Cara Aktifkan Dark Mode Chrome di Windows, macOS, Android dan iOS

Table of Contents
Dark Mode Chrome bisa Anda aktifkan atau nikmati di Windows, macOS, Android dan iOS
 
Cara Aktifkan Dark Mode Chrome
Cara Aktifkan Dark Mode Chrome di Windows, macOS, Android dan iOS, source: omahinfo.com


Salam sobat omahinfo,
Dark mode chrome atau mode gelap pada chrome adalah desain alternatif untuk browser web tatap antarmuka, yang biasanya berwarna abu-abu dan putih menjadi bernuansa hitam arang. Dark mode chrome ini adalah opsi yang populer, tetapi mengapa itu sangat menarik, dan bagaimana Anda bisa mengaktifkannya? Tenang, karena dalam artikel ini akan menjelaskan cara mengaktifkan dark mode chrome di windows, macOS, android dan ios.

Ada beberapa alasan mengapa memilih dark mode pada Chrome. Pada perangkat ponsel, mungkin faktor terbesar yang diperhatikan adalah usia baterai. Sebenarnya layar ponsel yang Anda gunakan sekarang tenyata memakan banyak daya. Pada tahun 2018, Google sendiri mengkonfirmasi bahwa aplikasi dengan antarmuka yang lebih gelap membutuhkan daya yang lebih sedikit daripada yang putih dan cerah.

Memilih dark mode juga berarti Anda akan terkena lebih sedikit cahaya biru, yang dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk tidur. Kurang tidur tidak hanya membuat Anda merasa lelah dan rewel, tetapi juga terkait dengan obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung.

Akhirnya, itu hanya terlihat keren. Update terbaru Facebook yang cerah dan putih, juga menyediakan pilihan untuk beralih ke dark mode atau mode gelap membuat perubahan yang menyegarkan. Jika alasan itu cukup menggoda Anda, berikut adalah cara beralih ke  Dark Mode Chrome untuk Windows, macOS, Android, dan iOS.

Tidak seperti beberapa browser lainnya (seperti Firefox dan Vivaldi), pada Chrome tidak ada kotak sederhana untuk dicentang atau tombol switch untuk mengaktifkan dark mode Chrome. Dark mode Chrome mempunyai cara berbeda untuk setiap sistem operasi.

Itulah sebabnya ada panduan ini, yang akan menjelaskan cara mengaktifkan dark mode Chrome untuk Windows, macOS, iOS, iPadOS atau Android. Selain itu Anda akan mengetahui bagaimana Chrome dapat digunakan untuk 'memaksa' dark mode di situs web yang tidak secara resmi mendukungnya, mengubah seluruh pengalaman online Anda.

Dark Mode Chrome untuk Windows 10

  1. Masuk ke menu Pengaturan, pilih 'Personalisasi' klik 'Warna' dan scrol ke bawah ke tombol switch 'Pilih mode aplikasi default Anda'.
  2. Ubah ini menjadi 'Dark atau Gelap' dan semua aplikasi dengan mode gelap asli, termasuk Chrome, akan berubah warna. Kerennya, Anda tidak perlu me-restart browser Anda.

Dark Mode Chrome untuk macOS

  1. Buka 'System Preferences', klik 'General', pilih 'Appearance'.
  2. Pilih opsi 'Gelap'. Seperti halnya Windows, semua aplikasi dengan mode gelap asli akan berubah secara otomatis tanpa masukan lebih lanjut dari Anda.

Dark Mode Chrome untuk Android

  1. Dark mode masih merupakan fitur eksperimental di Chrome untuk Android, jadi ingatlah bahwa beberapa elemen desain mungkin terlihat sedikit aneh. Untuk mengaktifkannya, masukkan chrome://flags di bar atau billah alamat browser.
  2. Ketuk atau Tap 'Search flags' dan masukkan kerja gelap (the work dark). Anda akan menemukan dua opsi di sini: 'Dark mode konten web Android' dan 'Dark mode UI Android Chrome'. Jika Anda mengaktifkan opsi pertama, Chrome akan mendeteksi apakah pengembang situs telah membuat versi gelap dan memilihnya secara otomatis. Jika tidak ada versi gelap yang tersedia, browser akan membalikkan warna situs. Mengaktifkan opsi kedua berarti bahwa antarmuka browser itu sendiri akan menjadi gelap.
  3. Ketuk masing-masing opsi menu ini dan ubah pengaturan menjadi 'Diaktifkan', lalu restart Chrome.
  4. Sekarang buka menu pengaturan, ketuk 'Tema' dan pilih 'Gelap atau Dark'. Jika Anda tidak dapat melihat opsi Tema, restart Chrome lagi dan itu akan muncul.

Dark Mode Chrome untuk iOS

Google belum merilis mode gelap untuk Chrome di iOS, tetapi sedang dalam proses dan mungkin tersedia dalam pembaruan utama browser berikutnya. Untuk saat ini, Anda dapat menggunakan fitur Invert untuk mencapai efek yang serupa.
  1. Buka 'Pengaturan' dan pilih 'General atau Umum> Aksesibilitas> Tampilkan akomodasi'.
  2. Alihkan 'Invert Klasik' untuk membalikkan warna segala sesuatu di layar perangkat Anda, atau 'Invert pintar' untuk meninggalkan gambar sendirian tetapi membalikkan yang lainnya.

Dark Mode di Situs Web Gunakan Chrome

Beberapa situs web memiliki dark mode sendiri, yang akan diaktifkan secara otomatis saat Anda menggunakan dark mode di Chrome. Bagi yang tidak, broswer dapat 'memaksa' dark mode dengan membalik warna tertentu.

Fitur ini belum sepenuhnya diimplementasikan, jadi Anda tidak akan menemukannya di menu utama, tetapi Anda dapat mencobanya dengan mengunjungi chrome://flags/#enable-force-dark dan geser ke'aktifkan'.
Baca Juga : G-Suite Segera Akan Ada Sentuhan Dark Mode

Sekarang, jika Anda menggunakan Chrome dalam mode gelap, semua situs web akan secara otomatis berubah warna agar sesuai. Fiturnya memang belum sempurna, jadi beberapa situs mungkin terlihat sedikit aneh, tetapi umumnya berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Itulah panduan cara mengaktikan dark mode chrome untuk Windows, macOS, iOS, iPadOS atau Android. Semoga sobat omahinfo tidak lagi kebingungan untuk aktifkan dark mode, biar terlihat lebih kekinian dan menghemat penggunaan daya baterei Anda. Semoga artikel tentang dark mode chrome itu bermanfaat dan terima kasih. 
dedi_i
dedi_i Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment