Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Tips Rahasia Untuk Merakit PC Gaming Yang Hebat

5 Tips Rahasia Untuk Merakit PC Gaming
ilustrasi merakit pc game, source : pixabay

Salam sobat omahinfo,
Merakit PC game bisa begitu menyenangkan, tapi bisa membuat Anda jadi frustrasi, tergantung pada bagaimana metode atau stategi yang Anda gunakan, dan tentu saja keadaan pribadi Anda sendiri. Ketika Anda merakit, salah satu yang jadi pikiran berat mungkin anggaran yang begitu ketat, sehingga Anda mungkin akan mengalami kesulitan dalam memilih bagian yang tepat untuk mencapai apa yang Anda inginkan dalam hal kinerja PC game itu. Atau Anda mungkin seorang pemula di bidang teknologi, dan tidak yakin bagaimana cara terbaik untuk membuat PC yang dapat menjalankan semua game modern dengan baik dan lancar.

Jangan khawatir, karena bantuan untuk Anda sudah dekat. Jika Anda seorang pemula maka wajib membaca artikel ini tentang cara merakit PC game pertama Anda. Panduan ini memberi Anda semua info yang Anda perlukan untuk menggabungkan semua bagian, semua langkah dibagi menjadi langkah-langkah yang mudah Anda diikuti.

Semua hal inti dalam merakit pc game akan dibahas, lalu bagaimana dengan fasilitasnya? Dalam artikel ini, anda akan mendapatkan 5 tip tambahan yang mungkin tidak Anda sadari yang akan membantu memastikan bahwa PC game Anda adalah yang terbaik.

1. Pahami Silicon Lottery

Seperti yang mungkin Anda sadari, prosesor tidak diciptakan sama. Untuk model CPU tertentu tertentu, akan ada sedikit perbedaan dalam proses produksi yang berarti beberapa chip sedikit lebih baik daripada yang lain (meskipun semuanya akan memiliki rata-rata yang sama).

Jadi, ketika Anda membeli prosesor yang tidak terkunci dan yang dapat di-overclock, hampir semua orang mengacu pada 'silicon lottery (biasanya mengacu pada batas overclocking)', yang pada dasarnya berarti Anda tidak sabar untuk mendapatkan salah satu contoh yang lebih baik dari model CPU tertentu. Karena produk yang sedikit lebih unggul ini dapat melakukan overclock dengan ruang utama yang jauh lebih luas.

Namun Anda tidak harus mengandalkan keberuntungan buta untuk menjamin CPU yang baik dalam hal ini. Itu karena ada perusahaan di luar sana yang membeli prosesor, mengujinya untuk melihat dengan tepat seberapa bagus prosesor-prosesor itu, dan kemudian menjualnya ke pembuat PC yang menginginkan jaminan seberapa cepat mereka dapat melakukan overclock.

Silicon Lottery adalah salah satu perusahaan yang melakukan hal ini, dan diketahui perusahaan tersebut juga mengambil dalam beberapa bagian tentang chip Ryzen 3000 baru dengan kinerja maksimumnya dalam hal overclocking. Dengan adanya perlakuan seperti ini jelas membutuhkan biaya lebih dari RRP untuk CPU ini, dan beberapa orang percaya bahwa Anda lebih baik menghabiskan uang ekstra itu untuk meningkatkan komponen lain untuk meningkatkan kinerja di RIG gaming Anda.

2. Jangan Kurangi Anggaran Pada PSU

Tidak jarang Anda akan melihat beberapa usulan rakitan PC gaming yang cukup kuat atau berotot diusulkan secara online, di mana pembuatnya telah memilih komponen yang murah, bahkan mungkin paling bawah, bahkan tidak penting fungsinya. Yang dimaksud adalah hal-hal yang biasanya dianggap tidak sepenting komponen inti prosesor dan GPU, motherboard, memori, dan penyimpanan utama.

Kita berbicara terutama tentang casing PC dan power supply (PSU) di sini. Ini mungkin tampak seperti area yang bagus untuk menghemat uang sehingga Anda dapat membeli kartu grafis yang lebih baik, tetapi tahan pemikiran Anda di sana sebentar…

'Jangan'... saya ulangi, 'jangan' tergoda untuk membeli power supply murah untuk PC gaming Anda.

CPU (Central Processing Unit) umumnya dianggap sebagai mesin PC Anda, tetapi jika itu adalah otak mesin, maka power supply adalah detak jantung yang membuat semuanya berjalan lancar. Jika power supply Anda adalah model kelas dua yang tidak stabil, maka tidak akan memberikan banyak stabilitas untuk proses overclock yang akan Anda coba. Dan jika Anda mendapatkan model yang lebih murah dengan nilai watt yang relatif rendah, mungkin akan kesulitan menangani beban dari sekumpulan komponen kelas atas saat mereka benar-benar melakukan pekerjaan terbaik mereka.
Baca Juga : Beralih ke Sistem Operasi iOs di Android

Juga ingat ketika Anda mengupgrade PC Anda, mungkin ke GPU (Grphic Processing Unit) yang jauh lebih kuat. Katakanlah, Anda mungkin perlu beberapa ruang untuk bernafas dengan daya listrik tersebut. Dengan kata lain, PSU dengan watt rendah dapat mengganggu kinerja PC Anda di masa mendatang.

Selain itu, ada juga kemungkinan terkait dengan bugdet  Anda yang tidak cukup banyak sehingga Anda mungkin harus angkat tangan, artinya Anda harus membeli PSU lain  baik itu beli yang murah atau mungkin juga membeli hingga dua kali. Dan berpotensi lebih buruk lagi, ketika  power supply itu meledak, itu bisa memberikan dampak buruk pada beberapa komponen Anda yang lainnya, sehingga membuat Anda merogoh kocek Anda lebih dalam lagi.

Tidak perlu membeli PSU 1.500W yang sangat besar atau setara. PSU dengan daya seperti ini bisa sangat mahal, dan mungkin tidak memberi Anda efisiensi daya terbaik saat mesin Anda dalam keadaan diam (yang mungkin sering terjadi). Bisa dipastikan, PSU bertenaga tinggi semacam ini akan sangat berlebihan kecuali PC gaming sudah berada pada level dewa.

Berapa banyak daya yang Anda perlukan bergantung pada jenis mesin game yang Anda rakit, apakah itu kelas bawah, atau bahkan sebuah monster RIG. Anda dapat menggunakan kalkulator daya listrik dan memasukkan komponen yang Anda inginkan untuk mendapatkan indikasi jenis PSU apa yang mungkin Anda perlukan, tetapi pastikan untuk menyisakan ruang utama yang cukup untuk pemeriksaan di masa mendatang (setidaknya 25% atau lebih).

Dan dapatkan PSU dengan setidaknya peringkat '80 + Perunggu 'untuk efisiensi, dari merek berkualitas (seperti Corsair atau Seasonic). Dengan cara itu memberikan Anda sebuah kemungkinan besar PSU yang awet sehingga akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang .

Singkatnya, tidak perlu berlebihan - tetapi dapatkan model yang berkualitas, dan jangan berhemat.

3. Casing Paling Keren

Mengikuti penjelasan di atas, meskipun admin tidak akan memberikan penekanan yang sama pada pembelian casing yang bagus untuk PC Anda, pada saat yang sama: beli casing yang lebih murah dengan risiko Anda tanggung sendiri (pengalaman waktu kuliah, sedih padahal harga beda gak terlalu jauh dan lebih awet).

Casing PC dasar yang mungkin tidak menawarkan banyak ruang dapat membuat internal terasa sangat sempit ketika semua komponen Anda berada di dalam (dan surga melarang sesuatu yang tidak sesuai, tentu saja). Dan kasus seperti itu mungkin tidak memiliki banyak pilihan untuk manajemen kabel.

Desain manajemen kabel yang baik memerlukan banyak lubang sehingga Anda dapat mengatur kabel dan menyelipkannya di balik baki motherboard, dan sejumlah titik pengikat yang tepat untuk memungkinkan Anda memasang kabel dengan lebih rapi.

Tidak memiliki banyak kabel, beberapa di antaranya bisa sangat tebal dan mengular di sekitar komponen Anda. Lubang yang banyak akan membantu aliran udara yang lebih baik di seluruh casing, dan karenanya pendinginan yang lebih baik dibutuhkan oleh perangkat keras penting Anda seperti CPU dan GPU. Singkatnya, manajemen kabel yang rapi tidak hanya memiliki manfaat tambahan untuk terlihat keren, tetapi juga membuat PC Anda tetap dingin (atau lebih sejuk).

Tentu saja, casing yang baik cenderung memiliki desain yang unggul dalam hal penempatan kipas dan ventilasi, dan aliran udara secara umum, semuanya untuk tujuan yang sama. Dan seperti yang telah kita bahas, pendinginan bisa menjadi masalah yang cukup vital jika Anda akan melakukan overclocking perangkat keras dengan PC game Anda.

Jika Anda memilih casing yang lebih kecil, mungkin lebih baik membeli kartu grafis yang mengeluarkan panas dari pelat belakang. Selain itu, pastikan intake fan terlindungi oleh filter debu, karena debu adalah musuh lain dari komponen PC yang terlalu panas.

Saat Anda membeli PC game, belilah juga sekaleng semprotan angin pembersih pc, dan setiap enam bulan atau lebih, gunakan untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Matikan PC Anda terlebih dahulu, dan berhati-hatilah saat melakukan ini. Saat membersihkan debu dari bilah kipas, pastikan untuk menahannya (jangan memutar kipas dengan semburan udara, karena dapat merusaknya).

Sebaiknya siapkan pengingat 'bersihkan PC saya' yang berulang di kalender agar Anda tidak lupa.

Terakhir, ingatlah bahwa seperti PSU, casing berkualitas dapat digunakan ketika Anda merakit lagi, sehingga Anda tetap memiliki fondasi yang bagus ke depannya.

4. Tanya Ahlinya

Setelah Anda memutuskan untuk merakit pc Anda, susunlah dan posting  daftar lengkap komponen yang akan Anda rakit di forum teknisi yang diisi oleh pembuat PC berpengalaman (beberapa forum lebih baik). Ini adalah langkah yang banyak orang tidak ambil pusing, karena Anda mungkin memerlukan sedikit waktu untuk mendaftar ke komunitas ini, dengan asumsi Anda belum terdaftar. Tapi upaya ini sepadan dengan rekomendasi para ahli sebelum Anda membeli semua perangkat keras itu.

Anda biasanya akan mendapatkan umpan balik yang menarik, dan mungkin komentar tentang alternatif atau konfigurasi berbeda yang mungkin bekerja lebih baik, atau memang beberapa hal yang mungkin Anda lewatkan. Anda mungkin saja senang dengan nasihat ini sebelum membuka dompet Anda, dan ini bisa menjadi penghemat uang yang nyata.

5. Pentingnya Perangkat Lunak

Selain semua perangkat keras sangat menarik bagi Anda, jangan lupakan sisi perangkat lunak saat Anda akhirnya menyatukan PC game Anda. Ketika RIG Anda pertama kali beraksi, HWiNFO (alternatif lain CPU-Z) adalah utilitas gratis kecil yang bagus untuk memantau bagaimana kinerja komponen Anda dan menyoroti masalah potensial sebelum memburuk.

Selain itu, ada juga Prime95 adalah alat yang berguna untuk pengujian stres dan memastikan stabilitas prosesor Anda.

MSI Afterburner adalah perangkat lunak cerdas lainnya yang sangat berharga saat melakukan overclocking kartu grafis Anda, dan menyempurnakan kecepatan kipas GPU Anda (perhatikan bahwa ini bukan hanya untuk kartu video MSI).
Baca Juga : Harga dan Spesifikasi PC Gaming Setara Playstation 5

Dan ada aplikasi gratis terbaik lainnya yang berguna untuk PC gaming yang membantu melindungi penglihatan Anda saat memanjakan diri dalam sesi game yang panjang hingga larut malam.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat merakit PC gaming Anda sehingga mampu menjalankan semua game modern dengan baik dan lancar. Selain anggaran untuk merakit, ternyata ada begitu banyak hal yang bisa Anda lupakan ketika Anda menyusun komponen PC gaming anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.
dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "5 Tips Rahasia Untuk Merakit PC Gaming Yang Hebat"

Berlangganan via Email