Contoh Soal Perbandingan Jika Dikerjakan Bersama

Table of Contents
Contoh Soal Perbandingan Jika Dikerjakan Bersama
Contoh Soal Perbandingan Jika Dikerjakan Bersama

Contoh soal perbandingan senilai yang terakhir di upload, apakah sudah berhasil dikuasai? Jika belum disarankan untuk mencoba memahami soal dan pembahasannya secara mendalam. Siapkan cemilan untuk menambah semangat atau kopi atau teh  untuk menambah ketenangan maupun fokus.

Setelah mendalami contoh soal perbandingan, jika masih kebingungan bisa buka kembali materi perbadingan di sini.  Tidak perlu terburu-buru memahami, disaranakan pelan-pelan asal pasti.

Perbandingan bisa dikatakan sebagai salah satu materi matematika tingkat SMP yang penting dipelajari, karena bisa digunakan untuk menyelesaikan dari soal sederhana hingga yang bersifat soal itu kompleks. Ada kalanya materi ini digunakan untuk menghitung lama seorang atau beberapa orang menyelesaikan suatu pekerjaan. Untuk lebih memahaminya, silahkan pahami dan telaah contoh soal dan pembahasan dibawah ini.

Contoh Soal Perbandingan Jika Dikerjakan Bersama

Bapak Andi mempunyai sebidang tanah yang ingin diolah supaya tanah sawah tersebut siap ditanam. Paginya pak Andi meminta bantuan bapak Nardi dan bapak Paino untuk mengerjakan sawahnya. Pak Nardi biasanya membutuhkan waktu 6 hari untuk menyelesaikan ladang dengan ukuran sama dengan sebidang sawah yang dimiliki Pak Andi, sedangkan Paino membutuhkan waktu 12 hari. Jika mereka berdua bekerja sama untuk menyelesaikan sebidang awah pak Andi, berapa lama waktu yang mereka butuhkan?


Pembahasan Contoh Soal Perbandingan Jika Dikerjakan Bersama

Diketahui:
    Misal: waktu yang dibutuhkan= $h$
    Nardi= $n$
    Paino= $p$
    $h_{n}=6$
    $h_{p}=12$

Ditanya: Waktu yang dibutuhkan jika pak Nardi dan pak Paiono bekerjasama ($h_{n+p}$?

Jawab

Cara Biasa:

Waktu yang dibutuhkan, jika dikerjakan secara bersama oleh pak Nardi dan Pak Paino  untuk menyelesaikan sebidang sawah Pak Andi
$\frac{1}{h_{n+p}} =\frac{1}{h_{n}}+\frac{1}{h_{p}}$
$\rightarrow \frac{1}{h_{n+p}} = \frac{1}{6}+\frac{1}{12}$
$\rightarrow \frac{1}{h_{n+p}}=\frac{2+1}{12}$
$\rightarrow \frac{1}{h_{n+p}}=\frac{3}{12}$
$\rightarrow \frac{1}{h_{n+p}}=\frac{1}{4}$
Sehingga didapat
$\rightarrow h_{n+p}=4$


Cara Cerdas

Ada cara cepat cerdas untuk mengerjakan  soal ini dengan rumus : $h=\frac{h_{1}\times h_{2}}{h_{1}+h_{2}} $. Dari rumus diatas didapat:
$h_{n+p}=\frac{h_{n}\times h_{p}}{h_{n}+h_{p}}$
$\rightarrow h_{n+p}=\frac{6\times 12}{6+12}$
$\rightarrow h_{n+p}=\frac{72}{18}$
$\rightarrow h_{n+p}=4$

 

Jadi lama waktu yang dibutuhkan pak Nardi dan Pak Paino untuk menyelesaikan sebidang tanah pak Andi adalah 4 hari.


Setelah membaca contoh soal diatas, bagaimana apakah pemahanmu terkait materi perbandingan khususnya jika pekerjaan dikerjakan secara bersama-sama? Jika ingin mempelajari materi matematika SMP lainnya, bisa baca di sini. Jangan lupa dukung website ini, dengan tinggalkan komentar di kolom komentar serta share artikel ini jika bermanfaat.

dedi_i
dedi_i Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment