Optimasi SEO On Page dan Off Page Untuk Website

Table of Contents
Optimasi SEO On page dan Off page untuk Website/Blog Anda Lebih Baik
Optimasi SEO On Page dan Off Page Konten
Optimasi SEO On page dan Off page


Salam sobat omahinfo,
Sebuah blog atau website itu ibarat seorang manusia yang ingin menggapai tujuan, maka dia membutuhkan pondasi dari dalam dan luar dirinya. Sama halnya manusia membutuhkan makanan untuk fisiknya dan Agama untuk rohani atau kebatinanannya. Hal ini juga berlaku untuk blog atau website, untuk menjadi sebuah blog atau website yang didamkan atau paling diminati untuk dibaca maka anda harus belajar SEO baik on page maupun off page. Jika dilihat dari fungsinya, on page itu untuk dalam konten dan off page itu dari luar konten. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan lebih lengkap mengenai optimasi on page dan oofpage SEO yang tepat untuk blog atau website Anda.

SEO itu sendiri bisa dikatakan sebagai kunci untuk mengoptimasi mesin pencari untuk menyajikan konten Anda kepada para pencari informasi di internet dengan hasil menyesuaikan konten yang anda sajikan. Agar konten Anda berada di halaman pertama sehingga banyak yang berkunjung, maka konten Anda harus bersahabat dengan SEO. Untuk bersahabat dengan SEO,  konten anda harus di optimasi baik itu on page dan off page. 

Bagaimana mengoptimasi on page dan off page konten Anda? Tak perlu khawatir karena dalam konten artikel ini akan diberitahukan kepada anda secara lengkap dan mdah untuk dipahami apa saja yang harus yang harus di optimasi on page maupun off page. Sebelum Anda mengetahui langkap optimasi SEO on page dan  off page, mari kita pelajari terbelbih dahulu pengertian SEO on page dan off page, agar Anda lebih memahami dan mudah menerapkannya di konten Anda. Mari kita simak penjelasan selanjutnya.

Pengertian SEO On Page dan Off Page

Pengertian dari SEO On Page bisa dikatakan sebagai semua upaya yang dilakukan oleh seorang blogger dalam rangka membangun dari dalam blog atau sebuah website yang dimilikinya, mulai dari keyword mapping sampai dengan mengoptimalkan tampilan website. 
 
Sedakan pengertian dari SEO Off Page itu sebagai semua upaya yang dilakukan oleh seorang blogger dalam rangka membangun dari luar blog atau sebuah website yang dimilikinya, dimulai dari promosi lewat akun sosial media link building baik eksternal maupun internal link. 

Sampai sini ada yang masih belum jelas atau kurang mengerti? Jika masih belum akan Saya berikan sebuah contoh seorang pelajar yang ingin mendapatkan nilai yang bagus saat ujian.
 
Ada dua langkah yang kemungkinan akan kita lakukan (pengalaman sendiri) yaitu dia akan belajar giat mata pelajaran yang akan di ujikan dan yang kedua mencari seorang teman yang lebih cerdas darinya bisa teman belajar mungkin bisa juga teman yang bisa nanti memberikan contekan. 
 
Dalam kasus ini, belajar sendiri dengan giat itu dianalogikan dengan SEO On page dan SEO Off page  adalah mencari teman yang lebih cerdas. Sudah mengerti kan kan secara singkat pengertian dan masuk dari  SEO On page dan SEO Off page. Selanjutnya mari kita pelajari langka optimasi  SEO On page dan SEO Off page untuk Website atau Blog Anda

Optimasi SEO On Page

Sebelum bahas lebih lanjut, Apakah Anda pernah memikirkan artikel yang panjang dan density (pengulangan kemunculan kata kunci berupa anchor text) itu adalah sebuah kewajiban sebagai acuan dalam On-page SEO? Coba Anda ingat sekali lagi ? Anda termasuk kelompok mana?
 
Bicara soal konten artikel panjang mungkin wajib, tapi ketika Anda melihat toko online yang tidak menggunakan artikel bisa masuk halaman satu, mungkin nanti ada yang bisa menjelaskan. Sedangkan untuk density sendiri harus lebih berhati-hati, agar artikel yang kita buat tidak mutar muter kesana-kemari yang akhrinya membuat bounce rate tinggi. 

Sebelum Anda upload atau unggah atau publish konten artikel Anda, ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan untuk optimasi SEO on page supaya konten Anda nangkring dihalaman pertama google dan bouce rate tidak terlalu tinggi, berikut ini beberapa poin untuk optimasi SEO On page konten artikel Anda:

1. Judul

Mungkin kebanyakan pemain SEO masih kaku sekali dengan ini, dimana judul harus sesuai dengan keyword yang dibidik. Sekarang adalah masa atau era Google Brain (Tim Kecerdasan Google), google semakin cerdas membedakan istilah yang serupa. Jadi judul konten atau artikel Anda tidak pelu sama persis dengan keyword Anda. 
 
Selain itu optimalisasi SEO on page untuk judul sangat berpengaruh dalam memanfaatkan psikologis manusia yang mudah terbuai. Misalnya dengan menambahkan angka kedalam judul seperti 5 langkah jitu lolos google Adsense, atau dengan menambahkan kata atau frase yang menjanjikan seperti cara lolos google adsense yang terbukti 100% berhasil.

2. Meta Description (Meta Deskripsi/Deskripsi Penelusuran)

Meta description atau Meta Deskripsi atau Deskripsi Penelusuran bertujuan untuk membantu robot google dalam memahami seluruh isi konten atau artikel blog yang kita buat sehingga lebih mudah terindeks. Ada dua kemungkinan goole menampilkan deskripsi di hasil percarian, yang pertama dari meta description dan yang kedua dari potongan konten yang ada pada halaman artikel atau konten tersebut. 
 
Ingat sebelum Anda mempublikasikan konten atau artikel Anda, kolom meta description jangan sampai kosong, kependekan atau kepanjangan, nanti akan menimbulkan error. Selain itu juga, usahakan masukan keyword Anda ke dalamnya, untuk optimasi SEO konten Anda.

3. Link Canonical

Bisa dikatakan ini adalah hal yang wajib dan tidak boleh untuk di lewatkan, dan mungkin sudah banyak plugin yang menyematkan fitur ini. Jika Anda ingin mengetahui blog Anda sudah ada apa belum caranya cukup mudah ketik CTRL + U atau inspect element kemudian akan masuk ke menu souce cari “Canonical”. 

Jika Anda sudah mencari dan menemukan Anda tidak perlu khawatir karena link canonical ini berfungsi untuk memastikan google tidak akan kebingungan ketika ada url atau link yang berbeda mengarah ke konten yang sama dan membantu menginformasikan link atau url mana yang mempunyai konten yang mirip atau hampir sama.

4. Mobile Friendly

Semenjak ponsel smartphone semakin popular dikalangan masyarakat dunia, saat ini pengguna computer atau pc banyak beralih ke smartphone mereka untuk mengakses dunia maya. Hal ini dikarenakan ponsel lebih praktis mengakses, tanpa adanya batasanya tempat dan waktu dalam mengakses konten yang ingin dicari mengai informasinya. Dari data google analitik lebih dari 80% pengunjung suatu web berasal dari mobile. Jadi mau gak mau , website atau blog kita harus mobile friendly.

5. Konten 

Konten disini tentunya adalah sebuah konten yang berkualitas, dimana semakin baik bobotnya makan akan memberikan imbas yang lebih baik. Konten yang berkualitas tidak dinilai dari panjang atau pendeknya konten tapi lengkap atau tidaknya konten tersebut. 
 
Konten tidak hanya diartikel sebagai artikel, tapi bisa juga gambar, video, dan masih banyak lainnya. Saran Saya, sebelum Anda membuat sebuah konten, coba Anda diposisikan adalah calon pembaca sehingga Anda akan lebih mudah membuat sebuah konten. Konten yang berupa artikel tidak hanya cukup bermodal SEO Friendly, tapi juga harus banyak yang di cari oleh user.

6. Heading

Tag Heading ( H1, H2, H3, H4, H5) bisa dikatakan sebagai kategori sekunder dalam sebuah artikel, karena memperlihatkan struktur konten. Kenapa Saya mengatakan ini kategori sekunder, karena banyak web yang tidak menggunakan heading aman-aman saja. 
 
Tapi tidak ada yang salah, jika Anda juga memperhatikan sekunder karena akan menjadikan konten kita semakin baik, rapi dan mempermudahkan user ketika membaca konten Anda. Dalam beberapa kasus, optimasi SEO on page terkati heading yang baik bisa menggantikan tag judul dalam hasil pencarian di google.

7. Fast Loading

Mulai pertengahan tahun 2018, kecepatan halaman sebuah website atau blog yang sering dikenal dengan pagespeed menjadi factor peringkat dalam pencarian mobile terkait mobile SEO. Tapi masih banyak juga di temukan situs yang beratnya minta ampun masih santai melenggang dengan alasan user akan rela menunggu loading blog atau Website Anda karena dipandang lebih berkualitas.

8. ALT Image

Bisa dikatakan kategori ini bisa menjadi penentu pada kondisi tertentu, terlebih lagi jika ingin konten gambar Anda berperingkat, maksudnya jika konten Anda adalah gambar dan membuat konten gambar Anda menjadi yang teratas.

9. Internal  Link

Internal link yang bagus dan baik adalah mampu mempuat user atau pencari informasi betah membacaca di blog atau website Anda, namun kondisi itu membutuhkan internal link yang mengalir secara alami sesuai dengan artikel atau keyword yang sedang di cari. 

10. Schema.org 

Kategori ini biasanya di terapkan kepada situs-situs besar seperti shoope, tokopedia dan masih banyak lainnya yang menggunakan schema versi product sehingga ketika melihat halaman mereka terdapat ranting bintang dan kadang juga terdapat harga dari sebuah produk. Kalian juga bisa menemukan ini di blog resep yang menampilkan tampialan yang unik di hasil pencarian. 
 
Yang terpenting terkait kategori ini adalah butuh pengetahuan yang luas terkait implementasinya, jika Anda salah akan menyebakan notifikasi error di webmaster tools. Banyak tema yang mengimplementasikan ini, tak jarang pula banyak yang tidak valid, jangan lupa cek di webmaster tools atau di rich content, jika Kalian menemukan error, segera perbaiki.

Itulah beberapa poin penting yang harus Anda pelajari, ketika Anda ingin optimasi SEO on page konten Anda. Setelah Anda belajar SEO on page, maka sekarang giliran Anda belajar optimasi off page agar kontena Anda mencapai rangking maksimum di halaman pertama google.

Optimasi SEO Off Page

Setelah tadi Anda belajar mengenai apa saja yang harus di optimasikan dalam SEO on page seperti judul, dekripsi penelusuran, dll yang mana itu merupakan optimasi dari sisi dalam konten artikel. Sekarang giliran Anda untuk optimasi dari luar yaitu melalui optimasi SEO Off Page. Berbiacara tentang SEO Off page terkait membangun sebuah blog atau website dari luar, ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan yaitu:

1. Backlink

Perihal backlink, sebenarnya tak perlu ribet, berikut beberapa tips yang Saya kumpulkan yang menurut Saya mudah untuk diterapkan, diantaranya
  • Jaringan blog pribadi (Jaringan Blog Pribadi)
  • Blogger review / kontes
  • Postingan di berbagai blog atau website, baik itu blog teman atau website terkenal
  • Blogwalking 
Untuk urusan backlink, lebih baik diarahkan ke homepage blog atau website Anda, sedangkan jika diarahkan ke artikel bertujuan menaikan rangking konten anda.

2. Sosial Media

Dari hasil pengamatan di blog Saya yang pertama, artikel yang dishare atau mendapatkan share di facebook atau platform sosial media lainnya lebih cepat naik ke halaman pertama google. Meskipun begitu ada beberapa user yang bilang di banned akun adsensenya, karena terlalu sering sharing artikel via facebook, mungkin dalam hal ini user tersebut spam link konten artikelnya. Boleh sharing tapi jangan sampai jadi spam.

3. Branding

Branding yang kuat dan tanpa kenal lelah juga bisa membatu sebuah website atau blog lebih cepat naik ke halaman pertama google. Cara ini Anda harus menemukan keunikan tersendiri dari blog Anda, misalkan Anda memakai kata unik yang hanya mengacu pada website atau blog anda.

4. Pengecekan

Jika usaha Anda telah terbanyarkan dengan konten nangkring berada pada halaman pertama dan Apakah proses SEO juga berhenti? SEO tidak sesederhana itu Ferguso. Anda harus selalu memantau SEO yang sudah Anda lakukan dengan search console dan google analitik. Baca data yang ada di search sonsole, kalau ada kesalahan segera cari tahu dan segera lakukan perbaikan. 
 
Selain itu, Anda juga harus mengawasi backlink yang mengarah ke website atau blog kita, caranya cek di menu tautan. Jika ada yang mencurigakan, link tersebut segera lapokan ke disavow. Untuk Google analitik Anda bisa memantaunya melalui menu Insights. Lakukan proses ini minimal setiap minggu untuk mengetahui perkembangan website atau blog Anda.

Kesimpulan :

Baiklah, kita kembali ke contoh persoalan paling awal, untuk mencapai nilai yang bagus kita dapat belajar dengan giat sendirian dan belajar bersama teman. Meskipun Anda bisa mengerjakan tugas itu sendiri yang belum tentu itu jawaban yang benar, dengan belajar kelompok Anda bisa mendapatkan berbagai asumsi sehingga mampu menentukan jawaban yang benar sehingga seimbang pintar dan mempunyai banyak teman. Hal itu berlaku juga dengan SEO konten website dan blog. Optimasikan SEO On Page dan Off page dengan imbang untuk membangun blog atau website Anda. Intinya SEO On Page berkatian dengan pembangunan blog agar user jadi enak mengunjungi blog atau website  sedanagkan SEO Off page tentang promosi konten blog atau Website Anda. Itulah beberapa poin yang harus Anda perhatikan ketika Anda melakukan optimasi SEO on page dan off page untuk website dan Blog anda. Terima kasih dan Semoga bermanfaat.

dedi_i
dedi_i Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment