Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pencarian Teratas Smartphone saat Lockdown di Asia Tenggara

Top Searching Smartphone
source : pixabay plus editing omahinfo

Salam sobat omah info, 
Beberapa negara Asia Tenggara menerapkan lockdown untuk menangani covid-19, meskipun begitu, hal itu tidak membatasi orang-orang di Asia Tenggara untuk mencari produk smartphone terbaru. Begitu banyak sektor industri yang terpengaruh atau trganggu oleh adanya covid-19. tapi hal itu berbeda dengan sektor industri komunikasi yang tetap tangguh dalam situasi seperti ini. Berikut pencarian teratas smartphone berdasarkan minat pencarian saat lockdown di Asia Tenggara.

Tidak bisa dipungkiri, ada beberapa perusahaan pembuat smartphone yang dirugikan akibat minat pencarian yang menurun secara signifikan. Namun, kenyataannya ada juga perusahaan yang mengalami peningkatan minat pencarian produks smartphone dari perusahaan-perusahaan tertentu.

Smartphone dengan Minat Pencarian Terendah

Ketika negara-negara di dunia menerapkan aturan lockdown untuk mengatasi virus covid-19 di bulan Maret, tapi hal itu dianggap menjadi sebuah peluang oleh beberapa perusahaan smartphone untuk meluncurkan produk mereka. 
Berdasarkan data yang telah dikumpulkan iPrice dengan menggunakan Google Keyword Planner terhadap perilaku pencarian tujuh negara termasuk Hong Kong antara bulan Maret hingga April, menemukan beberapa smartphone dengan minat pencarian terendah yaitu

1. Huawei Nova 7

Untuk produks smartphone Huawei Nova 7 mengalami penurunan minat pencarian dengan rata-rata 45% dibandingkan dengan model yang dikeluarkan oleh Huawei sebelumnya. Smartphone Huawei Nova 7 diluncurkan secara resmi pada bulan April dengan menawarkan spesifikasi diantaranta layar OLED FHD+ 6.53 inci, dengan kameran depan 32MP, dan kamera belakang dibekali 64MP, 8MP dan 2MP serta mengemas chipset Kirin 985 dengan RAM 8GB, ditambah dibenamkan baterei sebesar 4.000mAh didukung dengan pengisian cepat 40Watt. Tapi dengan spesifikasi yang diberikan, smartphone ini tak membuatnya mampu banyak menarik minat pencarian.

2. Honor 30

Ternyata selain Huawei nova 7, ada smartphone honor 30 yang mengalami penurunan minat pencarian yang hampir signifikan sekitar 80%. Padahal Honor 30 menawarkan spesifikasi dengan layar OLED 6.53 inci, dengan kameran selfi 32MP, dan kamera belakang dibekali 40MP, 8MP dan 8MP serta mengemas chipset Kirin 985 dengan RAM 6GB dan 8GB, ditambah dibenamkan baterei sebesar 4.000mAh didukung dengan pengisian cepat 40Watt.

3. Oppo Reno Ace 2

Tak hanya smartphone Honor 30, Oppo Reno Ace 2 juga mengalami penurunan minat pencarian sekitar 93%. Oppo Reno Ace 2 sendiri sudah menawarkan spesifikasi dengan layar IPS LCD 6.5 inci, dengan kameran depan 16MP, dan kamera belakang dibekali 64MP, 13MP, 8MP dan 2MP serta mengemas chipset Qualcomm Snapdragon 865 dengan RAM 8GB, ditambah dibenamkan baterei sebesar 4.000mAh didukung dengan pengisian cepat 65Watt.

Smartphone dengan Minat Pencarian Tinggi

Perkembngan teknologi yang begitu pesat, tak jarang memunculkan persaingan sehingga ada yang kalah dan ada juga yang menang dan mampu bertahan. Pada penjelasan diatas, telah dijelaskan beberapa produk smartphone yang kurang mendapatkan minat pencarian di bulan Maret hingga Mei,  Berikut beberapa smartphone yang mempunyai minat pencarian tertinggi, diantaranya:

1. iPhone SE

Dan yang menjadi pemenang dari smartphone dengan minat pencarian tertinggi adalah iPhone SE. iPhone SE adalah smartphone Apple kelas menengah pertama kali dengan minat percairan tertinggi. Bahkan selama periode lockdown, minat pencarian untuk iPhone SE melonjak sekitar 206%, hal ini bisa dikatakan tiga kali lebih tinggi dari iPhone 11 Pro ketika ponsel ini pertama kali di rilis pada bulan September 2019. iPhone SE menawarkan spesifikasi dengan layar RetinaHD 4,7 inci, dengan kameran depan 7MP, dan kamera belakang dibekali 12MP serta mengemas chipset A13 Bionic yang juga digunakan untuk iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max dengan RAM 2GB, ditambah dibenamkan baterei sebesar 1624mAh didukung dengan pengisian cepat 18Watt.

2. OnePlus 8 & OnePlus 8 Pro

Ditempat kedua ditempati oleh OnePlus 8 & OnePlus 8 Pro, dimana kedua smartphone atau ponsel ini mendominasi minta pencarian di beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand dan Hong Kong. Spesifikasi kedua smartphone OnePlus 8 & OnePlus 8 Pro tidak berbeda jauh seperti dengan kamera depan 16MP, dan kamera belakang dibekali 48MP, 16MP dan 2MP serta mengemas chipset Qualcomm Snapdragon 865 dengan hingga RAM 12GB, ditambah dibenamkan baterei sebesar 4.300mAh didukung dengan pengisian cepat 30Watt. Yang menjadi pembeda adalah layar OnePlus 8 adalah layar Fluid AMOLED 6.55 inchi dengan resolusi FULL HD Plus dengan refresh rate 90 Hz, sedangkan layar  OnePlus 8 Pro adalah layar Fluid AMOLED 6.78 inchi dengan resolusi QHD Plus dengan refresh rate 120 Hz. 

3. Xiaomi Mi 10

Ditempat ketika ditempati oleh smartphone dari Xiaomi yaitu Xiaomi Mi 10. Xiaomi Mi 10 sendiri mengusai 7% pangsa pasar pencarian dari bulan Maret hingga April 2020. Xiaomi MI 10 menawarkan spesifikasi sebagai berikut layar AMOLED 6.67 inci dengan resolusi FULL HD+ dengan refresh rate 90Hz, dengan kamera depan 20MP, dan kamera belakang dibekali 108MP, 13MP, 2MP dan 2MP serta mengemas chipset Qualcomm Snapdragon 865 dengan hingga RAM 12GB, ditambah dibenamkan baterei sebesar 4.780mAh didukung dengan pengisian cepat 30Watt.
iPhone Se memegang tahta tertinggi smartphone dengan besar pencarian dari bulan Maret hingga April rata-rata sekitar 673.000. Jika diubah dalam bentuk persentase, iPhone SE menguasai pasar sekitar 78% jika dibandingkan merek lain dengan keunggulan harga kelas menengah sekitar Rp 5,9 jutaan (dengan kurs 1 dolar 24 MEi 2020 = Rp 14.806). Selain itu juga ponsel ini akan selalu mendapatkan update keamanan dan new fitur melalui pembaharuan versi IOS.

Kesimpulan :

Meskipun diterapkan lockdown, keingintahuan orang perihal produk smartphone baru tidak bisa di bendung berdasarkan minat pencarian yang ditunjukkan pada mesin pencari. Mencari tahu suatu produk semartphone baru bukanlah hal yang dilarang dan malahan bagus untuk menambah ilmu, tapi jika Anda berniat untuk membeli, perhatikanlah kembali situasi keuangan Anda saat ini. Semoga infomasi ini bermanfaat, terima kasih.
dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Pencarian Teratas Smartphone saat Lockdown di Asia Tenggara"