Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Cara Mudah Aktifkan WhatsApp Dark Mode Penghemat Daya



Salam sobat omahinfo,
Menggunakan WhatsApp dark mode untuk mengubah warna aplikasi perpesanan dari warna putih dan hijau ke nuasa hitam dan abu-abu yang lebih halus, yang menghasilkan sedikit cahaya pada malam hari sehingga membuat WhatsApp lebih nyaman untuk digunakan dalam kondisi cahaya rendah. WhatsApp dark mode sendiri memberikan Anda banyak keuntungan. Jika Anda masih bingung untuk menggunakannya, ada 5 cara mudah untuk mengaktifkan WhatsApp dark mode baik untuk Android, iPhone, desktop, dan pembaruan selanjutnya yang akan Anda temui serta cara lain untuk menghemat daya atau baterai ponsel Anda.

Layar yang lebih gelap atau yang disebut dark mode hanya akan membutuhkan lebih sedikit cahaya, terutama jika ponsel Anda memiliki layar AMOLED. Disamping terlihat begitu keren, akan memberikan sebuah penyegaran bagi pengguna yang sebelumnya menggunakan antarmuka yang serba putih.

Selain itu pengembang juga telah merencanakan beberapa perubahan dark mode pada WhatsApp, termasuk untuk menyesuaikan warna gelembung teks sekaligus meningkatkan kontras terhadap latar belakang aplikasi yang berwarna hitam.

Setelah pronyek penyembangan ini selesai dan diluncurkan, pengembang memastikan tidak ada perubahan dalam mengaktifkan WhatsApp dark mode. Jika Anda masih kebingungan untuk mengaktifkan atau menggunakan Whats App dark mode untuk Android, Iphone dan broswer, mari kita baca langkah-langkah dibawah ini.

WhatsApp Dark Mode untuk Android

Jika Anda seorang pengguna ponsel Android, WhatsApp dark mode telah tersedia dan diseumpurnakan pada update WhatsApp versi 2.20 yang baru di update kemarin tanggal 20 Juli 2020, berikut cara mudah mengaktifkan WhatsApp dark mode :
  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Pilih 'Pengaturan'
  3. Pilih 'Chat'
  4. Pilih 'Tema'
  5. Pilih 'Gelap' lalu tekan 'Ok'
Jika Anda menggunakan sistem Wide Dark Mode untuk mengubah warna semua aplikasi Anda, Anda hanya tinggal menerapkan ' Sistem default' sehingga aplikasi WhatsApp Anda akan bertema gelap secara otomatis tanpa menyetting melalui pengaturan aplikasi.

WhatsApp Dark Mode untuk iPhone

Stelah Anda menerima pembaharuan terbaru dari aplikasi WhatsApp, untuk mengaktifkan WhatsApp darkmode tidaklah begitu sulit malahan terbilang cukup mudah, berikut cara mudah aktifkan Whatsapp dak mode :
  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Pilih 'Pengaturan'
  3. Pilih 'Chat'
  4. Pilih 'Tema'
  5. Pilih 'Gelap' lalu tekan 'Ok'
Tak berbeda jauh dengan Android, jika Anda menggunakan ' 'Sistem default' untuk membuat WhatsApp mengadopsi sistem skema warna menyeluruh pada ponsel Anda secara otomatis.

WhatsApp Dark Mode untuk Desktop

WhatsApp juga memberikan pembaruan dark mode untuk desktop, tapi sangat disayangkan karena sentuhan ini belum bisa Anda nikmati. Saat ini dark mode untuk desktop masih dalam tahap proses, dan belum bisa dirilis berbarengan untuk versi Android dan iPhone.

Tampilan Baru WhatsApp Dark Mode

Tampilan Baru WhatsApp

Tampilan Baru WhatsApp

Mode gelap WhatsApp sebagian besar berwarna abu-abu, dengan aksen hijau dan pesan status berwarna kuning.

Sebelum versi beta dirilis, sepertinya Anda akan melihat setidaknya dua mode gelap yang berbeda, salah satunya akan pengoptimalan untuk layar AMOLED. Aset yang tersimpan di APK sebelumnya memberitahukan akan ada hingga tiga varian yang tersedia, termasuk satu dengan latar belakang hitam pekat. Pixel hitam ini akan dimatikan pada layar AMOLED, membantu menghemat daya sebanyak mungkin.

Namun, yang terjadi malah tidak seperti itu. Sebaliknya, WhatsApp Para desainernya menghabiskan waktu mereka menyempurnakan tampilan yang akan meningkatkan kemampuan membaca sambil membuat elemen antarmuka yang berbeda menjadi jelas dan berbeda. Sehingga meminimalkan kelelahan mata dan menggunakan warna yang lebih dekat dengan sistem default pada iPhone dan Android.

Pembaharuan Selanjutnya Seperti Apa

WhatsApp dark mode akhirnya tiba dan bisa Anda nikmati, tetapi sepertinya ada banyak lagi pembaruan yang datang ke WhatsApp dalam waktu dekat.

Berdasarkan tangkapan layar yang bocor, sepertinya Anda akan dapat mengatur pesan yang akan dihapus setelah periode antara lima menit hingga satu jam. Aplikasi saingan serupa seperti Facebook Messenger, Telegram, dan Signal sudah menawarkan fitur serupa, jadi ini merupakan tambahan WhatsApp yang sudah ketinggalan.

Versi beta juga telah mengungkapkan opsi baru yang memungkinkan Anda untuk sepenuhnya menyembunyikan pembaruan dari kontak yang dimatikan (muted contact). Saat ini, jika Anda membisukan kontak, pembaruan mereka akan tampak berwarna abu-abu, tetapi masih terlihat. Ketika pembaruan baru diluncurkan, Anda akan dapat menyembunyikannya sepenuhnya, dan hanya melihatnya jika Anda mau.

Satu hal yang tidak Anda harapkan dalam waktu dekat adalah masuknya iklan secara tiba-tiba. Perusahaan induk Facebook baru-baru ini mengungkapkan bahwa telah membubarkan tim yang sedang berupaya untuk memasukkan iklan ke dalam obrolan grup.

Perusahaan masih berniat untuk memasukkan iklan ke dalam fitur Status yang jarang digunakan WhatsApp (yang sangat mirip dengan Stories di Facebook dan Instagram), tetapi Anda tidak akan menemukan diri Anda dibombardir dengan berbagai promosi dalam waktu dekat.

Cara Lain Perpanjang Masa Pakai Baterai di WhatsApp


warna solid WhatsApp
warna solid WhatsApp
Salah satu alasan utama Anda mungkin ingin mencoba dark mode untuk WhatsApp adalah untuk memperpanjang masa pakai baterai, tetapi ada cara lain, sudah adakah yang tahu.

Jika Anda tidak menyukai pilihan warna WhatsApp untuk mode gelap, Anda dapat melakukan beberapa penyesuaian sendiri untuk menyesuaikan tampilan. Berikut caranya :
  1. Masuk ke pengaturan aplikasi,
  2. Pilih 'Obrolan'
  3. Pilih 'Wallpaper'
  4. lalu pilih 'Warna solid' dan pilih sesuatu yang lebih gelap daripada latar belakang abu-abu pucat standar.
Ini tidak akan mengubah warna gelembung pesan, menu dan elemen antarmuka lainnya, tetapi penelitian Google telah menemukan bahwa piksel hitam menguras daya jauh lebih sedikit daripada warna lainnya.

Secara default, WhatsApp akan mengunduh banyak file di latar belakang, yang benar-benar dapat menguras baterai ponsel Anda, sehingga Anda juga dapat menghemat daya dengan membuka pengaturan WhatsApp dan memilih 'Penggunaan data dan penyimpanan'.

Anda dapat memilih kapan media harus diunduh (saat Anda menggunakan data seluler, saat Anda terhubung ke Wi-Fi, dan saat Anda roaming). Jika Anda mematikannya, video dan gambar yang dikirim dalam pesan hanya akan diunduh saat Anda mengetuknya.
Baca Juga : Aplikasi Wajib Para Pemilik, Reseller, atau Dropshipper

Mengaktifkan mode hemat daya ponsel Anda sendiri adalah cara lain untuk membuatnya lebih lama di antara pengisian daya. Tergantung pada pengaturan yang Anda pilih, ini dapat menurunkan kecerahan layar Anda, menghentikan aplikasi mengirim dan menerima data ketika mereka berjalan di latar belakang, dan membatasi kecepatan CPU. Terserah Anda apakah Anda mau mengambil hit kinerja untuk memperpanjang masa pakai baterai Anda.

Kesimpulan

Itulah cara mudah mengaktifkan dark mode WhatsApp baik untuk Android, iPhone, desktop, dan pembaruan selanjutnya yang akan Anda temui serta cara lain untuk menghemat daya ponsel Anda. Jika dalam tulisan diatas ada yang mungkin keliru atau Ada yang ingin menambahkan, silahkan sampaikan pendapat Anda melalui kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

1 comment for "5 Cara Mudah Aktifkan WhatsApp Dark Mode Penghemat Daya"

Berlangganan via Email