Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Menggunakan Cloud Storage

Tips Menggunakan Cloud Storage yang baik dan benar

Salam sobat omahinfo,
Pada postingan sebelumnya kita telah mempelajari tentang rekomendasi 5 Clouds Storage alternatid yang bisa Anda coba untuk memastikan mana Clouds Storage yang paling sesuai menurut Anda. Clouds Storage sendiri sebenarnya begitu bermanfaat bagi Saya ketika saya mulai malas membeli flashdisk pada tahun 2013.
 
Meskipun sudah sering tersedia dan ditawarkan secara gratis, masih banyak yang belum mau menggunakan jasa layanan media penyimpanan satu ini. Punya Cloud Storage tapi tidak mampu memaksimalkan fungsinya? Jika Anda masih kebingungan dalam penggunaannya. Padahal cara menggunakan Cloud Storage terbilang cukup mudah dan praktis, jika Anda masih bingung baca dan pahami tips ini.

Pilih dan Optimalkan Fungsinya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, masing-masing layanan penyedia jasa Clouds Storage tentu menawarkan hal-hal yang berbeda. Yang paling mudah diamati adalah kapasitas awal yang diberikan secara cuma-cuma kepada para penggunanya. 
 
Besaran kapasitas bagi beberapa orang menjadi salah satu poin vital, karena siapa yang akan menolak jika mendapatkan kapasitas yang besar dan bersifat gratis. Oleh karena itu,bijaklah dalam memilih layanan yang akan Anda gunakan, atau jika Anda ingin memakai semua layanan yang tersedia juga tidak masalah.

Hal kedua yang mungkin Anda perlu perhatikan adalah penggunaannya yang mudah dimengerti atau user friendly. Karena sebuah layanan gratis tanpa kemudahan dalam pemakaiaanya bukannya tidak mungkin akan ditinggalkan oleh pra penggunanya. Pentingnya tampilan menu pada masing-masuig layanan cukup diperhatikan dan disesuaikan dengan selera Anda.

Faktor terakhir yang perlu diperhatikan adalah-fitur-fitur yang ditawarkan. Disini masih membahawa fitur-fitur yang ditawarakan secara gratis. Kalian juga bisa mencari informasi maupun bertanya ke teman maupun kerabat ataupun keluarga yang sudah menggunakan layanan Cloud Storage, lalu kalian bisa mengkorek informasi fitur-fitur vital seperti Apa yang mereka sarankan sehingga bisa menjadi bahan untuk acuan Anda.

Cara Menggunakan Cloud Storage

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftar pada layanan Cloud Storage tersebut. Biasayanya layanan Cloud meminta data diri Anda dan E-mail sebelum pengguna dapat menggunkan layanannya. Prosesnya tak memerlukan waktu yang terlalu lama dan cepat.

Ketika Anda sudah bisa mengakses Cloud, Anda bisa memutuskan untuk memilih data apa saja yang ingin Anda simpan disana. Namun, Anda juga harus memperhatikan kapasitas yang Anda miliki, jadi tidak disarankan untuk menyimpan data-data yang sifatnya tidak penting pada Cloud, karena Anda hanya akan menghabiskan kapasitas yang ada.

Idealnya menurut saya, simpan data-data yang penting dan sering digunakan sehari-hari seperti data pekerjaan. Sehingga Anda memiliki backup data pada Cloud dan asiknya Anda dapat mengaksesnya dimana saja, tidak terpaku dengan satu komputer.

Andapun juga dapat menyimpan foto-foto maupun video yang Anda miliki pada Cloud, sehingga Anda bisa melihatnya atau menunjukkanya kepada kerabat kapan saja. Namu, perlu diperhatikan karena ada beberapa layanan Cloud yang membatasi besaran kapasitas data yang diupload. Jadi, bijak-bijaksanalah dalam menggunakannya.
Menjaga kapasitas Cloud Storage juga sangat penting. Selalu cek data yang tersimpan pada Cloud Anda. Jika sudah tidak digunakan lagi atau mau dipindahkan, lebih baik hapus data yang terdapat pada Cloud. Hal ini untuk memberikan ruang kepada data yang akan diupload sewaktu-waktu.

Umumnya kapasitas dan fitur yang diberikan pada layanan Cloud tidaklah besar, namun jika Anda membutuhkan kapasitas yang besar atau fitur eksklusif, maka Anda harus mengeluarkan sedikit biaya untuk itu. Apalagi pengguna yang bekerja secaramobile dan membutuhkan fitur tambahan tersebut untuk sisi produktivitas.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips menggunakan Cloud Storage, bisa dibilang lebih aman dari media penyimpanan fisik yang rentan akan kerusakan. Admin sendiri sudah menggunakan fasilitas Cloud Storage sudah lama dan menurutku lebih efisien. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih.
dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Tips Menggunakan Cloud Storage"

Berlangganan via Email