Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Website Builder : Apa itu, Jenis, Cara Kerja dan Pertimbangan

Membangun sebuah situs web jadi lebih mudah dengan software atau perangkat lunak.

Website Builder : Apa itu, Jenis, Cara Kerja dan Pertimbangan
Ilustrasi Website Builder, source :pixabay

Salam sobat omahinfo,
Sebuah Website Builder bisa dikatakan sebagai aplikasi online atau offline yang membantu Anda membangun situs web. Dulu, membangun situs web melibatkan sedikit coding, memilih penyedia hosting web dan membangun sesuatu yang kompleks seperti portal e-niaga berada di luar batas bagi banyak orang. Tapi hari-hari itu sudah lama berlalu berkat Website Builder, yang sempurna bagi individu dan bisnis kecil untuk membuat situs web tanpa menyewa layanan pengembang web (web developer).

Mengapa Menggunakan Website Builder?

Bahkan pengembang web berpengalaman saat ini lebih suka memulai dengan Website Builder. Hal itu dikarenakan tool pengembangan web ini dapat membantu membangun sebuah situs web dalam waktu singkat yang dibutuhkan untuk membuat kode sendiri dan Anda tak harus berurusan dengan satu baris kode pun.

Meskipun Anda berpengalaman dalam bahasa web, yaitu HTML, CSS, JavaScript, menggunakan Website Builder akan mengurangi kemungkinan membuat kesalahan. Anda tidak perlu khawatir tentang melacak tag HTML atau memastikan semua elemen di halaman selaras dengan benar.

Selain membantu Anda menghemat waktu dalam coding situs web, sebagian besar Website Builder memiliki banyak portofolio template yang membantu Anda untuk memilih tampilan visual untuk situs web Anda. Alih-alih bertukar pikiran dan coding tampilan yang berbeda, Anda dapat meluangkan waktu untuk menyesuaikan template agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, Website Builder jauh lebih murah daripada menyewa pengembang web dan ada banyak penyedia Website Builder gratis di luar sana.

Jenis - Jenis Website Builder

Ada beberapa Website Builder yang dapat dipilih. Meskipun masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, Anda dapat mengklasifikasikannya secara luas menjadi dua kategori yaitu Website Builder offline dan online.

source : screenshot from website blocs

Website Builder offline adalah aplikasi desktop yang Anda unduh dan pasang di komputer Anda, sama seperti aplikasi lainnya. Ini memberi Anda fleksibilitas untuk bekerja di situs web Anda, terlepas dari apakah Anda memiliki akses ke Internet atau tidak. Setelah selesai, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunggah semua file ke akun hosting web dan situs web Anda ditayangkan. Pengembang situs web offline populer seperti Blocs, Rapidweaver, dan Pinegrow Web Editor.

source : screenshot from websitewix


Lalu ada Website Builder online yang berbasis web dan tidak memerlukan pemasangan apa pun. Yang Anda butuhkan hanyalah browser web modern dan koneksi ke Internet. Berkat kemudahan ini, Website Builder online cukup populer terutama karena banyak dari mereka yang menawarkan begitu banyak fleksibilitas dan fitur sebanyak jenis offline. Contoh populer Website Builder online adalah WordPress.com, Wix, Weebly, SquareSpace, dan banyak lagi.

Bagaimana Cara Kerja Website Builder Online?

Website Builder, terutama yang online dapat membantu Anda membangun seluruh situs web tanpa menulis kode apa pun. Meskipun semuanya berbeda dalam hal fitur, semuanya mengikuti alur kerja yang sama dan menawarkan kepada user kemampuan untuk membangun situs web hanya dengan menyeret dan melepas elemen sesuai kebutuhan.

Anda akan mulai dengan menjelajahi daftar template mereka dan memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa Website Builder memiliki lusinan template sementara yang lain menawarkan ratusan dikategorikan berdasarkan jenis situs web yang ingin Anda gabungkan.

Template biasanya dilengkapi dengan beberapa elemen bawaan yang kemudian harus Anda edit sesuai kebutuhan Anda. Selain elemen visual, template juga akan memiliki beberapa teks umum yang perlu Anda ganti lagi dengan artikel Anda sendiri.

Setelah memodifikasi templat sesuai kebutuhan Anda, sebagian besar Website Builder juga akan memungkinkan Anda untuk mengatur ulang berbagai elemen, cukup dengan menyeretnya dari lokasi aslinya dan menggesernya ke posisi yang diinginkan.

Saat Anda merasa lebih nyaman, Anda juga harus memanfaatkan kemampuan Website Builder untuk menambahkan elemen dan widget baru ke template. Sebagian besar tool memungkinkan Anda menambahkan gambar, video, formulir kontak, tombol berbagi sosial, dan banyak lagi. Biasanya setiap elemen add-on ini menawarkan opsi penyesuaian tambahan setelah Anda menambahkannya ke situs web Anda.

Ini bisa menjadi sangat penting ketika datang ke Website Builder untuk fotografer, Website Builder untuk portofolio, dan bahkan Website Builder untuk musisi.

Hal-hal Yang Harus Dipertimbangkan dari Sebuah Website Builder

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, tidak ada kekurangan Website Builder yang dapat dipilih. Sebagai prinsip umum, Anda pasti menginginkan alat yang memberikan keseimbangan sempurna antara biaya dan fungsionalitas. Berikut beberapa aspek yang perlu Anda pertimbangkan saat Anda berbelanja untuk Website Builder:

1. Kemudahan penggunaan

Inti dari menggunakan Website Builder adalah untuk keramahan usernya atau lebih dikenal dengan user friendly. Tidak semua tool dibuat sama dan beberapa akan menawarkan lebih banyak kemudahan daripada yang lain. Carilah Website Builder yang memperkenalkan diri kepada pemula dan mengiklankan useran fungsionalitas 'drag-and-drop' untuk banyak tugas umum.

2. Template dan Penyesuaian

Cari Website Builder yang menawarkan banyak pilihan template, karena akan lebih mudah untuk memulai dengan dasar yang telah ditetapkan yang kemudian dapat Anda sesuaikan. Banyak user takut bahwa situs web yang dibangun dengan template mungkin terlihat terlalu mirip satu sama lain, itulah sebabnya Anda memerlukan alat yang memungkinkan Anda menyesuaikan banyak (jika tidak semua) elemen dalam template.

3. Mudah diperbarui

Meskipun yang ini tergantung pada jenis situs web yang Anda buat, sebagian besar situs web memiliki beberapa bentuk konten dinamis yang perlu diperbarui secara berkala. Inilah sebabnya mengapa penting untuk memastikan Website Builder Anda mempermudah Anda untuk menambah dan mengubah konten di situs web Anda.

4. Kompatibilitas Seluler atau Mobile Friendly

Dengan meningkatnya jumlah pengguna yang mengakses web dari perangkat portabel, situs web Anda harus ditampilkan dengan baik di bidang layar terbatas mereka. Perhatikan baik-baik Website Builder yang memudahkan Anda membuat situs web yang terlihat bagus di perangkat seluler.

5. Tool Khusus

Jika Anda berencana meluncurkan toko e-niaga, Anda pasti ingin Website Builder Anda menawarkan alat seperti keranjang belanja, dan kemampuan untuk memproses pembayaran.

6. Tool SEO dan Analitik

Semua Website Builder yang baik akan mengintegrasikan kedua elemen ini ke dalam desain dan membantu Anda mengotak-atiknya saat Anda membangun situs web. Dari alat SEO dasar seperti generator kata kunci hingga mengintegrasikan Google Analytics, Website Builder yang baik akan membantu meningkatkan peringkat laman penelusuran situs web Anda dan juga membantu Anda lebih memahami pengunjung Anda.

7. Keterjangkauan

Ada Website Builder yang sesuai dengan semua jenis anggaran. Dari yang gratis yang menawarkan fungsionalitas terbatas hingga yang berbayar dengan biaya mulai dari $3 (Rp 44ribuan) hingga $25 (Rp 370ribuan) setiap bulannya. Anda harus memilih satu tergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda. Ada juga sejumlah Website Builder gratis.


Setelah Anda memilih Website Builder, luangkan waktu untuk menjelajahi bantuannya dan memulai dokumentasi. Selain teks bergambar, banyak Website Builder juga memasang tutorial video yang mudah diikuti untuk membantu Anda memahami fungsi dan fiturnya. Meskipun Anda tergoda untuk segera memulai, sangat disarankan Anda meluangkan waktu dan meninjau sumber keuangan Anda untuk mempermudah proses pembuatan situs Anda.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Anda jadi tambah ilmu tentang website builder, baik itu arti, cara kerja, jenis, dan beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan Anda saat memilih website builders. Membangun sebuah we semakin lebih mudah, tapi Ada angka yang harus Anda keluarkan lebih. Semoga artikel tentang website builder ini bermanfaat dan terima kasih.

dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Website Builder : Apa itu, Jenis, Cara Kerja dan Pertimbangan"

Berlangganan via Email