Internal Link Yang Baik Dan Tepat Untuk Website Anda

Table of Contents
Internal Link yang Baik dan Tepat Berdampak Positif Terhadap SEO
Fungsi dan Manfaat Internal link
Internal Link Yang Baik Dan Tepat Untuk Website Anda


Salam sobat omahinfo,
Berbicara tentang Internal Link artikel dalam SEO, banyak sekali yang lupa akan pentingnya fungsi Intenal Link artikel dalam SEO. Ketika saya baru mulai mengerti sedikit penggunaan Internal Link, saya biasanya terlalu banyak memasang banyak backlink yang diarahkan ke berbagai artikel tanpa melihat apakah itu sesuai apa tidak. Berarti trik yang dulu keliru? tenang, Anda tidak perlu khawatir, dalam artikel ini akan membagikan kepada menerapkan internal link yang baik, benar dan tepat sesuai SEO.
 
Jika ditanya apakah itu salah? bisa dikatakan mungkin tidak, tapi akan menguras waktu dan tenaga Anda. Seberapa pentingkah link baik itu internal link maupun eksternal link? Berikut ini jawaban pentingnya funsgi internal link dalam SEO untuk sebuah website atau artikel. Sebelum Anda masuk lebih dalam, mari kita pelajari pengertian internal link agar memudahkan Anda memahami isi konten ini.

Pengertian Internal Link

Internal link secara singkat bisa dikatakan sebagai antar link dalam sebuah website atau blog yang sama. Secara lebih lengkap Internal link adalah sebuah link yang mengarah dari sebuah artikel/konten/halaman menuju halaman lain pada sebuah website atau blog yang sama, dimana keduanya saling berhubungan.

Internal link secara tidak langsung berkaitan dengan anchor text. Secara singkat Anchor text adalah sebuah teks yang berisi link menuju ke sebuah halaman yang berkaitan. Sebagai contoh: Untuk membantu anda mengoptimalkan internal link, Anda harus belajar Anchor text yang tepat.

Berdasarkan contoh kalimat diatas Anda bisa memberikan link kepada kalimat "Anchor Text yang Tepat" menuju artikel yuang menjelaskan tentang anchor text yang lebih mendalam. Ingat jangan sampai salah dalam memilih kata yang dijadikan anchor text, akan berakibat buruk.

Fungsi Internal Link

Secara tersirat dalam penjelasan diatas, ada penjelasan singkat fungsi internal link. Berikut ini beberapa fungsi, jika Anda menerapkan internal lik yang baik dan benar dalam konten Anda:

1. Meningkatkan SEO

Ketika Anda menanamkan Internal lik pada sebuah Anchor text di dalam artikel Anda, secara tidak langsung google akan mengindektifikasi dan mengindeks dua atau lebih artikel didalamnya.

2. Meningkatkan Visibilitas Artikel

Dengan adanya internal link, memungkinkan anda untuk meningkatkan visibilitas artikel lama yang berkaitan. 

3. Meminimalisir Tingkat Bounce Rate Tinggi

Dengan adanya internal link, membuat pembaca akan berlama-lama di website atau blog Anda, yang secara otomatis mengurangi tingkat bounce rate.

Cara Membuat Internal Link Yang Baik dan Benar

Ada beberapa poin yang harus diperhatikan dalam pembuatan Internal Link yang baik dan benar sehingga memberikan dampak positif kepada website atau blog Anda, diantaranya :

1. Untuk di klik

Jika kalian membuat Internal Link dalam sebuah artikel, harus mampu membuat para pembaca klik artikel selanjutnya. Mungkin kalian harus pandai merangkai kata-kata sehinga terlihat alami dan tidak memaksakan. Tapi terkadang kalau tak menemukan ide saya juga sering menuliskan "Baca juga : ....".

2. Saling Terkait Satu Sama Lain

Jika kalian membuat Internal Link yang tidak terkait itu akan menjadi sebuah masalah bagi gogle dalam menilai kualitas blog atau artikel kalian. Di lain sisi Internal link yang terkait akan membuat interaksi pengunjung semakin baik dan menurunkan nilai bounce rate.

3. Jangan Tempatkan di Awal Artikel

Tujuannya adalah agar pembaca atau user tidak teralihkan perhatiannya menuju ke artikel selanjutnya, sebelum dia selesai membaca artikel pertama dia dia buka, sehingga nilai bounce rate tidak tinggi.

Pengalaman Pribadi Terkait Internal Link

Menurut yang saya pelajari beberapa bulan terakhir, akhirnya mengetahui bagaimana Internal link yang bagus dan tepat. Mungkin lebih baik dan lebih mudah memakai contoh.

Misalnya: Anda sudah mempunyai artikel yang berada dalam urutan 10 teratas halaman pertama google dengan keyword "cara menghilangkan bisul", dengan menggunakan beberapa tips membuat artikel menjadi halaman pertama google
 
Dari keyword tersebut dan memanfaat artikel yang berada dihalaman pertama google, Anda bisa membuat artikel kedua yang menggunakan keyword turunan "cara menghilangkan bekas bisul", untuk artikel ini Anda tidak perlu susah-susah membuat backlink khusus, cukup dengan menerapkan internal link dari artikel "cara menghilangkan bisul" yang sebelumnya telah dibuat dan berlaku sebaliknya dan seterusnya ke artikel yang lain.

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tindakan untuk SEO artikel perihal backlink. Tapi yang perlu diingat adalah Intenal Link yang baik, benar dan tepat adalah Internal Link yang mengalir tanpa di buat-buat. Sebagai contoh dari dua keyword diatas "Bisul adalah sebuah benjolan merah... setelah beberapa cara diatas, kemungkinan besar bisul itu akan menghilang, tapi akan menimbulkan bekas bisul yang membual Kalian merasa risi. 
 
Meskipun bekas bisul itu harus diatasi untuk memaksimalkan penampilan.", diakhir paragraf kalian bisa menyisipkan Internal Link mengenai"cara menghilangkan bekas bisul". Jadi dalam membuat artikel itu paling baik berurutan dari yang umum ke yang mendetail bisa dikatakan dari A hingga Z, dan perlu Anda ingat jangan sampai Internal Link melompat dari keyword. Misal tadi membahas bisul, Anda melompat ke cara mendapatkan uang dengan bisnis modal minim.

Kesimpulan

Internal link yang baik, benar dan tepat adalah Internal Link yang alami dan tidak dipaksakan serta tidak hanya ditujukan untuk sesuai SEO, tapi juga harus menimbulkan keinginan klik dari para pembaca atau user yang datang ke blog Anda. Itulah konten artikel tentang Internal Link yang didapat dari membaca dan pengalaman ketika mengelola website atau blog ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
dedi_i
dedi_i Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment