Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Niche yang Tepat untuk Blog Anda


topik pembahasan blog
source : pixabay







Hai sobat omahinfo,
Ketika Kalian memutuskan menjadi seorang blogger, Apakah Kalian sudah mengetahui niche seperti apa yang tepat bagi blog Anda dan diri Anda. Apakah Kalian tahu apa itu Niche dan kenapa blog Kalian butuh yang namanya Niche. Niche sendiri bisa dikatan sebagai topik dari blog Kalian yang mana menjadi pokok pembahasan keseluruhan artikel yang terdapat pada blog Kalian. 
 
Misalkan niche blog teknologi maka seluruh artikel di blog Kalian harus berhubungan dengan teknologi, niche blog fotografi maka seluruh artikel blog Kalian harus berhubungan dengan fotografi dan masih banyak lainnya contoh niche blog. Tapi Apakah Niche blog Kalian sekarang itu sudah tepat bagi Anda dan tidak memberatkan Kalian sendiri.

Blog yang tidak memiliki niche bisa dikatakan blog tersebut tidak mempunyai tujuan yang pasti. Kalian Jadi bingung harus menulis apa di blog Kalian, jika sudah punya niche pasti akan lain ceritanya. Selain itu juga akan membantu user atau pembaca mengetahui blog Kalian itu tentang apa. Sebelum menuju ke niche apa yang Kalian ingin bahas, Kalian harus tahu blog atau website yang bertebaran di dunia maya itu sebenarnya di klasifikasikan.

Kebanyakan blog terbagi menjadi 2 jenis yaitu blog dengan niche tunggal (blog yang hanya memuat topik tertentu) dan blog gado-gado (blog yang hanya memuat lebih dari satu niche pembahasan). Seorang blogger pemula pasti akan mengalami fase kebingungan menentukan niche blog mereka, ketika mereka akan melakukan pengembangan yang kadang menimbulkan perdepatan pendapat dalam diri mereka sendiri. Untuk mempermudah Anda menentukan niche blog itu nanti tunggal atau gado-gado, Mari Kita lihat beberapa kekurangan dan kelebihan  dari masing-masing jenis blog, sebagai berikut :

Blog Gado-Gado

Ada beberapa poin yang menjadi kekurangan dan kelebihan untuk blog yang memiliki niche lebih dari satu atau yang sering dikenal dengan blog gado-gado, yaitu :

Kelebihan Blog Gado-gado
Berikut beberapa kelebihan blog yang memiliki niche lebih dari satu atau gado-gado, diantaranya :
  1. Konten yang mudah untuk dibuat, karena blog gado-gado memiliki cakupan niche pembahasan yang luas.
  2. Volume update artikel yang tinggi, bukan menjadi rahasia lagi, jikab log tipe ini akan memiliki volume update tinggi, bisa sehari sekali konten atau bahkan lebih.
  3. User dari berbagai kalangan, karena blog Kalian memuat lebih dari satu niche blog.

Kekurangan Blog Gado-gado
Berikut beberapa kekurangan blog yang memiliki niche lebih dari satu atau gado-gado, diantaranya :
  1. Kesulitan memiliki identitas, jika kontennya diolah secara tanggung dan tidak informatif, maka blog tipe ini pasti akan mudah dilupakan oleh user.
  2. User yang tidak loyal, biasanya user atau pengunjung atau pembaca masuk hanya untuk mencari informasi yang dibutuhkan saja, kemudian ia langsung back atau close google setelah mendapatkan apa yang dia inginkan, bahkan lebih buruknya lagi, user tidak mengingat nama blog tersebut.

Blog Niche Tunggal

Ada beberapa poin yang menjadi kekurangan dan kelebihan untuk blog yang memiliki satu niche atau yang sering dikenal dengan blog niche tunggal, yaitu : 

Kelebihan Blog Niche Tunggal
Berikut beberapa kelebihan blog yang memiliki satu niche atau yang sering dikenal dengan niche tunggal, diantaranya :
  1. Rangking SERP jadi lebih baik, hal ini disebabkan niche blog akan memudahkan Kita optimasi SEO On-page, seperti yang diketahui bahwa artikel yang berkaitan mengarahkan blog ke satu niche pembahasan.
  2. User yang loyal, ketika user atau pembaca atau pengunjung menemukan blog dengan niche yang diinginkan, maka seseorang akan terus kembali berkunjung ke blog atau website Kita. Sebagai contoh blog atau website film tokusatsu, ketika Kalian menemukan episode terbaru  tentang tokusatsu di blog A, maka pada saat update episode baru berikutnya, Kalian pasti akan kembali ke blog A , untuk mengecek apakah sudah ada belum.
  3. Peluang sampingan lebih besar, jika blog atau wensite Kalian focus di niche tertentu dengan gaya penulisan yang berkualitas maka biasanya akan mengundang sebuah kerjasama untuk mereview sebuah produk.
Kekurangan Blog Niche Tunggal
Berikut beberapa kekurangan blog yang memiliki satu niche atau yang sering dikenal dengan niche tunggal, diantaranya :
  1. Kesulitan Ide Kreatif, cakupan sebuah niche tunggal yang terbatas sering kali membuat para blogger lebih kreatif dengan ide yang sedikit.
  2. Persaingan ketat, karena Anda hanya bisa mengembangkangkan sebuah niche, bisa dikatakan persaingan Anda akan begitu ketat dengan blog lain belum lagi di tambah para ahli dibidangnya yang juga membuat sebuah konten.

Baik blog yang memiliki niche tunggal maupun blog gado-gado, terbukti kedua blog banyak yang mendulang kesuksesan baik itu dari adsense atau review produks. 

Niche Blog dengan CPC Tinggi

Beberapa blogger profesional membocorkan ada beberapa niche blog yang harga adsensenya lebih tinggi dari niche yang lain. Kali ini saya akan sedikit menjelaskan beberapa niche yang memiliki harga tinggi, sebagai berikut :

  1. Bisnis Online, mungkin ini dipengaruhi oleh gaya hidup masyarakat modern yang mulai bergeser dari offline ke online dengan alas an praktis.
  2. Otomotif, hal ini dipengaruhi oleh perkembangan dunia olahraga otomotif baik motor ataupun mobil yang memiliki peringkat bergengsi.
  3. Properti, tak hanya tentang rumah, tapi bisa saja bisnis ruko, baik sewa ataupun jual, tanah, sawah dan masih banyak lainnya.
  4. Kecantikan dan Fashion, bisa dikatakan topik ini tidak ada matinya, ketika sudah bosan pasti akan membuat sebuah inovasi baru. Tak heran ada banyak fashion week di gelar rutin yang berimbas ke banyaknya pengiklan yang akan memasarkan produknya.

Niche Blog Yang Tepat

Setelah Kalian memiliki blog sampai sekarang dengan niche tertentu, apakah Kalian merasa ada yang kesulitan untuk mengembangkannya. Secara pribadi, saya seringkali menyarankan untuk memilih niche yang tidak memaksakan kemampuan Kalian atau bisa dikatakan berdasarkan minat dan hobi. Kenapa Kalian harus membuat konten sesuai dengan minat dan hobi meskipun CPC dan CPMnya kecil, berikut beberapa  jawaban yang akan membuka mata Kalian;

  1. Akan lebih mudah mengelola blog karena Kita benar-benar paham dengan niche yang sedang Kita kerjakan. Sebagai contoh Kalian hobi bersepeda, tentu Kalian akan benar-benar paham dengan konten yang akan disajikan kepada para user atau pembaca.
  2. Semangat Kalian akan begitu berkobar karena Kalian membuatnya tidak memaksakan kemampuan, tapi sesuai dengan minat dan hobi Kalian. Sebagai contoh Kalian suka mengarang terus disuruh mengerjakan soal matematika, apakah Kalian akan semangat? Lihat angka saja sudah membuat Kalian males, apalagi suruh mengerjakan. Kemungkinan besarnya Kalian akan mengarang lagi, mengarang jawaban maksudku.

Kesimpulan :

Sebelum membuat blog, alahkah baiknya Kalian mencoba mendalami apa yang menjadi minat dan hobi Kalian, sehingga niche blog Kalian itu tidak akan membenani diri sendiri. Memaksakan diri dengan memilih niche dengan harga tinggi, tidak akan membuat Kalian bahagia, kecuali Kalian mencoba sambil belajar. Minat dan Hobi adalah Kunci Utama terbaik niche blog yang Kalian miliki.

dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

2 comments for "Niche yang Tepat untuk Blog Anda"

  1. Awesome article, it was exceptionally helpful! I simply began in this and I'm becoming more acquainted with it better! Cheers, keep doing awesome! michealherry

    ReplyDelete
    Replies
    1. Greeting my friend omahinfo,
      thank for your visiting in my blog. thank you for your appreciation, and don't forget to read other articles too. thanks.

      Delete

Berlangganan via Email