Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, Cetak dan Ketahui Nomor Kartu


Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, atau Cetak Kartu Atau Ingin Tahu Nomor Kartu Anda Bisa dilayani secara offline dan online
 
Cara Cetak dan Mengetaui Nomor Kartu  BPJS Ketenagakerjaan via offline dan online
Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, Cetak dan Ketahui Nomor Kartu, source: omahinfo.com
 
Salam sobat omahinfo,
Mau Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, atau Cetak Kartu Atau Ingin Tahu Nomor Kartu Anda, Semua itu mudah kok dengan pelayanan offline maupun online dari BPJS Ketenagakerjaan. Tapi Anda wajib terdaftar sebagai peserta dan memiliki Kartu BPJS Ketenagakerjaan, Jika Anda adalah seorang pekerja. Salah satu keuntungan Anda meenjadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan adalah Jaminan Hari Tua (JHT). Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan layanan perlindungan seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK),  Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kematian (JK).

Besaran iuran BPJS Ketenagakerjaan sebesar 5,7% dari upah Anda setiap bulannya dengan rincian 2% dari pekerja dan 3,7% dari pemberi kerja atau perusahaan tempat Anda bekerja.

Saldo BPJS Ketenagakerjaan (JHT) yang terkumpu sebenarnya bisa Anda cairkan. Jika Anda masih aktif bekerja atau sdang mempersiapkan diri untuk pensiun, Anda dapat mengajukan klaim sebesar 10% hingga 100%. Sedangkan, jika Anda sudah tidak aktif bekerja atau pensiun, Anda bisa mengambil saldo BPJS Ketenagakerjaan (JHT) hingga 100% yang mana sesuai dengan PP No. 60 tahun 2015 serta mulai berlaku awal September 2015.

Anda sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan (JHT), mempunyai hak dan diberikan akses untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan (JHT) yang sudah terkumpul setiap bulannya. Bagaimana cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan (JHT) Anda? Dalam artikel ini Anda akan diberitahu cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan (JHT), tapi sebelum ini lebih baik kita pelajari dan pahami peran penting dari BPJS Ketenagakerjaan untuk Anda sebagai peserta.

Peran BPJS Ketenagakerjaan

Tak ada pekerja yang ingin mengalami musibah, tapi pekerja akan memeperoleh jaminan ketika adanya resiko sosial ekonomi, baik itu kecelakaan kerja, kematian, hari tua, maupun pensiun.

Bentuk manfaat pelayanan dari BPJS Ketenagakerjaan akan berbentuk pelayanan maupun uang tunai. Maksudnya adalah jika terjadi kecelakaan kerja, maka pekerja dapat langsung dibawa ke fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan baik klinik hingga  rumah sakit tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Sedangkan manfaat uang tunai akan didapatkan oleh pekerja maupun ahli warisnya apabila terjadi resiko meninggal dan hari tua/pensiun.

Uang tunai yang dimaksud disini adalah kumpulan saldo BPJS Ketenagakerjaan (JHT) Anda selama Anda aktif sebagai peserta BPJS Kesehatan. Jadi Anda diberi akses oleh BPJS Kesehatan Untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda melalui beberapa cara. Dibawah ini akan dijelaskan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan (JHT).

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yaitu:

1. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via SMS Ke Nomor 2757

Cara pertama untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan pertama adalah dengan menggunakan SMS ke nomor 2757, tahap-tahapnya sebagai berikut:
  • Anda harus mendaftarkan diri via SMS dengan format: 
DAFTAR(SPASI)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NOMOR_PESERTA#EMAIL(USAHAKAN DISERTAKAN)
  • Kirim ke 2757
  • Setelah Anda dan Nomor Anda terkonfirmasi terdaftar. Kirim SMS dengan format:
SALDO(SPASI)NOMOR_PESERTA
  • Kirim ke 2757
  • Tunggu dan Bersabar, Anda akan mendapatkan Informasi Saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Jika Suatu saat ada perubahan nomor telepon, baik itu karena hilang atau mati, Anda harus sesegera mungkin menghubungi pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk melaporkan hal tersebut. Anda tinggaL mengirim SMS ke 2757 dengan format:
DAFTAR(SPASI)GANTI(SPASI)HP#NOMOR HANDPHONE LAMA#NOMOR KTP
Baca Juga : Jaminan Kesehatan saat Hari Tua

2. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Aplikasi BPJSTKU Mobile

Cara kedua untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via aplikasi merupakan bentuk pelayanan BPJS Ketenagakerjaan sehingga peserta lebih mudah untuk mengakses dan mendapatkan pelayanan. Aplikasi BPJSTKU Mobile bisa Anda download diplaystore dan appstore secara gratis. Sebelum Anda menggunakan aplikasi BPJSTKU Mobile, Anda harus registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan kode verifikasi atau PIN yang mana Anda harus mempersiapkan:
  • Nama
  • Tanggal Lahir
  • NIK E-KTP
  • Nomor KPJ (Bisa dicek di kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda)
  • Email Aktif
Setelah Anda registrasi dan log in, Anda tinggal masuk dan klik menu "Lihat Saldo", maka aplikasi BPJSTKU Mobile akan menampilkan jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan terbaru.
 

3. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Website BPJS Ketenagakerjaan

Cara ketiga untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via website, Anda klik link berikut: Website BPJS Ketenagakerjaan. Jika Anda belum pernah mengunjungi website ini, maka Anda harus melakukan registrasi dahulu dengan cara:
  • Masuk ke Website BPJS Ketenagakerjaan
  • Klik menu registrasi.
  • Isi formulir tersebut sesuai data diri Anda seperti Nama, Tanggal Lahir, Nomor KPJ Anda, Nomor e-KTP, Nama Ibu kandung, Nomor Handphone dan email Aktif Anda.
  • Kode Verifikasi atau PIN akan dikirimkan melalui email atau SMS yang Anda daftarkan di formulir tersebut.

Setelah itu, jika Anda ingin cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via Website ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Masuk ke Website BPJS Ketenagakerjaan
  • Masukan email Anda di kolom user
  • Masukan Password Anda
  • Pilih Menu Layanan
  • Pilih Cek Saldo JHT
  • Kemudian akan ada permintaan Kode verifikasi atau PIN yang telah dikirim via SMS atau email. Masukan Kode verifikasi atau PIN.
  • Maka Website BPJS Ketenagakerjaan akan Menampilkan Informasi Saljo BPJS Ketenagakerjaan Anda 

 

4. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Datang Ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara keempat untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang paling pertama kali diterapkan adalah datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan alamat Anda. Peserta BPJS Ketenagakerjaan juga harus membawa persyaratan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan (JHT).  Pada masa pandemi seperti ini cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan datang ke kantor sepertinya diminimalisir. Jadi usahakan menggunakan cara 1 samapi dengan 3, jika mendesat baru datang ke kantor.
 
Hal ini akan berbeda cerita jika kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda hilang dan Anda lupa nomor KPJ. Bagaimana cara Anda untuk mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan yang hilang? Tenang, tidak perlu risau karena dibawah ini akan dijelaskan caranya. Mari pelajari dan pahami bersama.


Cara Mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan Yang Hilang

Karena kesibukan pekerjaan yang dialami para pekerja atau mungkin faktor umur, tak jarang Anda sering lupa menaruh kartu tak terkecuali kartu BPJS Ketenagakerjaan. Ditambah lagi Anda pasti jarang mengingat Nomor BPJS Ketenagakerjaan, padahal jika Anda mengingatnya akan memberikan kemudahan. Anda tidak perlu bingung, jika Anda lupa nomor dan hilang kartu BPJS Ketenagakerjaan, berikut beberapa cara mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan yang hilang, yaitu :

1. Menghubungi HRD Tempat Anda Bekerja

Yang pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan yang hilang adalah dengan menghubungi pihak HRD. Pihak HRD adalah pihak yang paling tahu mengenai data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan milik peserta.

2. Mendatangi kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Terdekat

Alternatif kedua yang bisa Anda coba lakukan untuk mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan atau nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang adalah dengan mengunjungi kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan terkedat. Selain itu jangan lupa untuk membawa beberapa dokumen pendukung untuk mengurus kartu BPJS Ketenagakerjaan seperti :
  • KTP (Fotokopi dan asli)
  • KK (Fotokopi dan asli)
  • Nama Ibu Kandung
  • Biodata pribadi
  • Surat Keterangan Kepolisian
  • Surat Pengantar dari kantor (untuk berjaga-jaga)
Jika perusahaan Anda mendaftarkan Anda menjadi peserta BPJS, serta data yang Anda berikan cocok, maka petugas akan dapat menelusuri Nomor BPJS KetenagakerjaanAnda.

3. Menulis Pengaduan di situs Lapor.go.id

Situs ini bersifat resmi karena disediakan oleh pemerintah sebagai media pengaduan masyarakat secara online, untuk Anda yang kebetulan ingin mendapatkan informasi Nomor BPJS Ketenagakerjaan atau Nomor Jamsostek.

Berikanlah identitas diri sesuai KTP, email, Nama Ibu kandung, Nama perusahaan tempat terakhir yang menerbitkan kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda yang hilang. Pengaduan Anda akan diteruskan kepada BPJS Ketenagakerjaan, tunggu dan selalu crosscek akun Anda di situs tersebut. Setelah data yang Anda berikan di validasi dan itu valid, mereka akan memberikan informasi Nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda yang hilang.
 

4. Via Online Aplikasi BPJSTKU Mobile

Cara yang keempat untuk mengetahui nomor karu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang atau lupa adalah via online aplikasi BPJSTKU Mobile. Ini adalah bentuk pemeberian layanan praktis dan mudah dari pihak BPJS Ketenagakerjaan kepada para peserta. Untuk memakainya sebelumnya Anda sudah pernah registrasi dan pernah membuka. Untuk mengetahui nomor nomor karu BPJS Ketenagakerjaan via online aplikasi BPJSTKU Mobile ikutilah langkah berikut ini:
  • Buka Aplikasi BPJSTKU Mobile
  • Klik Menu log in
  • Masukan Alamat email dan kata sandi Anda
  • Klik Menu Log in
  • Klik Menu Kartu Digital, maka Anda Akan melihat nomor Kartu Anda.
Kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda hilang, tapi Anda ingin membunyai kartu fisik kartu BPJS Ketenagakerjaan seperti yang dulu. Tenang, tak perlu kebingungan mengenai permasalahn itu. Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana mencetak kartu BPJS Keternagakerjaan via online dan tak perlu susa payah datang ke kantor BPJS Keternagakerjaan.
 

    Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Via Online

    Perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi tak lepas dari perkembangan sarana dan prasarana yang ada, baik itu untuk kebutuhan primer maupun sekunder. BPJS sendiri sebagai pemberi jaminan social semakin gencar meningkatkan mutu dan pelayanan. Mereka pun tidak mau ketinggalan memberikan pelayan yang praktis dan nyaman namun tetap mematuhi peraturan yang berlaku. 
     
    BPJS selain berperan dalam kesehatan juga berperan dalam ketenaga kerjaan, untuk mempermudah layanan mereka memunculkan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan versi mobile dan website, Jika ada dari Anda yang kehilangan kartu kalian, Anda bisa mencetaknya sendiri. Bagaimana cara cetak kartu BPJS Keternagakerjaan via online, ikuti langkah berikut :

    1. Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Via Aplikasi BPJSTKU

    Jika Anda menggunakan aplikasi BPJSTKU Mobile, berikut beberapa tahapan yang harus Anda lakukan jika Anda ingin mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan via aplikasi BPJSTKU, diantaranya sebagai berikut :

    1. Unduhlah aplikasi BPJSTKU Mobile yang sudah tersediadi Play Store atau App Store.
    2. Silahkan login dengan menggunakan akun yang sudah teregistrasi sebelumnya bisa menggunakan email atau nomor kepesertaan. Jika Kalian belum mempunyai akun silahkan  daftarkan diri Kalian dan jangan lupa lebih baik perisapkan untuk email anda, karena aka nada banyak pemberitahuan yang masuk via email juga.
    3. Setelah akun berhasil masuk akan menampilkan halaman informasi yang berisi data peserta yang bersifat rahasia. Selain itu aka nada 3 halaman yaitu Profil, Pengaturan dan Kart. Kemudian klik menu "Kartu Digital", klik lihat, Kemudian kartu digital Kalian akan muncul.
    4. Ada tiga menu yaitu "Kirim ke E-mail" jika kamu ingin dikirimkan melalui email , klik "Simpan ke Gallery" bila kamu ingin menyimpannya di galeri telephone genggammu dan “ Preview” untuk melihat Kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda Masih Aktif.
    Setelah itu kalian tinggal cetak melalui printer. Selesai

    2. Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Via website BPJS Ketenagakerjaan

    Jika Anda mengakses website BPJS Ketenagakerjaan, berikut beberapa tahapan yang harus Anda lakukan jika Anda ingin mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan via website BPJS Ketenagakerjaan, diantaranya sebagai berikut :
      1. Bukalah Website BPJS Ketenagakerjaan
      2. Buka halaman Layanan Peserta Kemudian pilih Tenaga Kerja.
      3. Silahkan login dengan menggunakan akun yang sudah teregistrasi sebelumnya bisa menggunakan email atau nomor kepesertaan. Jika Kalian belum mempunyai akun silahkan  daftarkan diri Kalian dan jangan lupa lebih baik perisapkan untuk email anda, karena aka nada banyak pemberitahuan yang masuk via email juga.
      4. Pilih Anda sebelumnya menggunakan aplikasi Apa BPJSTKU atau Antian Online, Klik salah satu sesuai yang anda gunakan sebelumnya,
      5. Disana akan ada beberapa menu, menu-menu yang muncul diantaranya sebagai berikut:  Kartu Digital, untuk melihat kartu Anda; Lihat Saldo JHT, untuk melihat total saldo yang terkumpul sampai hari; Klaim Saldo,  untuk klaim saldo Anda yang nantinya akan dicairkan JHT; Simulasi;Vokasi,
      6. Kalian tidak perlu memasukkan sandi seperti dulu, ketika kalian buka menu itu akan langsung menampilkan apa yang kalian ingin lihat.
      7. Klik Menu Kartu Digital, Kalian akan melihat Kartu Digital Kalian, Tapi saya setelah saya telusuri tidak tersedia menu save atau print tapi kalian bisa menyimpannya dengan klik kanan pada gambar kemudian klik Save (tidak disarankan). Tapi saya sarankan untuk menyimpan atau mencetak dengan menggunakan aplikasi BPJSTKU itu lebih baik.

    Lupa Email yang Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

    Jika Anda lupa PIN/password untuk login, silahkan melakukan reset PIN dengan mengklik link lupa PIN. Jika anda belum memiliki Akun, silahkan melakukan pendaftaran dengan mengklik link Registrasi. Lain Halnya, jika anda kehilangan email yang sudah terdaftar, Anda tidak perlu khawatir, menurut saya langkat berikut yang bisa menjawab kekhawatiran Anda dan membuat hati tenang. Berikut yang harus Anda lakuakan, jika lupa email yang terkait dengan bpjs ketenaga kerjaan :
    1. Persiapkan seluruh data yang biasa digunakan saat pertama kali mendaftar BPJS Ketenagakerjaan, untuk mengantisipasi jika diperlukan dokumen untuk mencocokkan dengan data yang sudah tersimpan.
    2. Kunjungi Kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat, ketika kalian mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan, kalian akan mendapatkan perjelasan secara menyeluruh tentang apa yang harus Kalian lakukan. Selain itu pertemuan antar muka membuat kalian merasa tenang karena yang menjawab berbagai pertanyaan kalian adalah seorang yang bekerja secara resmi di BPJS Ketenagakerjaan. 

    Kartu BPJS Ketenagakerjaan Rusak

    Lain ceritanya jika kartu BPJS Ketenagakerjaan Kalian mengalami kerusakan, maka kalian harus segera untuk memperbaharuinya karena itu sangat penting jika sesuatu yang buruk terjadi pada Kalian. Sebelum Anda datang ke Kantor BPJS Anda juga harus menyiapkan beberapa dokumen pendukung seperti saat mengurus kartu BPJS Ketenagakerjaan Kalian hilang, seperti yang tertera diatas. Dokumen pendukung untuk mengurus kartu BPJS Ketenaga kerjaan yang sudah rusak, sebagai berikut :
    • KTP (Fotokopi dan asli)
    • KK (Fotokopi dan asli)
    • Biodata pribadi
    • Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang rusak (Fotokopi dan asli)
    • Surat Pengantar dari kantor (untuk berjaga-jaga)

    Jika dokumen itu sudah siap, berikut langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan :
    • Datanglah ke kantor BPJS terdekat dengan tempat tinggal Anda
    • Mengajukan permohonan penggantian/cetak ulang kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda dengan yang baru ke bagian pelayanan.
    • Menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan Kalian yang telah rusak serta menyerahkan dokumen-dokumen pendukung.
    • BPJS Ketenagakerjaan akan melakukan verifikasi dokumen dan memulai proses pencetakan kartu baru.
    • Kartu BPJS siap dicetak.

    Akhrinya kartu BPJS Ketenagakerjaan baru sudah ditangan dan Anda akan merasa nyaman ketika bekerja.

    Kesimpulan :

    Itulah artikel yang memuat cara untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaa, mencetak kartu yang hilang dan mengetahui nomor kartu yang lupa atau hilang baik via offline maupun online. BPJS Ketenagakerjaan memiliki peran yang begitu penting bagi para pekerja, selain antisipasi saat kerja juga bisa membantu Anda saat pensiun. Jika Anda kehilangan kartu, BPJS Kesehatan dengan senang hati akan membantu Anda untuk memperoleh kartu yang baru, dengan memberikan identitas diri yang lengkap dan asli. Semoga artikel ini tentang cara untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaa, mencetak kartu yang hilang dan mengetahui nomor kartu yang lupa atau hilang bermanfaat untuk Anda, dan terima kasih.
    dedi_i
    dedi_i Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

    Post a Comment for "Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, Cetak dan Ketahui Nomor Kartu"