Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Cek Ketersediaan Kamar di Rumah Sakit via Online

Tak Perlu Bingung Jika Anda Ingin Melihat Ketersediaan Kamar di Rumah Sakit, Berikut Ini Cara Cek Ketersediaan Kamar di Rumah Sakit via Online
 
Cara Cek Ketersediaan Kamar di Rumah Sakit
Cara Cek Ketersediaan Kamar di Rumah Sakit via Online, source: omahinfo.com

Salam Sobat omahinfo,
Upaya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik terus dilakukan oleh Pemerintah melalui lembaga resminya yaitu BPJS Kesehatan, yang ditujukan kepada para peserta BPJS Kesehatan. Polemik yang banyak dirasakan oleh para peserta BPJS Kesehatan adalah ketersediaan kamar rawat inap. Seringkali peserta BPJS Kesehatan ditolak akibat dari kamar yang sesuai tingkat di Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang tertera di kartu peserta BPJS Kesehatan kosong atau telah terisi. Hal ini menimbulkan banyak ketidakpercayaan, bahkan menurunkan tingkat kepercayaan para peserta BPJS Kesehatan terhadap penyedia fasilitas kesehatan. Hal ini ditambah tidak adanya informasi yang terbuka, seperti contoh ketersediaan kamar tidak ditampilkan dilayar informasi secara update. Hal ini juga diperparah dengan ditemukannya beberapa papan informasi kamar di Rumah Sakit tidak berfungsi atau mati.  apakah hal itu dibiarkan dan hanya hiasan belaka? Tak perlu bingung atau pusing melihat hal ini, dalam artikel ini akan memberikan Anda kemudahan untuk mengecek ketersediaan kamar di rumah sakit terdekat dengan Anda via online.

Melihat permasalahan ini BPJS Kesehatan berusaha meningkatkan pelayanan kesehatan dengan memberikan kemudahan dalam pengecekan ketersediaan kamar di Rumah Sakit secara online. Hal itu diwujudkan BPJS Kesehatan melalui Aplikasi dan Website untuk mengecek ketersediaan kamar dirumah sakit. Untuk lebih jelasnya, ayo simak penjelasan dibawah ini.

Aplikasi atau Website BPJS Kesehatan

Mobile JKN adalah sebuah aplikasi mobile BPJS Kesehatan yang bertujuan memberikan kemudahan akses dan pelayanan kesehatan bagi para peserta. Dengan Aplikasi Mobile JKN maupun Website Aplicares Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS Kesehatan, Anda bisa mengakses berbagai informasi Jaminan Kesehatan Nasional termasuk cara cek ketersediaan kamar di rumah sakit terdekat dimanapun dan kapanpun anda ingin mengakses. Ada banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan baik dimulai dari mendaftar online, mengubah data, hingga mengecek tagihan Anda. Selain itu, jika Anda belum mengetahui cara untuk mengecek ketersediaan kamar di rumah sakit via online, mari kita baca penjelasan dibawah ini.

Cek Ketersediaan Kamar di Rumah Sakit Via Online

Akhirnya BPJS Kesehatan mengapresiasi segala masukan kepadanya, hal ini bermaksud agar permasalahan semacam ini tidak terjadi lagi dan para peserta mudah mendapatkan pelayanan kesehatan secepatnya. Ada dua cara mengecek ketersediaan kamar di rumah sakit via online dengan memanfaatkan posisi(via gps) untuk menemukan rumah sakit terrdekat dengan posisi Anda mengakses, sebagai berikut:

1. Cara Cek Ketersediaan Kamar di Rumah Sakit Melalui Website

Cara Cek Ketersediaan Kamar di Rumah Sakit Melalui Website
source : screenshot web Aplicares Fasilitas Kesehatan


Para peserta BPJS dapat mengecek ketersediaan kamar di rumah sakit melalui website Aplicares Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS Kesehatan. Setelah kalian menuju Aplicares Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS KeSehatan. Kalian akan melihat melihat beberapa menu yaitu :
  • Dasbord, akan menampilkan tampilan awal Aplicares Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS Kesehatan terdapat kolom Fasilitas Kesehatan (Faskes), nama provinsi ,dan tombol cari Fasilitas Kesehatan (Faskes).
  • Pencarian, dimenu ini kalian akan bisa menemukan Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang kalian cari berdasarkan nama klinik, wilayah klinik yang ingin Anda temukan, Jarak terdekat dari tempat tinggal anda dan Kompetensi Rumah Sakit.
  • Rekapitulasi Fasilitas Kesehatan (Faskes), menjelaskan berapa banyak peserta BPJS Kesehatan, Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS Kesehatan dan pembayaran klaim

Untuk cara cek ketersediaan kamar di rumah sakit via online melalui website Aplicares Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS Kesehatan, Anda bisa melalui menu dashbord dengan memasukkan nama provinsi tempat tinggal Anda dan memasukan tingkat Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang anda ingin tuju kemudian klik cari Fasilitas Kesehatan (Faskes). Tapi saya lebih menyarankan Anda masuk ke menu pencarian, karena disana anda tinggal mengisi kolom yang disediakan dan lebih spesifik untuk menemukan Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang anda inginkan.

2. Cara Cek Ketersediaan Kamar di Rumah Sakit Melalui Aplikasi Mobile JKN

halaman utama aplikasi mobile JKN
source : screnshot aplikasi mobile JKN

Selain Website, Anda bisa menggunakan aplikasi mobile JKN untuk mengecek ketersediaan kamar di Rumah Sakit, tapi sebelum itu, Anda harus mengupdate mobile JKN ke versi terbaru untuk menemukan menu ini. Untuk cara cek ketersediaan kamar di Rumah Sakit via online dengan mobile JKN dengan cara sebagai berikut:

Cara Cek Ketersediaan Kamar di Rumah Sakit Melalui Aplikasi Mobile JKN
source : screnshot aplikasi mobile JKN
  • Buka aplikasi mobile JKN dengan catatan aplikasi anda sudah diperbaharui.
  • Pilih menu Ketersediaan Tempat Tidur
  • Secara otomatis, aplikasi akan memberikan daftar Fasilitas Kesehatan (Faskes) terdekat saat anda berada sekarang. Jadi Aplikasi ini akan menyesuaikan tempat saat anada mengakses aplikasi tersebut. Misal Anda sekarang dirumah maka, aplikasi akan memberikan daftar Fasilitas Kesehatan (Faskes) terdekat dengan rumah Anda, tapi jika anda sedang bekerja, aplikasi langsung akan memberikan daftar Fasilitas Kesehatan (Faskes) terdekat dengan lokasi pekerjaan Anda.
  • Jika anda kesusahan menemukan Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang Anda Ingin temukan, tinggal ketikan Fasilitas Kesehatan (Faskes) dan klik cari.
  • Klik nama Rumah Sakit , untuk melihat jumlah kamar yang tersedia dan belum diterisi. gambar seperti dibawah ini.
Cara Cek Ketersediaan Kamar di Rumah Sakit Melalui Aplikasi Mobile JKN
source : screnshot aplikasi mobile JKN

  • Tapi ada juga rumah sakit yang sudah bekerja sama tapi belum memberikan data secara update akan muncul seperti ini di aplikasi.
Rumah Sakit Yang sudah Bekerja Sama dengan BPJS Kesehatan, tapi belum siap online
source : screnshot aplikasi mobile JKN

Itulah peningkatan pelayanan kesehatan BPJS Kesehatan untuk mengatasi masalah sering ditolaknya pasien atas ketersediaan kamar. 


Kesimpulan :

Itulah cara cek ketersediaan kamar di rumah sakit terdekat dengan posisi Anda via online baik itu melalui mobile JKN dan website. Menurut Saya lebih praktis cara cek ketersediaan kamar di rumah sakit melalui Mobile JKN. Pemerintah melalui lembaga BPJS Kesehatan berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk para peserta BPJS Kesehatan untuk mengecek ketersediaan kamar di Rumah Sakit. Meskipun Iuran BPJS Kesehatan Naik, tapi jika diikutin dengan pelayanan semakin membaik akan memeberikan kepuasan bagi para peserta BPJS Kesehatan.
dedi_i
dedi_i Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Cara Cek Ketersediaan Kamar di Rumah Sakit via Online"

Berlangganan via Email