Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Siasati Suhu Dingin Akibat Cuaca Ekstrem di Gunung


Cara Siasati Suhu Dingin Akibat Cuaca Ekstrem
source : pixabay

Salam sobat omahinfo,
Belakangan ini beberapa gunung di Indonesia menunjukan adanya perubahan cuaca yang begitu ekstrem yaitu suhu yang dingin hingga -5 derajat celcius. Cuaca ekstrem ini membuat sebagian warga dan para pendaki gunung harus berhati-hati karena perubahan yang tiba-tiba ini. Bagi Anda yang akan mendaki dan tidak tahan terhadap suhu dingin akibat cuaca ekstrem ini, ada 6 cara untuk menyiasatinya.

Tidak ada manusia yang kebal akan suhu dingin yang menyeang tubuh. Suhu di gunung pada hari biasa saja terbilang sudah dingin, apalagi ini ada efek cuaca ekstrem. Hal ini bisa berakibat suhu beberapa gunung dan dataran tinggi di Indonesia mengalami penurunan suhu hampir dibawah 2 derajat celcius. Perlu persiapan yang matang dan cara mensiasati perubahan suhu ini untuk para pendaki yang berencana melakukan pendakian beberapa hari kedepan.

Penyebab Cuaca Ektsrem Beberapa Hari Ini

Cuaca ekstrem ini mengakibatkan suhu yang begitu dingin terjadi karena adanya pergerakan massa udara dingin dan kering dari Australia ke Asia serta melewati Indonesia atau disebut dengan monsoon dingin Australia dikutip dari pernyataan BMKG Stasiun Klimatologi (Staklim) yang berasa di daerah Sleman, Yogyakarta.

Selain itu BMKG memperkirakan bahwa cuaca ekstrem ini yang mengakibatkan suhu dingin hingga -5 derajat celcius masih akan berlangsung hingga bulan Agustus ini. Sehingga bagi warga untuk lebih waspada terkait masalah kesehatan terkait suhu dingin ini, apalagi jika Anda ingin melakukan pendakian yang notabene harus mempersiapkan peralatan yang maksimal untuk menghadapi suhu yang lebih dingin daripada dataran.
 

Suhu Dingin Beberapa Gunung di Indonesia

Tak hanya di dieng yang terjadi cuaca ekstrem dengan mencapai suhu sekitar -5 derajat celcius, tetapi beberapa gunung di Indonesia terpantau dalam beberapa hari ini menunjukkan suhu dingin yang mana semuanya hampir dibawah suhu 2 derajat celcius, berikut daftar gunung-gunung tersebut :
  1. Gunung Sumbing pernah mencapai suhu -1 derajat celcius
  2. Gunung Sindoro pernah mencapai suhu -1 derajat celcius
  3. Gunung Slamet pernah mencapai suhu -1 derajat celcius
  4. Gunung Semeru pernah mencapai suhu -1 derajat celcius
  5. Gunung Rinjani pernah mencapai suhu 0 derajat celcius
  6. Gunung Lawu pernah mencapai suhu 0 derajat celcius
  7. Puncak Jaya pernah mencapai suhu -3 derajat celcius
  8. Gunung Merbabu pernah mencapai suhu 1 derajat celcius
  9. Gunung Merapi pernah mencapai suhu 1 derajat celcius

Cara Siasati Suhu Dingin Ketika di Gunung

Bagi Pendaki yang harus benar-benar mempersiapkan peralatan yang harus mereka bawa, karena suhu di gunung bisa lebih dingin dari dataran. Jaket, sarung tangan, kupluk dan alat penghangat lainnya menjadi peralatan wajib jika Anda ingin melakukan pendakian. Berikut ada beberapa 6 cara yang bisa Anda lakukan ketika sedang mendaki gunung, agar Anda tahan terhadap suhu dingin di gunung, diantaranya :

1. Aklimatisasi

Aklimatisasi bisa dikatakan proses penyesuaiaan antara makhluk hidup dengan lingkungan barunya, lingkungan baru yang dimaksud disini adalah lingkungan baru yang berbeda dari lingkungan yang biasa dijumpai atau tinggali, perbedaan yang mencolok biasanya terletak pada perbedaan suhu.

Bagi para pendaki pemula sebelum mendaki, sangat disarankan untuk melakukan aklimatisasi sederhana seperti melakukan peregangan, tidak terburu-buru dalam mendaki, dan atur nafas sebaik mungkin supaya tubuh Anda dapat melakukan penyesuaian dengan baik terhadap suhu dingin atau cuaca ekstrem di gunung yang akan Anda daki.

2. Pastikan Perut tidak Kosong

Jangan biarkan perut Anda kosong saat kedinginan. Jika perut Anda terisi, maka tubuh akan lebih baik memproduksi panas tubuh. Makan makanan yang mengandung protein dan karbohidrat tinggi supaya tubuh lebih banyak memproduksi asam laktat dalam tubuh sehingga akan cepat memproduksi panas.

Berikut beberapa makanan yang kaya mengandung karbohidrat dan protein diantarannya kentang, ubi jalar, kacang-kacangan, roti gandum, nasi, dan masih banyak lainnya.

3.  Pakaian Kering

Sudah barang pasti bila mendaki gunung, pakaian yang digunakan lebih tebal dari biasanya. Yang perlu Anda pastikan adalah pakaian harus dalam kondisi kering. Segeralah ganti pakaian  yang basang karena gunung sarat dengan angin yang begitu kencang.

Jika dalam keadaan terpaksa memakai pakaian basah dan tidak ada pakaian kering, maka carilah tempat berlindung untuk menghangatkan diri dari angin kencang.

4. Jangan Banyak Diam

Proses pendakian yang begitu menyita tenaga dan waktu sebaiknya Anda manfaatkan dengan jangan hanya berdiam diri di tenda. Bergeraklah, berjalan-jalan di sekitar sambil melihat keindahan alam. Dengan terus bergerak, maka tubuh akan memicu hangat dari dalam.

5. Istirahat Cukup

Tubuh yang fit sangat memberikan efek positif pada saat Anda berada di puncak gunung. Berjalanlah sesuai kemampuan daya tahan tubuh, karena jika kurang istirahat maka membuat kesadaran ANda semakin berkurang dan juga semakin membuat efek dingin yang menusuk.

Jangan sungkan untuk beristirahat dalam proses pendakian karena bila dipaksakan, maka Anda juga akan memaksa daya tahan Anda untuk berkerja lebih keras.

6. Tidur Berhimpit-Himpitan

Setiap tubuh manusia memiliki sumber suhu panas. Untuk menghangatkan diri dan mengurangi tekanan angin dingin pada tenda, tidurlah behimpit-himpitan. Ini yang biasa dilakukan para pendaki ketika mereka tidur.

Bila dalam suatu saat ada salah satu dari teman Anda yang menderita hipothermia (gejala tubuh sulit mengatasi tekanan suhu dingin), penanganan daruratnya yang Anda bisa lakukan adalah saling berdekapan sehingga akan saling meberikan panas tubuh pada satu sama lain.

Kesimpulan

Cuaca ekstrem memang harus membutuhkan perhatian yang lebih dari para pendaki yang akan melakukan pendakian karena suhu gung akan lebih dingin dari biasanya. Cuaca ekstrem ini akan berlangsung sampai bulan ini, perlu kewaspadaan dan persiapan peralatan pendakian yang matang. Semoga 6 cara siasati suhu dingin di gunung bisa bermanfaat dan terima kasih.
dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

1 comment for "6 Cara Siasati Suhu Dingin Akibat Cuaca Ekstrem di Gunung"

  1. kebayang dinginnya di atas sana, aku alergi dingin, mana bisa ke sana ya

    ReplyDelete

Berlangganan via Email