Anchor Text Yang Tepat Bermanfaat Untuk SEO Website

Table of Contents
Anchor Text Yang Tepat untuk SEO Website atau Blog Anda
Anchor Text Yang Tepat Untuk SEO Website
Anchor Text Yang Tepat Untuk SEO Website


Salam sobat omahinfo,
Salah satu hal yang akan selalu berdampingan langsung dengan Internal Link adalah Anchor Text, jadi bagaimana Anchor Text yang tepat untuk SEO. Anchor Text lebih mudahnya dijelaskan dengan sebuah kata atau kalimat yang Anda biasa jadikan link dalam halaman konten artikel Anda. Agar Anda lebih memahaminya, dalam artikel ini akan menjelaskan pengertian, pentingnya dan manfaat anchor text yang tepat sehingga memberikan nilai positif SEO untuk Website atau blog Anda.

Anchor Text yang tepat untuk SEO seperti apa? Apakah harus pakai keyword? Jika Anda menanyakan itu, lebih baik baca dulu sampai akhir artikel ini, dari pada hanya diam untuk menunggu jawaban yang pasti. 

Memakai Anchor text yang menggunakan keyword sebenarnya tidak menjadi masalah, dengan catatan bawah sumber backlink yang Anda gunakan memang baik. Agar Anda lebih paham tentang Anchor Text, mari kita pelajari terlebih dahulu pengertiannya dibawah ini.

Pengertian Anchor Text

Pada pembahasan mengenai Internal link, sudah sedikit dijelaskan mengenai pengertian singkat mengenai Anchor text. Anchor Text adalah sebuah kata atau kalimat pada sebuah halam konten artikel yang berisi link, dimana akan mengarahkan pada halaman lain dalam satu website atau berbeda website. 

Ketika Anda membaca sebuah konten artikel, Anda tak sengaja menemukan kata/kalimat yang berwarna biru atau diaris bawahi, itulah yang dinamakan anchor text. Ketika memberika anchor text, ingatlah untuk memberikan link pada halaman website yang berhubungan atau relevan, sehingga memberikan nilai positif untuk SEO website Anda. Sebenarnya ada beberapa jenis atau macam anchor text, untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dibawah ini.

Macam-Macam Anchor Text

Ketika Anda mempelajari Anchor text lebih mendalam dalam optimasi website/blog, Anda perlu memahami dalam penggunaan achor text yang tepat. Jika Anda keliru memilih, akan berkaibat buruk untuk website atau blog Anda. Berikut ini jenis atau macam anchor tet yang perlu Anda ketahui:

Generic Anchor

Untuk contoh generic anchor ini anda mungkin tidak sengaja sering menemukannya ketika Anda membaca sebuah konten artikel dalam sebuah website dan biasanya berupa CTA (Call To Action) sesuai kebutuhan. Seperti: Klik disini, download disni dll.

Branded Anchor

Anchor tipe ini mengacu pada nama brand Anda. Bisa dikatakan ini adlaah cara paling aman untuk penggunaan Anchor text dan membuat pondasi SEO untuk halama utama website Anda. Contohnya: omahinfo, sobat omahinfo, dll

Naked Anchor 

Naked anchor ini adalah tipe anchor yang nama teksnya sama dengan link url yang akan dituju. Contohnya https://www.omahinfo.com/, www.omahinfo.com, dan www.omahinfo.com/

Image Anchor

Tipe Anchor ini mengganti yang mana sebelumnya text menjadi anchor diganti dengan image/gambar. Cara cukup simple dengan merubah bagian "Alt image/Alternate image" di isi dengan link. 

Brand + Keyword anchor

Tipe Anchor ini adalah kombinasi antaran brand dan keyword anchor. Selain ini bagus dan aman terkait SEO blog Anda, juga mendukung branding bisnis website/blog. Contohnya omahinfo rumah belajar dan informasi, dll

LSI Anchor

LSI (Latent Semantic Indexing) bisa dikatakan sebagai kata kunci yang masih relevan dengan kata kunci atau keyword utama, dan untuk mendapatkan LSI keyword harus menggunakan tool riset keyword. LSI bukan sinonim kata kunci, tapi sinonim dari kata kunci atau keyword memiliki kemungkinan adalah LSI. Misal Keyword utama: Baju Muslim, LSI relatenya bisa: Baju Muslim Dewasa, dll

Partial-Match Anchor

Partial-Match anchor ini bisa dikatakan hampir mirip dengan LSI anchor, hanya saja Anda membuat keyword sendiri tanpa bantuan tools, siapa tahu keyword yang dibikin naik di pencarian google. Contohnya: Gacor Anchor text, dll

Exact Match Anchor

Bisa dikatakan anchor tipe ini seperti pedang bermata 2, jika benar pengaplikasinya website naik, jika tidak website Anda bisa hilag dari mesin pencari. Jika kalo target keywordnya cara membuat anchor text, maka anhor textnya juga cara membuat anchor text. 


Seberapa Penting Anchor Text?

Jika ditanya seberapa penting anchor text? maka seenarnya secara tidak langsung Anchor text memberitahukan Google tentang suatu deskripsi sebuah konten halaman. Semakin banyak yang mengarah ke suatu konten halaman, maka semakin bagus konten itu karena banyak yang mencari isi konten tsb. 

Mempengaruh peringkat di mesin pencarian? Bisa dikatakan iya. Anchor text mampu mendeskripsikan halaman lebih tepat dibanding halaman itu sendiri. Sehingga dulu banyak yang menebar anchor text dan keyword sebanyak mungkin untuk menempati urutan teratas pencarian. 

Google pun tak tinggal diam dengan mengupdate alogaritma tahun 2012 dengan nama Google Penguin untuk menghajar beberapa website yang curang dan mengatasi soal spam serta mendorong konten agar lebih relevan dengan keyword sehingga muncul di mesin pencari.

Sebagai contoh: Anda akan menemukan begitu banyak tulisan “Proudly powered by WordPress”, dan tentunya memberikan backlink ke wordpress.org. Bagaimana, Anda baru sadar? Apa Anda dan Saya yang kelewat pintar sehingga baru tahu?. 
 

Anchor Text Yang Tepat

Ada berbagai banyak manfaat anchor text yang didapatkan, jika Anda menerapkan anchor text yang tepat dan bagus. Anchor Text juga di manfaatkan oleh sebagian perusahaan digital dengan melakukan SEO dengan blog placement (memberi link ke bloger) seperti lomba menulis review konten yang mencantukan link ke sebuah perusahaan digital. 
 
Seperti contoh diatas terkait “Proudly powered by WordPress”, kenapa tidak kena penalti google penguin? Ada dua faktor yang menyebabkan Google Penguin bergerak berdasakan pendapat Moz yaitu:
  1. Skema Backlink yang parah, membombardir Website Anda dengan Anchor Text  keyword yang sedang Anda optimasi tapi secara berlebihan
  2. Keyword Stuffing, mengulang keyword dengan jumlah yang tak wajar dalam satu halaman.
Dari pertanyaan diatas bisa dijawab, karena mereka semua paham bagaimana dan kapan waktu yang tepat untuk memakai Anchor Text.

Anchor Text bisa dikatakan sebagai pemberi sinyal kepada google bahwa halaman tersebut relevan dengan kata kunci tersebut dalam artian akan membantu google mengerti apa isi dari halaman website itu, selain itu juga membantu mengetahui keyword mana yang pantas masuk SERP. 

Dalam hal penerapan SEO Off Page yang menjadi sebuah catatan adalah banyak situs yang melakukan Anchor Text yang sama namun aman, karena teknik manupulasi mereka berjalan cukup baik dan tidak begitu serakah. Namun jika Anda hanya mengandalkan sumber backlink dari komentar dan tidak berusaha tingkat lebih baik, maka tidak menutup kemungkinan Anda juga akan terkena pinalti. 

Saya akan memberikan sebuah contoh salah satu master SEO yang saya ikuti dengan keyword tertentu dan menduduki posisi pertama halaman pertama. Dia menjelaskan bahwa tidak ada artikel, judul dan meta deskripsi yang mengandung keyword tesebut. 
 
Dia menjelaskan bahwa dia mendapatkan backlink dari sebuah website lain dengan Anchor Text, misalnya seperti saya diawal sering mengatakan sobat omahinfo, karena saya sering menggunakan kata "sobat omahinfo", usahakan nama akun twitter dan ig menggunakan nama "@sobatomahinfo" dan pemilik blog yang menjadi sumber backlink adalah follower akun itu. 

Kesimpulan

Itu hanyalah salah satu contoh kecil mengapa kita tidak perlu memusingkan seberapa banyak atau sering Anchor Text di website Anda, yang paling penting adalah kualitas backlink yang Anda gunakan. Lebih baik bersusah dahulu bersenang kemudian, dari pada mengangis diakhir. Satu lagi poin penting : jangan memaksakan anchor text untuk urusan internal link, karena yang terpenting adalah interaksi pengunjung. Jika ada yang keliru atau ingin menambahkan mengenai anchor text yang tepat dan memberikan manfaat untuk SEO Website, silahkan ketik di kolom komentar dibawah dan terima kasih.

dedi_i
dedi_i Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment