Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Online

Cara Cek Keanggotan BPJS Kesehatan Anda Aktif Atau Tidak

Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan online
Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan


Salam sobat omahinfo,
Cek keanggotan BPJS Kesehatan adalah sebuah hal yang penting untuk Anda para peserta BPJS Kesehatan. Pemerintah melalui BPJS Kesehatan telah memberikan kemudahan untuk melakukan pengecekan keanggotaan via online. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui aktif atau tidak keanggotaan BPJS Kesehatan Anda dan keluarga. Dalam artikel ini, akan menjelaskan cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan baik secara online maupun offline.

Setelah menjadi anggota atau peserta jaminan sosial kesehatan dari pemerintah yaitu BPJS Kesehatan, Anda harus membayar iuran tiap bulannya. Jika Anda tidak mampu membayar iuran tersebut, pemerintah telah memberikan kemudahan dengan cara turun kelas atau bisa mengajukan menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). 
 
Jika Anda tidak memperdulikan iuran Anda dengan tidak membayar, itu akan mengakibatkan kesulitan bagi status keanggotaan Anda dimasa depan. Jika karena pekerjaan Anda atau alasan tertentu, sehingga Anda jadi bingung tentang BPJS Kesehatan termasuk status keanggotaan Anda baik itu yang dibayarkan perusahaan ataupun mandiri.  Pihak BPJS telah memberikan kemudahan bagi anggotanya. Dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, BPJS Kesehatan berusaha memberikan pelayanan yang semakin maksimal dan semakin mudah bagi anggota BPJS Kesehatan. 

Sebagai contoh salah satu masalah yang sering dihadapi oleh anggota terkait status keanggotaanatau kepesertaan, BPJS memberikan beberapa pilihan cara untuk mengecek status keanggotaan BPJS Kesehatan baik secara online maupun. Dengan meningkatkan pelayanan mudah dan simpel, BPJS Kesehatan berusaha memberikan pelayanan terbaiknya kepada setiap anggota tak terkecuali. 

Pelayanan yang baik akan semakin membuat BPJS Kesehatan semakin dekat dengan masyarakat dan mengentaskan masalah kesehatan yang sudah sejak lama menjadi polemik yang begitu panjang di negeri ini. Tak perlu lama-lama lagi, mari kita simak beberapa pilihan cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan online maupun offline.

Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Online

Proses pengecekan yang dulunya masih bersifat offline, membuat pelayanan kesehatan kepada masyarakat masih terkesan kurang maksimal. Seiring perkembangan zaman, BPJS Kesehatan juga ingin berkembang menjadi salah satu lembaga asuransi yang terbaik. BPJS Kesehatan pun merombak beberapa sistem yang tadinya offline diubah menjadi online, meskipun begitu sistem offline tetap dipertahankan untuk melayani anggota yang langusng datang ke kantor BPJS. Sqalah satunya adalah cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan. Untuk lebih lengkapnya, akan dijelaskan sebagai berikut. Berikut beberapa cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan secara online diantaranya :

1. BPJS Checking

Pilihan pertama untuk cek keanggotaan BPJS Kesehatan online adalah melalui situs resmi BPJS Kesehatan untuk mengetahui status kepesertaan Anda, sebagai berikut :
  • Bukalah situs resmi BPJS Kesehatan (Untuk Sekarang Disarankan Via Aplikasi Mobile JKN Android)
  • Isilah Nomor Kartu dengan Nomor Kartu BPJS Kesehatan Anda (untuk melihatnya Anda bisa melihat nomor yang tertera di kartu Anda), Kolom Tanggal Lahir, Kolom Verifikasi atau Anka Validasi.
  • Pastikan Semua Kolom terisi dengan benar dan sesuai dengan data Anda.
  • Setelah itu tekan tombol "Cek".
  • Kemudian situs BPJS Kesehatan akan menampilkan seluruh informasi mengenai kepesertaan Anda yang berisi tentang identitas Anda, status peserta, jenis peserta, hingga jumlah anggota keluarga yang ditanggung oleh Anda. Selain itu, akan menampilkan tagihan, denda, total tagihan, tanggal pembayaran dan saldo.

2. Aplikasi Mobile BPJS Kesehatan

Selain menggunakan situs resmi BPJS Kesehatan, Anda juga bisa mengecek status kepesertaan atau keanggotan Anda lewat aplikasi mobile BPJS Kesehatan yang bernama mobile JKN. Berikut cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan Anda melalui aplikasi Mobile JKN :

  • Buka aplikasi mobile JKN di smartphone Anda, jika belum ada, Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store.
  • Silahkan "log in" dengan memasukan nomor kartu BPJS atau email Anda dan password. Jika anda belum pernah mendaftar, silahkan daftar terlebih dahulu dengan klik "register" kemudian isi kolom nomor kartu BPJS, nomor KTP, tanggal lahir, nama depan ibu kandung, email(sesuai email saat mendaftar), nomor yang bisa dihubungi(sesuai email saat mendaftar), dan siapkan password. AKan ada email verifikasi yang berisi kode angka yang harus anda salin dan masukan ke dalam form aplikasi. Kemudian klik "verify".
  • Setelah masuk ke aplikasi, anda akan diarah ke menu utama dan menampilkan fitur-fitus yang ada diaplikasi mobile JKN.
  • Untuk mengetahuo status kepesertaan Anda, silakan klik menu "Peserta", kemudian akan menampilkan informasi status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda dan keluarga serta iuran tagihan perbulan.

3. Call Center BPJS Kesehatan

Selain melalui situs Resmi BPJS Kesehatan dan aplikasi mobile JKN, untuk cek keanggotaan BPJS Kesehatan Online adalah dengan menghubungi call center BPJS Kesehatan ke nomor 1500 400 yang terhubung ke pusat Customer Service BPJS yang siap menangani pertanyaan maupun keluhan seluruh peserta selama 24 jam. Selain itu lewat call center, kalian juga melayani berbagai keluhan yang Anda pernah rasakan atau alami terkait dengan BPJS Kesehatan.

4. SMS Getaway

Layanan SMS Gateway ini bisa diakses melalui nomor 08777-5500-400. Ada beberapa format SMS yang dapat kalian pergunakan untuk mengakses informasi data pribadi peserta dan fasilitas kesehatan yang terdaftar, Berikut format-formatnya :
  • NIK <spasi> Nomor Induk Kepegawaian
  • NOKA <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan
  • NIP <spasi> Nomor Induk Pegawai
Kirim ke nomor 08777-5500-400, jangan dikirim ke tetangga atau temen, hehehehe.

Sambil menunggu jawaban dari pihak BPJS Kesehatan terkait status keanggotan atau kepersetaan Anda Aktif atu tidak, mari pelajari alasan keanggotaan atau kepesertaan BPJS Kesehatan Anda bisa menjadi Tidak Aktif.

Alasan Kepesertaan BPJS Kesehatan Berstatus Tidak Aktif

Saat Anda mengecek status keanggotaan peserta BPJS Kesehatan dan mendapati status Keanggotan Anda Aktif atau Non Aktif. Jika status keanggotaan Anda non aktif atau tidak aktif, jangan bingung. Mungkin ada beberapa alasan yang membuat kondisi itu terjadi, diantaranya :

1. Anda Menunggak Iuran

Jika Anda seorang pekerta di salah satu perusahaan atau sebuha badan usaha seharusnya iuran BPJS Kesehatan dipotong dari gaji yang Anda terima. Jika menmukan masalah itu segera hubungi HRD atau Payrol. Jika Anda mandiri, Anda harus rajin memeriksa traksaksi pembayaran terakhir iuran, sehingga akan mengetahui ada tunggakan tagihan atau tidak.

2. Berusia 21 Tahun

Seorang Anak akan berubah status keanggotan BPJS Kesehatan ketika dia sudah berumur 21 tahun, maka dia perlu memiliki BPJS Kesehatan sendiri. Hal ini akan berbeda, jika sang anak masih dalam proses pendidikan tapi hanya berlaku sampai umur 25 Tahun. Otomatis setelah umur 25 Tahun meskipun status keanggotaan akan berubah non aktif.

3. Dianggap Sudah Mampu Bayar Iuran Sendiri

Kondisi ini akan berlaku pada Anda yang menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran, status keanggotaan Anda akan berubah menjadi non aktif, karena Anda dianggap telah mampu membayar iuran sendiri dan tidak akan lagi menerima bantuan iuran.

Merupakan kewajiban Anda sebagai anggota atau peseta BPJS Kesehatan untuk membayar iuran kesehatan, sehingga iuran Anda tidak menunggak dan berakibat keanggotaan atau kepesertaan Anda menjadi tidak aktif. Dibawha ini akan menjelaskan cara cek tagihan iuran BPJS Kesehatan Anda.

Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Berbagai kemudahan pelayanan diberikan BPJS kepada seluruh lapisan masyrakat tanpa terkecuali. Mulai dari pendaftaran online hingga cek tagihan BPJS Kesehatan Anda. Berikut ini ada 3 cara untuk cek tagihan BPJS Kesehatan Anda online tanpa pelu datang ke kantor BPJS, diantaranya:
 

1. Cek Tagihan BPJS Melalui Website

Anda bisa cek tagihan BPJS Kesehatan melalui website resmi BPJS Kesehatan (https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/.

Isilah semua data yang diminta mulai dari nomor kartu, tanggal lahir, dan angka validasi. Kemudian  klik cek, maka data pembayaran Anda akan keluar. Data pembayaran Anda akan memuat tampilan nama peserta, nomor peserta, tagihan, denda dan juga total tagihan yang harus dibayarkan bulan ini.

2. Cek Tagihan BPJS Melalui SMS

Sedangkan untuk mengetahui besaran tagihan iuran, dengan format :
  • Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan
Kirim ke nomor 08777-5500-400, jangan dikirim ke tetangga atau operator lain, nanti tidak ada jawaban, bisa-bisa malah pada bingung jawabnya.

Jika Anda termasuk orang yang suka interaksi dan lebih percaya 'face to face' atau offline, Anda bisa mendatangi langsung kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat dengan rumah Anda.
 

3. Cek Tagihan BPJS Melalui Aplikasi Mobile JKN

Sebelum Anda cek tagihan BPJS Kesehatan melaui mobile JKN, telebih dulu Anda harus mendownload melalui playstrore maupun App Store. Aplikasi mobile JKN ini berisi informasi seputar layanan hingga fitur mengubah data serta cek iuran setiap bulannya.

Anda tinggal registrasi dengan memasukan nomor kartu BPJS Kesehatan Anda dan alamat email. Kemudian pilih menu premi. Disana akan menampilkan total tagihan dan denda yang harus Anda bayarkan.
Baca Juga: Cek Ketersediaan Kamar Rumah Sakit

Lupa Email Yang Terdaftar di BPJS Kesehatan

Jika Anda lupa PIN/password untuk login, silahkan melakukan reset PIN dengan mengklik link lupa PIN. Jika anda belum memiliki Akun, silahkan melakukan pendaftaran dengan mengklik link Registrasi. Lain halnya, jika anda kehilangan email yang sudah terdaftar, Anda tidak perlu khawatir, tedapat cara yang bisa menjawab kekhawatiran Anda. Berikut yang harus Anda lakukan, jika lupa email yang terkait dengan BPJS Keehatan baik di aplikasi mobile JKN maupun website resmi :
  1. Persiapkan seluruh data yang biasa digunakan saat pertama kali mendaftar BPJS Kesehatan, untuk mengantisipasi jika diperlukan dokumen untuk mencocokkan dengan data yang sudah tersimpan.
  2. Kunjungi Kantor BPJS Kesehatan terdekat, ketika kalian mendatangi kantor BPJS Kesehatan, kalian akan mendapatkan perjelasan secara menyeluruh tentang apa yang harus Kalian lakukan. Selain itu pertemuan antar muka membuat kalian merasa tenang karena yang menjawab berbagai pertanyaan kalian adalah seorang yang bekerja secara resmi di BPJS Kesehatan. 

Kesimpulan :

Itulah cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan dan tagihan yang Anda miliki baik secara onnline maupun offline. Selain itu alasan yang memungkinkan keanggotaan Anda tidak aktif, yang mana paling bayak penyebabnya terkait tagihan iuran yang belum dibayarkan. Pemerintah telah menyiapkan program BPJS Kesehatan guna membantu Warga negaranya dalam hal jaminan sosial kesehatan. Jika Anda tak mampu membayar iuran, Anda bisa turun kelas atau mengajukan menjadi peserta PBI. Menurut penelitian iuran ini termasuk yang termurah, jadi selalu cek status keanggotaan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.
dedi_i
dedi_i Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Online"