Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Top 5 Cloud Storage Wajib Anda Coba


Top 5 Cloud Stronge Alternatif

Salam sobat omahinfo,
Sering berkembangnya laju pertumbuhan perangkat gadget, laju penggunaan storage pun tidak bisa dibendung lagi. Sebagai alternatif media penyimpanan fisik berupa harddisk dan SSD. Ada juga alternatif media penyimpanan lain yang sebenarnya sudah tersedia yaitu Cloud Storage atau penyimpanan awan.

Penyimpanan yang praktis dan fleksibel serta jaminan keamanan data menjadi impian semua orang tak terkecuali siapapun. Sebelumnya ada beberapa media penyimpanan yang membuat Anda mengingat masa dulu seperti disket, CD, Dvd, memory card, flashdisk, dan hardisk eksternal, tapi beberapa media penyimpanan ini begitu rawan keamanan untuk hilang maupun terkena virus. Akhirnya layanan cloud pun mulai dikenalkan untuk penyimpanan data yang lebih aman dan fleksibel.

Keuntungan Gunakan Cloud Storage

Ada beberapa keuntungan penggunaan Cloud Storage dari pada menggunakan harddisk maupun SSD, diantaranya :
  1. Anda tidak perlu membawa data kemanapun Anda bepergian
  2. Anda dapat mengakses data Anda kapanpun dan dimanapun selama Anda terkoneksi dengan akses internet.
  3. Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan data Anda, jika perangkat Anda hilang maupun mengalami kerusakan fisik. Hal ini dikarenakan data Anda tersimpan dengan rapi dalam server penyedia layanan Cloud Storage tersebut.
Namun, Anda cukup membutuhkan koneksi internet tang stabil dan cepat untuk mengakses data Anda dimanapun Anda berada.

Yang perlu Anda ketahui, Anda sebenarnya bisa membuat Cloud Storage sendiri jika Anda mempunyai sebuah NAS (Network Attached Storage), hanya saja harga yang terlalu tinggi membuat Anda harus dipikirkan kembali. Tapi Anda tidak perlu repot mengeluarkan uang, karena sudah banyak layanan Cloud Storage yang telah tersedia.

Top 5 Cloud Storage

Berikut ini adalah beberapa layanan penyedia Cloud Storage yang dapat dijadikan panduan bagi Anda yang ingin menggunanakan layanan Cloud, diantaranya :

1. Dropbox

Top 5 Cloud Stronge

Dropbox adalah satu-satunya layanan cloud lintas platform, mulai dari Android, iOS, Windows, Mac, bahkan Blackberry. Inilah yang menjadi salah satu kunci kenapa layanan Dropbox sangat populer dibandingkan penyedia layanan Cloud Storage serupa. Saat Anda pertama kali menggunakan Dropbox, Anda akan mendapatkan space sebesar 2GB secara gratis.

Ada yang lebih unik dari layanan Dropbox, jika Anda mengaktifkan layanan Mailbox, maka Anda akan mendapatkan tambahan space sebesar 1 GB. Jika Anda menginginkan tambahan lagi space sebesar 3 Gb, Anda tinggal mengaktifkan feature Camera Upload. Dengan ikut membagikan link referal dan kemudian ada dari teman Anda yang ikut mengaktifkan layanan Dropbox maka secara otomatis Anda masih akan mendapatkan 500MB sebagai tambahan. Hanya saja, Dropbox membatasi bonus sistem referal hingga 16 GB.

Beberapa promo penjualan smartphone dan tablet bahkan memberikan layanan cloud gratis hingga 50GB yang dapat Anda gunakan selama 2 tahun. Untuk pengguna perangkat gadget, Anda dapat mengaktifkan feature passcode sebanyak 4 digit sehingga orang lain tidak bisa mengakses data pribadi Anda.

2. Onedrive

Top 5 Cloud Stronge

Onedrive adalah sebuah produks dari Microsoft yang banyak menarik perhatian pada awal kemunculannya. Hal ini disebabkan, Microsoft memberikan layanan hingga 15GB pada saat awal registrasi Anda. Microsoft juga memberikan tambahan lagi space secara cuma-cuma kepada Anda sebesar 15GB, jika Anda mengaktifkan fitur Office 365.

Bahkan pada tahun 2015, Microsoft sempat memberikan space unlimited bagi pengguna yang mengaktifkan Office 365. Hanya saja kebijakan dari Microsoft burabah pada akhir tahun 2015. Kebijakan tersebut hanya tetap memberikan 15GB space storage.

Bagi Anda yang telah mendapatkan space sebesar 30GB pada tahun 2015 lalu tidak perlu khawatir, karena tidak akan ada pengurangan. Sedangkan bagi Anda pengguna baru hanya kan mendapatkan space sebesar 15GB pada saat awak aktivasi.

3. Box

Top 5 Cloud Stronge

Layanan ini sering ditemui sebagai preinstalled apps dalam beberapa smartphone. Terkadang hal ini membuat Anda kesal, namun ini adalah salah satu triks dari aplikasi cloud ini untuk mendapatkan nama besarnya. Box mengratiskan space sebesar 10GB kepada para penggunanya jika Anda menggunakan paket Free dari layanan Box tersebut.

Hanya saja, jika Anda menggunakan aplikasi ini secara gratis, maka perfile yang dapat Anda akses melalui layanan cloud ini maksimal 250MB per file. Hal ini tertunya tak menjadi masalah jika Anda hanya mengggunakan file-file kecil dengan menggunakan format semacam doc atau xls.

Hal ini akan menjadi sebuah masalah jika Anda menggunakan layanan Box untuk menyimpan file-file besar seperti video dan sejenisnya.

Aplikasi ini terbilang bagus dengan banyak fitur yang memudahkan dan mempunyai dukungan lintas sistem operasi. Hanya saja, fleksibilitasnya akan bisa Anda temui jika Anda membayarkan sejumlah biaya.

4. Google Drive

Top 5 Cloud Stronge

Tidak ingin ketinggalan, Google pun mempunyai layanan cloud yang biasanya sudah terinstal dalam smartphone dengan sistem operasi Android. Anda akan mendapatkan 15GB secara otomatis ketika Anda menggunakan akun Google.

Keuntungan menggunakan Cloud dari Google adalah terintegrasi dengan layanan google lain seperti Gmail, Youtube, bahkan Google Calendar.

Google tidak memberikan opsi tambahan kapasitas dengan menggunakan sistem referal seperti layaknya Dropbox. Namun, jika Anda membeli Chromebook, maka Anda akan mendapatkan tambahan kapasitas sebesar 100GB selama 2 tahun secara gratis.

Google hanya menggunakan enkripsi 128 bit AES. Jika dibandingkan dengan layanan Cloud lain seperti BOx, Dropbox dan Onedrive jelas lebih rendah, namun dengan sistem Two Way Authentication membuat Google Drive relatif aman. Anda dapat mengaktifkan fitur Two Way Authentication via menu setting dalam akun Google Anda.

5. Apple Cloud

Top 5 Cloud Stronge

Ini adalah layanan cloud terpopuler kelima, karena pengguna iCloud terbilang banyak. Hal ini dikarenakan pengguna Operating System Apple seperti MacOS dan iOs pasti menggunakannya untuk keperluan sikronisasi data.

Hanya saja, Apple tidak membuka layanan iCloud di luar Operating System di luar Apple sepeti Microsoft, Android, maupun Blackberry.

Dengan begitu, iCLoud bisa dikatakan benar-benar eksklusif untuk pengguna produk Apple dan hanya dapat diakses jika Anda menggunakan produks Apple saja.

Untuk penggunaanya, Apple memberikan kapasitas Cloud Storage hanya sebesar 5GB. Banyak sekali aplikasi yang mampu disupport oleh iCloud dana Anda pun dapat mengkustomisasinya sendiri sesuai yang Anda inginkan.

Baca Juga : Tips Menggunakan Cloud Storage

Sedangkan untuk fitur iCloud Photo Library ternyata terpisah dengan iCloud. Dalam setting iCloud Anda dapat memilih aplikasi mana saja yang Anda ingin backup dan untuk kemudian Anda restore ulang ke dalam perangkat Aple yang lain milik Anda sendiri.

Kesimpulan

Itulah top 5 layanan Cloud Storage yang bisa Anda jadikan altenatif untuk penyimpanan data-data Anda, dikala Anda tidak mau ribet dan menjaga keamanan data Anda. Semoga Infomasi ini bermanfaat dan terima kasih.
dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

2 comments for "Top 5 Cloud Storage Wajib Anda Coba"

  1. Replies
    1. Terima kasih kembali, mungkin saya sarankan untuk membaca seputar tips menggunakan cloud storage, saya sampai sekarang sih lebih ke gdrive.

      Delete

Berlangganan via Email