Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Beralih dari iPhone ke Android

Cara Beralih dari sistem operasi ios ke dunia Android
Ilustrasi beralih dari iPhone ke Android, source : pixabay

Salam sobat omahinfo,
Jika Anda mendambakan sebuah kebanggaan atau merindukan kualitas Pixel, Anda mungkin perlu menangguhkan keinginan untuk beralih dari iPhone.

Jika Anda termasuk orang yang sudah lama menggunakan iOS, kemungkinan Anda akan terperangkap dalam ekosistem Apple. Namun beralih dari iOS ke Android lebih mudah dari yang Anda kira, terutama sekarang karena begitu banyak aplikasi yang berbasis cloud seperti mempersiapkan dan menjalankan Facebook, Instagram, atau Spotify hanyalah masalah menginstal aplikasi dan masuk ke perangkat baru Anda.

Itu tidak berarti tidak akan terjadi beberapa gangguan. Memindahkan OS itu sama halnya seperti pindah rumah, ada lebih dari sekadar memindahkan data Anda. Tetapi dengan sedikit persiapan dan beberapa langkah sederhana, Anda dapat memindahkan apa yang Anda anggap itu penting dan siap bekerja dalam waktu singkat.

Hal pertama yang pertama: sebuah ide yang baik untuk membersihkan perangkat Anda sebelum beralih. Lagi pula, mengapa Anda begitu repot-repot mentransfer foto, video, atau konten kuno atau lama yang tidak Anda butuhkan?

Cara termudah untuk memback up atau mencadangkan sebagian besar file Anda adalah dengan menggunakan fasilitas back up atau cadangan aplikasi Google Drive.

Langkah 1: Gunakan Google Drive

Aplikasi Google Drive memudahkan transfer tiga jenis data utama dari iOS ke Android seperti kontak, kalender, dan photo Anda. Cukup instal aplikasi, masuk ke akun Google Anda (atau buat yang baru jika Anda belum punya), lalu masuk ke Pengaturan (Settings) > Cadangan (Backup). Jika Anda tidak ingin mencadangkan jenis data tertentu, seperti kalender Anda, Anda dapat menonaktifkannya.

Hati-hati dengan bagian foto, karena ada dua opsi di sini: jika Anda ingin mengunggah foto dalam kualitas asli, foto tersebut akan diperhitungkan dalam batas penyimpanan Google Drive Anda. Jika Anda memilih Kualitas Tinggi, kualitasnya akan lebih rendah (ya, ini memang sedikit membingungkan) tetapi perbedaannya hampir tidak terlihat dan Anda mendapatkan penyimpanan tak terbatas untuk foto-foto itu.

Baca Juga : Beralih Dari Android ke iPhone

Jika Anda ingin menerima kualitas yang sedikit lebih rendah, Google menawarkan penyimpanan foto tanpa batas. Jika Anda ingin mengupload yang dengan kualitas asli, ekali lagi harus Anda pikirkan karena kuota penyimpanan Anda akan habis.

Langkah 2: Konversikan Kontak Anda

Jika Anda tidak suka melakukannya dengan aplikasi Google, Anda dapat mengekspor kontak secara manual dari komputer Anda. Asalkan Anda menggunakan sinkronisasi iCloud untuk data Anda dan Anda pasti bisa melaukannya, karena itu akan aktif secara default. Anda dapat masuk ke iCloud.com dan mengekspor data dari sana.

Untuk mengekspor kontak Anda, buka bagian Kontak dan cari ikon roda gigi di kiri bawah layar. Klik, pilih Pilih Semua, lalu klik lagi dan pilih Ekspor vCard. Ini akan mengunduh file vCard ke komputer Anda.

Sekarang, buka contacts.google.com dan masuk. Lihat di kiri bawah layar di mana Anda akan melihat tautan atau link untuk mengimpor. Klik itu untuk memilih file vCard yang baru saja Anda unduh.

Jika Anda tidak sempat membersihkan kontak sebelum mengekspornya, Anda dapat memperbaiki duplikat dengan mengklik Gabung dan Perbaiki (Merge and Fix). Ini membuat Google memindai kontak Anda untuk nomor yang duplikat dan untuk informasi kontak terbaru.

Anda juga dapat mengekspor bagian dari kontak yaitu dengan menggunakangunakan menu pencarian untuk menemukan kontak yang ingin Anda ekspor, lalu klik pengaturan> Pilih Semua> Ekspor vCard.

Langkah 3: Identifikasi Aplikasi yang Tepat

Anda tidak perlu dan tidak bisa begitu saja menyalin aplikasi Anda dari iOS ke Android, tetapi cukup mudah untuk menemukan sebagian besar aplikasi yang sama di Google Play Store. Semua top aplikasi judah telah tersedia, misalnya aplikasi media sosial utama, Spotify, Netflix, dan sebagainya.

Akan ada beberapa perbedaan, jadi misalnya aplikasi cuaca Langit Gelap (The Dark Sky weather App) tidak lagi tersedia di Android karena Apple membelinya dan game di Apple Arkade eksklusif untuk Apple. Secara umum, jika aplikasi tidak tersedia, akan ada aplikasi yang hampir sama persis di Play Store.

Ada sedikit hal sedikit menyebalkan adalah ketika Anda ingin mendapatkan aplikasi berbayar yang sudah Anda miliki (yaitu, aplikasi yang Anda beli langsung daripada layanan langganan Anda).

Dalam sebagian besar kasus, aplikasi yang Anda beli di iOS tidak akan tersedia secara gratis di Android. Misalkan: game yang Anda bayar $ 4,99 di App Store iOS akan menjadi $ 4,99 lagi jika Anda ingin memainkannya di Android.

Periksa Google Play Pass, meskipun: ini setara dengan Google untuk Apple Arkade dan mungkin mencakup beberapa judul yang disukai. Jangan berasumsi bahwa Anda harus membeli kembali game favorit Anda. Banyak judul teratas tersedia sebagai bagian dari Google Play Pass.

Langkah 4: Pindahkan Musik Anda

Ada tiga jenis musik yang perlu dipikirkan di sini. Streaming musik, musik cloud, dan musik lokal.

Musik dari layanan streaming seperti Spotify, Deezer, atau Apple Music dapat ditransfer hanya dengan menginstal aplikasi yang sesuai dan masuk.

Musik cloud adalah musik yang telah Anda simpan di layanan cloud, jadi misalnya jika Anda menggunakan iTunes Match untuk menyalin koleksi musik Anda ke cloud yang semestinya masih tersedia di aplikasi Apple Music.

Memindahkan file musik atau jenis file lainnya dari perangkat ke perangkat paling baik dilakukan di komputer, jadi misalnya jika Anda menyimpan file musik di iCloud Drive, Anda dapat menyeretnya keluar dari sana dan ke Google Drive (atau DropBox, atau layanan cloud yang Anda sukai). Jika Anda ingin memindahkan musik dari perpustakaan iTunes, Anda akan menemukannya di Music> iTunes akun Anda (di Mac) atau My Music> iTunes di PC.

Jika Anda mendapatkan musik dari streaming, Anda cukup menginstal aplikasi Android yang sesuai. Dan itu termasuk Apple Music.

Langkah 5: Sinkronkan Bookmark Browser Anda

Jika Anda menggunakan Chrome di iOS untuk menyinkronkan dengan Chrome di komputer desktop, Anda tidak perlu mengkhawatirkan langkah ini. Tetapi jika Anda menggunakan browser Safari di perangkat iOS Anda, Anda perlu mengekspor bookmark Anda. Safari menyinkronkan dengan versi desktop, pilih File> Ekspor Bookmark. Anda kemudian dapat mengimpornya ke Chrome di desktop Anda, yang kemudian akan disinkronkan dengan Chrome di perangkat Android Anda.

Penting untuk diperhatikan bahwa ini tidak akan mengekspor sandi yang disimpan atau entri Isi Otomatis, jadi pastikan Anda memiliki catatan tentang sandi apa pun yang perlu Anda simpan.

Selalu pastikan Anda telah menonaktifkan Temukan Ponsel Saya (Find My Phone), keluar dari iCloud, dan menghapus semua data Anda sebelum menjual atau memberikan kepada orang lain iPhone atau iPad Anda.

Langkah 6: Hapus Jejak atau Riwayat Anda

Jika Anda mentransfer semua barang Anda karena Anda menjual atau memberikan perangkat Anda pada orang lain, sangat penting bagi Anda untuk melakukan dua hal: matikan Temukan Ponsel Saya (Find My Phone), dan hapus semua file.

Jika Anda tidak melakukan yang pertama maka pemilik berikutnya tidak akan dapat menggunakan perangkat, dan jika Anda tidak melakukan yang terakhir, itu berpotensi bencana untuk privasi Anda.

Pastikan dan jangan menghapus file dari ponsel Anda sampai Anda benar-benar yakin bahwa Anda memiliki semua file yang Anda butuhkan di perangkat baru Anda.

Menghapus file dari iPhone atau iPad tidak dapat dibatalkan atau diubah, jadi bijaksanalah untuk memeriksa semuanya terlebih dahulu.

Baca Juga : Lupa Password Netflix Anda, Simak Caranya

Jika Anda yakin semuanya baik-baik saja, buka Pengaturan dan ketuk informasi profil Anda di bagian atas. Sekarang, ketuk Find My and set Find My Phone pilih ke "off". Kembali ke menu Pengaturan utama, gulir ke bawah ke Umum dan ketuk Reset Ulang. Sekarang, ketuk Hapus Semua Konten dan Pengaturan ( Erase All Content and Settings).

Kesimpulan

Itulah panduan untuk mengubah perangkat Anda dari sistem operasi iOs (iPhone) ke dunia Android. Mudah bukan? Bisa dikatakan bahwa Anda pengguna iPhone bisa merasakan bagaimana mempunyai perangkat iPhone dengan rasa Andorid. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih.

dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Cara Beralih dari iPhone ke Android"

Berlangganan via Email