Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Tools Gratis Untuk Cek Kekuatan Password


alat uji Kekuatan Password
source :pixabay

Salam sobat omahinfo,
Pada era sekarang ini, Anda tak lepas dari penggunaan password untuk berbagai hal seperti email, akun ojek online, dan masih banyak lainnya. Apakah Anda begitu yakin, password yang Anda miliki sudah kuat, tidak mudah ditebak, tidak bisa di hack atau di bobol oleh orang lain? Sekarang ini banyak sekali hacker yang berkeliaran didunia maya, dan mungkin Anda salah satu sasaran untuk di hack atau dibobol password Anda. Ternyata ada 5 Tools gratis yang mampu membantu Anda untuk memastikan password Anda itu kuat, aman dan lebih sulit dibobol atau dihack.

Autentikasi dua faktor, sistem masuk tunggal, dan sistem lainnya telah mempermudah untuk meningkatkan kekuatan password Anda, tetapi password yang kuat tetap berperan penting dalam menjaga keamanan informasi Anda. Peretasan atau pembobolan password lebih mengancam daripada yang diasumsikan banyak orang, dan password yang bersifat umum akan jauh lebih mudah untuk dibobol atau dihack.

Kekuatan sebuah password dapat dinilai dari panjang dan kompleksitas dalam menyusun sebuah password. Terdapat dua faktor utama yang perlu diperhatikan ketika menentukan kekuatan password: volume hacker yang ingin mengetahui password Anda dan kemudahan hacker dalam hal validitas sebuah password.

Selain ditentukan oleh kerumitan password Anda (panjang dan karakter atau simbol yang digunakan), tempat Anda menyimpan password dan dimana saja Anda menggunakan password juga menentukan keamanan password Anda.

Cek Kekuatan Password

Dalam artikel ini, Admin akan membahas tools gratis yang efektif untuk menguji kekuatan password, kerumitan password dan memverifikasi keamanan akun Anda. Meskipun peningkatkan password, tidak dapat sepenuhnya menghilangkan ancaman pelanggaran keamanan, tapi itu masih lebih baik dan lebih aman untuk kegiatan Anda.

1. Nordpass

source : screnshoot Nordpass
 
Nordpass menawarkan pemeriksaan kekuatan password secara online dan gratis dibawah naungan NordVPN. Bersamaan dengan kemampuan untuk memeriksa kekuatan password yang ada, Nordpass juga menyediakan opsi untuk mengembangkan password baru.

Selain itu, Anda dapat mengimpor password lama mereka dan membagikan kredensial login dengan aman kepada teman, anggota keluarga, dan rekan kerja. Sementara fitur lain hanya dapat diakses melalui aplikasi, pemeriksa kekuatan password tersedia di situs web Nordpass.

Nordpass mengevaluasi setiap password dengan memeriksa beberapa elemen dasar: panjang (setidaknya 12 karakter), huruf kecil dan huruf besar, simbol, dan angka. Ini juga memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan password dan menentukan apakah itu telah disusupi dalam pelanggaran data sebelumnya.

Anda dapat memeriksa kekuatan password Anda tanpa mengunduh aplikasi atau bahkan membuat akun, menjadikan Nordpass sangat nyaman. Ini juga menyediakan semua informasi yang Anda butuhkan untuk menentukan apakah password cukup aman.

Ingin cek kekuatan password Anda di Nordpass, silahkan klik link berikut ini 'Cek di Nordpass'

2. UIC Password Strength Test

source : screnshoot UIC
 
Pusat Komunikasi dan Komputasi Akademik UIC (The University of Illinois at Chicago) menawarkan pemeriksa kekuatan password yang kuat dan juga menyediakan berbagai praktik terbaik untuk membuat password yang kuat. Meskipun analisisnya lebih rumit, ini juga memberi Anda wawasan yang lebih dalam tentang kekuatan dan kelemahan dari password yang diberikan.

Seperti Nordpass, UIC tidak meminta pengguna untuk mendaftar. Uji kekuatan password dijalankan di komputer Anda sendiri, sehingga informasi Anda tidak pernah dikirim secara online.

Salah satu keuntungan layanan ini adalah menunjukkan efek yang tepat dari setiap aspek password Anda. Ini juga menyoroti faktor-faktor seperti pengulangan karakter yang tidak dipertimbangkan oleh pemeriksa kekuatan password lainnya. Di sisi lain, UIC tidak menampilkan perkiraan "waktu untuk memecahkan," karena menganggap perhitungan ini tidak dapat diandalkan.

Ingin cek kekuatan password Anda di Akademik UIC, silahkan klik link berikut ini 'Cek di Akademik UIC'.

3. Kaspersky

source : screnshoot Kaspersky
 
Kaspersky adalah bisnis keamanan siber yang memiliki VPN, software antivirus, dan produk-produk lainnya. Pengelola password juga merupakan cara terbaik untuk melacak password Anda. Alat uji kekuatan password Kaspersky tersedia di situsnya, dan Anda tidak perlu mendaftar atau mengunduh apa pun untuk memeriksa password Anda.

Berbeda dengan alat UIC, Kaspersky menggunakan antarmuka yang sederhana dan hanya menawarkan informasi dasar tentang kekuatan password Anda. Hasil pengujian sebuah password ditampilkan secara “umum atau sebuah kata,” sementara hanya menambahkan tanda seru menjadikannya password yang “tahan hack” tanpa informasi tambahan selain perkiraan waktu untuk meretas. Tetapi Kaspersky mencari password Anda pada beberapa kasus pelanggaran data sebelumnya untuk mengonfirmasi bahwa password Anda belum disusupi.

Bersama dengan alat uji kekuatan password, situs web Kaspersky memiliki FAQ dasar tentang membuat password dan memeriksanya secara online. Ini juga memberikan tips untuk keamanan online, seperti mengaktifkan autentikasi dua faktor dan memantau riwayat masuk.

Ingin cek kekuatan password Anda di Kaspersky, silahkan klik link berikut ini 'Cek di Kaspersky'.

4. Comparitech

source : screnshoot comparitech
Seperti Kaspersky, Comparitech berfokus pada layanan keamanan, menyediakan VPN, software antivirus, cadangan cloud, dan banyak lagi. Uji kekuatan password, bersama dengan pembuat password, tersedia untuk semua pengunjung situs web Comparitech.

Mirip dengan UIC, Comparitech memiliki sebuah klarifikasi disclaimer bahwa setiap password yang dimasukkan hanya diproses secara lokal. Dengan kata lain, password yang Anda masukan tidak akan dikirim secara online. Menariknya, ada klarifikasi disclaimer lain yang menunjukkan bahwa uji kekuatan password pada dasarnya terbatas dan tidak pernah dapat menganalisis keamanan password tertentu secara pasti.

Selain perkiraan waktu untuk memecahkan, Comparitech juga memberikan informasi dasar tentang kekuatan password Anda. Misalnya, hal itu menunjukkan bahwa password uji kami berisi kata kamus, tidak terlalu panjang, dan tidak berisi karakter apa pun selain angka dan huruf.

Meskipun Comparitech tidak melangkah sejauh UIC dalam menawarkan wawasan mendetail tentang password Anda, Comparitech masih akan mengidentifikasi kelemahan yang mencolok. Anda juga dapat menggunakan pembuat password atau saran di bawahnya jika Anda ingin mengembangkan password yang lebih baik.

Ingin cek kekuatan password Anda di Comparitech, silahkan klik link berikut ini 'Cek di Comparitech'.

5. LastPass

source : screnshoot LastPass
LastPass adalah salah satu pengelola password paling populer, dengan aplikasi yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Tools uji kekuatan password tersedia secara gratis di situsnya dan tidak akan menyimpan atau mengirimkan data Anda.

Setelah Anda memasukkan password, LastPass akan memberikan nilai secara keseluruhan, bersama dengan tips khusus untuk membantu Anda melakukan optimasi lebih lanjut. LastPass akan mengidentifikasi password uji Anda terlalu pendek, berisi kata kamus atau password yang dikenal, dan tidak memiliki simbol apa pun.
Baca Juga : Cara Ganti Password Spotify

Sayangnya, LastPass tidak memeriksa sandi Anda dalam pelanggaran sebelumnya, jadi tidak ada cara langsung untuk mengetahui apakah password sudah diidentifikasi. Ini adalah langkah penting dalam proses pemeriksaan kekuatan sandi, jadi jangan lupa untuk memverifikasi informasi ini sebelum menyelesaikan password baru.

Ingin cek kekuatan password Anda di LastPass, silahkan klik link berikut ini 'Cek di LastPass'.

Kesimpulan

Kita semua tahu praktik terbaik untuk password adalah lebih panjang lebih baik disisipi dengan angka dan simbol itu lebih bagus, dan kata-kata kamus (umum di masyarakat) cenderung lebih lemah, tetapi mungkin sulit untuk mengenali semua potensi kekurangan dalam password Anda sendiri. 5 tools atau situs-situs ini akan membantu Anda menghindari penggunaan password yang rentan, kuat, rumit, dan menjaga informasi Anda tetap aman dari peretas dan aksi kejahatan lainnya. Semoga bermanfaat informasi 5 tools ujimkekuatas password dan terima kasih.
dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

2 comments for "5 Tools Gratis Untuk Cek Kekuatan Password"

  1. baru tau ada aplikasi semacam ini, bisa jadi opsi kalo mau bikin pass yg ga terlalu sulit tapi tetap aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berkunjug di blog saya, mungkin yang lebih menjadi perhatian adalah password yang kuat juga harus diimbangi dengan daya ingat yang kuat pemilik paswword, hehehe

      Delete

Berlangganan via Email