5 Pekerjaan yang Terancam Tergantikan oleh Teknologi

5 Pekerjaan yang Terancam Tergantikan oleh Teknologi 
 
Pekerjaan yang Terancam punah
source :pixabay

Perkembangan Teknologi memang tidak bisa terbendung lagi, perkembangan yang begitu cepat seiring dengan perumbahan zaman. Apalagi di era Revolusi Industri 4.0, Semua lini pendukung dituntut efektif dan efisien dalam pekerjaan. Hal ini secara langsung menimbulkan peluang bagi teknologi untuk turut serta andil yang cukup besar. Kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi menjadikan setiap pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan lebih singkat. Tapi disamping itu juga memberikan dampak negatif atau bahkan bisa dikatakan ancaman bagi umat manusia. Perkembangan teknologi yang sedemikiat pesat akan mengancam beberapa pekerjaan yang bisa diambil alih sehingga lebih efisien.

5 Pekerjaan yang Terancam Punah



Teknologi membuat segalanya lebih mudah, efektif dan efisien, tanpa ada harus memikirkan sisi kemanusiaan dan kebutuhan hidup karyawan. Hal itulah yang akan mendorong banyak perusahaan lebih memilih teknologi, seperti kecerdasan buatan untuk menangani kebutuhan perusahaan. Dari perkembangan teknologi yang semakin pesat, Ada 5 jenis pekerjaan yang terancam tergantikan oleh teknologi, diantaranya:

Pekerjaan yang Terancam hilang
source :pixabay

1. Kasir

Jenis pekerjaan yang satu ini disebut-sebut memiliki kemungkinan  terbesar digantikan kecerdasan buatan. Pemindaian barcode, menghitung total belanjaan, menagih uang belanjaan, hingga melakukan pengemasan dimasa depan akan digantikan oleh kecerdasan buatan.

Tenaga manusia tidak akan dibutuhkan lagi, Kalian secara mandiri melakukan tugas yang dilakukan kasir. Contohnya, kalau Kalian membeli tiket di stasiun. Di sana Kalian melakukan transaksi di mesin-mesin tiket yang telah disediakan tanpa adanya tenaga manusia tapi terkadang disediakan seorang untuk membantu Kalian agar mengerti mengoperasikan. Dari sini bisa dikatakan bahwa mesin sudah mendominasi jenis pekerjaan ini.

2. Administrasi kantor

Perkembangan dalam dunia software menjadi ancaman buat orang-orang yang menjalani jenis pekerjaan sebagai administrasi. Hal ini  bisa dibuktikan banyak kantor yang telah mulai menggunakan software yang bisa mengerjakan administrasi kantor. Disisi lain penggunaan software untuk urusan administrasi menciptakan efisiensi yang bisa mengurangi banyaknya biaya pengeluaran.

3. Akuntan dan audit

Selain pekerjaan administrasi kantor, pekerjaan akuntan dan audit juga bisa dilakukan kecerdasan buatan seperti entri data, akuntansi, dan audit bakal dilakukan secara otomatis. Hasilnya pun disebut-sebut lebih akurat dan minim kesalahan. Kemungkinan pekerjaan ini masih membutuhkan waktu hampir 10 tahun lebih untuk di akusisi oleh kecerdasan buatan.

4. Koki

Saya sendiri hampir tidak percaya, tapi jika melihat perkemabangan teknologi printer 4 dimensi. Hal ini mungkin terjadi. Kalian bisa membayangkan, datang ke restoran kemudian melakukan pemesanan, dan dalam waktu kurang dari 3 menit, pesanan udah siap. Kalian pun tidak perlu buang-buang waktu buat menunggu lama.

4. Resepsionis

Jenis pekerjaan ini juga memiliki kemungkinan besar akan tergantikan oleh kecerdasan buatan. Tugas menyambut tamu, menjawab panggilan telepon, hingga menjawab pertanyaan-pertanyaan. Hanya saja mungkin kalian akan menemukan kekurangan perihal tidak adanya perubahan ekspresi, yang ada hanyalah statis dingin seperti es, karena mereka menjawab secara sistematis.

5. Teller

Jenis pekerjaan ini juga memiliki kemungkinan akan hilang tergerus teknologi. Kalau Kalian biasanya melakukan penarikan, penukaran mata uang, tarik tunai, hingga memeriksa setoran, semua itu kini bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi.

Penggunaan ATM, mobile banking, hingga internet banking menjadi permulaan dari penggantian peran yang selalu dilakukan teller. Suatu saat tidak menutup kemungkinan Kalian bakal tidak melihat orang-orang di balik meja .

Kesimpulan :

Itulah beberapa jenis pekerjaan yang terancam hilang atau punah karena perkembangan teknologi. Jika kalian tidak ingin tergantikan maka berusalah lebih baik meningkatkan kemampuan kalian. Alangkah lebih baik, jika Kalian menemukan keahlian baru yang bisa menjadi kemampuan baru yang akan menjadi penolong kalian jika kalian tidak bekerja lagi.
dedi Saya adalah seorang pemuda yang ingin menjadi seorang yang cerdas

No comments for "5 Pekerjaan yang Terancam Tergantikan oleh Teknologi"