kepuasan bagi para peserta BPJS Kesehatan.
dedi
dedi Saya adalah seorang pemuda yang ingin menjadi seorang yang cerdas

Post a Comment for "Cara Cek Ketersediaan Kamar di Rumah Sakit via Online"