Anchor Text SEO Yang Tepat


source : pixabay





Salah satu hal yang akan selalu berdampingan langsung dengan Internal Link adalah Anchor Text, jadi bagaimana Anchor Text yang tepat untuk SEO. Anchor Text lebih mudahnya dijelaskan dengan sebuah kata atau kalimat yang Kalian biasa jadikan link dalam halaman artikel Kalian. 

Anchor Text yang tepat untuk SEO itu seperti apa sih? apakah harus pakai keyword. Jika kalian menanyakan itu, lebih baik baca dulu sampai akhir artikel ini, dari pada kalian tidak melakukan apa-apa hanya diam untuk menunggu jawaban yang pasti. Memakai Anchor text yang menggunakan keyword sebenarnya tidak menjadi maslaah, dengan catatan bawah sumber backlink yang kalian gunakan memang baik.

Google Penguin

Kalian bisa melihat pada beberapa website yang sering ikut dilombakan, mereka selalu menggunakan Anchor Text yang sama dan malahan menempati halaman pertama google. Selain itu, saya akan memberikan sebuah contoh Anchor text yang mengerikan menurutku adalah ketika kalian membuka sebuah website dari wordpres yang masih menggunakan thema gratis. Kalian akan menemukan begitu banyak tulisan “Proudly powered by WordPress”, dan tentunya memberikan backlink ke wordpress.org. Bagaimana, kalian baru sadar? Apa saya yang kelewat pintar sehingga baru tahu?. Anchor Text juga di manfaatkan oleh sebagian perusahaan digital dengan melakukan SEO dengan blog placement(memberi link ke bloger) seperti lomba menulis review konten yang mencantukan link ke sebuah perusahaan digital. Dari beberapa hal diatas kenapa mereka tidak kena penalti google penguin. Google penguin dikeluarkan google pada bulan April 2012, update algoritma ini untuk mengatasi celah mesin pencari mereka. Ada dua faktor yang menyebabkan para tentara Google Penguin bergerak berdasakan pendapat Moz yaitu:
  1. Skema Backlink yang parah, membombardir Website Kalian dengan Anchor Text  keyword yang sedang kalian optimasi secara berlebihan
  2. Keyword Stuffing, Mengulang keyword dengan jumlah yang tak wajar dalam satu halaman.

Dari pertanyaan diatas bisa dijawab, karena mereka semua paham bagaimana dan kapan waktu yang tepat untuk memakai Anchor Text.

Anchor Text bisa dikatakan sebagai pemberi sinyal kepada google bahwa halaman tersebut relevan dengan kata kunci tersebut dalam artian akan membantu google mengerti apa isi dari halaman website itu, selain itu juga membantu mengetahui keyword mana yang pantas masuk SERP. 

Dalam hal penerapan off-page SEO yang menjadi sebuah catatan adalah banyak situs yang melakukan Anchor Text yang sama namun aman, karena teknik manupulasi mereka berjalan cukup baik dan tidak begitu serakah. Namun jika Kalian hanya mengandalkan sumber backlink dari komentar dan tidak berusaha tingkat lebih baik maka tidak menutup kemungkinan kalian juga akan terkena pinalti. 

Saya akan memberikan sebuah contoh salah satu master SEO yang saya ikuti dengan keyword  aku blogger dan menduduki posisi pertama halaman pertama. Dia menjelaskan bahwa tidak ada artikel, judul dan meta deskripsi yang mengandung keyword tesebut. Dia menjelaskan bahwa dia mendapatkan backlink dari sebuah website lain dengan Anchor Text, misalnya seperti saya diawal sering mengatakan sobat omahinfo, selain itu dia pemilik akun twitter yang nama usernya menngunakan yag sama dengan yang sering dia gunakan, misal karena saya sering menggunakan kata "sobat omahinfo", usahakan nama akun twitter dan intagram menggunakan nama "@sobatomahinfo" dan pemilik blog yang menjadi sumber backlink adalah follower akun itu.

Kesimpulan :

Itu hanyalah salah satu contoh kecil mengapa kita tidak perlu memusingkan seberapa banyak atau sering Anchor Text di website Kalian, yang paling penting adalah kualitas backlink yang Kalian gunakan. Ingatlah Google Penguin ada untuk mengawasi. Lakukanlah penelitian yang mendalam sebelum Kalian membuat kesimpulan dan mengeksekusinya. Lebih baik bersusah dahulu bersenang kemudia, dari pada mengangis diakhir. Satu lagi poin penting : jangan memaksakan anchor text untuk urusan internal link, karena yang terpenting adalah interaksi pengunjung.

dedi
dedi Saya adalah seorang pemuda yang ingin menjadi seorang yang cerdas

Post a Comment for "Anchor Text SEO Yang Tepat"