Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Spesifikasi PC Gaming Yang Setara PlayStation 5 dan Xbox Series X


Spesifikasi PC Gaming rakitan
source : pixabay

Salam sobat omahinfo,
Playstation dan Xbox hampir beberapa tahun sekali memberikan kejutan dengan mengeluarkan game maupun konsol terbarunya. Saat ini, Xbox One, PS4 dan Nintendo Switch memiliki peranan yang cukup penting dalam hiburan rumahan yang menggunakan spesifikasi hampir setara PC gaming kelas menengah hingga bawah. Spesifikasi PC gaming seperti apa yang hampir setara atau bahkan mengungguli spesifikasi untuk konsol Xbox Series X dan Playstation 5.

Fakta mengejutkan yang mungkin belum Anda ketahui adalah PlayStation 4 dan Xbox One bahkan menggunakan chipset serupa yang disediakan oleh AMD. Isu terbaru yang beredar bahwa PlayStation 4 Pro dan Xbox One X membawa akan memberikan tampilan gaming ke resulusi 4K tapi masih ada sedikit masalah untuk segera dirilis.

PlayStation 5 dan Xbox Series X dijadwalkan akan diluncurkan pada masa liburan mendatang, sangat diharapkan generasi berikutnya ini juga akan menyusul.

Spesifikasi Xbox Series X


spesifikasi Xbox series x
source : pixabay
Xbox Series X adalah generasi ke-4 Xbox sebagai penerus Xbox One yang diperkirakan memiliki spesifikasi tinggi untuk mendukung layar resolusi tinggi, frame rate serta pengurangan waktu tunggu. Xbox Series X ini bisa menjalankan dan mendukung semua game, kontroler, dan aksesoris yang didukung oleh sang leluhur yaitu Xbox One termasuk kompatibilitas mundur, tapi sangat disayangkan tidak ada game ekslusif untuk Series X. Berikut Spesifikasi Xbox Series X yang akan segera dirilis :
  1. CPU: 3.8GHz Custom Zen 2
  2. RAM: 16GB GDDR6
  3. GPU: 12 TFLOPs, 1.825GHz RDNA 2
  4. Storage: 1TB Custom NVME SSD

Spesifikasi PlayStation 5


playstation 5
source : pixabay
PlayStation 5 adalah sebuah konsol sebagai penerus PlayStation 4 pada tahun 2019 dari Sony Interactive Entertainment yang akan dirilis pada akhir tahun 2020. PlayStation 5 akan memakai solid state drive (SSD) khusus, GPU dengan dukungan ray tracing (teknik render yang dapat menghasilkan efek pencahayaan yang sangat realistis), serta kompatibilitas mundur dengan game PlayStation 4 dan PlayStation VR. PlayStation 5 akan bersaing dengan Xbox Series X dan Nintendo Switch. Berikut Spesifikasi PlayStation 5 yang akan segera dirilis :
  1. CPU: 3.5GHz Custom Zen 2
  2. RAM: 16GB GDDR6
  3. GPU: 10.28 TFLOPs, 2.23GHz RDNA 2
  4. Storage: 825GB SSD

Dengan mengusung Ray Tracing dan SSD sebagai teknologi yang relatif baru untuk konsol, para gamer PC telah menikmati fitur-fitur ini terlebih dahulu selama beberapa tahun terakhir ini. Kemampuan ini mirip dengan streaming dan kemampuan multitasking lainnya. Tidak ada salahnya jika sebagian besar game pihak ketiga seperti Electronic Arts, Activision, Bethesda Studios dan Rockstar Games juga menyediakan game untuk PC mendulang kesukesan dengan memanfaatkan fitur-fitur ini.
Baca Juga : Beberapa Game di Playstation 5

Secara umum, PC mampu menjalankan game lebih baik dengan optimalisasi yang tepat. Membeli konsol juga jauh lebih murah karena konsol generasi berikutnya akan dijual dengan harga sekitar $ 500. Sementara itu, untuk top kartu grafis (Graphics Card/VGA Card) saja bisa mencapai harga sekitar setinggi $ 2.499 (£ 2.452, AU $ 4.599) untuk Nvidia Titan RTX. Itu bahkan belum memasukan untuk biaya tambahan seperti Kasing, power supply, sound output, motherboard, CPU and memori internal. Namun, PC masih menawarkan segalanya mulai dari sistem operasi yang berfungsi penuh untuk tugas-tugas non-gaming hingga modding.

Spesifikasi PC Gaming Rakitan Unggulan


Spesifikasi PC Gaming Rakitan
source : pixabay
Setiap orang dengan menggunakan dana yang cukup mampu membangun PC gaming yang setara bahkan melebihi spesifikasi PS5 dan Xbox Series X. Berikut komponen yang Anda perlukan untuk membangun PC gaming yang dapat mengungguli PS5 dan Xbox Series X.

CPU: AMD Ryzen 7 3700X


CPU: AMD Ryzen 7 3700X
source : pixabay
Baik PS4 dan Xbox One masih menggunakan AMD Jaguar 8-core x86-64 ketika diluncurkan pada 2013. PS5 dan Xbox Series X akan tetap menggunakan pada prosesor AMD melalui jajaran CPU Zen 2 mereka. Dengan kecepatan clock antara 3.5GHz - 3.8GHz antara 8-core dan 16 thread, ini merupakan kejutan besar dan siginifikan dari pendahulunya yang hanya sebuah CPU yang relatif lemah berkisar sekitar 1.6GHz.

Sampai sekarang, AMD Ryzen 7 3700X yang sebanding dapat menghasilkan 3,6GHz - 3,9GHz melalui 8-core dan 16 thread. Biaya untuk chipset itu saat ini rata-rata sekitar $300 (Rp 4.383.900 dengan $1= Rp 14.613); lebih dari setengah harga perkiraan konsol generasi berikutnya.

Graphics Card: Nvidia GeForce RTX 2080 Super


Graphics Card: Nvidia GeForce RTX 2080 Super
source : pixabay
Komponen yang paling mahal bagi mereka yang ingin memiliki kecocokan PC gaming rakitan mereka dengan Microsoft dan konsol generasi Sony berikutnya tidak diragukan lagi adalah kartu grafis(Graphics Card/VGA Card). Di sinilah segala sesuatunya menjadi sedikit rumit. Kedua konsol generasi berikutnya akan menyertakan GPU berdasarkan arsitektur grafis AMD RDNA 2 yang akan datang, yang diluncurkan pada akhir tahun. Kartu grafis ini akan menjadi yang pertama dari AMD yang menawarkan kemampuan Ray Tracing. Ray Tracing akan memungkinkan bayangan yang lebih realistis, pantulan dan kesetiaan visual yang lebih baik.

Game berbasis kontrol seperti Call of Duty: Modern Warfare, Battlefield V dan Metro Exodus mendukung fitur yang saat ini eksklusif untuk seri kartu grafis Nvidia Turing. Meskipun Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli Nvidia GeForce RTX 2060 seharga $ 299 (£ 299, AU $ 599), game generasi berikutnya mungkin akan membutuhkan lebih dari ram video sebesar 6GB yang tersedia di kartu. Untuk kartu grafis yang dapat bersaing dengan kemampuan 4K PS5 dan Seri X pada 60 frame per detik, Anda harus membeli Nvidia GeForce RTX 2080 Super yang lebih kuat dengan 8GB RAM video dan 11,15 TFLOP dan harganya akan dimulai dari $699 (Rp 10.214.487 dengan $1= Rp 14.613).

Memory: 16GB DDR4


16GB DDR4
source : pixabay
PS5 dan Seri X akan melakukan lompatan dari sistem RAM 8GB (GDDR5) ke 16GB (GDDR6) kali ini. Ingatlah bahwa konsol berbagi RAM antara CPU dan kartu grafis yang bertentangan dengan PC yang menggunakan ram video terpisah untuk rendering. Mungkin komponen termurah yang didapat, seseorang dapat menemukan 16GB RAM online dengan harga kurang dari $100 (Rp 1.461.300 dengan $1= Rp 14.613).

SSD: Adata XPG SX8200 1TB


Adata XPG SX8200 1TB
source : pixabay
Konsol generasi berikutnya meninggalkan Hard Disk Drive dan beralih ke Solid-State-Drives yang menjanjikan kecepatan loading yang lebih cepat. Pada pengumuman awal PS5, Sony menggunakan PS4 Marvel's Spiderman eksklusif untuk memamerkan peningkatan tersebut. Kecepatan loading menggunakan versi "terendah" dari kit pengembangan PS5 mengurangi waktu loading layar dari 15 detik menjadi 0,8 detik. Untuk demo Unreal Engine 5 yang mengesankan, Epic Games merekomendasikan penggunaan SSD NVMe yang lebih cepat. SSD sangat umum sekarang di game PC sehingga rata-rata hard drive 1TB dapat dibeli dengan harga sedikit di bawah $200 (Rp 2.922.600 dengan $1= Rp 14.613).

Power Supply: EVGA SuperNOVA 650 G5


Power Supply: EVGA SuperNOVA 650 G5
source : pixabay
Untuk menjalankan Nvidia GeForce RTX 2080 Super, sebuah power supply harus memiliki daya minimal 650W. SuperNOVA 650 G5 EVGA berharga $134 (Rp 1.958.142 dengan $1= Rp 14.613) dengan garansi sepuluh tahun.

Motherboard: MSI MPG X570 GAMING PRO CARBON WIFI Gaming Motherboard


MSI MPG X570 GAMING PRO CARBON WIFI Gaming
source : pixabay
Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih motherboard, termasuk kompatibilitas prosesor dan kemampuan audio di samping spesifikasi konektivitas internal seperti Wi-Fi, Bluetooth dan jumlah port USB. MSI MPG X570 Gaming Pro Carbon WIFI, yang dijual dengan harga $250 (Rp 3.653.250 dengan $1= Rp 14.613) adalah contoh sempurna tentang bagaimana motherboard terbaik dapat bersaing dengan PS5 dan Xbox Series X.

Case: Cooler Master Silencio S600


Case Cooler Master Silencio S600
source : pixabay
Kasing yang apik merupakan bagian yang sangat penting juga. Untuk PC gaming rakitan ini, Cooler Master Silencio S600 direkomendasikan untuk gaya serba hitam yang cocok dengan desain futuristik dari Xbox Series X. Agar semuanya berjalan pada efisiensi optimal, tersedia banyak ventilasi dan dua kipas Silencio untuk operasi yang lebih tenang. Cooler Master Silencio S600 juga dilengkapi dengan pembaca kartu SD, dua slot USB dan jack audio melalui banderol harganya $100 (Rp 1.461.300 dengan $1= Rp 14.613).
Jika ditotal untuk merakit PC gaming ini belum termasuk Monitor, keyboard dan mouse sekitar $1783 (Rp 26.054.979 dengan $1= Rp 14.613). Bagaimana menurut Anda, apakah Anda masih berniat merakit PC Gaming ataukah membeli konsol generasi selanjutnya dengan masing-masing kelemahan dan kelebihannya yang dimiliki oleh masing-masing perangkat.

Kesimpulan

Itulah spesifikasi pc gaming rakitan yang melebihi mengungguli spesifikasi untuk konsol Xbox Series X dan Playstation 5. Baik Dari CPU hingga Kasing yang ditawarkan jika dihitung harganya bisa berkali-kali lipat jika Anda membeli konsol generasi selanjutnya, akan tetapi kenyamanan dan kepuasan yang diberikan kepada Anda adalah yang terbaik. Semoga informasi kali ini bermanfaat dan terima kasih.
dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

1 comment for "Spesifikasi PC Gaming Yang Setara PlayStation 5 dan Xbox Series X"

Berlangganan via Email