Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ini Etika Berkemah di Gunung Biar Nyaman, Wajib Dipahami

Ini Etika Berkemah di Gunung Biar Nyaman, Wajib Dipahami
source : pixabay

Salam sobat omahinfo,
Anda harus memiliki etika yang baik di mana saja Anda berada. Tidak terkecuali saat berkemah di atas gunung saat melakukan pendakian. Berkemah di atas gunung tidak bisa Anda lakukan seenaknya, setidaknya ada etika tidak tertulis yang harus Anda pahami dan ketahui.

Berkemah menjadi hal yang penting ketika Anda membutuhkan waktu untuk mengistirahatkan tubuh Anda. Tidak bisa seenaknya sendiri Anda mendirikan tenda untuk berkemah.

Etika Berkemah di Gunung

Etika tetap harus Anda miliki dan dijunjung tinggi agar tidak merugikan orang lain atau malah merusak alam saat Anda mendirikan tenda untuk berkemah. Ini beberapa etika berkemah di gunung yang wajib Anda pahami, sehingga Anda bisa beristirahat dengan nyaman.

1. Jangan Dijalur

Jangan sekali-kali Anda mendirikan tenda dijalur Pendakian karena hal itu sangat tidak di anjurkan. Selain, mengganggu lalu lintas para pendaki, Anda juga akan kena nyinyiran para pendaki yang lewat.

2. Jangan Terlalu Mepet

Jangan mendirikan tenda terlalu mepet dengan pintu tenda lain. Jangan maunya nyandar aja. Ha ha. Ingat kasih jarak biar sama-sama enak.

3. Jangan Bicara atau Tertawa Keras-Keras

Hal ini sangat penting, tidak semuanya dari Pendaki dalam kondisi fit saat berkemah, bisa jadi karena lelah atau kurang tidur, bisa juga kehujanan, maka tindakan yang cocok adalah menjaga sikap Anda.

Baca Juga : Benarkah Pendaki Itu Romantis


Jangan bicara atau tertawa hingga terbahak-bahak, kasihan para pendaki yang mau istirahat untuk mempersiapkan stamina buat summit jadi kurang nyenyak dan nyaman. Bicaralah sewajarnya saja agar lebih menikmati suasana. Jangan suka teriak-teriak. Jaga adab, karena adab posisinya di atas ilmu.

4. Atur Volume Sebaik Mungkin

Bagi yang bawa Speaker, volumenya jangan keras-keras ya. Tidak semua suka dengan lagu yang Anda putar, mungkin hanya Anda senang dengan lagu Anda. Sebaiknya tidak perlu bawa yang seperti ini untuk naik gunung.

5. Pikirkan Lagi Mengaitkan Tali Tenda.

Pernah tersandung tali penguat tenda? kalo bisa jangan di kaitkan di daerah lalu lintas pendaki ya, kasian nanti ada yang tersandung.

6. Bawa Turun Sampah

Saat selesai berkemah, jangan sampai ada sampah yang tertinggal di bekas lapak berkemah kita ini. Karena disana tidak ada petugas kebersihan yang mungutin bekas sampah tenda kita.

Baca Juga : Fakta Keunikan Seorang Porter Gunung

Kesimpulan

Meskipun Anda sedang berkemah di atas gunung, Anda juga harus memperhatikan etika sehingga membuat diri sendiri dan orang lain merasakan kenyamanan dan tidak menimbulkan rasa risih bahkan nyingir dari pendaki laiinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih.

dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

2 comments for "Ini Etika Berkemah di Gunung Biar Nyaman, Wajib Dipahami"

Berlangganan via Email