Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menggunakan Controller PS4 DualShock 4 di PC

Panduan Menggunakan Controller PS4 DualShock 4 di PC
Ilustrasi Controller PS4 DualShock 4 , source : pixabay


Salam sobat omahinfo,
Mengetahui cara menghubungkan Controller PS4 ke PC adalah keterampilan yang berguna untuk dimiliki, baik  Anda seorang gamer PC yang setia, penikmat murni PS4, atau menikmati kedua jenis media tersebut. Ini juga hal yang sangat mudah dipelajari, karena Sony Controller DualShock 4 untuk PlayStation 4 dan Controller PS4 lainnya yang kompatibel dengan sebagian besar PC. Jadi, patut diketahui meskipun Anda tidak berencana untuk memainkan game PlayStation di PC Anda dalam waktu dekat.

Tapi, mengapa menggunakan Controller PS4 di PC Anda, Anda pasti akan bertanya? Hal ini bertujuan agar Anda dapat memainkan game PlayStation favorit Anda, serta game PC, di komputer Anda. Controller PS4 DualShock 4 adalah pilihan fantastis untuk gamepad saat bermain di PC game Anda, karena tata letaknya mencakup semua tombol yang dibutuhkan sebagian besar judul PC berbasis Controller. Ditambah, Anda harus memiliki trackpad untuk digunakan sebagai input mouse bila hal itu diperlukan. Sederhananya, ini membuat game PC menjadi pengalaman yang lebih imersif.

Untuk mempelajari cara menyambungkan Controller PS4 ke PC, Anda memerlukan Controller itu sendiri, serta PC Windows atau Mac dan kabel USB. Anda dapat memasangkan Controller PS4 secara nirkabel dengan PC menggunakan Bluetooth internal komputer Anda atau dongle Adaptor Nirkabel USB Sony PlayStation 4 DualShock terpisah yang dihubungkan ke port USB PC Anda. Adaptor Bluetooth apa pun yang mendukung Bluetooth 2 dan yang lebih baru itu merupakan pilihan lebih baik.

Ada catatan bahwa jack audio Controller saat ini belum bisa mendukung, jadi Anda harus mencolokkan headphone Anda langsung ke komputer Anda untuk menggunakannya atau menggunakan headphone nirkabel sebagai gantinya.

Saya, admin omahinfo akan menunjukkan kepada Anda cara menghubungkan Controller PS4 ke PC. Mari pelajari dan pahami tentang semua yang perlu Anda ketahui di sini.

Cara Menggunakan Controller PS4 DualShock di Steam

Steam adalah etalase toko dan peluncur game yang populer, merilis berbagai update atau pembaharuan yang memungkinkan Anda menggunakan Controller PS4 DualShock di PC Anda saat menjalankan aplikasi.

Sangat mudah bagi Anda untuk mencolokkan Controller Dualshock 4 dan mengontrol game PC Anda. Anda dapat mengontrol Mode Gambar Besar yang ramah untuk TV menggunakan DualShock 4, dan game Anda sekarang akan menampilkan petunjuk tombol PS4 dalam game.

Untuk menggunakan Controller PS4 DualShock pada PC Anda di Steam, muat Steam dan periksa pembaruan, kemudian setelah pembaruan terbaru diinstal, colokkan DualShock 4 Anda (atau sambungkan melalui Bluetooth) dan Anda akan siap melakukannya!

Sayangnya, solusi ini tidak berfungsi dengan baik, jadi untuk mengetahui cara menggunakan Controller PS4 DualShock di PC Anda tanpa menggunakan Steam, baca terus kebawah artikel ini.

Cara menggunakan Controller PS4 di PC

1. Unduh DS4Windows

Menggunakan Controller PS4 DualShock 4 di PC Anda cukup sederhana, itu tidak hanya cukup dengan plug-and-play, karena Anda harus menginstal perangkat lunak (software) tambahan untuk membuatnya berfungsi di PC Anda.

source : screenshoot from DS4Windows

Perangkat lunak (software) ini disebut DS4Windows, dan itu membuat menghubungkan Controller PS4 ke PC Anda sangat sederhana. Ini pada dasarnya menipu PC Anda dengan berpikir bahwa DualShock 4 yang terhubung adalah Controller Xbox 360, yang didukung di Windows.

Untuk mendapatkannya dari situs web DS4Windows, cukup unduh versi terbaru dari halaman GitHub.

2. Instal DS4Windows

Temukan file Zip yang diunduh, klik kanan padanya dan pilih 'Ekstrak Semua ...'. 

source : screenshoot from DS4Windows

Sebuah jendela akan muncul menanyakan ke mana Anda ingin mengekstrak file. Anda dapat memilih untuk mengekstraknya ke folder tempat Anda mengunduh file zip, atau memilih folder lain.

Setelah file diekstraksi, folder tujuan akan terbuka, dan Anda akan melihat dua file. Satu, DS4Updater.exe, adalah program yang akan menjaga program DS4Windows diperbarui dengan driver terbaru, jadi sebaiknya jalankan file ini jika Anda menemui masalah nanti.
Baca Juga : Spesifikasi PC Gaming Setara PS5

Klik dua kali file kedua, DS4Windows.exe, untuk memulai prosedur penyiapan yang akan membuat PS4 Dualshock Controller berfungsi di PC Anda.

3. Atur DS4Windows

Saat Anda meluncurkan DS4Windows untuk pertama kalinya, Anda akan ditanya di mana Anda ingin pengaturan dan profil Anda disimpan - kami sarankan untuk menggunakan pilihan default 'Appdata'.

source : screenshoot from DS4Windows

Jendela baru akan terbuka. Klik 'Instal Driver DS4' untuk memungkinkan Anda menggunakan Controller PS4 DualShock di Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10.

Jika Anda memiliki Windows 7 atau lebih lama, Anda harus mengklik 'Instal 360 Driver' terlebih dahulu.

4. Hubungkan Controller PS4 ke PC Anda melalui USB

Sekarang Anda akan dapat menghubungkan Controller PS4 DualShock 4 ke PC Anda. Anda dapat melakukan ini dengan dua cara yaitu baik melalui kabel USB atau melalui Bluetooth.

Untuk menghubungkan Controller PS4 DualShock ke PC Anda melalui kabel USB, Anda hanya memerlukan kabel micro USB biasa, kabel yang sama dengan banyak smartphone modern.

Setelah Anda memasang kabel ke Controller DualShock dan PC Anda, Windows akan mendeteksinya, dan Anda akan siap untuk memainkan game PC menggunakan Controller PS4.

5. Hubungkan Controller PS4 ke PC Anda melalui Bluetooth

Salah satu hal terbaik tentang menggunakan Controller PS4 DualShock 4 di PC Anda adalah Anda dapat menggunakannya secara nirkabel, memberi Anda jauh lebih banyak fleksibilitas saat bermain game.

Controller PS4 DualShock 4 menggunakan Bluetooth, jadi Anda harus memastikan PC atau laptop Anda memiliki penerima Bluetooth bawaan. Jika tidak, Anda dapat membeli dongle USB Bluetooth seperti Tiny USB 2.0 Bluetooth Mini Wireless Adapter. Selain ukuran yang cukup kecil untuk dicolokkan ke PC Anda, tetapi juga harganya cukup murah dengan hanya £ 2,99 (sekitar Rp 51.000an).

Untuk menghubungkan Controller PS4 melalui Bluetooth, tekan dan tahan Tombol PS pusat dan tombol Share selama tiga detik hingga lampu di bagian atas Controller mulai berkedip.

Baca Juga : Panduan Merakit PC Gaming Keren

Selanjutnya buka pengaturan Bluetooth pada PC Anda. Di Windows 10, klik ikon balon bicara di Taskbar di sudut kanan bawah layar Anda. Ini membuka Pusat Tindakan - dari sana klik 'Bluetooth' dan kemudian pilih 'Wireless Controller'.

Anda mungkin diminta untuk memasukkan kode pasangan, jika demikian ketikkan 0000. Controller PS4 DualShock sekarang akan terhubung secara nirkabel ke PC Anda.


Kesimpulan

Itulah Panduan mendalam tentang cara menghubungkan Controller PS4 DualShock 4 ke PC melalui USB dan melalui Bluetooth. Bagi Anda yang suka bermain game baik di playstation dan PC, bisa dikatakan ini adalah kebahagian yang besar buat Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Cara Menggunakan Controller PS4 DualShock 4 di PC"

Berlangganan via Email