Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Dampak Ekonomi Virus Corona di Indonesia


Dampak Virus Corona di berbagai sektor ekonomi Indonesia
source : pixabay






Hampir sebulan virus Corona atau dalam istilah ilmiah dikenal dengan sebutan virus coronavirus sedang ramai dibicarakan banyak orang baik untuk level nasional maupun Internasional. Beberapa negarapun tidak tinggal diam dan mengambil beberapa kebijakan terkait memawabahnya virus ini tak terkecuali di Indonesia. Banyak orang yang mulai ketakutan untuk bepergian, secara tidak langsung mempengaruhi ataui memberikan dampak langsung ke perekonomian khususnya Indonesia.

Negara-Negara Yang Mengkonfirmasi Penemuan Virus Korona

Dari data yang ada sudah ada empat negara di Asia Tenggara yang terjangkit positif virus corona. Sedangkan untuk secara menyeluruh ada 10 negara yang telah mengkonfirmasi menemukan keterkaitan dengan virus Corona, diantaranya :
  1. China
  2. Jepang
  3. Singapura
  4. Korea Selatan
  5. Taiwan
  6. Thailand
  7. Amerika Serikat
  8.  Vietnam
  9. Nepal
  10. Perancis
  11. Australia
  12. Kanada
  13. Malaysia
  14. Kamboja
  15. Sri Lanka
  16. Jerman

Sampai Sekarang jumlah orang yang meninggal di China akibat virus Corona mencapai 80 orang. Beberapa negara lain yang masih melakukan pengawasan yang ketat terhadapa warga negaranya yang terjakit. Dari data diatas menjadikan Indonesia menjadi lebih waspada terhadap ancaman virus ini karena letak Indonesia tidak begitu jauh dari negara Asia yang telah mengkonfimasi temuan virus Corona.

Dampak Virus Corona di Berbagai Sektor Ekonomi

Pemerintah telah mengupayakan pengawasan ketat untuk jalur masuk Indonesia baik dari jalur laut dan udara sehingga mampu memastikan orang yang masuk ke Indonesia tidak terjangkit virus corona. Di berbagai bandara telah dipasang scanner untuk mengecek satu persatu suhu penumpang yang datang dari kedatangan luar negeri.

Secara tidak langsung, mewabahnya virus corona memberikan dampak langsung bagi perekonomian di Indonesia. Yang pertama merasakan dampak nya adalah dari sektor pariwisata karena china menyumbang jumlah wisatawan terbesar datang ke Indonesia terutama di Bali. Selain itu juga akan berdampak ke akomodasi dan konsumsi dalam hal ini terkait restoran. 

Sektor penerbangan juga mengalami dampak terkait pembatasan dan penutupan penerbangan ke negara yang terjangkit virus corona, sebagai upaya terdepan mencegah masuknya penyebaran virus corona

Pemerintah juga meminta BPJS Kesehatan untuk lebih waspada terhadap kemungkinan masuknya virus corona ke Indonesia, yang mana akan mengakibatkan lonjakan pasien, sehingga membutuhkan biaya yang cukup besar dalam hal klaim dari peserta BPJS Kesehatan.

Dari sektor perbankan, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam sebuah wawancaranya menjelaskan, adanya aliran modal keluar ebanyak Rp980 miliar terjadi karena kondisi geopolitik global dan maraknya wabah virus corona yang mengakibatkan penurunan harga saham.

Kesimpulan:

Pemerintah telah berupaya mengeluarkan kebijakan untuk meminimalisir dampak ekonomi dari virus corona. Tapi tidak bisa dipungkiri, kebijakan itu tidak mampu mencegah secara 100 persen. Mungkin sekrang tugas Kalian untuk mengecilkan dampak Ekonomi terhadap virus ini.
dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Dampak Ekonomi Virus Corona di Indonesia"

Berlangganan via Email