Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Aplikasi Wajib Para Pemilik Online Shop (Naik 100%)

Aplikasi Wajib Para Pemilik Online Shop
Ilustrasi Aplikasi Wajib Pemilik Online Shop (pixabay)

Salam sobat omahinfo,
Proses jual beli adalah kegiatan yang sudah umum dilakukan oleh setiap manusia dari anak-anak hingga dewasa. Seiring berkembanganya ilmu dan teknologi, proses jual beli sekarang lebih banyak dilakukan secara online sehingga memunculkan banyak online shop dari berbagai marketplace. Sebagai seorang pemilik online shop ada beberapa aplikasi yang wajib Anda dimiliki, sehingga online shopnya mendapatkan keutungan maksimal, ingin tahu aplikasi apa saja, ayo simak artikel ini.

Jualan secara online di Indonesia tidak bisa dipastikan kapan dimulai dan tak tahu kapan pastinya online shop mulai menjamur. Pemilik online shop menjual produksnya bisa melalui website, blog, dan berbagai sosial media seperti Instagram, Facebook dan WhatsApp. 
 
Dengan penjualan yang relatif simpel dengan memberikan gambar produk disertai deskripsi yang jelas dan tepat atas produk yang Anda jual serta.  Mengandalkan unsur saling percaya antar pembeli dan pedagang, perkembangan jualan secara online pun tak terbendung lagi ditambah banyaknya marketplace yang bisa dimanfaatkan para pemilik online shop untuk membuka tokonya. Anda seorang pemilik atau reseller atau dropshipper online shop? Berikut beberapa aplikasi yang wajib Anda miliki dan instal untuk mendukung penjualan.

Aplikasi Wajib Pemilik Online Shop

Banyaknya permintaan produks membuat seorang pemilik online shop harus gesit dan tangkas dalam menangani pemesanan produk-produk mereka baik dari tahap upload tentang produk hingga pengecekan produk sampai ke tempat para pembeli. Ada beberapa aplikasi yang wajib dimiliki oleh pemilik online shop untuk menunjang kinerja dirinya, berikut beberapa aplikasi tersebut :

1. Aplikasi Chat

Aplikasi chat yang dimaksud bisa seperti WhatApp, Line, dan Telegram.  Selain itu, juga ada menu chat yang disediakan penyedia aplikasi online shop, tempat toko Anda bernaung. Usahakan nomor telepon yang digunakan khusus hanya untuk berbisnis saja.

2. Aplikasi Cek Ongkir

Aplikasi Cek Ongkir adalah aplikasi yang bisa digunakan oleh pemilik online shop untuk mengecek ongkos kirim dari kota pemilik online shop ke alamat rumah pembeli. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan website-website perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman.
 
Ada juga perusahaan penyedia layanan jasa pengiriman menyediakan jasa member layanan yang memberikan keuntungan untuk pengiriman barang sehingga waktu yang sebelumnya dipakai untuk mengantar barang ke loket pengiriman bisa Anda gunakan untuk melayani pelanggan lain. 
 
Melihat perkembangan sekarang, aplikasi ini tidak sebenarnya mungkin sudah tidak diperlukan karena semua marketplace telah bekerjasama dan otomatis ketika Anda memesan. Akan muncul besaran biaya pengiriman yang harus anda bayarkan selain harga produk.

Terkadang beberapa marketplace menawarkan program gratis biaya pengiriman, yang akan menarik minat membeli para calon pelanggan Anda.

3. Aplikasi Marketplace

Selain berjualan memalui website, blog, dan berbagai sosial media seperti Instagram, Facebook dan WhatsApp, Anda sebagai pemilik online shop juga bisa menjual produknya di beberapa marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, dan masih banyak marketplace lainnya.
 
Aplikasi marketplace menurut saya, penting untuk anda instal karena kan mempermudah anda mengelola toko ketika Anda sedang tidak dirumah atau sedang bepergian. Hal ini sangat bermanfaat ketika mampu meningkatkan pelayanan yang cepat dan ramah ketika ada pelanggan yang ingin menanyakan tentang stok, informasi produk dll.


4. Aplikasi Editing Gambar

Anda tidak perlu menggunakan pc atau leptop untuk mengedit menggunakan adobe photosop, jika kalian sedang lagi sibuk. Anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi yang tersedia di playstrore untuk mengedit foto dan hasilnya tidak kalah jauh dibandingkan dengan editing menggunakan Adobe Photosop. Aplikasi yang dimaksud bisa sepeti Canva, Mojo dll.

Adobe Photosop menurut saya kalo bisa Anda bisa imenginstalnya di leptop untuk editing gambar yang lebih rumit dengan desain anda sendiri. Karena ada beberapa fungsi editing yang hanya bisa anda temukan di photosop.


5. Aplikasi M-Banking

Aplikasi ini sangat penting ini sangat penting, karena untuk pengecekan apakah pembeli/markerplace sudah mentransferkan sejumlah uang kepada Anda.
 
Anda bisa mengeceknya melalui menu cek mutasi pada aplikasi M-Banking Anda. Hal ini bertujuan untuk memastikan pembeli itu tidak berbohong dengan menunjukan bukti transfer palsu.
 
Sedangkan untuk Anda yang bernaung di marketplace, untuk mengecek uang hasil penjualan yang telah ditarik/dikirim tiap bulan/minggu/hari.

Baca Juga : Produks Online Shop yang Paling Laris

6. Aplikasi Pengatur Keuangan

Aplikasi ini sebenarnya bisa penting, jika Anda masih single fighter dalam melayani pembelian yang masuk kedalam toko Anda yang mana bisa Anda gunakan sebagai catatan awal. Nantinya akan digunakan untuk mengecek kembali dengan data yang ada di komputer atau leptop Anda serta mencocokan kembali dengan data di buku pembukuan manual. Sehingga Anda akan mengetahui seberapa keuntungan Anda dan menentukan stategi selanjutnya untuk langkah selanjutnya.

Selain aplikasi, ternyata ada banyak beberapa peralatan yang anda butuhkan ketika Anda berjualan online baik di di marketpalce, atau website atau sosial media. Berikut ini beberapa peralan yang anda mungk9in butuhkan berdasarkan pengalaman saya selama berjualan online:
 
1. 

Kesimpulan

Ini adalah beberapa aplikasi yang akan sangat membantu Anda sebagai pemilik online shop untuk memaksimalkan kerja dan hasil yang akan dicapai. Jika dari kalian ada yang memiliki pendapat yang berbeda, silahkan sampaikan pendapat kalian di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
dedi_i
dedi_i Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

2 comments for "6 Aplikasi Wajib Para Pemilik Online Shop (Naik 100%)"