Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membackup Data iPhone Untuk Amankan Ponsel Anda

Cara Mencadangkan Data iPhone Untuk Amankan Ponsel Anda
ilustrasi smartphone iPhone, source: pixabay

Salam sobat omahinfo,
Mengetahui cara mencadangkan iPhone dapat menjadi perbedaan antara kehilangan semua data Anda atau tidak, saat Ponsel Anda rusak atau hilang.

Mengetahui Hp Anda hilang atau mengalami kerusakan yang sangat parah sehingga Anda bahkan tidak dapat menggunakannya, itu adalah mimpi buruk teknologi. Namun, data di dalamnya yang paling penting bagi kebanyakan dari Anda. Bukan kaca, mesin penyusun dan aluminium di luar.

Menggunakan iPhone seperti yang disarankan oleh Apple itu akan memberikan kemungkinan besar sulit untuk kehilangan sebagian besar hal yang Anda hargai, seperti foto dan pesan. Namun, Anda masih harus mempelajari cara membackup untuk memastikan Anda siap untuk kemungkinan yang terburuk.

Disini akan diperlihatkan atau dijabarkan cara Anda dapat membackup data dengan langkah-langkah yang disarankan dari Apple sendiri, dan cara pihak ketiga untuk menjaga keamanan data Anda.

Cara Membackup iPhone ke iCloud

Apple seperti membuat hidup Anda sebagai pemilik ponselnya menjadi mudah, karena Apple mempunyai cara tersendiri dalam melakukan sesuatu. Semua ponselnya baik itu iPhone, iPad, Mac, dll disatukan dengan iCloud, perusahaan layanan backup online.dan membuat pengamanan data Anda sangat mudah.

Untuk memeriksa apakah Anda telah mengaktifkan backup iCloud, buka Pengaturan (Settings) di ponsel Anda, ketuk nama Anda di bagian atas daftar dan pilih iCloud, di dekat bagian atas sistem menu. Pada halaman ini Anda akan melihat daftar semua aplikasi dan layanan yang saat ini terhubung ke iCloud.

Biasanya foto menghabiskan banyak memori. Ketuk entri Foto di halaman iCloud dan Anda akan mendapatkan gambaran tentang cara kerjanya. Sebagai standar pada tahun 2019, iPhone disetel ke mode yang disebut "Optimalkan Penyimpanan iPhone (Optimize iPhone Storage)".

Ini akan mengunggah foto Anda ke iCloud dengan resolusi penuh, dan, saat iPhone Anda mulai kehabisan ruang, diam-diam akan mengganti file lokal tersebut dengan yang lebih kecil.

Game Center juga sangat penting. Ini menyimpan kemajuan Anda dalam banyak permainan, jadi Anda tidak perlu khawatir jika Anda membeli Ponsel baru atau kehilangan Ponsel Anda.

Tapi bagaimana cara kerja iCloud dalam membackup? IPhone Anda akan secara otomatis memperbarui cadangan cloud-nya secara teratur, kemungkinan secara otomatis di pagi hari.

Selain tiu, Anda juga dapat melakukannya secara manual. Bukalah menu Pengaturan> iCloud> Cadangan iCloud, Anda akan melihat switch master untuk membackup iCloud Anda, dan opsi untuk merefresh secara paksa apa yang disimpan di iCloud.

iCloud itu sangat nyaman, mudah, dan dapat diandalkan. Tetapi jika Anda menggunakannya cukup lama, Anda akan segera mendapati peringatan batas penyimpanan gratis. Anda akan mendapatkan penyimpanan online sebesar 5GB sebagai standar, jika Anda seorang yang suka fotografi itu mungkin kapasitasnya terlalu kecil.

Buka Pengaturan (Settings)> Kelola Paket Penyimpanan ( Manage Storage Plan)> Ubah paket Penyimpanan ( Change Storage plan) dan Anda dapat meningkatkan ruang penyimpanan hingga 2TB, tetapi Anda harus membayar. Jadi pilihannya berada ditangan Anda?

Cara Membackup iPhone ke Google Foto

Anda dapat menggunakan layanan backup foto Android dari Google meskipun Anda memiliki atau menggunakan sebuah iPhone. Bahwa Google Foto atau Google Photos menawarkan penyimpanan gambar gratis dan tidak terbatas dengan kualitas rendah sebagai daya tarik utama.

Foto Anda akan diturunkan dalam hal resolusi jika lebih dari 16 megapiksel, jadi tidak ada masalah untuk iPhone Anda. Google secara otomatis melakukan kompresi, untuk membuatnya file tsb memakan lebih sedikit ruang di servernya.

Anda memerlukan dua hal untuk memulai pencadangan Google Foto. Pertama, aplikasi Google Foto. Unduh saja dari App Store.

Akun Google juga diperlukan. Sebagian besar dari Anda mungkin sudah memilikinya. Jika tidak? Cukup daftar di gmail.com.

Google Foto tidak menurunkan kualitas foto Anda. Anda juga bisa mengupload versi aslinya. Sama seperti iCloud, Anda dibatasi oleh penyimpanan yang dialokasikan ke akun Anda. Namun, Google sedikit lebih murah hati daripada Apple. Google Foto menawarkan 15GB sebagai standar bukan sebesar 5GB.

Anda akan melihat opsi untuk membackup foto melalui Google Foto saat pertama kali Anda menjalankan aplikasi di iPhone.

Cara Membackup iPhone ke iTunes

Jika Anda sedang duduk di depan MacBook atau ponsel iPhone Anda, pasti Anda akan bertanya-tanya mengapa semua orang terobsesi dengan 'cloud' untuk perihal backup.Sebenarnya ada cara lain. Anda juga dapat mencadangkan iPhone dengan cara lama, menggunakan iTunes.

iTunes mengunduh semua konten dari ponsel Anda ke hard drive Anda, untuk backup yang tampak lebih solid daripada yang dapat disediakan iCloud.

Sangat mudah. Hubungkan iPhone Anda ke laptop atau desktop Anda menggunakan kabel pengisi daya dan jalankan iTunes. Jika ini adalah pertama kalinya Anda menghubungkan keduanya, Anda harus mengetuk telepon untuk 'mempercayai' komputer.

Di tab Summary di area iPhone di iTunes, Anda akan melihat kotak backup. Ini memungkinkan Anda beralih dari backup iCloud ke penyimpanan lokal, dan secara manual membuat file cadangan atau backup.

Baca Juga : Cara Mudah Backup Data Android

Bagi kebanyakan orang, ini hanya pilihan yang baik jika Anda memiliki hard drive besar daripada penyimpanan solid-state MacBook. SSD MacBook sangat cepat dan sangat mahal per gigabyte, sehingga bisa dibilang terbuang percuma untuk data cadangan atau backup yang hanya akan tersimpan di sana.

Cara Membackup iPhone Pakai Aplikasi Pihak Ketiga

Ada juga beberapa aplikasi pihak ketiga yang memberi Anda lebih banyak kendali daripada solusi Apple sendiri. Saat Anda membackup dengan iTunes, Anda akan mendapatkan file yang sebagian besar tidak dapat ditembus atau sentuh sampai Anda perlu menggunakannya untuk memulihkan ke iPhone baru.

Ada sebuah aplikasi yang bernama iPhone Backup Extractor yang memungkinkan Anda menelusuri konten backup. Ini sangat berguna, semisal iPhone Anda dicuri dan Anda memutuskan untuk beralih ke Android. Dalam hal ini, Anda mungkin bisa mendapatkan semua foto yang disimpan di iCloud tanpa hambatan, tetapi jenis data lain mungkin lebih bermasalah. Aplikasi cadangan pihak ketiga ini membantu memberikan solusi.

iPhone Backup Extractor memungkinkan Anda mengekstrak pesan SMS, iMessages, riwayat panggilan, rekaman suara, obrolan WhatsApp dan Tinder, dan banyak lagi.

Seperti halnya perangkat lunak pihak ketiga yang menangani data Anda, Anda harus ekstra hati-hati tentang aplikasi yang Anda percayai. Dan inilah mengapa Anda benar-benar perlu bergabung dengan layanan yang diakui dan berjalan lama seperti iPhone Backup Extractor atau iMazing, daripada layanan yang mengklaim menyimpan cadangan Anda secara gratis.

Versi gratis iPhone Backup Extractor memungkinkan Anda mengekstrak empat file dari cadangan atau backup, untuk memeriksanya berfungsi dengan antarmuka dengan cukup baik. Untuk versi berfitur lengkap, Anda harus membayar $ 69,95 atau sekitar Rp 1 jutaan.

Kesimpulan

Itulah panduan definitif untuk membackup iPhone Anda sehingga Anda tidak berisiko kehilangan data Anda baik melalui cara apple sendiri maupun menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jika menggunakan aplikasi pihak ketika pastikan keamanan data Anda. Semoga artikel cara memback up iPhone ini bermanfaat dan terima kasih.

dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Cara Membackup Data iPhone Untuk Amankan Ponsel Anda"

Berlangganan via Email