Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Secara Online

Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Secara Online
Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan
source : pixabay

Setelah menjadi anggota atau peserta jaminan sosial kesehatan dari pemerintah yaitu BPJS Kesehatan, Kalian harus membayar iuran tiap bulannya. Jika kalian tidak mampu membayar iuran tersebut, pemerintah telah memberikan kemudahan dengan cara turun kelas atau bisa mengajukan menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Jika Anda tidak memperdulikan iuran Anda dengan tidak membayar, itu akan mengakibatkan kesulitan bagi status kepesertaan Anda dimasa depan. Bingung dengan status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda, karena alasan tertentu. Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat BPJS Kesehatan meningkatkan pelayan mereka untuk akses status keanggotan secara online. Berikut cara untuk mengecek status keanggotaan BPJS kesehatan via Online:

Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Online

1. BPJS Checking

Melalui situs resmi BPJS Kesehatan untuk mengetahui status kepesertaan Anda, sebagai berikut :
  • Bukalah situs resmi BPJS Kesehatan
  • Isilah Nomor Kartu dengan Nomor Kartu BPJS Kesehatan Anda (untuk melihatnya Anda bisa melihat nomor yang tertera di kartu Anda), Kolom Tanggal Lahir, Kolom Verifikasi atau Anka Validasi.
  • Pastikan Semua Kolom terisi dengan benar dan sesuai dengan data Anda.
  • Setelah itu tekan tombol "Cek".
  • Kemudian situs BPJS Kesehatan akan menampilkan seluruh informasi mengenai kepesertaan Anda yang berisi tentang identitas Anda, status peserta, jenis peserta, hingga jumlah anggota keluarga yang ditanggung oleh Anda. Selain itu, akan menampilkan tagihan, denda, total tagihan, tanggal pembayaran dan saldo.

2. Aplikasi Mobile BPJS Kesehatan

Selain menggunakan situs resmi BPJS Kesehatan, Kalian juga bisa mengecek status kepesertaan Anda lewat aplikasi mobile BPJS Kesehatan yang bernama mobile JKN. Berikut cara mengecek status kepesertaan Anda melalui aplikasi BPJS Kesehatan :

  • Buka aplikasi mobile JKN di smartphone Anda, jika belum ada, Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store.
  • Silahkan "log in" dengan memasukan nomor kartu BPJS atau email Anda dan password. Jika anda belum pernah mendaftar, silahkan daftar terlebih dahulu dengan klik "register" kemudian isi kolom nomor kartu BPJS, nomor KTP, tanggal lahir, nama depan ibu kandung, email(sesuai email saat mendaftar), nomor yang bisa dihubungi(sesuai email saat mendaftar), dan siapkan password. AKan ada email verifikasi yang berisi kode angka yang harus anda salin dan masukan ke dalam form aplikasi. Kemudian klik "verify".
  • Setelah masuk ke aplikasi, anda akan diarah ke menu utama dan menampilkan fitur-fitus yang ada diaplikasi mobile JKN.
  • Untuk mengetahuo status kepesertaan Anda, silakan klik menu "Peserta", kemudian akan menampilkan informasi status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda dan keluarga serta iuran tagihan perbulan.

3.Call Center BPJS

Selain melalui situs Resmi BPJS Kesehatan dan aplikasi mobile JKN untuk cek keanggotaan BPJS Kesehatan Online adalah dengan menghubungi call center BPJS Kesehatan ke nomor 1500 400 yang terhubung ke pusat Customer Service BPJS yang siap menangani pertanyaan maupun keluhan seluruh peserta selama 24 jam. Selain itu lewat call center, kalian juga melayani berbagai keluhan yang Anda pernah rasakan atau alami terkait dengan BPJs Kesehatan.

4. SMS Getaway

Layanan SMS Gateway ini bisa diakses melalui nomor 08777-5500-400. Ada beberapa format SMS yang dapat kalian pergunakan untuk mengakses informasi data pribadi peserta dan fasilitas kesehatan yang terdaftar, Berikut format-formatnya :
  • NIK <spasi> Nomor Induk Kepegawaian
  • NOKA <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan
  • NIP <spasi> Nomor Induk Pegawai
Kirim ke nomor 08777-5500-400, jangan dikirim ke tetangga atau temen, hehehehe.

Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Sedangkan untuk mengetahui besaran tagihan iuran, dengan format :
  • Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan
Kirim ke nomor 08777-5500-400, jangan dikirim ke tetangga atau operator lain, nanti tidak ada jawaban, bisa-bisa malah pada bingung jawabnya.

Baca Juga : Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Jika Anda termasuk orang yang suka interaksi dan lebih percaya 'face to face' atau offline, Anda bisa mendatangi langsung kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat atau  mengunjungi BPJS Mobile Customer Service.

Peserta BPJS Non Aktif


Saat Anda mengecek status keanggotaan peserta BPJS Kesehatan dan mendapati status Anda Non Aktif atau tidak aktif, jangan bingung. Mungkin ada beberapa alasan yang membuat itu terjadi, diantaranya :

1. Anda Menunggak Iuran

Jika Anda seorang pekerta di salah satu perusahaan atau sebuha badan usaha seharusnya iuran BPJS Kesehatan dipotong dari gaji yang Anda terima. Jika menmukan masalah itu segera hubungi HRD atau Payrol. Jika Anda mandiri, Anda harus rajin memeriksa traksaksi pembayaran terakhir iuran, sehingga akan mengetahui ada tunggakan tagihan atau tidak.

2. Berusia 21 Tahun

Seorang Anak akan berubah status keanggotan BPJS Kesehatan ketika dia sudah berumur 21 tahun, maka dia perlu memiliki BPJS Kesehatan sendiri. Hal ini akan berbeda, jika sang anak masih dalam proses pendidikan tapi hanya berlaku sampai umur 25 Tahun. Otomatis setelah umur 25 Tahun meskipun status keanggotaan akan berubah non aktif.

3. Dianggap Sudah Mampu Bayar Iuran Sendiri

Kondisi ini akan berlaku pada Anda yang menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran, status keanggotaan Anda akan berubah menjadi non aktif, karena Anda dianggap telah mampu membayar iuran sendiri dan tidak akan lagi menerima bantuan iuran.

Lupa Email Yang Terdaftar di BPJS Kesehatan

Jika Kalian lupa PIN/password untuk login, silahkan melakukan reset PIN dengan mengklik link lupa PIN. Jika anda belum memiliki Akun, silahkan melakukan pendaftaran dengan mengklik link Registrasi. Lain Halnya jika anda kehilangan email yang sudah terdaftar, kalian tidak perlu khawatir, menurut saya langkat berikut yang bisa menjawab kekhawatiran Kalian dan hati bisa tenang. Berikut yang harus Kalian lakuakan jika lupa email yang terkait dengan bpjs ketenaga kerjaan :

Baca Juga : Cek Ketersediaan Kamar Rumah Sakit via Online
  1. Persiapkan seluruh data yang biasa digunakan saat pertama kali mendaftar BPJS Kesehatan, untuk mengantisipasi jika diperlukan dokumen untuk mencocokkan dengan data yang sudah tersimpan.
  2. Kunjungi Kantor BPJS Kesehatan terdekat, ketika kalian mendatangi kantor BPJS Kesehatan, kalian akan mendapatkan perjelasan secara menyeluruh tentang apa yang harus Kalian lakukan. Selain itu pertemuan antar muka membuat kalian merasa tenang karena yang menjawab berbagai pertanyaan kalian adalah seorang yang bekerja secara resmi di BPJS Kesehatan. 


Kesimpulan :

Pemerintah telah menyiapkan program BPJS Kesehatan guna membantu Warga negaranya dalam hal jaminan sosial kesehatan. Jika Anda tak mampu membayar iuran, kalian bisa turun kelas atau mengajukan menjadi peserta PBI. Menurut penelitian iuran ini termasuk yang termurah, jadi selalu cek status kepesertaan BPJS Kesehatan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Secara Online"

Post a Comment

Cerdaslah dalam berkomentar