Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membackup Data di Smatphone Android Anda

 

Cara Mencadangkan Data Hp Android Anda
ilustrasi sebuah smartphone Android, source : pixabay

Salam sobat omahinfo,
Ada sebuah kalimat yang akan membuatmu berpikir kembali tentang kehilangan yaitu 'Anda tidak tahu apa yang Anda miliki sampai sesuatu itu menghilang.

Ambil smartphone Anda sebagai contoh. Anda mungkin tidak dapat memberi tahu siapa pun secara detail tentang apa yang Anda miliki atau simpan di smartphone Anda, baik itu foto selfie yang tak terhitung jumlahnya, meme, WhatsApp, email, kontak, dan lainnya, tetapi jika smartphone Anda menghilang secara misterius besok, Anda akan hancur.

Bagi kebanyakan orang, smartphone Anda adalah arsip penting. Selfie dari kencan pertama Anda. Video langkah pertama anak Anda. Nomor panggil cepat ke makanan cepat saji lokal di kota Anda. Jika semua benda digital berharga hilang, Anda pasti akan meratapinya.

Syukurlah Anda memiliki kekuatan untuk melindungi semua informasi penting Anda hanya dengan beberapa klik, jadi jika yang terburuk terjadi dan smartphone Anda hilang, dicuri, atau dipindahkan ke dimensi lain, informasi penting, kenangan, dan skor tinggi Candy Crush Anda, akan aman.

Panduan khusus ini akan menunjukkan cara membackup smartphone Android Anda, sehingga Anda dapat memulihkan apa pun yang hilang, atau memindahkan semua items ke smartphone baru agar bisnis dapat berjalan seperti biasa. Jika Anda adalah penggemar Apple yang membawa kartu, buka panduan pencadangan iPhone. Ini bukan berarti Anda tidak disarankan untuk membaca ini, karena tidak akan ada kaitannya proses backup iPhone.

Untuk Anda, para pengguna Android, sebelum Anda melihat panduan ini, silahkan untuk membuat minuman dan membawa makanan kecil untuk menemani. Meskipun tidak ada yang sulit, itu tidak semudah solusi backup iCloud di toko serba ada di iPhone. Agak menjengkelkan, karena ada beberapa hal di Android yang perlu dibackup menggunakan metode dan atau aplikasi yang berbeda, tetapi sejujurnya tidak ada yang tidak dapat Anda tangani.

Layanan Google sendiri telah memenuhi semua kebutuhan backup data berharga Anda, jadi bersiaplah untuk membackup data favorit pada smartphone Android Anda, dan mari selami lebih dalam.

Cara Membackup Foto di Android ke Google Foto

Selain kontak Anda, foto yang disimpan di smartphone Anda mungkin adalah aset paling berharga yang kita miliki. Untungnya, membackupnya sangat mudah, berkat kekuatan Google Foto. Jika Anda belum menginstalnya, Anda dapat mengunduhnya dari Play Store.

source : screenshot from my phone & account

Setelah selesai, lanjutkan dengan langkah-langkah di bawah ini, dan Anda akan tidur nyenyak karena mengetahui bahwa jepretan Anda otomatis dibackup ke cloud setiap harinya.
  1. Buka aplikasi Google Foto
  2. Ketuk foto profil Anda di kanan atas untuk membuka menu, lalu pilih 'Pengaturan Foto (Photos Settings)'
  3. Pilih 'Cadangkan & sinkronkan (Backup & sync)'
  4. Nyalakan jika belum
  5. Ketuk 'Ukuran unggahan (Upload size)' dan centang apakah sudah disetel sesuai keinginan Anda. Kualitas tinggi adalah yang kami inginkan, karena Anda dapat mengunggah foto tanpa batas pada setelan kualitas ini. Jika Anda ingin mengupload foto dalam kualitas aslinya, Anda akan segera kehabisan ruang, dan harus membayar untuk penyimpanan ekstra, tetapi Anda boleh melakukannya. Kebanyakan orang tidak akan ragu dengan opsi kualitas tinggi karena fotonya masih lebih dari cukup jelas.
  6. Pastikan opsi untuk 'Penggunaan data seluler (Mobile data usage)' disetel ke nonaktif, sehingga foto dibackup saat Anda terhubung ke Wi-Fi saja, jika tidak, Anda akan membilas data.
  7. Opsi terakhir di laman tersebut adalah 'Cadangkan folder perangkat (Back up device folders’)', yang memungkinkan Anda secara manual memilih folder lain di smartphone selain dari rol kamera, yang ingin Anda backup. Gambar WhatsApp adalah contoh umum folder lain yang sering dibackup orang.


Cara Membackup Kontak di Android ke Google

 

source : screenshot from my phone & account

Kontak Anda sangat berharga. Untungnya, membackupnya sangat mudah. Metode ini akan memastikan bahwa daftar kontak ditambahkan secara teratur ke akun Google Anda, termasuk kontak yang baru yang Anda tambahkan di masa mendatang.

  1. Buka Pengaturan di smartphone Anda
  2. Pilih 'Akun' (atau 'Pengguna & akun')
  3. Pilih akun Gmail atau Google Anda
  4. Pastikan kontak diaktifkan di daftar, sehingga secara otomatis disinkronkan
  5. Hal lain dalam daftar termasuk Docs, Gmail, Calendar dan banyak lagi. Pastikan ini semua diaktifkan juga jika Anda ingin mereka juga dibackup.


Cara Membackup Chat dan Media WhatsApp ke Google Drive

 

source : screenshot from my phone & account

WhatsApp telah menjadi aplikasi perpesanan default untuk jutaan pengguna Android, dan kehilangan semua percakapan Anda akan menjadi pukulan yang cukup berat, terutama jika mereka juga menyertakan foto sentimental.
Baca Juga : 5 Could Storage TerbaikUntuk Penyimpanan Data

Untungnya, ada cara yang kuat dan mudah untuk membuat seluruh konten WhatsApp Anda dibackup setiap malam secara otomatis, sehingga Anda dapat tenang mengetahui bahwa tidak ada yang akan hilang.
  1. Buka WhatsApp
  2. Ketuk tiga titik di kanan atas dan pilih 'Pengaturan (Settings)'
  3. Ketuk 'Obrolan (Chats)'
  4. Ketuk 'Backup chat (Chat backup)'
  5. Setel 'Cadangkan ke Google Drive (Back up to Google Drive)' ke Harian.
  6. Pastikan 'Cadangkan (Back up over)' disetel ke Wi-Fi saja, untuk menghemat pembakaran data Anda
  7. Jika Anda juga ingin video Anda dicadangkan selain percakapan obrolan, grup, dan foto, Anda dapat memilih 'Sertakan video (Include videos)' di bagian bawah

Cara Membackup  Semua Pengaturan Lainnya dan Aplikasi ke Google

Fitur praktis lainnya yang dibangun di Android adalah kemampuan untuk membackupkan data perangkat seperti kata sandi Wi-Fi, riwayat panggilan dan data aplikasi (seperti pengaturan dan file yang disimpan oleh aplikasi).

Ini sangat berguna saat Anda menyiapkan smartphone baru, karena Anda dapat memilih untuk memulihkan smartphone baru berdasarkan backup ini, pada dasarnya mengubahnya menjadi smartphone lama Anda, lengkap dengan semua aplikasi yang sebelumnya Anda pasang.
  1. Buka Pengaturan smartphone Anda
  2. Gulir ke bawah dan pilih 'Sistem & pembaruan (System & updates)'
  3. Ketuk 'Cadangkan ke Google (Back up to Google)'
  4. Pastikan sakelar 'Cadangkan ke Google (Back up to Google)' diaktifkan jika belum diaktifkan.

Cara Membackup Smartphone Android Anda Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang tersedia yang juga memberikan opsi tambahan dan beberapa opsi yang dibahas di atas dimana semuanya gratis dan mudah diterapkan, bisa dikatakan lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan kebanyakan orang.

Jika Anda seorang penggemar Android ada sebuah aplikasi yang bernama Titanium Backup yang mana bisa dikatakan sebagai raja mutlak dari aplikasi cadangan Android pihak ketiga. Intinya, Titanium Backup sepenuhnya mengkloning seluruh smartphone Anda, dari setiap aplikasi, ke setiap pengaturan, dan memungkinkan Anda untuk memindahkannya ke smartphone lain, menghemat kerumitan mencadangkan bagian dalam berbagai langkah berbeda.

Selain itu ada downside, jika Anda menggunakan ini dengan desainnya yang sangat ketinggalan jaman dan Anda harus memiliki perangkat Android yang di-rooting. Tapi jika Anda sudah mahir untuk smartphone Android yang di-rooting, Anda tidak akan mengalami masalah menggunakan Titanium Backup untuk mengkloning smartphone Anda.

Kesimpulan:

Itulah panduan khusus yang akan menunjukkan cara membackup smartphone Android Anda baik itu foto selfie yang tak terhitung jumlahnya, meme, WhatsApp, email, kontak, dan lainnya, sehingga Anda dapat memulihkan apa pun yang hilang, atau memindahkan semua items ke smartphone baru agar bisnis dapat berjalan seperti biasa. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.
dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Cara Membackup Data di Smatphone Android Anda"

Berlangganan via Email